Langsung ke konten utama

BAB 7: Algoritma Pemrograman – Informatika Kelas 8


BAB 7: Algoritma Pemrograman – Informatika Kelas 8

Tujuan pembelajaran BAB 7: Algoritma Pemrograman – Informatika Kelas 8

 

Setelah mempelajari bab ini kalian mampu untuk melanjutkan pemrograman dengan Scratch dan mengenal bahasa/tools baru yang sejenis dengan Scratch yang disebut Blockly, dimana Blockly lebih dekat ke bahasa pemrograman prosedural.

Peta Konsep Algoritma dan Pemrograman

Dengan program, komputer akan mampu menjalankan instruksi-instruksi tertentu. Instruksi-instruksi ini tersusun dari berbagai komponen seperti variabel, ekspresi logika, percabangan, perulangan, dan lain-lain. Komponen tersebut diwujudkan menjadi blok visual, dan dikenalkan melalui pemrograman visual. Adapun contoh pemrograman visual yaitu Scratch dan Blockly.

A. Eksplorasi Lanjutan Scratch

1. Kode Control, Input, dan Variable

 Kode Control berfungsi untuk dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari objek/ sprite.

Apa itu input?

 Pengertian Input yaitu sebuah proses yang digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable.

Apa itu Variable?

Pengertian Variable yaitu sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]. Variable dapat dikenali di semua Sprite (global variable)  atau hanya dikenali di Sprite yang aktif saat Variable dibuat (local variable).

Apa itu Kode Control?

 Pengertian Kode Control pada Scratch yaotu dapat mengatur jalannya program, seperti pengulangan dan kondisi. Tujuannya adalah kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana.

Apa itu Custom Block?

 Pengertian Custom Block adalah sebuah block pada Scratch yang dapat kalian buat sendiri dan dapat disesuaikan fungsinya. Dalam konsep pemrograman pada umumnya, Custom Block dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur.

B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze

 Pengertian Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok - blok, seperti Scratch.

Berikut adalah contoh pemrograman berbasis teks yaitu bahasa pemrograman JavaScript, PHP, Python, dll.



(a) Contoh kode Blockly (b)Terjemahan contoh kode  dalam JavaScript

Blockly Games dapat diakses melalui link https://blockly.games/?lang=en

Adapun permainan yang disediakan di Blockly Games antara lain:

·         Puzzleà Pemain harus menyusun blok - blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai.

·         Mazeà Pemain diminta untuk menggerakkan sprite agar berjalan sampai tujuan.

·         Birdà Pemain diminta untuk menggerakkan bird agar dapat mengambil cacing dan sampai ke sarangnya.

·         TurtleàPemain diminta untuk menggerakan turtle untuk menggambar sesuai pola yang disediakan.

·         MovieàPemain diminta untuk membuat sprite sederhana dan menggerakkannya sesuai instruksi.

·         Musicà Pemain diminta untuk membuat musik sederhana berdasarkan not balok yang diberikan.

·         Pond tutorà Pemain diminta untuk menggerakan sprite agar menembaki sprite target hingga darah dari sprite target habis.

·         Pond à Pada permainan ini, sprite pemain memiliki 3 lawan dan merupakan lanjutan dari Pond tutor

Output dari sebuah program dapat berupa teks, display gambar di layar, atau berupa suara.

Berikut contoh block coding games blockly.



D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly

Ini perbedaan block kode scratch dan blockly. Pada Scratch, blok kode program akan ditempatkan pada setiap sprite yang tersedia. Adapun Blockly Blok kode program pada Blockly ditempatkan pada tempat yang sama.

menu Beginner Mode, terdapat 3 kategori, yaitu:

·        Blockly

 Menggunakan blok-blok yang di drag & drop seperti pada Scratch dan Blockly Games untuk membuat kode program.

·        Games

 Menggunakan blok-blok yang di-drag & drop juga untuk membuat games.

·        Robots

Menggunakan Blockly untuk mengontrol jalannya robot. Terdapat beberapa merk robot yang dapat digunakan langsung, seperti Lego EV3 atau Sphero.

Apa itu sprite?

Pengertian sprite yaitu komponen dalam sebuah program yang merupakan gambar bitmap dua dimensi. Sprite banyak digunakan untuk menggambarkan objek seperti tokoh karakter atau benda lain, baik diam maupun bergerak. Sprite yang bergerak sebenarnya memanfaatkan perubahan posisi dari sprite atau menggunakan gambar lain sehingga seolah olah terjadi animasi.

Perbedaan latar belakang scracth dan blockly

Pada Scratch,  mengganti latar belakang tampilan grid view dapat memanfaatkan gambar yang akan disebut  Backdrop.

