BAB 4 SISTEM KOMPUTER
PETA KONSEP
SISTEM KOMPUTER
A.
KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
Sebuah
sistem komputer terdiri atas tiga komponen, yakni perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware).
Alur
sistem komputer yaitu IPOS (inputàprosesàoutputàstorage).
1. Perangkat keras/hardware
Pengertian
Perangkat keras yaitu peralatan fisik dari sebuah komputer yang dapat disentuh
dan dipindahkan. Perangkat keras ada 4 yaitu perangkat bagian masukan (input),
perangkat bagian keluaran (output), perangkat bagian pemrosesan (processing),
dan perangkat bagian penyimpanan (storage).
Contoh
perangkat masukan (input): tetikus (mouse), papan ketik (keyboard),sensor layar
sentuh (touch screen), sensor giroskop untuk menangkap gerakan tangan, atau
smart tv yang memiliki sensor inframerah (infrared) untuk ditangkap remote
control.
contoh
perangkat keluaran (output): monitor, speaker, dan printer, antena pada ponsel
pintar, aktuator lengan (arm actuator) yang ada pada robot, remote control,
Bagian
utama dari perangkat pemrosesan ialah prosesor yang berfungsi sebagai otak dari
sebuah komputer.
Bagian
– bagian dari prosesor:
1. Unit kontrol (Control
Unit): merupakan bagian prosesor yang bertugas untuk mengendalikan perangkat
yang terpasang pada komputer, dari alat input, output, dan penyimpanan.
2. Unit aritmatika dan logika
(Arithmetic Logic Unit): merupakan bagian prosesor yang dapat mengolah data
aritmatika dan data logika.
3. Register: merupakan sebuah
memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan
data sementara yang sedang diproses
Contoh perangkat keras komputer yang
lainnya yaitu power supply, baterai CMOS (Complementary Metal Oxide
Semiconductor), hard disk, RAM, CD ROOM.
2. Perangkat Lunak / Software
Contoh software ada 3
kategori:
a. Sistem operasi/operating
system
b. Perangkat lunak
aplikasi/software aplikasi
c. Perangkat lunak
pemrograman
Sistem
operasi/operating sistem
Pengertian
Sistem operasi yaitu sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program –
program lain berinteraksi dengan perangkat keras.
Contoh
software sistem operasi adalah untuk PC: Windows, Linux, DOS (Disk Operating
Systems), Unix, Solaris, MacOS, sedangkan untuk ponsel: Android, iOS.
fungsi
Sistem operasi yaitu untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya
(resource) yang dimiliki hardware dan software komputer, manajemen proses, dan
mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program.
Cara kerja sistem operasi :
- - Mengirim data file atau bisa juga instruksi dari program tersebut ke memori.
- - Kemudian setelah program dijalankan, maka program tersebut
akan meminta sistem operasi untuk menyalin data yang diperlukan dari disk
menuju memori.
- - Lalu sistem operasi akan menjalankan kontrol terhadap program
tersebut, dan melanjutkan ke proses sistem komputasi yang diinginkan pengguna
- - Ketika proses sistem komputasi sudah selesai, maka hasilnya
dapat disajikan di alat keluaran, seperti monitor
Perangkat lunak
aplikasi
Pengertian
Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi
kebutuhan yang spesifik.
contoh program aplikasi:
- Pengolah kata
(word processor) : Notepad, Wordstar, Microsoft Word, Word Perfect, AmiPro,
- Pengolah lembar kerja (spreadsheet) : Lotus123,
Microsoft Excel, QuattroPro, OpenOffice Calc,
- Pengolah basis data (database) : Microsoft Access,
dBase, MySQL, SQL Server
- Presentasi: Microsoft PowerPoint, LibreOffice
Impress, Powtoon
- Peramban internet: Microsoft Edge, Google Chrome,
Opera Mini,
- aplikasi pesan Whatsapp, Zoom, Google Meet, Cisco
Webex, Telegram, dan sebagainya
- Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, Canva, Pixlr,
PicsArt, Adobe Illustrator,
- Multimedia: GOM Player, iTunes,
Perangkat lunak
pemrograman
Pengertian Perangkat lunak
pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan,
menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya. Contoh perangkat lunak
pemrograman adalah C++, Visual Basic, Scratch, Python, Pascal.
