Langsung ke konten utama

Kurikulum Merdeka, Tapi Masih Tes

 

Kurikulum Merdeka, Tapi Masih Tes?

Nov 30, 2023 | Blog, Pendidikan

Kurikulum Merdeka, Tapi Masih Tes-Selamat dan Sukses Mengerjakan Sumatif dan PSAS-Penilaian pembelajaran merupakan proses evaluasi oleh guru yang memungkinkan siswa untuk melihat pencapaian dan kemajuan belajarnya untuk menentukan tujuan pembelajaran. Penilaian memberikan informasi hasil evaluasi yang komprehensif sebagai umpan balik bagi Guru, Siswa dan Orang Tua. Hasil evaluasi menjadi bahan reflektif bagi Siswa, Guru dan Orang Tua untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Soal yang dikerjakan siswa berbasis kertas. Ada soal pilihan ganda, menjodohkan, benar salah, uraian singkat, yang harus dikerjakan di lembar jawab.

Penilaian Sumatif Akhir Semester Ganjil (PSAS) Utama Tahun Pelajaran 2023/2024 SMPN 8 Solo, di bawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. dilaksanakan mulai hari Senin, tanggal 27 November sampai dengan hari Senin tanggal 4 Desember 2023. Penilaian sumatif jadwal hari pertama yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa, Selasa: Matematika dan Pendidkan Agama dan Budi Pekerti, Rabu: Bahasa Inggris dan PKn., Kamis: IPA dan Seni Budaya, Jum’at: IPS dan Prakarya/Informatika, Senin: Penjasorkes dan Kesda (kelas 9). Pelaksanaan asesmen tersebut diikuti oleh siswa kelas 7, 8 dan 9 secara tatap muka dan tertulis.

Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan bahwa untuk kelas 9A-9H, masih menggunakan Kurikulum 13, sementara itu kelas 7A-7H dan 8A-8H sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran karakter dan moral, sedangkan K13 memiliki mata pelajaran yang lebih lengkap dan terstruktur. Penilaian: Kurikulum Merdeka menggunakan penilaian non-akademik, sedangkan K13 menggunakan penilaian akademik yang lebih terstruktur. Untuk hari pertama, oleh salah satu Pengawas membacakan Tata Tertib Peserta Tes pada semua ruangan. Pelaksanaan dimulai pada pukul 07.30 – 11.30 WIB.

Tujuan Kegiatan Penilaian Akhir Semestera Gasal ini selain menjadi sarana evaluasi pembelajaran, juga menjadi sarana melatih tanggung jawab, kejujuran, dan perilaku disiplin siswa. Selama PSAS, siswa belajar untuk lebih bersungguh-sungguh dalam mengikuti ujian.



Banyak hal menjadi pembelajaran bagi siswa, salah satunya melatih kejujuran. Nilai bukan sekadar angka, tapi proses untuk mendapatkannya akan menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dalam proses pembelajaran. Siswa yang jujur, akan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan. Tak hanya itu, kejujuran di bangku sekolah menjadi sarana latihan siswa untuk mempersiapkan mental belajar dan berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan.

Penilaian Sumatif Akhir Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024 terdiri dari jadwal utama dan susulan. Jadwal Utama dimulai tanggal 27 November – 4 Desember 2023, sedangkan jadwal susulan mulai hari Selasa – Rabu tanggal 5-6 Desember 2023. Jadwal susulan dapat diikuti oleh peserta didik yang berhalangan hadir pada saat pelaksanaan jadwal utama karena alasan sakit dan harus dibuktikan dengan surat keterangan asli dari dokter.

Pengertian Penilaian Sumatif Akhir Semester merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi untuk semua mata pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Sekolah (PSAS) Utama hari pertama sampai hari terakhir secara tertulis kelas 7 – 9 Tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 8 Solo berjalan dengan lancar dan tertib tanpa ada kendala.

Jumlah siswa kelas 7 – 9 yang mengikuti penilaian sumatif akhir semester ini sebanyak 742 siswa, dengan jumlah ruang sebanyak 24 ruang.

Dalam pelaksanaannya, di setiap ruangan terdiri dari 32 orang peserta dan dua orang pengawas. Dalam keterangannya, Ketua Pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Sekolah, Rekyan Pamusthi, S.Pd. mengungkapkan bahwa pelaksanaan penilaian sumatif akhir semester ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala, siswa mengerjakan dengan tertib dan serius.

Perlu diketahui bahwa Penilaian Sumatif Akhir Semester merupakan penilaian yang dilakukan jika seluruh materi pembelajaran dianggap sudah selesai. Sedangkan cara penilaian sumatif sering dilakukan dengan menggunakan tes-tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu semester. Penilaian sumatif di sekolah biasanya dilaksanakan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan.

Penilaian sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase. Penilaian sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Di dalam Kurikulum Merdeka menilai peserta didik dilakukan secara holistik.

Selamat dan Sukses dalam mengerjakan Sumatif dan Penilaian Akhir Semester Gasal (PSAS) Utama dan Susulan Tahun Ajaran 2023/2024. Semangat belajar dan berdoa

Junjung tinggi kejujuran dan berintegritas dalam penilaian. Belajar dengan sungguh-sungguh, lakukan yang terbaik. Semangat berprestasi! #srisuprapti

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Share Post

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...