Langsung ke konten utama

Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK

 Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK

Mar 14, 2024 | Blog, GUGUS DEPAN 04.099/04.100, Pendidikan



Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Gelar LDK-Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu

Pengertian Dewan Penggalang atau Dewan Galang adalah organisasi Pramuka SMP yang beranggotakan para pemimpin regu. Dalam Pramuka Dianpinru merupakan akronim dari kegiatan Gladian Pimpinan Regu yang memiliki tujuan untuk melatih pemimpin regu, kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan untuk dewan penggalang dan calon pimpinan regu penggalang.

Pengertian Dianpinru atau Gladian Pimpinan Regu adalah kegiatan Pramuka Penggalang yang ditujukan untuk mendidik dan melatih Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Pada hari, Sabtu dan Minggu, 8-9 Maret 2024 SMPN 8 Kota Surakarta, dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta, Gugus Depan 04.099 dan 04.100 yang diikuti oleh 60 siswa terdiri dari Dewan Penggalang 09 berjumlah 28 siswa, Peleton Inti kelas 7 ada 32 siswa, Dewan Penggalang 08 sejumlah 16 siswa, Pembina 5 orang, Dewan Penggalang  Purna (Pendamping)  9 orang.

Tujuannya adalah membekali Dewan Penggalang dan Peleton Inti dengan pengetahuan keorganisasian dan kepemimpinan. Dewan Penggalang dan Peleton Inti dapat mempelajari kepengurusan Dewan Penggalang pada tahun-tahun sebelumnya. Memperbaiki kepengurusan, baik struktur organisasi, kualitas dan kinerja pengurus dalam memegang tanggung jawab sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Menurut Koordinator Pelaksana, Christina Endah Setyowati, S.Pd., sekaligus Pembina Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta, menyampaikan kegiatan ini mengambil tema “Bersama Dalam Kontribusi, Bergerak Mencetak Prestasi”. Dalam tema bergerak bersama untuk meraih prestasi, acara kegiatan ini menjadi momen yang sangat berarti dalam mewujudkan mimpi dan ambisi mereka.

Tema itu mencerminkan semangat kolaborasi dan kebersamaan yang telah menjadi landasan dari pendidikan di SMPN 8 Kota Surakarta. Dalam upaya untuk meraih prestasi, siswa-siswa didorong untuk bekerja sama sebagai tim, saling mendukung, dan menginspirasi satu sama lain. Dalam proses ini, mereka belajar untuk menghargai keberagaman, mengatasi hambatan, dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk sukses di dunia nyata.

Beberapa Kakak Pembina mendampingi dan memberikan materi seperti Christina Endah S., S.Pd., Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd., Herviyanti Chandra P.,S.Pd., Dina Nur Afifah, S.Hum., Fahrul Fuad, S.Pd.. Sedangkan Pendamping Dewan Penggalang Purna antara lain: Anas Dawud Fathoni, Reza Ghani Abdul Aziz, Dendi Suharyono, Fadilla Arumi Wijayanti, Najwa Maharani Putri Daha, Talitha Amanda Vania Ardila, Salsabila Kuntum Robbani, Zahra Afina Ramadhani, dan Ghizela Artista Fauzan. Untuk pemberi materi yaitu dari Kwarcab dan Muhammad Arief Hartono, S.P.W.K.

Dalam Kegiatan LDK ini dilakukan di halaman pada hari Jumat, 8 Maret 2024 pukul 13.00-18.00 WIB. dibuka langsung oleh Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, sebagai Pembina, Triad Suparman, M.Pd. Menurut keterangan dari Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta, menyampaikan pesan bahwa dalam mengikuti kegiatan ini seluruh anggota Dewan Penggalang maupun Pemimpin Regu diharapkan dapat mengamalkan Dasa Dharma ke 6 yaitu Rajin, Terampil, dan Gembira.

Dalam kegiatan ini siswa siswi dipilih dari perwakilan kelas 7, 8 dan 9, kemudian didominasi peserta terbanyak dari kelas 8 dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai 40 siswa dan siswi. Kegiatan ini dilakukan di dalam dan di luar ruangan. Untuk teori di sampaikan di dalam kelas dan untuk praktek dilakukan di halaman sekolah.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan serta pemberian materi seperti: Dinamika Kelompok yang disampaikan oleh Ch. Endah S., S.Pd. membahas tentang interaksi dalam kelompok yang ditata dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan para anggota. PBB I, PBB II yang disampaikan oleh Dendi Suharyono, dengan penanggung jawab Panitia (Arya Sena). Peraturan Bari Berbaris (PBB) ; latihan fisik, disiplin, tanggung jawab dan partiotisme

Dilanjutkan Komunikasi  yang disampaikan oleh Fahrul Fuad, S.Pd. dengan penanggung jawab Rani. Setelah senam langsung sarapan pagi, kemudian penjelajahan antara lain: Pionering, KIM, Menajsir Tinggi, Semaphore, dan Sandi Morse, oleh Panitia (Fathoni dan Dendi).

Kegiatan pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 dimulai pada pukul 06.00-17.00 WIB. Diawali dengan olahraga pagi (senam)  di halaman penanggungjawab Talitha.

Pada pukul 10.00-11.00 WIB, Peningkatan Kapasitas Regu, penanggung jawab Zahra Endru, pemberi materi Muhammad Arief Hartono, S.P.W.K. Selesai Ishoma dilanjutkan dengan Public Speaking, penanggung jawab Fadila, pemberi materi dari Kwarcab.

Untuk Administrasi Gudep penanggung jawab Fina dan pemberi materi Herviyanti Chandra P.,S.Pd. Kepemimpinan penanggungjawab Raqindi dan Pembina Dina Nur A. S.Hum. Refleksi penanggung jawab Reza Ghani, pemberi materi Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd.

Upacara Penutupan dilakukan oleh Waka Kesiswaan dan Organisasi SMPN 8 Kota Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. Dengan menyampaikan harapan ada perubahan karakter kepada para siswa menuju generasi berjiwa Pancasila. Wahyu juga mengimbau kepada orang tua siswa untuk terus mendukung putra putrinya di didik di sekolah ini agar dapat memiliki karakter yang mulia. Pada pukul 17.00 WIB. Sayonara.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu SMPN 8 Kota Surakarta tahun 2024 ini adalah diperoleh kepengurusan baru yang berkualitas, dapat berkoordinasi dengan baik, dapat memegang tanggung jawab dengan baik sebagai pengurus di periode selanjutnya serta dapat mengharumkan  nama Pramuka Gugus Depan 04.099/04.100 SMPN 8 Kota Surakarta,” harapnya.

Sie Publikasi SMPN 8 Kota Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2