Langsung ke konten utama

Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK

 Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK

Mar 14, 2024 | Blog, GUGUS DEPAN 04.099/04.100, Pendidikan



Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Gelar LDK-Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu

Pengertian Dewan Penggalang atau Dewan Galang adalah organisasi Pramuka SMP yang beranggotakan para pemimpin regu. Dalam Pramuka Dianpinru merupakan akronim dari kegiatan Gladian Pimpinan Regu yang memiliki tujuan untuk melatih pemimpin regu, kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan untuk dewan penggalang dan calon pimpinan regu penggalang.

Pengertian Dianpinru atau Gladian Pimpinan Regu adalah kegiatan Pramuka Penggalang yang ditujukan untuk mendidik dan melatih Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Pada hari, Sabtu dan Minggu, 8-9 Maret 2024 SMPN 8 Kota Surakarta, dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta, Gugus Depan 04.099 dan 04.100 yang diikuti oleh 60 siswa terdiri dari Dewan Penggalang 09 berjumlah 28 siswa, Peleton Inti kelas 7 ada 32 siswa, Dewan Penggalang 08 sejumlah 16 siswa, Pembina 5 orang, Dewan Penggalang  Purna (Pendamping)  9 orang.

Tujuannya adalah membekali Dewan Penggalang dan Peleton Inti dengan pengetahuan keorganisasian dan kepemimpinan. Dewan Penggalang dan Peleton Inti dapat mempelajari kepengurusan Dewan Penggalang pada tahun-tahun sebelumnya. Memperbaiki kepengurusan, baik struktur organisasi, kualitas dan kinerja pengurus dalam memegang tanggung jawab sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Menurut Koordinator Pelaksana, Christina Endah Setyowati, S.Pd., sekaligus Pembina Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta, menyampaikan kegiatan ini mengambil tema “Bersama Dalam Kontribusi, Bergerak Mencetak Prestasi”. Dalam tema bergerak bersama untuk meraih prestasi, acara kegiatan ini menjadi momen yang sangat berarti dalam mewujudkan mimpi dan ambisi mereka.

Tema itu mencerminkan semangat kolaborasi dan kebersamaan yang telah menjadi landasan dari pendidikan di SMPN 8 Kota Surakarta. Dalam upaya untuk meraih prestasi, siswa-siswa didorong untuk bekerja sama sebagai tim, saling mendukung, dan menginspirasi satu sama lain. Dalam proses ini, mereka belajar untuk menghargai keberagaman, mengatasi hambatan, dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk sukses di dunia nyata.

Beberapa Kakak Pembina mendampingi dan memberikan materi seperti Christina Endah S., S.Pd., Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd., Herviyanti Chandra P.,S.Pd., Dina Nur Afifah, S.Hum., Fahrul Fuad, S.Pd.. Sedangkan Pendamping Dewan Penggalang Purna antara lain: Anas Dawud Fathoni, Reza Ghani Abdul Aziz, Dendi Suharyono, Fadilla Arumi Wijayanti, Najwa Maharani Putri Daha, Talitha Amanda Vania Ardila, Salsabila Kuntum Robbani, Zahra Afina Ramadhani, dan Ghizela Artista Fauzan. Untuk pemberi materi yaitu dari Kwarcab dan Muhammad Arief Hartono, S.P.W.K.

Dalam Kegiatan LDK ini dilakukan di halaman pada hari Jumat, 8 Maret 2024 pukul 13.00-18.00 WIB. dibuka langsung oleh Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, sebagai Pembina, Triad Suparman, M.Pd. Menurut keterangan dari Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta, menyampaikan pesan bahwa dalam mengikuti kegiatan ini seluruh anggota Dewan Penggalang maupun Pemimpin Regu diharapkan dapat mengamalkan Dasa Dharma ke 6 yaitu Rajin, Terampil, dan Gembira.

Dalam kegiatan ini siswa siswi dipilih dari perwakilan kelas 7, 8 dan 9, kemudian didominasi peserta terbanyak dari kelas 8 dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai 40 siswa dan siswi. Kegiatan ini dilakukan di dalam dan di luar ruangan. Untuk teori di sampaikan di dalam kelas dan untuk praktek dilakukan di halaman sekolah.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan serta pemberian materi seperti: Dinamika Kelompok yang disampaikan oleh Ch. Endah S., S.Pd. membahas tentang interaksi dalam kelompok yang ditata dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan para anggota. PBB I, PBB II yang disampaikan oleh Dendi Suharyono, dengan penanggung jawab Panitia (Arya Sena). Peraturan Bari Berbaris (PBB) ; latihan fisik, disiplin, tanggung jawab dan partiotisme

Dilanjutkan Komunikasi  yang disampaikan oleh Fahrul Fuad, S.Pd. dengan penanggung jawab Rani. Setelah senam langsung sarapan pagi, kemudian penjelajahan antara lain: Pionering, KIM, Menajsir Tinggi, Semaphore, dan Sandi Morse, oleh Panitia (Fathoni dan Dendi).

Kegiatan pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 dimulai pada pukul 06.00-17.00 WIB. Diawali dengan olahraga pagi (senam)  di halaman penanggungjawab Talitha.

Pada pukul 10.00-11.00 WIB, Peningkatan Kapasitas Regu, penanggung jawab Zahra Endru, pemberi materi Muhammad Arief Hartono, S.P.W.K. Selesai Ishoma dilanjutkan dengan Public Speaking, penanggung jawab Fadila, pemberi materi dari Kwarcab.

Untuk Administrasi Gudep penanggung jawab Fina dan pemberi materi Herviyanti Chandra P.,S.Pd. Kepemimpinan penanggungjawab Raqindi dan Pembina Dina Nur A. S.Hum. Refleksi penanggung jawab Reza Ghani, pemberi materi Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd.

Upacara Penutupan dilakukan oleh Waka Kesiswaan dan Organisasi SMPN 8 Kota Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. Dengan menyampaikan harapan ada perubahan karakter kepada para siswa menuju generasi berjiwa Pancasila. Wahyu juga mengimbau kepada orang tua siswa untuk terus mendukung putra putrinya di didik di sekolah ini agar dapat memiliki karakter yang mulia. Pada pukul 17.00 WIB. Sayonara.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu SMPN 8 Kota Surakarta tahun 2024 ini adalah diperoleh kepengurusan baru yang berkualitas, dapat berkoordinasi dengan baik, dapat memegang tanggung jawab dengan baik sebagai pengurus di periode selanjutnya serta dapat mengharumkan  nama Pramuka Gugus Depan 04.099/04.100 SMPN 8 Kota Surakarta,” harapnya.

Sie Publikasi SMPN 8 Kota Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...