Langsung ke konten utama

BAB 7: Algoritma Pemrograman – Informatika Kelas 8


BAB 7: Algoritma Pemrograman – Informatika Kelas 8

Tujuan pembelajaran BAB 7: Algoritma Pemrograman – Informatika Kelas 8

 

Setelah mempelajari bab ini kalian mampu untuk melanjutkan pemrograman dengan Scratch dan mengenal bahasa/tools baru yang sejenis dengan Scratch yang disebut Blockly, dimana Blockly lebih dekat ke bahasa pemrograman prosedural.

Peta Konsep Algoritma dan Pemrograman

Dengan program, komputer akan mampu menjalankan instruksi-instruksi tertentu. Instruksi-instruksi ini tersusun dari berbagai komponen seperti variabel, ekspresi logika, percabangan, perulangan, dan lain-lain. Komponen tersebut diwujudkan menjadi blok visual, dan dikenalkan melalui pemrograman visual. Adapun contoh pemrograman visual yaitu Scratch dan Blockly.

A. Eksplorasi Lanjutan Scratch

1. Kode Control, Input, dan Variable

 Kode Control berfungsi untuk dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari objek/ sprite.

Apa itu input?

 Pengertian Input yaitu sebuah proses yang digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable.

Apa itu Variable?

Pengertian Variable yaitu sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]. Variable dapat dikenali di semua Sprite (global variable)  atau hanya dikenali di Sprite yang aktif saat Variable dibuat (local variable).

Apa itu Kode Control?

 Pengertian Kode Control pada Scratch yaotu dapat mengatur jalannya program, seperti pengulangan dan kondisi. Tujuannya adalah kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana.

Apa itu Custom Block?

 Pengertian Custom Block adalah sebuah block pada Scratch yang dapat kalian buat sendiri dan dapat disesuaikan fungsinya. Dalam konsep pemrograman pada umumnya, Custom Block dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur.

B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze

 Pengertian Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok - blok, seperti Scratch.

Berikut adalah contoh pemrograman berbasis teks yaitu bahasa pemrograman JavaScript, PHP, Python, dll.



(a) Contoh kode Blockly (b)Terjemahan contoh kode  dalam JavaScript

Blockly Games dapat diakses melalui link https://blockly.games/?lang=en

Adapun permainan yang disediakan di Blockly Games antara lain:

·         Puzzleà Pemain harus menyusun blok - blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai.

·         Mazeà Pemain diminta untuk menggerakkan sprite agar berjalan sampai tujuan.

·         Birdà Pemain diminta untuk menggerakkan bird agar dapat mengambil cacing dan sampai ke sarangnya.

·         TurtleàPemain diminta untuk menggerakan turtle untuk menggambar sesuai pola yang disediakan.

·         MovieàPemain diminta untuk membuat sprite sederhana dan menggerakkannya sesuai instruksi.

·         Musicà Pemain diminta untuk membuat musik sederhana berdasarkan not balok yang diberikan.

·         Pond tutorà Pemain diminta untuk menggerakan sprite agar menembaki sprite target hingga darah dari sprite target habis.

·         Pond à Pada permainan ini, sprite pemain memiliki 3 lawan dan merupakan lanjutan dari Pond tutor

Output dari sebuah program dapat berupa teks, display gambar di layar, atau berupa suara.

Berikut contoh block coding games blockly.



D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly

Ini perbedaan block kode scratch dan blockly. Pada Scratch, blok kode program akan ditempatkan pada setiap sprite yang tersedia. Adapun Blockly Blok kode program pada Blockly ditempatkan pada tempat yang sama.

menu Beginner Mode, terdapat 3 kategori, yaitu:

·        Blockly

 Menggunakan blok-blok yang di drag & drop seperti pada Scratch dan Blockly Games untuk membuat kode program.

·        Games

 Menggunakan blok-blok yang di-drag & drop juga untuk membuat games.

·        Robots

Menggunakan Blockly untuk mengontrol jalannya robot. Terdapat beberapa merk robot yang dapat digunakan langsung, seperti Lego EV3 atau Sphero.

Apa itu sprite?

Pengertian sprite yaitu komponen dalam sebuah program yang merupakan gambar bitmap dua dimensi. Sprite banyak digunakan untuk menggambarkan objek seperti tokoh karakter atau benda lain, baik diam maupun bergerak. Sprite yang bergerak sebenarnya memanfaatkan perubahan posisi dari sprite atau menggunakan gambar lain sehingga seolah olah terjadi animasi.

Perbedaan latar belakang scracth dan blockly

Pada Scratch,  mengganti latar belakang tampilan grid view dapat memanfaatkan gambar yang akan disebut  Backdrop.

Pada Blockly, layar belakang tampilan dapat menggunakan gambar maupun warna yang disebut  background image atau background color.

E. Pengenalan Pemrograman Prosedural

Dalam pemrograman prosedural, kalian akan memprogram berdasarkan konsep komputer yang sudah dipelajari pada modul SK (Sistem Komputer). Komputer mempunyai 3 elemen penting, yaitu perangkat input, pemroses utama (CPU), dan perangkat output. CPU memiliki memori, bus dan ALU.