Pada Blockly, layar belakang tampilan dapat menggunakan gambar maupun warna yang disebut  background image atau background color.

E. Pengenalan Pemrograman Prosedural

Dalam pemrograman prosedural, kalian akan memprogram berdasarkan konsep komputer yang sudah dipelajari pada modul SK (Sistem Komputer). Komputer mempunyai 3 elemen penting, yaitu perangkat input, pemroses utama (CPU), dan perangkat output. CPU memiliki memori, bus dan ALU.

Hal yang dapat dilakukan komputer saat menerima perintah program:

·         Menerima input, dan menyimpannya dalam sebuah variabel, serta mengambil isinya jika diperlukan dengan menyebutkan nama variabel.

·         Mengeluarkan output, dengan menggunakan perintah “print”, “write”, atau “display” atau lainnya,

·         Melakukan perhitungan aritmatika dan logika, sesuai dengan operasi aritmatika yang menggunakan operator kali, bagi, tambah, kurang atau operasi logika dengan menggunakan operator and, or, not, atau operasi perbandingan dengan operator <, >, =

1. Variabel

Fungsi variabel digunakan untuk menyimpan nilai – nilai,  variabel juga harus memiliki nama sehingga dapat dibedakan dengan variabel lainnya.

tips memberi nama untuk sebuah variable:

·         Buatlah nama variabel yang menggambarkan fungsi variabel tersebut.

·         Buatlah nama variabel yang singkat/jangan terlalu panjang

Terdapat  3 buah tipe data Blockly:

·         Teks/string (“….”)

·          Bilangan (123…)

·          Boolean (true false)

2. Percabangan

Dalam membuat program, ada 2 alternatif atau keputusan-keputusan harus dilakukan oleh komputer, yaitu: a.) memeriksa apakah suatu kondisi bernilai benar atau salah, b.) memilih keputusan atau alternatif berdasarkan kondisi tersebut.

Operasi perbandingan di dalam pemrograman:

·         Sama dengan (=): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah 2 buah nilai bernilai sama atau tidak.

·         Tidak sama dengan (≠ ): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah 2 buah nilai bernilai berbeda atau tidak.

·         Kurang dari (<): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah suatu nilai lebih kecil daripada nilai lainnya.

·         Lebih dari (>): operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah suatu nilai lebih besar daripada nilai lainnya.

Terdapat 3 buah operator logika, yaitu AND, OR, dan NOT. pernyataan yang mengandung operasi logika akan bernilai False jika pernyataan itu salah. Bila pernyataan itu benar,   maka bernilai True.

Berikut tabel operator logika



3. Pengulangan

konsep pengulangan pada komputer pemrograman biasa dikenal dengan repetition atau loops. Blok -blok dalam Blockly yang dapat digunakan untuk loops.

·         Blok [repeat n times]à digunakan untuk melakukan sebanyak yang ditentukan.

·         Blok [repeat..while]à  digunakan jika kalian ingin melakukan perulangan selama suatu kondisi atau syarat tertentu terpenuhi.

F. Modul Tambahan - Bermain dengan Robot Ozobot

Pengertian Ozobot adalah salah satu mainan kecil robot canggih dalam dunia digital yang dapat melatih pemrograman dasar secara menyenangkan.

Komentar

CRYPTO LEGIT, JOINT FOR FREE

Postingan populer dari blog ini

Jelang Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan ImTaq

  Jelang Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan ImTaq Mar 13, 2024 | Blog , Pendidikan Sambut Ramadhan, SMPN 8 Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan Iman dan Taqwa-Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta dibawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. menggelar peningkatan iman dan taqwa, Jumat 8 Maret 2024. Kegiatan peningkatan iman dan taqwa menjadi kegiatan rutin SMPN 8 Kota Surakarta dalam setiap tahunnya ini dilaksanankan di halaman SMPN 8 Kota Surakarta untuk yang beragama Islam. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Siswa- Siswi dan Bapak/Ibu Guru, Karyawan. Sedangkan untuk yang beragama Kristen di ruang Agama Kristen, melakukan kegiatan religi di GKJ Petoran dengan jumlah 130 siswa dan 2 Guru, dengan tema: Kasih, pembicara Dra. Inawati, menyampaikan bait Allah harusnya digunakan untuk beribadah kepada Allah, tetapi malah digunakan untuk berjualan. Tuhan menegur semua agar berbalik dari dosanya, bertobat dan percaya sepenuhnya kepad...

