Langsung ke konten utama

BAB 8: Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7

 

BAB 8: Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta Didik memahami dampak positif dan negatif teknologi informasi, keamanan data pribadi, dan berkolaborasi di dunia maya/cyber

PETA KONSEP Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7



A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi. Pengertian TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras/hardware, perangkat lunak/software, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu.

TI yang ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Istilah TI dalam pengertian modern dikenalkan dengan deinisi: teknik pemrosesan, penerapan metode statistik dan matematika untuk pengambilan keputusan, dan simulasi pemikiran tingkat tinggi melalui program komputer. Pengertian tersebut muncul pada tahun 1958 sebagai artikel di Harvard Business Review yang dikarang oleh Harold J Leavitt dan Thomas L. Whistler.

TIK telah memberikan cara baru dalam berkehidupan untuk menggantikan aktivitas di rumah, pekerjaan, pendidikan, perdagangan, kesehatan, perbankan, dan bersosialisasi.

Masyarakat saat ini telah menjadikan TIK sebagai kebutuhan penting dalam bentuk berbagai perangkat seperti Komputer, laptop, smartphone, tablet, internet, dan lainnya yang sering disebut gawai (gadget).

1.  Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat

·         Aktivitas keseharian: berbelanja online-shopping pada virtual mall, Pembayaran, electronic payment (e-payment). Electronic-payment (e-payment) yaitu sistem pembayaran yang memfasilitasi pembayaran secara elektronik untuk transaksi online.

electronic-wallet (e-wallet) atau dompet elektronik yang memungkinkan pembayaran

tanpa lewat bank namun lewat aplikasi, seperti Gopay, Ovo, LinkAja, Dana, dan lainnya.

Fungsi teknologi Internet of Things (IoT), antara lain mengatur suhu, kulkas, mematikan dan menghidupkan kompor listrik, dan mengatur peralatan lain di rumah dengan smartphone kita dari jauh.

·         Pendidikan/e-learning

·         Kesehatan, menggunakan tele-medicine dimana kita bisa bertemu dengan dokter secara virtual untuk berkonsultasi tentang sakit yang kita idap.

·         Perdagangan/ e-commerce.

·         Pekerjaan, misalnya pengembang web, pengembang aplikasi, programmer, administrator jaringan TI, analis data.

Live streaming adalah cara penyajian konten yang dipancarkan (broadcast) secara real time melalui Internet, sedangkan streaming merujuk pada konten yang disajikan dan diputar secara bersamaan tanpa perlu sepenuhnya diunduh. Akses konten dari vlog (video log) atau Youtube secara teknis disebut dengan streaming.

2.  Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

a. Dampak Positif

·         Pengelolaan kegiatan keseharian

·         Komunikasi dan hubungan sosial

·         Pencarian dan berbagi informasi

·         Hiburan

·         Pendidikan

·         Lingkungan tanpa kertas (paperless)

·         Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari

b. Dampak Negatif

·         Penyebaran informasi yang salah. menyebarkan berita bohong (hoax).

·         Kecanduan internet dan game

·         Cyberbullying

·         Berkurangnya aktivitas sosial

·         Berkurangnya aktivitas fisik

·         Potensi kehilangan pekerjaan

·         Potensi korban kejahatan/cybercrime

B. Kolaborasi di Dunia Maya

 TIK memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dan bekerja bersama dalam menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan efisien.

Kolaborasi maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas menggunakan perkakas tertentu.

Praktik baik dalam kolaborasi maya

·         Menentukan tujuan dan fokus

·         Menyepakati dokumentasi kegiatan kolaborasi

·         Saling mengecek secara reguler

·         Mengadakan pertemuan reguler

·         Menggunakan perkakas terbaik

·         Bereksperimen untuk mendapatkan cara terbaik berkolaborasi.

·         Menjaga kesehatan.

·         Bersosialisasi dengan anggota tim

·         Hindari multitasking (mengerjakan beberapa hal sekaligus saat sedang

·         berkolaborasi daring).

·          Rayakan kesuksesan kecil untuk menambah kekompakan tim.

 Tersedia banyak perkakas yang saat ini dapat digunakan untuk kolaborasi daring :

·         Google

·         Microsoft

·         Slack, semacam model IRC (Internet Relay Chat)  yang berisi chat room, private groups, dan messaging

·         Zoom,tele-conferencing dan chat online

·         Github, untuk mengembangkan perangkat lunak/software

Tantangan dan hambatan kolaborasi maya.

·         Perbedaan waktu antarzona dari anggota  tim dapat menjadi salah satu penghambat saat berkomunikasi.

·         Koneksi internet dengan kecepatan yang tidak sama

 

Eksplorasi Teknologi Terkini dengan Teknologi Kolaborasi

·         Kecerdasan Buatan: Mobil tanpa sopir dan robot pengganti pekerjaan manusia.

·         Internet of Things (IoT)

·         Virtual/Augmented Reality: Virtual Reality (VR) Teknologi yang mensimulasi keadaan menjadi sangat mirip dengan realitanya.