Perbedaannya
perangkat lunak aplikasi
dirancang untuk pengguna,
sistem operasi dirancang
untuk komputer atau perangkat seluler,
perangkat lunak
pemrograman ditujukan untuk programmer dan pengembang komputer yang menulis
kode sumber.
B. Pengalamatan Memori
Untuk
melakukan penyimpanan data, perlu mekanisme yang disebut pengalamatan memroy
(memory addressing).
1. Sistem Heksadesimal
(bilangan basis 16)
Sistem heksadesimal menggunakan 16
macam simbol, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C,D, E, dan F.
Huruf-huruf A, B, C, D, E, F berturut-turut nilainya adalah 10, 11, 12, 13, 14,
15.
Sistem heksadesimal
digunakan oleh komputer IBM System/360, Data General Nova, PDP — 1 1 DEC,
Honeywell, komputer mini dan mikro. Sistem heksadesimal mengorganisasikan
memori utama ke dalam suatu byte yang terdiri atas 8 bit (binary digit).
setiap bagian 4 bit
disebut nibble. 4 bit pertama disebut high-ordernibble dan 4 bit
kedua disebut low-order nibble.
Tabel aturan konversi pada heksadesimal
a) Konversi Bilangan Biner ke
Heksadesimal
Ketika melakukan konversi bilangan biner ke heksadesimal (16 = 24
), setiap 4 angka biner ekuivalen (setara) dengan satu angka heksadesimal.
b) Konversi Bilangan Desimal
ke Heksadesimal
dapat dilakukan dengan membagi
bilangan desimal dengan 16, hingga tidak bisa dibagi lagi.
c) Konversi Bilangan
Heksadesimal ke Desimal
menggunakan perkalian setiap bilangan dengan basis yang dipangkatkan
sesuai urutannya, kemudian hasilnya dijumlahkan.
d) Konversi Bilangan
Heksadesimal ke Biner
caranya setiap 1 angka heksadesimal ekuivalen dengan 4 angka biner.
Konversi setiap digit bilangan heksadesimal ke bilangan biner 4 digit, kemudian
gabungkan. Jika terdapat digit 0 di depan hasil penggabungan bilangan biner,
boleh dihilangkan. contoh 001002 = 1002
Karena setiap digit biner menyimpan tepat 4 bit data, digit heksadesimal
dapat dikonversi menjadi 4 digit biner (1 byte) dengan sangat mudah, dan
sebaliknya.
2. Pengalamatan Memori dengan
Heksadesimal
Alamat memori komputer biasanya
ditampilkan dalam bentuk heksadesimal yang digunakan komputer saat menyimpan
data.
Alamat memori ditampilkan
sebagai 2 bilangan heksadesimal, contoh 0000:0008. Bilangan heksa yang pertama
disebut alamat segmen, sedangkan bilangan ke-2 disebut alamat offset.
C. Central Processing Unit
Central
Processing Unit (CPU) adalah otak dari sebuah komputer, yang berisi semua
sirkuit yang dibutuhkan untuk memproses input, menyimpan data dan hasil
keluaran.
Gerbang
sirkuit dan Gerbang logika merupakan bentuk abstraksi dalam pengaturan operasi
dari CPU, sedangkan chip merupakan bentuk fisiknya.
Ada
tujuh jenis Gerbang logika, yaitu OR, NOR, AND, NAND, XOR, XNOR, dan NOT
Gambar jenis Gerbang logika
Tabel logika
Contoh
sirkuit dengan dua gerbang logika
Baca Materi Lainnya
BAB I Informatika dan Pembelajarannya
| Informatika Kelas 8
BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8
Komentar