Langsung ke konten utama

Jelang Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan ImTaq

 Jelang Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan ImTaq

Mar 13, 2024 | Blog, Pendidikan



Sambut Ramadhan, SMPN 8 Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan Iman dan Taqwa-Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta dibawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. menggelar peningkatan iman dan taqwa, Jumat 8 Maret 2024. Kegiatan peningkatan iman dan taqwa menjadi kegiatan rutin SMPN 8 Kota Surakarta dalam setiap tahunnya ini dilaksanankan di halaman SMPN 8 Kota Surakarta untuk yang beragama Islam. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Siswa- Siswi dan Bapak/Ibu Guru, Karyawan.

Sedangkan untuk yang beragama Kristen di ruang Agama Kristen, melakukan kegiatan religi di GKJ Petoran dengan jumlah 130 siswa dan 2 Guru, dengan tema: Kasih, pembicara Dra. Inawati, menyampaikan bait Allah harusnya digunakan untuk beribadah kepada Allah, tetapi malah digunakan untuk berjualan. Tuhan menegur semua agar berbalik dari dosanya, bertobat dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Kasih Tuhan membantu manusia untuk hidup seturut firman Tuhan.

Untuk siswa yang beragama Katolik, melakukan Ibadat Sabda yang dipimpin oleh Fransiska Nita Purwaningsih, S.Ag. di ruang Aula atas. Inti renungan: hendaklah berjaga-jaga dan siap selalu, sebagai tema renungan hari ini mengajak kita untuk merenungkan tentang kenyataan yang dialami bahwa dalam kehidupan remaja sering mengalami up and down dalam iman. Maka perlu menumbuhkan iman dengan terlibat aktif dalam kegiatan kerohanian dan iman tersebut harus diwujudkan dalam perbuatan kasih sehingga iman akan selalu mengakar dan tumbuh kuat.

Acara dibuka langsung oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. Dalam sambutannya Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar untuk menyambut Ramdhan yang tinggal beberapa hari lagi. Tujuannya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah sesama umat Muslim serta menyebarkan syiar Islam di lingkungan sekolah.

Ramadhan adalah bulan suci yang selalu dirindukan umat Islam. Keindahan dan kekhusyukan hari-harinya adalah sesuatu yang sulit didapatkan di hari biasa sehingga tak heran jika di bulan suci ini begitu banyak hal biasa yang menjadi istimewa.Ramadhan menyediakan paket yang kental dengan makanan, seperti puasa, tarawih, malam Lailatul Qadar hingga kembali ke fitrah dalam Idul Fitri. Ibadah di bulan Ramadhan memiliki nilai spiritual yang dijaminkan pelakunya mendapatkan kebahagiaan batin.

Keluarga besar SMPN 8 Surakarta dari mulai guru, staf tata usaha, penjaga sekolah, tenaga kebersihan dan keamanan sekaligus seluruh siswa gembira sambut bulan suci Ramadhan. Pesan singkat dalam kata sambutan Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. kebersamaan dan kekompakan antar seluruh keluarga besar SMPN 8 Kota Surakarta sangat di perlukan demi terciptanya suasana dan keharmonisan yang terus terjaga demi mengemban tugas serta memajukan dunia pendidikan ke arah yang lebih baik dan sempurna.

Acar inti dari keluarga besar SMPN 8 Kota Surakarta yang beragama Islam dengan mengundang Ustadz Rizky Rosyadi, S.Ag.,M.H. dari SMA Al Islam 1 Surakarta dengan mengambil tema “Dunia Tanpa Pacaran Menyambut Ramadhan”. Kegiatan diawali dengan tadarus Qur’an Surah Yunus ayat 61.

Puasa merupakan ibadah wajib yang dikerjakan sebulan penuh bagi umat Muslim yang tidak memiliki halangan. Wajibnya seorang muslim berpuasa sebagaimana telah tertulis dalam perintah dan menjadi rukun Islam yang ketiga. Terlepas daripada perintahnya, bagi orang yang melaksanakan puasa tapi masih saja berpacaran, tidak dianjurkan dalam Islam. Pacaran saat Ramadhan dapat membatalkan puasa.

Ketika berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan hawa nafsu dan hal-hal yang bisa membatalkan puasa dan mendatangkan dosa. Kalau tujuan puasa masih pacaran, puasa gugur, kewajiban puasanya gugur dan pahala puasanya tidak ada. Oleh karena itu bagi yang masih pacaran saat puasa lebih baik ditinggalkan.

Untuk yang beragama Hindu dan Kong Hu Chu lokasi kegiatan di ruang Perpustakaan. Setelah selesai melakukan peningkatan iman dan taqwa, semua siswa menyaksikan perform peserta didik di bidang Karate. Juga menyaksikan Drama dari Tater Pena SMPN 8 Surakarta. Sebelum siswa pulang, membersihkan ruang kelas masing-masing yang didampingi oleh Wali Kelas. Untuk hari ini siswa tetap menggunakan seragam Pramuka, tidak ada kegiatan belajar mengajar (KBM) dan pulang pada pukul 11.00 WIB.

“Semoga dengan semangat yang ditampilkan siswa-siswi ini dapat pula menambah semangat bagi mereka dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan pada tahun ini,” harap Triad Suparman.

Sie publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2