Langsung ke konten utama

SMPN 8 Kota Surakarta Adakan Ibadah Ramadhan penuh Harmoni


SMPN 8 Kota Surakarta Adakan Ibadah Ramadhan penuh Harmoni

SMPN 8 Kota Surakarta, dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd resmi membuka kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 1445H/2024M, pada hari Rabu – Kamis, tanggal 27 – 28 Maret 2024. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah dan dihadiri oleh Guru serta seluruh siswa yang beragama Islam.

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Muslim, karena pada bulan suci ini, umat Muslim akan menjalani puasa selama 30 hari sebagai ibadah. Bulan ini adalah satu bulan khusus untuk mendekatkan diri kepada Allah dan kepada sesama, berbuat baik, dan mengumpulkan pahala sebagai bekal untuk di akhirat. Karena bulan ini adalah bulan yang baik, SMPN 8 Kota Surakarta menggelar kegiatan Pesantren Kilat dan ibadah bagi yang beragama Kristen dan Katolik Hindu dan Kong Hu Chu.

Menurut Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. diadakannya pesantren kilat ini bertujuan untuk untuk bisa lebih memantapkan pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. Selain itu juga untuk melatih siswa agar dapat meningkatkan kepribadian yang hebat, dan membiasakan amaliah ibadah serta menanamkan makna dan nila - nilai ibadah dan membentuk perilaku Ahklakul Karimah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari - hari. Kegiatan pesantren kilat memang ditujukan khusus bagi para siswa yang memeluk agama Islam dengan menggunakan pola dan tata cara kehidupan di dalam pesantren, tetapi dilakukan di dalam lingkungan sekolah.

Melalui pesantren kilat seperti ini diharapkan siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang ilmu agama khususnya tentang keutamaan bulan Ramadhan. Mudah - mudahan seluruh siswa bisa mendapat banyak manfaat di bulan suci Ramadhan sekaligus memotivasi para siswa itu sendiri untuk lebih taat dalam ibadah puasa.

Hal senada juga dilontarkan oleh Ustadz Muh. Tavib Asbi Ashidiqi, S.Kom.I., S.Pd. dari SMP Negeri 1 Grogol. Saat memberikan tausyiahnya dimana menurutnya kegiatan seperti ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami kepada seluruh siswa khususnya di SMPN 8 Kota Surakarta sekaligus sebagai agenda tahunan di sekolah ini. Ustadz juga menyampaikan seruan untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan dan menjauhi hal - hal yang dapat menimbulkan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar, utamanya yang berkaitan dengan problem remaja SMP, yang menjerumuskan pada hal - hal negative seperti miras, pergaulan bebas, dan lain sebagainya, karena perbuatan tersebut dilarang dan diharamkan oleh Allah SWT.

Dalam kegiatan pesantren Ramadhan dengan mengambil tema “Menggapai Maghfirah Menuju Generasi Alim Fakih” bahwa generasi penerus harus mempunyai kepahaman Alim Fakih, Berakhlaqul karimah dan mandiri. Dengan memiliki kefahaman tersebut, diharapkan generasi muda bisa hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain serta bisa bermanfaat bagi orang - orang sekitarnya.

Kegiatan ini di mulai pada pagi hari Rabu, pukul 07.25 WIB dan berakhir pada pukul 12.40 WIB diikuti oleh semua siswa kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan pada hari Kamis, tanggal 28 Maret dimulai pada pukul 07.25 WIB sampai pukul 18.40 WIB.

Menurut Koordinator Pesantren Kilat, Nur Barokah, S.Pd.I. bahwa sejumlah materi yang disampaikan di antaranya: Asmaul Husna dan Tadarus, Puasa Ramadhan, Hari Akhir, Doa Harian, Birrul Walidin Akhlak, Sholat Wajib, Kisah Nabi, Sholat Dhuha, Akhlak, Pergaulan Remaja, Kajian Umum, dan Buka Bersama.

Dalam kegiatan pesantren ini juga diadakan berbagai lomba untuk siswa antara lain ; lomba Tahfidz Qur’an di kelas 9B, Lomba Tartil Qur’an bertempat di Perpustakaan dan Pidato Islami di Lab. IPA.

Juri Tartil Qur’an adalah Dwi Puji Handayani, S.Pd., dan Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. Untuk Juri Pidato Islam yaitu Yuni Setiowati, S.Si. dan Sri Supadmi, S.Pd. Sedangkan Juri hafalan/hafiz adalah Abdulah Yusuf, S.Pd. dan Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd.

Hasil lomba Tartil Qur’an kelas VII juara 1 Zaira Najwa Anandita, juara 2 Putri Ayu Kholbia, dan juara 3 Bintang . Kelas VIII juara 1 Wafduloh A’la Annasa’I, juara 2 Lili Anugrah Heni, juara 3 Muhammad Ali Imran. Kelas IX juara 1 Muhammad Azzuhri Saifullah, juara 2 Amalia Azzahra, juara 3 Rizky Putri Riyadi.

Hasil lomba Tahfidz Qur’an, kelas VII juara 1 Amara Happy, juara 2 Nova Ibrahim Ardhana, juara 3 Adinda Willy Auliana Latifa. Kelas VIII juara 1 Arya Widyatama Wibowo, juara 2 Aluna Putri Ramadhani, juara 3 Alia Shofia Wahyudi. Kelas IX juara 1 Rain Narayana Mazaya Manaf, juara 2 Rengganis Ronggo Maharani, juara 3 Muhammad Faadhil Abdurrahman.

Lomba Pidato Islami, kelas VII juara 1 Rifaya Khansa Nayla, juara 2 Inez Fayza Jasmine Pramudita, juara 3 Miftah Sava Elysia. Kelas VIII juara 1 Wida Putri Laksitaningrum, juara 2 Bianca Queen Arianjani, juara 3 Alinda Permatasari. Kelas IX juara 1 Nadhif Syafiq Aradhana, juara 2 Vila Ayu Dwi Gustanti, juara 3 Raqindi Arrayah El Azha.

Sedangkan untuk siswa yang beragama Katolik berjumlah 77 siswa, dengan koordinator F. Nita Purwaningsih, S.Ag. dan guru pendamping Ch. Endah Setyowati, S.Pd. melakukan kegiatan sabda menjelang paskah lalu dilanjutkan latihan koor untuk persiapan tugas misa pelajar. Selan itu juga diadakan pendalaman kitab suci untuk lebih memperkuat iman dan berbuah kesaksian melalui perkataan dan perbuatan. Hari Rabu, tema Mat 26: 14 – 25, sedangkan pada hari Kamis tema Yoh. 13: 1 – 15. Siswa yang beragama Kristen yang dikoordinatori oleh Zohanna Hendriyanti, S.Pd.K. melakukan kegiatan iman dan taqwa dengan ibadah, permainan, dan bakti sosial.

Dengan kegiatan seperti tersebut di atas maka siswa akan mendapatkan ilmu keagamaan yang lebih mendalam, mempererat silaturahmi dengan teman. Selain itu juga menanamkan kemandirian, semakin fasih membaca Al Qur’an, dan mendapatkan penilaian tersendiri dari Guru.

Harapan dari Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. agar siswa dapat lebih memperkaya ilmu agama, sehingga dapat memperbaiki diri dan mempersiapkan diri untuk menyambut akhir hayat yang indah. Setelah kegiatan ini dilaksanakan dapat merubah siswa menjadi pribadi yang disiplin dalam beribadah dan berahklakul karimah terhadap Orang Tua, Guru, dan antar sesama teman - temannya.

Sie Publikasi SMPN 8 Kota Surakarta: Dra. Sri Suprapti 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...