Langsung ke konten utama

BAB 4 SISTEM KOMPUTER INFORMATIKA SMP KELAS 8

 

BAB 4 SISTEM KOMPUTER

PETA KONSEP SISTEM KOMPUTER

 

PETA KONSEP SISTEM KOMPUTER

A.    KOMPONEN SISTEM KOMPUTER

Sebuah sistem komputer terdiri atas tiga komponen, yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware).

Alur sistem komputer yaitu IPOS (inputàprosesàoutputàstorage).

Alur sistem komputer


1.    Perangkat keras/hardware

Pengertian Perangkat keras yaitu peralatan fisik dari sebuah komputer yang dapat disentuh dan dipindahkan. Perangkat keras ada 4 yaitu perangkat bagian masukan (input), perangkat bagian keluaran (output), perangkat bagian pemrosesan (processing), dan perangkat bagian penyimpanan (storage).

Contoh perangkat masukan (input): tetikus (mouse), papan ketik (keyboard),sensor layar sentuh (touch screen), sensor giroskop untuk menangkap gerakan tangan, atau smart tv yang memiliki sensor inframerah (infrared) untuk ditangkap remote control.

contoh perangkat keluaran (output): monitor, speaker, dan printer, antena pada ponsel pintar, aktuator lengan (arm actuator) yang ada pada robot, remote control,

Bagian utama dari perangkat pemrosesan ialah prosesor yang berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer.

Bagian – bagian dari prosesor:

1.    Unit kontrol (Control Unit): merupakan bagian prosesor yang bertugas untuk mengendalikan perangkat yang terpasang pada komputer, dari alat input, output, dan penyimpanan.

2.    Unit aritmatika dan logika (Arithmetic Logic Unit): merupakan bagian prosesor yang dapat mengolah data aritmatika dan data logika.

3.    Register: merupakan sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses

Contoh perangkat keras komputer yang lainnya yaitu power supply, baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor), hard disk, RAM, CD ROOM.

2.    Perangkat Lunak / Software

 

Contoh software ada 3 kategori:

a.    Sistem operasi/operating system

b.    Perangkat lunak aplikasi/software aplikasi

c.     Perangkat lunak pemrograman

Sistem operasi/operating sistem

Pengertian Sistem operasi yaitu sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program – program lain berinteraksi dengan perangkat keras.

Contoh software sistem operasi adalah untuk PC: Windows, Linux, DOS (Disk Operating Systems), Unix, Solaris, MacOS, sedangkan untuk ponsel: Android, iOS.

fungsi Sistem operasi yaitu untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya (resource) yang dimiliki hardware dan software komputer, manajemen proses, dan mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program.

Cara kerja sistem operasi :

  1. -     Mengirim data file atau bisa juga instruksi dari program tersebut ke memori.
  2. -     Kemudian setelah program dijalankan, maka program tersebut akan meminta sistem operasi untuk menyalin data yang diperlukan dari disk menuju memori.
  3. -     Lalu sistem operasi akan menjalankan kontrol terhadap program tersebut, dan melanjutkan ke proses sistem komputasi yang diinginkan pengguna
  4. -     Ketika proses sistem komputasi sudah selesai, maka hasilnya dapat disajikan di alat keluaran, seperti monitor

Perangkat lunak aplikasi

Pengertian Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.

contoh program aplikasi:

-  Pengolah kata (word processor) : Notepad, Wordstar, Microsoft Word, Word Perfect, AmiPro,

- Pengolah lembar kerja (spreadsheet) : Lotus123, Microsoft Excel, QuattroPro, OpenOffice Calc,

- Pengolah basis data (database) : Microsoft Access, dBase, MySQL, SQL Server

- Presentasi: Microsoft PowerPoint, LibreOffice Impress, Powtoon

- Peramban internet: Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini,

- aplikasi pesan Whatsapp, Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Telegram, dan sebagainya

- Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, Canva, Pixlr, PicsArt, Adobe Illustrator,

- Multimedia: GOM Player, iTunes,

Perangkat lunak pemrograman

Pengertian Perangkat lunak pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya. Contoh perangkat lunak pemrograman adalah C++, Visual Basic, Scratch, Python, Pascal.

