Langsung ke konten utama

Jadwal Sumatif dan PSAS Semester 1 Tingkat SMP

 

Jadwal Sumatif dan PSAS Semester 1 Tingkat SMP

Nov 30, 2023 | Blog, Pendidikan



Jadwal Sumatif dan PSAS Semester 1 Tingkat SMP-Penilaian pembelajaran merupakan proses evaluasi oleh guru yang memungkinkan siswa untuk melihat pencapaian dan kemajuan belajarnya untuk menentukan tujuan pembelajaran. Penilaian memberikan informasi hasil evaluasi yang komprehensif sebagai umpan balik bagi Guru, Siswa dan Orang Tua. Hasil evaluasi menjadi bahan reflektif bagi Siswa, Guru dan Orang Tua untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Soal yang dikerjakan siswa berbasis kertas. Ada soal pilihan ganda, menjodohkan, benar salah, uraian singkat, yang harus dikerjakan di lembar jawab.

Penilaian Sumatif Akhir Semester Ganjil (PSAS) Utama Tahun Pelajaran 2023/2024 SMPN 8 Solo, di bawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. dilaksanakan mulai hari Senin, tanggal 27 November sampai dengan hari Senin tanggal 4 Desember 2023. Penilaian sumatif jadwal hari pertama yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa, Selasa: Matematika dan Pendidkan Agama dan Budi Pekerti, Rabu: Bahasa Inggris dan PKn., Kamis: IPA dan Seni Budaya, Jum’at: IPS dan Prakarya/Informatika, Senin: Penjasorkes dan Kesda (kelas 9). Pelaksanaan asesmen tersebut diikuti oleh siswa kelas 7, 8 dan 9 secara tatap muka dan tertulis.

Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan bahwa untuk kelas 9A-9H, masih menggunakan Kurikulum 13, sementara itu kelas 7A-7H dan 8A-8H sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran karakter dan moral, sedangkan K13 memiliki mata pelajaran yang lebih lengkap dan terstruktur. Penilaian: Kurikulum Merdeka menggunakan penilaian non-akademik, sedangkan K13 menggunakan penilaian akademik yang lebih terstruktur. Untuk hari pertama, oleh salah satu Pengawas membacakan Tata Tertib Peserta Tes pada semua ruangan. Pelaksanaan dimulai pada pukul 07.30 – 11.30 WIB.

Tujuan Kegiatan Penilaian Akhir Semestera Gasal ini selain menjadi sarana evaluasi pembelajaran, juga menjadi sarana melatih tanggung jawab, kejujuran, dan perilaku disiplin siswa. Selama PSAS, siswa belajar untuk lebih bersungguh-sungguh dalam mengikuti ujian.

Banyak hal menjadi pembelajaran bagi siswa, salah satunya melatih kejujuran. Nilai bukan sekadar angka, tapi proses untuk mendapatkannya akan menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dalam proses pembelajaran. Siswa yang jujur, akan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan. Tak hanya itu, kejujuran di bangku sekolah menjadi sarana latihan siswa untuk mempersiapkan mental belajar dan berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan.

Penilaian Sumatif Akhir Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024 terdiri dari jadwal utama dan susulan. Jadwal Utama dimulai tanggal 27 November – 4 Desember 2023, sedangkan jadwal susulan mulai hari Selasa – Rabu tanggal 5-6 Desember 2023. Jadwal susulan dapat diikuti oleh peserta didik yang berhalangan hadir pada saat pelaksanaan jadwal utama karena alasan sakit dan harus dibuktikan dengan surat keterangan asli dari dokter.



Pengertian Penilaian Sumatif Akhir Semester merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi untuk semua mata pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Sekolah (PSAS) Utama hari pertama sampai hari terakhir secara tertulis kelas 7 – 9 Tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 8 Solo berjalan dengan lancar dan tertib tanpa ada kendala.

Jumlah siswa kelas 7 – 9 yang mengikuti penilaian sumatif akhir semester ini sebanyak 742 siswa, dengan jumlah ruang sebanyak 24 ruang.

Dalam pelaksanaannya, di setiap ruangan terdiri dari 32 orang peserta dan dua orang pengawas. Dalam keterangannya, Ketua Pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Sekolah, Rekyan Pamusthi, S.Pd. mengungkapkan bahwa pelaksanaan penilaian sumatif akhir semester ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala, siswa mengerjakan dengan tertib dan serius.

Perlu diketahui bahwa Penilaian Sumatif Akhir Semester merupakan penilaian yang dilakukan jika seluruh materi pembelajaran dianggap sudah selesai. Sedangkan cara penilaian sumatif sering dilakukan dengan menggunakan tes-tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu semester. Penilaian sumatif di sekolah biasanya dilaksanakan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan.

Penilaian sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase. Penilaian sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Di dalam Kurikulum Merdeka menilai peserta didik dilakukan secara holistik.

Selamat dan Sukses dalam mengerjakan Sumatif dan Penilaian Akhir Semester Gasal (PSAS) Utama dan Susulan Tahun Ajaran 2023/2024. Semangat belajar dan berdoa

Junjung tinggi kejujuran dan berintegritas dalam penilaian. Belajar dengan sungguh-sungguh, lakukan yang terbaik. Semangat berprestasi! #srisuprapti

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2