Cara Dapat Pulsa Gratis

Cara mendapatkan pulsa gratis Dari internet selain Mcent memang ketika kita mencari kata digoogle Cara Mendapatkan Pulsa dari Internet biasanya Via Mcent Semua,tetapai sebenarnya banyak cara Untuk Mendapatkan Pulsa dari internet Salah Satunya adalah hanya dengan mengisi survey saja. semakin banyak survey semakin banyak pointnya. Nah dari point itu lalu tukarkan dengan pulsa yang anda inginkan. ok langsung ke TKP. 1. Punya email dan  Kartu Tanda Penduduk (yang belum punya pinjem Ibu atau papa) ok 2. Daftarkan dirimu di sini Gratiss broww.. 3. Jika link di atas tidak bisa klik saja banner di bawah ini. 4. Ikuti survey yang ada dan dapatkan pointnya. 5. Jangan lupa ajak kakak, adek, pacar, ayah, ibu, kakek, temen biyar seruu..

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

SMPN 8 Kota Surakarta adakan Halal Bihalal 1445H dan Mangayubagyo Purna Tugas

SMPN 8 Kota Surakarta adakan  Halal Bihalal 1445H dan Mangayubagyo Purna Tugas  Perlu kita ketahui bersam abahwa Purna tugas atau masa pensiunan adalah berakhirnya masa tugas dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang pegawai ASN. Masa kerja setiap pegawai akan berakhir ketika pegawai mencapai batas usia pensiun. Adanya pertemuan pasti juga ada perpisahan, itulah sunnatullah yang tidak bisa kita hindari. Suka tidak suka senang tidak senang kita pasti akan mengalami peristiwa tersebut. Datang akan pergi, awal akan berakhir, terbit akan tenggelam, seperti dalam lirik lagu, demikianlah yang dialami oleh Titik Haryani, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia) yang berakhir masa tugasnya Januari 2024 dan Dra Sri Suprapti (Guru Bahasa Jawa sekaligus Sie Publikasi) yang berakhir masa tugasnya 1 Maret 2024 lalu. Dengan demikian, beberapa hari yang lalu Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, Tiad Suparman, M.Pd. mengadakan acara perpisahan dan mengenang masa bersama Titik Haryani, S.Pd. dan Dra. Sri ...

Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama (Disinformasi )

(Disinformasi ) Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama Feb 29, 2024 | Blog, Pendidikan diskinformasi SMPN 8 Kota Surakarta-(Disinformasi ) Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama-Kembali beredar potongan video dengan narasi yang menyebut bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hendak menghapus frasa “agama” dalam dokumen draf Peta Jalan Pendidikan Th.  2020-2035. Dikutip dari laman kemdikbud.go.id tertanggal 28/02/24 Video dengan format berita tersebut sama dengan video yang disebarkan pada Th.  2023 dan telah dikategorikan juga oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai video “disinformasi”.  Faktanya, pada Th.  2021 Kemendikbudristek telah merespons isu ini, bahwa tidak benar agama akan dihapus dalam Peta Jalan Pendidikan. Dalam rilis resmi Kemendikbudristek pada 9 Maret 2021, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud, Hendarman mengatakan bahwa dokumen draf Peta ...

Give And Get Bitcoin

Beri Dan Dapatkan Bitcoin Untuk setiap teman yang Anda undang ke Coinbase, kami akan mengirimkan bitcoin senilai $5 kepada Anda dan mereka saat mereka menyelesaikan pembelian atau penjualan bitcoin senilai minimal $100! Langsung mulai portofolio crypto Anda Coinbase adalah tempat termudah untuk membeli dan menjual cryptocurrency. Daftar dan mulai hari ini. Alamat email   Memulai *Syarat berlaku Click Here

Topik Populer Hari Ini (Tranding Topik) 16 Maret 2015

Tranding topik hari ini dari Yahoo.com Golkar Revalina S Temat Kim Woo Bin Tessa Kaunang Kylie Jenner Batu Akik Ratna Dilla Baim Wong Miley Cyrus Black Dollar Terpopuler di www.Kompas.com 1 Tulisan-tulisan Lucu di Kaus "Haji Lulung" dibaca 96,807 kali 2 Perempuan 90 Tahun Hidup Sendiri di Lereng Merapi bersama Seekor Anjing dibaca 96,108 kali 3 Alasan Tim Hak Angket Batal Panggil Istri Ahok dibaca 82,665 kali 4 AM Fatwa: Ahok Tidak Pikirkan Dukungan Partai untuk Jadi Gubernur dibaca 68,392 kali 5 Aksi Lima Wanita Berpakaian Ketat Minta Jokowi Bubarkan Tim 9 dibaca 47,541 kali 6 "Anggota DPRD Lain Mana Ada yang Seberani Haji Lulung?" dibaca 43,159 kali

Join As Now

SafelinkU | Shorten your link and earn money