Perbedaannya

perangkat lunak aplikasi dirancang untuk pengguna,

sistem operasi dirancang untuk komputer atau perangkat seluler,

perangkat lunak pemrograman ditujukan untuk programmer dan pengembang komputer yang menulis kode sumber.

B.    Pengalamatan Memori

Untuk melakukan penyimpanan data, perlu mekanisme yang disebut pengalamatan memroy (memory addressing).

1.    Sistem Heksadesimal (bilangan basis 16)

Sistem heksadesimal menggunakan 16 macam simbol, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C,D, E, dan F. Huruf-huruf A, B, C, D, E, F berturut-turut nilainya adalah 10, 11, 12, 13, 14, 15.

Sistem heksadesimal digunakan oleh komputer IBM System/360, Data General Nova, PDP — 1 1 DEC, Honeywell, komputer mini dan mikro. Sistem heksadesimal mengorganisasikan memori utama ke dalam suatu byte yang terdiri atas 8 bit (binary digit).

setiap bagian 4 bit disebut nibble. 4 bit pertama disebut high-ordernibble dan 4 bit kedua disebut low-order nibble.

Tabel aturan konversi pada heksadesimal



a)    Konversi Bilangan Biner ke Heksadesimal

Ketika melakukan konversi bilangan biner ke heksadesimal (16 = 24 ), setiap 4 angka biner ekuivalen (setara) dengan satu angka heksadesimal.



b)    Konversi Bilangan Desimal ke Heksadesimal

 dapat dilakukan dengan membagi bilangan desimal dengan 16, hingga tidak bisa dibagi lagi.



c)     Konversi Bilangan Heksadesimal ke Desimal

menggunakan perkalian setiap bilangan dengan basis yang dipangkatkan sesuai urutannya, kemudian hasilnya dijumlahkan.



d)    Konversi Bilangan Heksadesimal ke Biner

caranya setiap 1 angka heksadesimal ekuivalen dengan 4 angka biner. Konversi setiap digit bilangan heksadesimal ke bilangan biner 4 digit, kemudian gabungkan. Jika terdapat digit 0 di depan hasil penggabungan bilangan biner, boleh dihilangkan. contoh 001002 = 1002


Karena setiap digit biner menyimpan tepat 4 bit data, digit heksadesimal dapat dikonversi menjadi 4 digit biner (1 byte) dengan sangat mudah, dan sebaliknya.

2.    Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal

Alamat memori komputer biasanya ditampilkan dalam bentuk heksadesimal yang digunakan komputer saat menyimpan data.

Alamat memori ditampilkan sebagai 2 bilangan heksadesimal, contoh 0000:0008. Bilangan heksa yang pertama disebut alamat segmen, sedangkan bilangan ke-2 disebut alamat offset.









C.    Central Processing Unit

Central Processing Unit (CPU) adalah otak dari sebuah komputer, yang berisi semua sirkuit yang dibutuhkan untuk memproses input, menyimpan data dan hasil keluaran.

Gambar 4.7 Layer pada CPU

Gerbang sirkuit dan Gerbang logika merupakan bentuk abstraksi dalam pengaturan operasi dari CPU, sedangkan chip merupakan bentuk fisiknya.

Ada tujuh jenis Gerbang logika, yaitu OR, NOR, AND, NAND, XOR, XNOR, dan NOT


Gambar jenis Gerbang logika

Tabel logika




Contoh sirkuit dengan dua gerbang logika


Baca Materi Lainnya

BAB I Informatika dan Pembelajarannya | Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 4 SISTEM KOMPUTER


Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2