BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8
A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi
Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau
program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk
melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu
sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi
yaitu end – user.
Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah
kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi.
1. Contoh Objek Aplikasi
a. Aplikasi pengolah kata
digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki
sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya.
b. Aplikasi pengolah lembar kerja
digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi
angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya.
c. Aplikasi presentasi digunakan
untuk mengelola sekumpulan slides untuk mempresentasikan sesuatu kepada
orang lain, yang utamanya berisi teks, grafis dan gambar, dll.
“buffer”, yaitu suatu tempat penyimpanan
khusus yang formatnya dikenal oleh
aplikasi – aplikasi tersebut.
Berikut contoh format file ekstensi hasil penyimpnan suatu aplikasi:
a.
pengolah kata formatnya .doc,
.docx. .rtf, .odt, atau format lainnya.
b.
pengolah lembar kerja formatnya
.xls, .xlsx, .ods, .csv atau format lainnya.
c.
pengolah bahan presentasi
(slides) formatnya .ppt, .pptx, .odp atau format lainnya.
d.
File gambar bitmap formatnya
.png, .bmp, .jpeg.
e.
File gambar vektor formatnya
.svg.
f.
file dalam format yang portabel
formatnya .PDF. format PDFdapat diproses oleh aplikasi apa pun.
g. File teks murni, formatnya .txt atau .html (dapat diakses oleh web browser)
2. Fitur Aplikasi
Fitur aplikasi artinya layanan dari
aplikasi yang memiliki ciri khas tersendiri. “fitur” berasal dari kata bahasa
Inggris “feature” yang artinya ciri.
Contohnya ada menu file, maka fitur/layanan
yang tersedia berupa Open, Save, Save As, Close, Print,
Layanan tersebut dapat diakses melalui
interaksi antara pengguna aplikasi dan antarmuka (dalam hal ini bentuknya
tampilan) dari aplikasi tersebut.
a.
Antarmuka Aplikasi
Dalam aplikasi berbasis GUI, pengguna berinteraksi
dengan aplikasi melalui sebuah
jendela (Windows) yang strukturnya sangat mirip. selain
dipakai untuk berinteraksi dengan aplikasi, antarmuka aplikasi adalah
pembungkus objek, yang menyediakan tombol, menu, atau ikon lain. Jika dipilih,
atau diketik, objek akan bereaksi sesuai layanan yang disediakan.
Contohnya adalah perintah “copy” ada sekitar 4 cara:
- Menekan tombol papan kunci [Ctrl-C].
- Memilih Menu “Copy” yang biasanya menjadi bagian menu “Edit” (untuk beberapa versi aplikasi pengolah kata tertentu).
- Menekan tombol keypad/mouse sebelah kanan (klik kanan) yang memunculkan dialog pilihan yang bisa dilakukan, dan pilih menu “Copy”.
- Mengisi apa yang hendak kita lakukan di “Tell me what you want to do”
b. Fitur Cut, Copy, dan Paste
- perintah Cut memindahkan teks atau objek lain ke dalam clipboard atau buffer yang berupa tempat penyimpan sementara.
- Perintah Copy akan menyalin teks atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.
- Perintah Paste akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.
c. Screen Shot dan Snipping Tools
Pengertian screen shoot(menangkap layar)
yaitu memindahkan konten aplikasi ke lokasi lain di aplikasi itu sendiri, atau
memindahkan ke jendela aplikasi lain yang berasal dari tampilan layar.
Pada Platform Windows, dapat digunakan
tombol [PrtScr] pada papan kunci (keyboard), lalu klik paste pada tujuan yang
diinginkan.
Fungsi Fitur crop yaitu dapat digunakan
untuk pemotongan gambar yang kita kehendaki saja. Contoh aplikasi yang dapat
digunakan untuk crop yaitu program paint.
Pengertian Sniping tools yaitu aplikasi
windows yang digunakan untuk menangkap gambar tampilan dilayar dengan cara
didrag menggunakan mouse.
Cara mengaktifkan sniping tools yaitu tekan
tombol windows + Shift + huruf S; atau dengan mengetik “sniping tools pada
kotak pencarian windows
B. Pembuatan Laporan
C. Merangkum Narasi dari Konten Digital
D. Laboratorium Maya
Laboratorium
Maya adalah laboratorium yang dibuat secara maya dengan menggunakan komputer.
Laboratorium maya memiliki lingkungan interaktif untuk melakukan eksperimen
dalam bentuk simulasi.
Tabel 3.2
Perbedaan Laboratorium Maya dan Fisik
Contoh laboratorium maya
·
Laboratorium Phet adalah salah satu lab maya yang populer
untuk simulasi sains.
· Laboratorium NOVA labs menawarkan beberapa topik
simulasi, yaitu tentang iklim, evolusi, keamanan dunia maya, RNA, awan, energi,
atau matahari.
· Lab maya Concord menyediakan
banyak aktivitas STEM interaktif yang selaras dengan Next Generation Science
Standard
Komentar