Hal yang dapat dilakukan komputer saat menerima perintah program:

·         Menerima input, dan menyimpannya dalam sebuah variabel, serta mengambil isinya jika diperlukan dengan menyebutkan nama variabel.

·         Mengeluarkan output, dengan menggunakan perintah “print”, “write”, atau “display” atau lainnya,

·         Melakukan perhitungan aritmatika dan logika, sesuai dengan operasi aritmatika yang menggunakan operator kali, bagi, tambah, kurang atau operasi logika dengan menggunakan operator and, or, not, atau operasi perbandingan dengan operator <, >, =

1. Variabel

Fungsi variabel digunakan untuk menyimpan nilai – nilai,  variabel juga harus memiliki nama sehingga dapat dibedakan dengan variabel lainnya.

tips memberi nama untuk sebuah variable:

·         Buatlah nama variabel yang menggambarkan fungsi variabel tersebut.

·         Buatlah nama variabel yang singkat/jangan terlalu panjang

Terdapat  3 buah tipe data Blockly:

·         Teks/string (“….”)

·          Bilangan (123…)

·          Boolean (true false)

2. Percabangan

Dalam membuat program, ada 2 alternatif atau keputusan-keputusan harus dilakukan oleh komputer, yaitu: a.) memeriksa apakah suatu kondisi bernilai benar atau salah, b.) memilih keputusan atau alternatif berdasarkan kondisi tersebut.

Operasi perbandingan di dalam pemrograman:

·         Sama dengan (=): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah 2 buah nilai bernilai sama atau tidak.

·         Tidak sama dengan (≠ ): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah 2 buah nilai bernilai berbeda atau tidak.

·         Kurang dari (<): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah suatu nilai lebih kecil daripada nilai lainnya.

·         Lebih dari (>): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah suatu nilai lebih besar daripada nilai lainnya.

Terdapat 3 buah operator logika, yaitu AND, OR, dan NOT. pernyataan yang mengandung operasi logika akan bernilai False jika pernyataan itu salah. Bila pernyataan itu benar,   maka bernilai True.

Berikut tabel operator logika



3. Pengulangan

konsep pengulangan pada komputer pemrograman biasa dikenal dengan repetition atau loops. Blok -blok dalam Blockly yang dapat digunakan untuk loops.

·         Blok [repeat n times]à digunakan untuk melakukan sebanyak yang ditentukan.

·         Blok [repeat..while]à  digunakan jika kalian ingin melakukan perulangan selama suatu kondisi atau syarat tertentu terpenuhi.

F. Modul Tambahan - Bermain dengan Robot Ozobot

Pengertian Ozobot adalah salah satu mainan kecil robot canggih dalam dunia digital yang dapat melatih pemrograman dasar secara menyenangkan.

Komentar

CRYPTO LEGIT, JOINT FOR FREE

Postingan populer dari blog ini

SMPN 8 Solo Melantik OSIS

  SMPN 8 Solo Melantik OSIS Feb 19, 2024 | Blog , Pendidikan Pelantikan OSIS SMPN 8 Solo   – Pelantikan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu acara penting yang dilakukan di sekolah untuk mengumumkan dan meresmikan pengurus OSIS yang baru. OSIS merupakan sebuah wadah di mana siswa-siswa terpilih memimpin dan mengelola berbagai kegiatan di sekolah. Proses pelantikan dimulai dengan pemilihan pengurus OSIS yang dilakukan melalui pemungutan suara oleh siswa-siswa atau proses pemilihan yang telah ditentukan oleh sekolah. Setelah pengurus OSIS yang baru terpilih, mereka diresmikan dalam sebuah acara pelantikan yang seringkali berlangsung dalam suasana penuh semangat. Selama acara ini, pengurus OSIS yang baru akan mengucapkan sumpah janji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan sebaik-baiknya, dan menunjukkan komitmen kepengurusan kepada sekolah dan sesama siswa. SMPN 8 Solo   melaksanakan pelantikan OSIS tahun pelajaran 2023- 2024 p...

Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023

  Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023 Nov 25, 2023 | Blog , Pendidikan Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023-Siswa SMPN 8 Gelar Kreativitas Sebagai Persembahan HGN 2023- SMPN 8 Surakarta menggelar kreativitas siswa pada Jum’at, 24 November 2023 pada pukul 09.30 WIB  –  selesai, sebagai ajang persembahan dalam rangka menghormati hari Guru Nasional(HGN) 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 25 November 2023.  Panitia kreativitas sekaligus Ketua OSIS SMPN 8 Surakarta , Gravida  mengatakan bahwa acara tersebut merupakan kreativitas siswa yang pertama kali digelar sebagai hadiah untuk para Guru yang akan memperingati HGN(Hari Guru Nasional)  2023. Sebagai acara perdana, kegiatan diselenggarakan tanpa mengadakan kegiatan belajar dan mengajar (KBM). Sebelumnya dilakukan gerak jalan disekitar sekolah diikuti semua Bapak/Ibu Guru, Karyawan, dan semua siswa mulai dari kelas 7A – H sampai dengan 9A – H menggunakan seragam olahraga ses...

