Langsung ke konten utama

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8


PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi

Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user.

Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi.

1. Contoh Objek Aplikasi

a.     Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya.

b.    Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya.

c.    Aplikasi presentasi digunakan untuk mengelola sekumpulan slides untuk mempresentasikan sesuatu kepada orang lain, yang utamanya berisi teks, grafis dan gambar, dll.

“buffer”, yaitu suatu tempat penyimpanan khusus yang  formatnya dikenal oleh aplikasi – aplikasi tersebut.

Berikut contoh format file ekstensi hasil penyimpnan suatu aplikasi:

a.       pengolah kata formatnya .doc, .docx. .rtf, .odt, atau format lainnya.

b.       pengolah lembar kerja formatnya .xls, .xlsx, .ods, .csv atau format lainnya.

c.       pengolah bahan presentasi (slides) formatnya .ppt, .pptx, .odp atau format lainnya.

d.       File gambar bitmap formatnya .png, .bmp, .jpeg.

e.       File gambar vektor formatnya .svg.

f.        file dalam format yang portabel formatnya .PDF. format PDFdapat diproses oleh aplikasi apa pun.

g.       File teks murni, formatnya .txt atau .html (dapat diakses oleh web browser)

2. Fitur Aplikasi

Fitur aplikasi artinya layanan dari aplikasi yang memiliki ciri khas tersendiri. “fitur” berasal dari kata bahasa Inggris “feature” yang artinya ciri.

Contohnya ada menu file, maka fitur/layanan yang tersedia berupa Open, Save, Save As, Close, Print,

Layanan tersebut dapat diakses melalui interaksi antara pengguna aplikasi dan antarmuka (dalam hal ini bentuknya tampilan) dari aplikasi tersebut.

a.      Antarmuka Aplikasi

Dalam aplikasi berbasis GUI, pengguna berinteraksi dengan aplikasi melalui sebuah jendela (Windows) yang strukturnya sangat mirip. Selain dipakai untuk berinteraksi dengan aplikasi, antarmuka aplikasi adalah pembungkus objek, yang menyediakan tombol, menu, atau ikon lain. Jika dipilih, atau diketik, objek akan bereaksi sesuai layanan yang disediakan.

Contohnya adalah perintah “copy” ada sekitar 4 cara:

  1. Menekan tombol papan kunci [Ctrl-C].
  2. Memilih Menu “Copy” yang biasanya menjadi bagian menu “Edit” (untuk beberapa versi aplikasi pengolah kata tertentu).
  3. Menekan tombol keypad/mouse sebelah kanan (klik kanan) yang memunculkan dialog pilihan yang bisa dilakukan, dan pilih menu “Copy”.
  4. Mengisi apa yang hendak kita lakukan di “Tell me what you want to do”

b. Fitur Cut, Copy, dan Paste

  • perintah Cut memindahkan teks atau objek lain ke dalam  clipboard atau buffer yang berupa tempat penyimpan sementara. 
  • Perintah Copy akan menyalin teks atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan. 
  • Perintah Paste akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.

c. Screen Shot dan Snipping Tools

Pengertian screen shoot(menangkap layar) yaitu memindahkan konten aplikasi ke lokasi lain di aplikasi itu sendiri, atau memindahkan ke jendela aplikasi lain yang berasal dari tampilan layar.

Pada Platform Windows, dapat digunakan tombol [PrtScr] pada papan kunci (keyboard), lalu klik paste pada tujuan yang diinginkan.

Fungsi Fitur crop yaitu dapat digunakan untuk pemotongan gambar yang kita kehendaki saja. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk crop yaitu program paint.

Pengertian Sniping tools yaitu aplikasi windows yang digunakan untuk menangkap gambar tampilan dilayar dengan cara didrag menggunakan mouse.

Cara mengaktifkan sniping tools yaitu tekan tombol windows + Shift + huruf S; atau dengan mengetik “sniping tools pada kotak pencarian windows

B. Pembuatan Laporan

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan yaitu aplikasi pengolah kata.

C. Merangkum Narasi dari Konten Digital

Multimedia merupakan suatu bentuk komunikasi yang menggabungkan berbagai bentuk konten  seperti teks, audio, gambar, animasi, atau video menjadi satu presentasi.  Contoh multimedia yang populer ialah podcast video, tayangan slide audio,  pertunjukan animasi, dan film.

D. Laboratorium Maya

Laboratorium Maya adalah laboratorium yang dibuat secara maya dengan menggunakan komputer. Laboratorium maya memiliki lingkungan interaktif untuk melakukan eksperimen dalam bentuk simulasi.

Tabel 3.2 Perbedaan Laboratorium Maya dan Fisik 


Contoh laboratorium maya

·         Laboratorium  Phet adalah salah satu lab maya yang populer untuk simulasi sains.

·   Laboratorium   NOVA labs menawarkan beberapa topik simulasi, yaitu tentang iklim, evolusi, keamanan dunia maya, RNA, awan, energi, atau matahari.

·  Lab maya Concord menyediakan banyak aktivitas STEM interaktif yang selaras dengan Next Generation Science Standard

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

Ads2