Langsung ke konten utama

BAB I Informatika dan Pembelajarannya | Informatika Kelas 8

 


BAB I

Informatika dan Pembelajarannya

Tujuan Pembelajaran

Pada bab ini, kalian akan diajak merefleksikan kembali materi mata pelajaran Informatika kelas VII, dan mendapatkan gambaran umum mengenai materi yang akan kalian pelajari pada mata pelajaran Informatika kelas VIII.

Pertanyaan Pemantik

Apakah kalian sudah pernah mencoba mempelajari Informatika melalui sebuah permainan, baik permainan yang menggunakan komputer maupun tidak? Ceritakan pengalaman kalian dan hal apa yang kalian pelajari dari permainan tersebut!

Peta Konsep

a.       Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

Pentingnta belajar informatika:

-          mempermudah kehidupan sehari-hari

-          menyiapkan diri sebagai warga dunia digital

-          menumbuhkan karakter yang baik dalam kehidupan nyata maupun dunia digital

Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, yaitu: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif.

b.      Cara Belajar Informatika

1.       Materi tentang Konsep Informatika

2.       Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata

3.       Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab

4.       Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman

5.       Pentingnya Minat dan Motivasi

c.       Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII

1.       Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian telah belajar menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang di dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma, optimasi penjadwalan, struktur data list, dan representasi data.

2.    Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian telah belajar mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.

3.   Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian belajar mengenai definisi komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.

4.   Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian belajar mengenai pengantar jaringan komputer dan internet, proteksi data dan file, dan koneksi internet.

5.    Pada Bab Analisis Data (AD), kalian belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu. Jika tools-nya tersedia, kalian telah merasakan betapa praktisnya mengolah dan memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi. Visualisasi menjadi lebih menarik dan memudahkan analisis dan interpretasi data, bukan?

6.  Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian belajar membuat karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blokblok visual. Ini ibaratnya kalian bermain lego, untuk menyusun suatu karya, tetapi bedanya adalah bahwa karya berupa program dapat dijalankan (dieksekusi) sesuai urutan perintah programnya sehingga bisa menjadi karya interaktif.

7.   Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kalian akan lebih berhati-hati, mengutamakan aspek positif, serta menghindari dampak negatif bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk teman-teman.

8.   Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain.

d.      Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?

1.    Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian akan belajar mengenai fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan struktur data stack (tumpukan). Latihan berpikir komputasional melalui kasus-kasus yang disajikan dalam buku ini diharapkan membentuk pola berpikir untuk penyelesaian persoalan yang solusinya efektif, efisien, dan optimal, sama dengan kelas VII, tetapi untuk persoalan yang lebih kompleks dibandingkan dengan kelas VII, dan contoh bahasannya adalah persoalan terkait konsep komputasi dan representasi data.

2.   Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian akan memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan dokumen yang lebih kompleks. Selain itu, kalian akan belajar untuk merangkum bacaan digital karena teknik membaca digital berbeda dengan membaca bahan cetak. Kemampuan membaca bacaan digital sangat diperlukan di abad ke-21 karena akan lebih banyak bacaan digital ketimbang bahan bacaan cetak. Kalian akan diberi ide untuk memanfaatkan laboratorium virtual yang saat ini banyak tersedia dengan sajian menarik sehingga dapat menjadi inspirasi dalam melakukan percobaan-percobaan yang sulit dilakukan di laboratorium nyata.

3.  Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian akan belajar mengenai fungsi sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori. Jika di kelas VII kalian hanya memandang komputer dari tampak luar, di kelas VIII, kalian akan masuk ke “dalam” komputer. Sama dengan belajar tubuh manusia, kalian akan belajar “organ-organ” (komponen) komputer yang tidak kasat mata, dan mempelajari bagaimana komponen tersebut berfungsi

4.  Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian akan belajar mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.

5.  Pada BabAnalisis Data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan data, dan visualisasi data.

6.  Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu Scratch dan Blockly. Mengapa harus kenal dua bahasa pemrograman? Karena bahasa pemrograman itu hanya digunakan untuk coding. Konsep pemrograman yang sama dapat diimplementasi dalam bahasa
pemrograman yang berbeda. Dalam kehidupan, kita tidak bisa hidup hanya dengan satu bahasa, bukan? Misalnya, kalian minimal belajar bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Selain itu, jika fasilitas di sekolah memungkinkan, kalian dapat belajar pemrograman dengan menggunakan robot kecil, yaitu Ozobot.