Ini Cara Memperkenalkan Demokrasi Sejak Dini

Dari 6 Kandidat, Ini Hasil Ketua OSIS SMP NEGERI   8 – SMP NEGERI   8 Solo yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. menggelar pesta demokrasi pemilihan calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS ) periode 2023/2024. Sebelum melakukan Pemilos, dilakukan pembukaan oleh Kepala Sekolah di halaman setelah Upacara Bendera. Kepala Sekolah menyampaikan dalam pembukaannya Pemilos adalah suatu gambaran miniatur dari pemilu, tujuan Pemilos yaitu mempersiapkan diri sebelum menggunakan hak suara untuk negara SMP NEGERI   8 Solo. Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) menjadi suatu sarana efektif bagi satuan pendidikan (satdik) untuk mengenalkan pemilihan umum (pemilu) dan demokrasi kepada para peserta didik, hal ini pula yang dilakukan oleh SMP NEGERI   8 Solo. Pemilihan yang dilakukan di halaman sekolah ini berlangsung layaknya pemilihan umum. Istilah lain pemilihan Presiden OSIS. “Semoga menjadi pembelajaran yang bermakna bagi semuanya. Untuk memberikan pengetahuan pada siswa...

Ini Persyaratan PPDB SMA/SMK 2024/2025 Jalur Afirmasi

  Ini Persyaratan PPDB SMA/SMK 2024/2025 Jalur Afirmasi Mar 19, 2024 | Blog , Pendidikan PERSYARATAN PPDB SMA/SMK 2024/2025 JALUR AFIRMASI- SMPN 8 Kota Surakarta – Halo adik-adik SMP kelas IX, yuk simak informasi dini seputar PPDB SMA/SMK tahun 2024/2025. Berdasarkan prinsip dasar Petunjuk Teknis PPDB SMA/SMK ini adalah untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara: 1). integritas, artinya PPDB diselenggarakan secara konsisten antara regulasi dan implementasinya; 2). obyektif, artinya PPDB harus diselenggarakan secara obyektif; 3). transparan, artinya pelaksanaan PPDB bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik baru, untuk menghindari segala penyimpangan yang mungkin terjadi; 4). akuntabel, artinya PPDB dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya; 5). tidak diskriminatif, artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republ...

Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK

  Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK Mar 14, 2024 | Blog , GUGUS DEPAN 04.099/04.100 , Pendidikan Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Gelar LDK-Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Kota Surakarta , sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu Pengertian Dewan Penggalang atau Dewan Galang adalah organisasi Pramuka SMP yang beranggotakan para pemimpin regu. Dalam Pramuka Dianpinru merupakan akronim dari kegiatan Gladian Pimpinan Regu yang memiliki tujuan untuk melatih pemimpin regu, kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan untuk dewan penggalang dan calon pimpinan regu penggalang. Pengertian Dianpinru atau Gladian Pimpinan Regu adalah kegiatan Pramuka Penggalang yang ditujukan untuk mendidik dan melatih Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Pada hari, Sabtu dan Minggu, 8-9 Maret 2024 SMPN 8 Kota Sura...

Kultum RENDAH HATI

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam yang telah menghendaki kita untuk kembali merasakan bulan suci Ramadhan. Sholawat serta salam tak lupa juga kita panjatkan kepada Nabi Allah, Nabi Muhammad saw. juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya. Semoga Allah meridai kita untuk mendapatkan manfaat pada kesempatan kultum kali ini. Tema kultum kali ini adalah RENDAH HATI… "Saya belum melakukan apa-apa”.... Atau “Apa yang saya lakukan belum seberapa dan masih banyak kekurangan”.... Bersyukurlah jika kalimat-kalimat diatas meluncur dengan fasih dari lubuk hati anda, karena inilah indikator diterimanya amal seorang hamba.... Amal yang diterima akan membentuk pribadi yang selalu merendahkan hati dan merasa penuh kekurangan walaupun segudang amal shalih telah ia torehkan dalam catatan kebaikannya. Ia khawatir karena kekurangannya dalam menjalankan amal shalih membuat ALLAH tidak berkenan menerimanya. Bukan justru angkuh dan m...

Hasil Pertandingan Leg Kedua 16 Besar Liga Europa

Hasil Pertandingan Leg Kedua 16 Besar Liga Europa Jumat, 18 Maret 2022: 1.        Crvena Zvezda 2 - 1 Rangers          ·  Gol: Mirko Ivanic 10', El Fardou Ben 90+3' 2.        AS Monaco FC 1 - 1 Sporting Braga              ·  Gol: Axel Disasi 90'; Abel Ruiz 19' 3.        Bayer Leverkusen 0 - 1 Atalanta             ·  Gol: Jeremie Boga 90'+1' 4.        Galatasaray 1 - 2 Barcelona            ·  Gol: Marcao 28'; Pedri 37', Pierre-Emerick Aubameyang 49' 5.        Olympique Lyon 1 - 1 FC Porto             ·  Gol: Moussa Dembele 13'; Pepe 27' 6.        Eintracht Frankfurt 1 - 1 Real Betis      ...

Join As Now

SafelinkU | Shorten your link and earn money