Langsung ke konten utama

SMPN 8 Kota Surakarta Adakan Ibadah Ramadhan penuh Harmoni


SMPN 8 Kota Surakarta Adakan Ibadah Ramadhan penuh Harmoni

SMPN 8 Kota Surakarta, dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd resmi membuka kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 1445H/2024M, pada hari Rabu – Kamis, tanggal 27 – 28 Maret 2024. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah dan dihadiri oleh Guru serta seluruh siswa yang beragama Islam.

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Muslim, karena pada bulan suci ini, umat Muslim akan menjalani puasa selama 30 hari sebagai ibadah. Bulan ini adalah satu bulan khusus untuk mendekatkan diri kepada Allah dan kepada sesama, berbuat baik, dan mengumpulkan pahala sebagai bekal untuk di akhirat. Karena bulan ini adalah bulan yang baik, SMPN 8 Kota Surakarta menggelar kegiatan Pesantren Kilat dan ibadah bagi yang beragama Kristen dan Katolik Hindu dan Kong Hu Chu.

Menurut Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. diadakannya pesantren kilat ini bertujuan untuk untuk bisa lebih memantapkan pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. Selain itu juga untuk melatih siswa agar dapat meningkatkan kepribadian yang hebat, dan membiasakan amaliah ibadah serta menanamkan makna dan nila - nilai ibadah dan membentuk perilaku Ahklakul Karimah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari - hari. Kegiatan pesantren kilat memang ditujukan khusus bagi para siswa yang memeluk agama Islam dengan menggunakan pola dan tata cara kehidupan di dalam pesantren, tetapi dilakukan di dalam lingkungan sekolah.

Melalui pesantren kilat seperti ini diharapkan siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang ilmu agama khususnya tentang keutamaan bulan Ramadhan. Mudah - mudahan seluruh siswa bisa mendapat banyak manfaat di bulan suci Ramadhan sekaligus memotivasi para siswa itu sendiri untuk lebih taat dalam ibadah puasa.

Hal senada juga dilontarkan oleh Ustadz Muh. Tavib Asbi Ashidiqi, S.Kom.I., S.Pd. dari SMP Negeri 1 Grogol. Saat memberikan tausyiahnya dimana menurutnya kegiatan seperti ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami kepada seluruh siswa khususnya di SMPN 8 Kota Surakarta sekaligus sebagai agenda tahunan di sekolah ini. Ustadz juga menyampaikan seruan untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan dan menjauhi hal - hal yang dapat menimbulkan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar, utamanya yang berkaitan dengan problem remaja SMP, yang menjerumuskan pada hal - hal negative seperti miras, pergaulan bebas, dan lain sebagainya, karena perbuatan tersebut dilarang dan diharamkan oleh Allah SWT.

Dalam kegiatan pesantren Ramadhan dengan mengambil tema “Menggapai Maghfirah Menuju Generasi Alim Fakih” bahwa generasi penerus harus mempunyai kepahaman Alim Fakih, Berakhlaqul karimah dan mandiri. Dengan memiliki kefahaman tersebut, diharapkan generasi muda bisa hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain serta bisa bermanfaat bagi orang - orang sekitarnya.

Kegiatan ini di mulai pada pagi hari Rabu, pukul 07.25 WIB dan berakhir pada pukul 12.40 WIB diikuti oleh semua siswa kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan pada hari Kamis, tanggal 28 Maret dimulai pada pukul 07.25 WIB sampai pukul 18.40 WIB.

Menurut Koordinator Pesantren Kilat, Nur Barokah, S.Pd.I. bahwa sejumlah materi yang disampaikan di antaranya: Asmaul Husna dan Tadarus, Puasa Ramadhan, Hari Akhir, Doa Harian, Birrul Walidin Akhlak, Sholat Wajib, Kisah Nabi, Sholat Dhuha, Akhlak, Pergaulan Remaja, Kajian Umum, dan Buka Bersama.

Dalam kegiatan pesantren ini juga diadakan berbagai lomba untuk siswa antara lain ; lomba Tahfidz Qur’an di kelas 9B, Lomba Tartil Qur’an bertempat di Perpustakaan dan Pidato Islami di Lab. IPA.

Juri Tartil Qur’an adalah Dwi Puji Handayani, S.Pd., dan Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. Untuk Juri Pidato Islam yaitu Yuni Setiowati, S.Si. dan Sri Supadmi, S.Pd. Sedangkan Juri hafalan/hafiz adalah Abdulah Yusuf, S.Pd. dan Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd.

Hasil lomba Tartil Qur’an kelas VII juara 1 Zaira Najwa Anandita, juara 2 Putri Ayu Kholbia, dan juara 3 Bintang . Kelas VIII juara 1 Wafduloh A’la Annasa’I, juara 2 Lili Anugrah Heni, juara 3 Muhammad Ali Imran. Kelas IX juara 1 Muhammad Azzuhri Saifullah, juara 2 Amalia Azzahra, juara 3 Rizky Putri Riyadi.

Hasil lomba Tahfidz Qur’an, kelas VII juara 1 Amara Happy, juara 2 Nova Ibrahim Ardhana, juara 3 Adinda Willy Auliana Latifa. Kelas VIII juara 1 Arya Widyatama Wibowo, juara 2 Aluna Putri Ramadhani, juara 3 Alia Shofia Wahyudi. Kelas IX juara 1 Rain Narayana Mazaya Manaf, juara 2 Rengganis Ronggo Maharani, juara 3 Muhammad Faadhil Abdurrahman.

Lomba Pidato Islami, kelas VII juara 1 Rifaya Khansa Nayla, juara 2 Inez Fayza Jasmine Pramudita, juara 3 Miftah Sava Elysia. Kelas VIII juara 1 Wida Putri Laksitaningrum, juara 2 Bianca Queen Arianjani, juara 3 Alinda Permatasari. Kelas IX juara 1 Nadhif Syafiq Aradhana, juara 2 Vila Ayu Dwi Gustanti, juara 3 Raqindi Arrayah El Azha.

Sedangkan untuk siswa yang beragama Katolik berjumlah 77 siswa, dengan koordinator F. Nita Purwaningsih, S.Ag. dan guru pendamping Ch. Endah Setyowati, S.Pd. melakukan kegiatan sabda menjelang paskah lalu dilanjutkan latihan koor untuk persiapan tugas misa pelajar. Selan itu juga diadakan pendalaman kitab suci untuk lebih memperkuat iman dan berbuah kesaksian melalui perkataan dan perbuatan. Hari Rabu, tema Mat 26: 14 – 25, sedangkan pada hari Kamis tema Yoh. 13: 1 – 15. Siswa yang beragama Kristen yang dikoordinatori oleh Zohanna Hendriyanti, S.Pd.K. melakukan kegiatan iman dan taqwa dengan ibadah, permainan, dan bakti sosial.

Dengan kegiatan seperti tersebut di atas maka siswa akan mendapatkan ilmu keagamaan yang lebih mendalam, mempererat silaturahmi dengan teman. Selain itu juga menanamkan kemandirian, semakin fasih membaca Al Qur’an, dan mendapatkan penilaian tersendiri dari Guru.

Harapan dari Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. agar siswa dapat lebih memperkaya ilmu agama, sehingga dapat memperbaiki diri dan mempersiapkan diri untuk menyambut akhir hayat yang indah. Setelah kegiatan ini dilaksanakan dapat merubah siswa menjadi pribadi yang disiplin dalam beribadah dan berahklakul karimah terhadap Orang Tua, Guru, dan antar sesama teman - temannya.

Sie Publikasi SMPN 8 Kota Surakarta: Dra. Sri Suprapti 

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2