·         Edge Computing: Teknologi yang memindahkan Komputasi di ujung (edge),

C.  Media Sosial

Pengertian Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, ser ta membagikan informasi tersebut dalam komunitas vir tual. Komunitas virtual tersebut berjalan di atas jaringan kompu ter atau internet. Media sosial sering disebut sebagai produk Web 2.0, di mana pengguna dapat men ciptakan kontennya sendiri. (Andreas Kaplan dan Michael Haenlein)

Sejarah singkat medsos

GeoCities adalah aplikasi media sosial pertama berbasis web yang dibuat tahun 1994. tahun 1995, aplikasi classmates sebagai layanan jejaring sosial (social network) untuk mencari teman sekolah dan kuliah. Lalu kehadiran sixdegrees.com tahun 1997. 1998 muncul aplikasi ICQ, AIM, IRC, dan iChat. Open Diary.

LiveJournal tahun 1999, Ryze tahun 2001, Friendster, LinkedIn, hi5, MySpace pada tahun 2003.

2004 oleh Mark Zuckerberg yang diberi nama Facebook. tahun 2005 sebagai platform berbagi video yakni dari google yang bernama youtube.

2005 muncul Yahoo!360o dan twitter. Tahun 2007 muncul Tumblr, lalu IG pada tahun 2010 dan G+ tahun 2011.

Tabel Aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna di antaranya adalah

Dampak positif media sosial

·         Kedekatan sosial antarpenggunanya.

·         Mempermudah komunikasi.

·         Proses rekrutmen karyawan

·         Penegakan hukum dan investigasi

·         menambah lapangan pekerjaan.

dampak negatif dari media sosial

·         Pengaruh terhadap kesehatan emosional. penggunanya menjadi addicted (ketagihan). terjadi cyberbullying, menjadi depresi.

·         Berita bohong atau berita palsu, dan hate speech, ujaran kebencian (hate speech).

·         Pencurian data

D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi

Informasi pribadi adalah informasi tentang diri seseorang. Informasi pribadi dikenal dengan dua istilah yaitu informasi personal dan informasi privat.

 Informasi personal adalah informasi pribadi yang tidak dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang,

informasi privat adalah informasi tentang seseorang yang dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang. Informasi privat adalah informasi yang berhubungan dengan privasi pribadi, yaitu informasi yang terkait dengan dapat dilacaknya seorang individu.

Informasi privat sering juga disebut informasi sensitif.

Contoh informasi privat di antaranya adalah: akun surel, nomor telepon, nomor identiikasi (KTP, SIM), dan lainnya termasuk foto dimana kita dapat diidentiikasi.

Informasi pribadi dilindungi hukum yang disebut dengan hukum privasi.

1. Hukum Privasi

 Hukum privasi adalah hukum yang merujuk pada pengelolaan, penyimpanan, dan penggunaan informasi pribadi.

The Universal Declaration of Human Rights menyebutkan bahwa setiap orang memiliki hak atas privasi, tetapi interpretasi dari hak ini berbeda di tiap negara.

3 aspek kunci privasi yang harus dijaga di antaranya seperti berikut.

·         Kebebasan dari gangguan. Kebebasan ini adalah kebebasan bagi setiap manusia untuk sendiri tanpa diganggu oleh orang lain.

·         Melindungi dan mengendalikan informasi tentang diri sendiri.

·         Bebas dari pengawasan (diikuti, dilacak, diawasi, disadap).

2. Persetujuan yang Diinformasikan

Masalah privasi informasi sering muncul dari berbagai sumber,

1. Rekam medik kesehatan

 2. Penyelidikan yang berkaitan dengan hukum dan kriminal

 3. Transaksi dan institusi keuangan

 4. Ciri biologis seperti materi genetik

 5. Tempat tinggal dan informasi geograis

 6. Pelanggaran privasi

 7. Perilaku saat browsing di web

 8. Riset akademik

 9. Kebijakan untuk melindungi data pribadi

penyalahgunaan informasi privat atau biasa disebut pencurian identitas (identity theft). Jenis Informasi privat yang dapat dimanfaatkan oleh pencuri identitas adalah: nama lengkap, alamat, alamat surel, nomor telepon, kata sandi, nomor kartu kredit, nomor KTP/SIM, nama gadis ibu.

Jenis informasi personal yang dapat dibagikan tanpa menunjukkan identitas, yaitu: umur, jenis kelamin, jumlah saudara, genre musik favorit, makanan favorit, nama dan jenis hewan peliharaan, pendapat tentang sesuatu, dan lainnya.

 

Baca juga : Pengertian dari Informatika

Baca juga: Tanya Jawab Seputar Informatika

Baca juga: Berfikir Komputasional

Baca juga: Peta Konsep TIK

Baca Juga: Managemen File dan Folder

Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)

Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran

Baca juga : Peramban/browser dan search engine

Baca juga: Pengertian dan bagian Email

Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer

Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer

Baca juga: Perangkat keras komputer

Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer

Baca Juga: Materi BAB I Kelas 8 – Informatika dan Pembelajarannya

Baca Juga : BAB 5 JKI kelas 7

BAB 7: Algoritma dan Pemrograman – Informatika  Kelas 7

BAB 8: Dampak Sosial Informatika – Informatika Kelas 7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...