Langsung ke konten utama

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional


A. Deskripsi Umum Modul

Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan.

1.  Capaian Pelatihan: Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan.

2.    Tujuan Pelatihan: Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA.

3.   Indikator Capaian Pelatihan: Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-konsep tersebut di sekolah dan merefleksikan peluang serta tantangannya.

4.   Pokok Bahasan: Topik utama yang dibahas adalah pengantar mata pelajaran koding dan KA, konsep keilmuannya, serta implementasinya di sekolah.

5.    Alur Pelatihan: Pelatihan ini menggunakan SOLO Taxonomy yang mencakup tahapan Memahami, Mengaplikasi, dan Merefleksi, dengan aktivitas seperti menjelaskan konsep, membuat peta konsep, dan diskusi kelompok.

B. Pengantar Mapel Koding dan Kecerdasan Artifisial

Bagian ini memberikan konteks mengapa mata pelajaran koding dan KA penting untuk dimasukkan ke dalam kurikulum nasional.

1.  Pendahuluan: Latar belakang penguatan literasi digital, koding, dan KA dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah sebagai upaya meningkatkan daya saing global dan mendukung transformasi ekonomi digital. Modul ini juga bertujuan untuk menghasilkan generasi inovator yang mampu menciptakan solusi untuk masalah sosial.

2.  Rasional, Tujuan, Karakteristik dan Elemen: Bagian ini menjelaskan alasan, tujuan, karakteristik, dan elemen mata pelajaran koding dan KA.

Rasional: Integrasi koding dan KA dalam pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dengan mengasah keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Selain itu, juga untuk menciptakan peluang ekonomi baru, mendukung inovasi, dan memperkuat pemerataan akses pendidikan.

Tujuan: Tujuan utamanya adalah agar Murid terampil berpikir komputasional, cakap sebagai warga digital yang bijak dan beretika, terampil mengelola data, serta mampu menghasilkan program melalui koding dan pemanfaatan KA.

Karakteristik: Mata pelajaran ini menekankan penanaman etika, pembelajaran kontekstual, dapat dilakukan secara plugged (dengan perangkat komputer), unplugged (tanpa komputer), dan internet-based (menggunakan platform daring).

Elemen Koding dan KA: Modul ini mencakup elemen-elemen seperti Berpikir Komputasional (keterampilan pemecahan masalah), Literasi Digital (kecakapan menggunakan media digital), Literasi dan Etika Kecerdasan Artifisial, Pemanfaatan dan Pengembangan Kecerdasan Artifisial, Algoritma Pemrograman, dan Analisis Data.

KKA dan Dimensi Profil Lulusan: Mata pelajaran ini berkontribusi dalam mewujudkan profil lulusan dengan nalar kritis, kemampuan kerja mandiri, komunikasi, kolaborasi, kewargaan digital yang baik, dan beriman serta bertakwa.

Posisi Mapel KKA dengan Mapel Informatika: Modul ini menjelaskan bahwa mata pelajaran Koding dan KA (KKA) adalah mata pelajaran pilihan, berbeda dengan Informatika yang merupakan mata pelajaran wajib di kelas 7-10. Pendidik perlu memastikan materi tidak berulang.

C. Konsep Keilmuan Koding dan Kecerdasan Artifisial serta Implementasinya

Bagian ini menjelaskan konsep dasar koding, pemrograman, dan Kecerdasan Artifisial (KA), serta elemen-elemen penting yang terlibat di dalamnya.

1.      Keilmuan Koding dan Kecerdasan Artifisial:

Koding dan Pemrograman: Koding adalah proses mengubah ide menjadi instruksi yang bisa dipahami komputer, sedangkan pemrograman adalah siklus pengembangan perangkat lunak yang lebih luas, termasuk perencanaan, desain, dan pengujian. Koding adalah pintu gerbang untuk memahami konsep pemrograman.

Kecerdasan Artifisial (KA): KA didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk menafsirkan data, belajar, dan menerapkan pembelajaran untuk mencapai tujuan. Konsep ini mencakup berbagai disiplin ilmu seperti machine learning dan deep learning.

2.      Elemen dalam Koding dan Kecerdasan Artifisial:

Berpikir Komputasional: Keterampilan ini tidak hanya untuk ilmuwan komputer, tetapi untuk semua orang. Ada empat pilar utama: 1) dekomposisi (memecah masalah), 2) pengenalan pola, 3) abstraksi (menyaring informasi tidak relevan), dan 4) algoritma (menyusun langkah-langkah logis).

Literasi Digital: Keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk menggunakan teknologi digital secara bijak dan bertanggung jawab. Ini mencakup pemahaman tentang perangkat keras dan perangkat lunak, informatika, serta dampak sosial dan etika penggunaan media digital.

Literasi dan Etika Kecerdasan Artifisial: Murid perlu memahami dasar-dasar KA, bagaimana sistem KA beroperasi, serta aspek etika dan bias yang mungkin muncul.

Pemanfaatan dan Pengembangan Kecerdasan Artifisial: Kemampuan untuk memanfaatkan KA dalam pemecahan masalah dan peningkatan efisiensi, serta menciptakan atau memperbaiki sistem KA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...