BAB I
Informatika dan Pembelajarannya
Tujuan Pembelajaran
Pada bab ini,
kalian akan diajak merefleksikan kembali materi mata pelajaran Informatika
kelas VII, dan mendapatkan gambaran umum mengenai materi yang akan kalian
pelajari pada mata pelajaran Informatika kelas VIII.
Pertanyaan Pemantik
Apakah kalian
sudah pernah mencoba mempelajari Informatika melalui sebuah permainan, baik
permainan yang menggunakan komputer maupun tidak? Ceritakan pengalaman kalian
dan hal apa yang kalian pelajari dari permainan tersebut!
Peta Konsep
a.
Informatika dan Profil Pelajar
Pancasila
Pentingnta
belajar informatika:
-
mempermudah
kehidupan sehari-hari
-
menyiapkan
diri sebagai warga dunia digital
-
menumbuhkan
karakter yang baik dalam kehidupan nyata maupun dunia digital
Profil Pelajar
Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan
berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Pernyataan ini memuat tiga kata
kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai
Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, yaitu: Beriman,
bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong
royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif.
b.
Cara Belajar Informatika
1.
Materi tentang Konsep
Informatika
2.
Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata
3.
Aktivitas yang Dirancang pada
Setiap Bab
4.
Pentingnya Refleksi, Memaknai,
dan Mengoneksikan Pengalaman
5.
Pentingnya Minat dan Motivasi
c.
Kilas Balik Mata Pelajaran
Informatika Kelas VII
1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian
telah belajar menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan
sehari-hari yang di dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma,
optimasi penjadwalan, struktur data list, dan representasi
data.
2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian telah belajar mengenai
pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk
mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.
3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian belajar mengenai definisi komputer,
komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya,
interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang
terhubung.
4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet
(JKI), kalian belajar mengenai pengantar jaringan komputer dan internet,
proteksi data dan file, dan koneksi internet.
5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian belajar tentang pengelolaan dan penyajian
data bervolume kecil untuk tujuan tertentu. Jika tools-nya tersedia,
kalian telah merasakan betapa praktisnya mengolah dan memvisualisasi data
dengan menggunakan aplikasi. Visualisasi menjadi lebih menarik dan memudahkan
analisis dan interpretasi data, bukan?
6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian belajar membuat karya
kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blokblok visual. Ini
ibaratnya kalian bermain lego, untuk menyusun suatu karya, tetapi bedanya
adalah bahwa karya berupa program dapat dijalankan (dieksekusi) sesuai urutan
perintah programnya sehingga bisa menjadi karya interaktif.
7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian belajar mengenai sejarah
perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi
dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kalian akan lebih berhati-hati,
mengutamakan aspek positif, serta menghindari dampak negatif bukan hanya untuk
diri sendiri, tetapi juga untuk teman-teman.
8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar
bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan
masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain.
d.
Apa yang akan Kalian Pelajari
di Kelas VIII?
1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian
akan belajar mengenai fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks,
representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi
bilangan), dan struktur data stack (tumpukan).
Latihan berpikir komputasional melalui kasus-kasus yang disajikan dalam buku
ini diharapkan membentuk pola berpikir untuk penyelesaian persoalan yang
solusinya efektif, efisien, dan optimal, sama dengan kelas VII, tetapi untuk
persoalan yang lebih kompleks dibandingkan dengan kelas VII, dan contoh
bahasannya adalah persoalan terkait konsep komputasi dan representasi data.
2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian akan memanfaatkan
aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan presentasi untuk
mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan dokumen yang lebih
kompleks. Selain itu, kalian akan belajar untuk merangkum bacaan digital karena
teknik membaca digital berbeda dengan membaca bahan cetak. Kemampuan membaca
bacaan digital sangat diperlukan di abad ke-21 karena akan lebih banyak bacaan digital
ketimbang bahan bacaan cetak. Kalian akan diberi ide untuk memanfaatkan
laboratorium virtual yang saat ini banyak tersedia dengan sajian menarik
sehingga dapat menjadi inspirasi dalam melakukan percobaan-percobaan yang sulit
dilakukan di laboratorium nyata.
3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian akan belajar mengenai fungsi sistem
komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori. Jika di kelas VII
kalian hanya memandang komputer dari tampak luar, di kelas VIII, kalian akan
masuk ke “dalam” komputer. Sama dengan belajar tubuh manusia, kalian akan
belajar “organ-organ” (komponen) komputer yang tidak kasat mata, dan
mempelajari bagaimana komponen tersebut berfungsi
4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet
(JKI), kalian akan belajar mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler,
jaringan lokal dan internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.
5. Pada BabAnalisis Data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan
dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan data,
dan visualisasi data.
6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar pemrograman
menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu Scratch dan Blockly. Mengapa
harus kenal dua bahasa pemrograman? Karena bahasa pemrograman itu hanya
digunakan untuk coding. Konsep pemrograman yang sama dapat diimplementasi dalam bahasa
pemrograman yang berbeda. Dalam kehidupan, kita tidak bisa hidup hanya dengan
satu bahasa, bukan? Misalnya, kalian minimal belajar bahasa Indonesia dan
bahasa daerah. Selain itu, jika fasilitas di sekolah memungkinkan, kalian dapat
belajar pemrograman dengan menggunakan robot kecil, yaitu Ozobot.
7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai media
sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis.
Apa yang baik sebaiknya menjadi dasar kalian berperilaku di dunia maya. Apa buruk,
membahayakan diri, atau bahkan kurang baik di media sosial, sebaiknya kalian
hindari. Modul DSI menyajikan kasus-kasus yang dapat menjadi bahan renungan
kalian dalam menentukan sikap, berkreasi, dan berperilaku di dunia maya.
8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian
juga belajar bekerja sama dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya
dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada
bab-bab lain.
Evaluasi Diri dan Refleksiku
1.
Aku sangat senang/senang/kurang senang/tidak senang
Karena…………………………………………………………………………...
2.
Aku merasa sudah belajar dengan baik dan berusaha. Jika dinilai
skala 1 s.d. 4, aku akan menilai usahaku ……………
3.
Catatanku: ………………………………………………………………………
Dengan menyusun Buku Kerja Peserta Didik dari Lembar Kerja
Peserta Didik dan catatan terpisah, kalian sudah
menyumbang ke lingkungan (green environment) karena Buku Siswa yang dicetak dapat dipakai kembali oleh
adik-adik kalian. Oleh karena itu, tolong jangan mencoret -coret Buku Siswa
Baca Juga: BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8
Baca
Materi Lainnya
BAB I Informatika dan Pembelajarannya | Informatika Kelas 8
BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika
Kelas 8
Komentar