Langsung ke konten utama

Postingan

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

SEMARAK BULAN BAHASA 2025, INI KEGIATAN SMPN 8

SEMARAK BULAN BAHASA 2025, INI KEGIATAN SMPN 8 -  Hari ini Jum’at tanggal 31 Oktober 2025, merupakan Jum’at terakhir di bulan Oktober, ada hal lain SMPN 8 Kota Surakarta dibawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. yaitu selain Jum’at sehat juga memperingati bulan bahasa. Peringatan bulan bahasa dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan menggunakan pakaian seragam olahraga, dengan kegiatan di lapangan SMPN 8 Kota Surakarta. Adapaun tema yang diusung pada peringatan bulan bahas ini yaitu ”UTAMAKAN BAHASA INDONESIA, LESTARIKAN BAHASA DAERAH, DAN KUASAI BAHASA ASING”. Acara pertama adalah menyanyikan lagu Indonesia raya. Setelah itu dilanjutkan do’a sesuai keyakinan masing – masing. Kegiatan berikutnya adalah senam anak Indonesia hebat yang di pandu oleh guru PJOK dan murid -murid terbaik bidang olahraga khususnya senam dan diikuti seluruh warga sekolah SMPN 8. Setelah itu, kegiatan berikutya adalah literasi massal, semua warga sekolah membaca buku umum secara serentak di halaman SMPN 8 Kota...

Menghitung Waktu Tempuh Berkendara dengan Pictoblox

Menghitung Waktu Tempuh Berkendara dengan Pictoblox Ini merupakan jawaban dari Modul 2 Berpikir Komputasional dan Literasi Digital pada  Aktivitas 5. Algoritma Tujuan : Peserta pelatihan belajar pemecahan masalah logistik dalam menghitung waktu tempuh berkendara . Plugged : Aplikasi blockly ( Scratch , Pictoblox , dll) Unplugged : Kertas, pensil, atau papan tulis. Langkah-langkah: Berikut ini adalah contoh langkah-langkah yang dapat digunakan dalam menghitung waktu tempuh: Langkah 1 : Tentukan jarak yang akan ditempuh Tentukan jarak antara titik asal dan tujuan, misalnya 100 km. Langkah 2 : Tentukan kecepatan rata-rata kendaraan Tentukan kecepatan rata-rata kendaraan berdasarkan kondisi jalan dan jenis kendaraan, misalnya 60 km/jam. Langkah 3 : Hitung waktu tempuh dasar Gunakan rumus dasar: Waktu Tempuh = Jarak / Kecepatan Rata-rata Contoh jika jarak adalah 100 km dan kecepatan rata-rata 60 km/jam, maka: Waktu Tempuh = 100 / 60               ...

Cara Membuat Game Matematika dengan Scratch

Cara Membuat Game Matematika dengan Scratch dan berikut adalah koding  Cara Membuat Game Matematika dengan Scratch Silahkan yang mau mencoba secara online scratch bisa klik link disini atau download scratchnya disini  scratch,  coding , scratch game tutorial,  pictoblox , scratch tutorial, scratch tutorial game, belajar scratch, scratch tutorial game simple, tutorial scratch membuat game simple,  belajar matematika dengan scratch ,  game matematika ,  matematika , belajar coding, belajar koding, plug, plugin,  game menghitung luas , menghitung luas persegi panjang dengan scratch,

KKA Modul 3 – Etika dan Risiko Kecerdasan Artifisial

  KKA Modul 3 – Etika dan Risiko Kecerdasan Artifisial A. Deskripsi Umum Modul Definisi: Bagian ini menjelaskan gambaran umum pelatihan tentang pemahaman, penerapan, dan analisis etika serta risiko dalam penggunaan Kecerdasan Artifisial (KA). Capaian Pelatihan: Peserta mampu menjelaskan konsep KA generatif, kualitas data, penerapan KA dalam kehidupan, serta etika dan risikonya, termasuk kemampuan menganalisis konten deepfake . Tujuan: Melatih guru untuk mengenali manfaat dan risiko KA serta mengintegrasikan etika digital dalam pembelajaran. Indikator: Peserta dapat mendefinisikan KA generatif, menjelaskan prinsip kerjanya, menilai kualitas data, menerapkan etika penggunaan, dan membedakan konten deepfake . B. Kecerdasan Artifisial Generatif dan Implementasinya Definisi: KA Generatif ( Generative AI ) adalah cabang dari pembelajaran mesin yang dapat menghasilkan konten baru seperti teks, gambar, suara, dan video berdasarkan data l...