7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis. Apa yang baik sebaiknya menjadi dasar kalian berperilaku di dunia maya. Apa buruk, membahayakan diri, atau bahkan kurang baik di media sosial, sebaiknya kalian hindari. Modul DSI menyajikan kasus-kasus yang dapat menjadi bahan renungan kalian dalam menentukan sikap, berkreasi, dan berperilaku di dunia maya.

8.  Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain.

 

Evaluasi Diri dan Refleksiku

1.       Aku sangat senang/senang/kurang senang/tidak senang

Karena…………………………………………………………………………...

2.       Aku merasa sudah belajar dengan baik dan berusaha. Jika dinilai skala 1 s.d. 4, aku akan menilai usahaku ……………

3.       Catatanku: ………………………………………………………………………

Dengan menyusun Buku Kerja Peserta Didik dari Lembar Kerja Peserta Didik dan catatan terpisah, kalian sudah menyumbang ke lingkungan (green environment) karena Buku Siswa yang dicetak dapat dipakai kembali oleh adik-adik kalian. Oleh karena itu, tolong jangan mencoret -coret Buku Siswa

Baca Juga: BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8


Komentar

CRYPTO LEGIT, JOINT FOR FREE

Postingan populer dari blog ini

SMPN 8 Kota Surakarta adakan Halal Bihalal 1445H dan Mangayubagyo Purna Tugas

SMPN 8 Kota Surakarta adakan  Halal Bihalal 1445H dan Mangayubagyo Purna Tugas  Perlu kita ketahui bersam abahwa Purna tugas atau masa pensiunan adalah berakhirnya masa tugas dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang pegawai ASN. Masa kerja setiap pegawai akan berakhir ketika pegawai mencapai batas usia pensiun. Adanya pertemuan pasti juga ada perpisahan, itulah sunnatullah yang tidak bisa kita hindari. Suka tidak suka senang tidak senang kita pasti akan mengalami peristiwa tersebut. Datang akan pergi, awal akan berakhir, terbit akan tenggelam, seperti dalam lirik lagu, demikianlah yang dialami oleh Titik Haryani, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia) yang berakhir masa tugasnya Januari 2024 dan Dra Sri Suprapti (Guru Bahasa Jawa sekaligus Sie Publikasi) yang berakhir masa tugasnya 1 Maret 2024 lalu. Dengan demikian, beberapa hari yang lalu Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, Tiad Suparman, M.Pd. mengadakan acara perpisahan dan mengenang masa bersama Titik Haryani, S.Pd. dan Dra. Sri ...

Ini Pernyataan FX Rudy soal Gibran nyawapres

  Ini Pernyataan FX Rudy soal Gibran nyawapres- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi pernyataan Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo setelah menjadi cawapres Prabowo Subianto maka dirinya bukan kader PDIP. Meskipun hingga saat ini, Gibran belum mengembalikan kartu tanda anggota (KTA) ke DPC PDIP Solo. Ia enggan berkomentar banyak. Gibran mempersilakan Rudy, sapaan akrab FX Hadi Rudyatmo, jika membuat pernyataan seperti itu. “ Ya itu silakan dari Pak Rudy kalau seperti itu,”   ujarnya saat ditemui awak media di Balai Kota Solo, Selasa siang, 7 /11/ 2023. Adapun FX Hadi Rudyatmo pada Senin malam, 6 /11/ 2023, mengungkapkan bahwa Gibran hingga kemarin belum mengembalikan kartu tanda anggota (KTA) kepada DPC PDIP Solo. Namun, ia menyatakan saat ini pihaknya sudah tutup buku. “ Sudah tutup buku. Sudah tutup buku, karena (Gibran) sudah mencalonkan (dari Koalisi Indonesia Maju) ya buku itu sudah ditutup,”   tegas Rudy saat ditemui wartawan di kediamannya d...

Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama (Disinformasi )

(Disinformasi ) Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama Feb 29, 2024 | Blog, Pendidikan diskinformasi SMPN 8 Kota Surakarta-(Disinformasi ) Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama-Kembali beredar potongan video dengan narasi yang menyebut bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hendak menghapus frasa “agama” dalam dokumen draf Peta Jalan Pendidikan Th.  2020-2035. Dikutip dari laman kemdikbud.go.id tertanggal 28/02/24 Video dengan format berita tersebut sama dengan video yang disebarkan pada Th.  2023 dan telah dikategorikan juga oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai video “disinformasi”.  Faktanya, pada Th.  2021 Kemendikbudristek telah merespons isu ini, bahwa tidak benar agama akan dihapus dalam Peta Jalan Pendidikan. Dalam rilis resmi Kemendikbudristek pada 9 Maret 2021, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud, Hendarman mengatakan bahwa dokumen draf Peta ...

Kultum ANTARA SYUKUR DENGAN RASA

  Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam yang telah menghendaki kita untuk kembali merasakan bulan suci Ramadhan. Sholawat serta salam tak lupa juga kita panjatkan kepada Nabi Allah, Nabi Muhammad saw. juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya. Semoga Allah meridai kita untuk mendapatkan manfaat pada kesempatan kultum kali ini. Tema kultum kali ini adalah  ANTARA SYUKUR DENGAN RASA Rasa adalah tanggapan hati akan segala peristiwa. Rasa bahagia bila kita menerima segala kebaikan yang ada. Rasa cinta yang membuat hidup lebih berwarna kerana ada yang terkasih di sekitar kita. Namun, rasa yang lebih baik dari itu semua adalah rasa syukur. Syukur adalah sebuah rasa. Tidak seperti bahagia yang membuat hati kita berbunga-bunga. Tidak seperti cinta yang membuat hati kita berdegup gembira. Namun, rasa syukurlah yang membuat kita bahagia dan merasakan cinta. Syukur , sebuah rasa yang membuat hati kita selalu merasa tenang. Yan...

BAB 5 JARINGAN KOMUTER dan INTERNET (JKI) KELAS 7

  BAB 5 JARINGAN KOMUTER dan INTERNET (JKI) KELAS 7 Ini adalah rangkuman materi BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet (JKI) kelas 7. Berikut adalah gambar peta konsep BAB 5 JKI Perlu diketahui bahwa di negara Indonesia ada salah satu organisasi yang bergerak di bidang   Penyelenggaran Jasa Internet yaitu Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (APJII). A.      Pengantar Jaringan Komputer dan Internet Pengertian Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung dalam jaringan untuk saling berbagi sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi. Adapun cara yang dapat digunakan Komputer untuk dapat terhubung ke jaringan yaitu dengan menggunakan media kabel, fiber optik, atau media tanpa kabel (wireless). Menurut cakupan luas areanya Jaringan komputer ada 5 jenis: 1) Local Area Network (LAN), 2) Corporate Area Network (CAN), 3) Metropolit...

Kultum RENDAH HATI

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam yang telah menghendaki kita untuk kembali merasakan bulan suci Ramadhan. Sholawat serta salam tak lupa juga kita panjatkan kepada Nabi Allah, Nabi Muhammad saw. juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya. Semoga Allah meridai kita untuk mendapatkan manfaat pada kesempatan kultum kali ini. Tema kultum kali ini adalah RENDAH HATI… "Saya belum melakukan apa-apa”.... Atau “Apa yang saya lakukan belum seberapa dan masih banyak kekurangan”.... Bersyukurlah jika kalimat-kalimat diatas meluncur dengan fasih dari lubuk hati anda, karena inilah indikator diterimanya amal seorang hamba.... Amal yang diterima akan membentuk pribadi yang selalu merendahkan hati dan merasa penuh kekurangan walaupun segudang amal shalih telah ia torehkan dalam catatan kebaikannya. Ia khawatir karena kekurangannya dalam menjalankan amal shalih membuat ALLAH tidak berkenan menerimanya. Bukan justru angkuh dan m...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

Join As Now

SafelinkU | Shorten your link and earn money