BAB 8: Dampak Sosial
Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta
Didik memahami dampak positif dan negatif teknologi informasi, keamanan data
pribadi, dan berkolaborasi di dunia maya/cyber
PETA KONSEP Dampak
Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7
A. Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pengertian
Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk
menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi.
Pengertian TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau
sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras/hardware, perangkat
lunak/software, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu.
TI yang
ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK).
Istilah
TI dalam pengertian modern dikenalkan dengan deinisi: teknik pemrosesan,
penerapan metode statistik dan matematika untuk pengambilan keputusan, dan
simulasi pemikiran tingkat tinggi melalui program komputer. Pengertian tersebut
muncul pada tahun 1958 sebagai artikel di Harvard Business Review yang dikarang
oleh Harold J Leavitt dan Thomas L. Whistler.
TIK
telah memberikan cara baru dalam berkehidupan untuk menggantikan aktivitas di
rumah, pekerjaan, pendidikan, perdagangan, kesehatan, perbankan, dan
bersosialisasi.
Masyarakat
saat ini telah menjadikan TIK sebagai kebutuhan penting dalam bentuk berbagai
perangkat seperti Komputer, laptop, smartphone, tablet, internet, dan lainnya
yang sering disebut gawai (gadget).
1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat
·
Aktivitas keseharian: berbelanja online-shopping pada virtual mall, Pembayaran,
electronic payment (e-payment). Electronic-payment (e-payment) yaitu sistem
pembayaran yang memfasilitasi pembayaran secara elektronik untuk transaksi
online.
electronic-wallet
(e-wallet) atau dompet elektronik yang memungkinkan pembayaran
tanpa lewat bank
namun lewat aplikasi, seperti Gopay, Ovo, LinkAja, Dana, dan lainnya.
Fungsi teknologi
Internet of Things (IoT), antara lain mengatur suhu, kulkas, mematikan dan
menghidupkan kompor listrik, dan mengatur peralatan lain di rumah dengan
smartphone kita dari jauh.
·
Pendidikan/e-learning
·
Kesehatan, menggunakan tele-medicine dimana kita bisa bertemu
dengan dokter secara virtual untuk berkonsultasi tentang sakit yang kita idap.
·
Perdagangan/ e-commerce.
·
Pekerjaan, misalnya pengembang web, pengembang aplikasi, programmer,
administrator jaringan TI, analis data.
Live
streaming adalah cara penyajian konten yang dipancarkan (broadcast) secara real
time melalui Internet, sedangkan streaming merujuk pada konten yang disajikan
dan diputar secara bersamaan tanpa perlu sepenuhnya diunduh. Akses konten dari
vlog (video log) atau Youtube secara teknis disebut dengan streaming.
2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi
Informasi dan Komunikasi
a. Dampak Positif
·
Pengelolaan kegiatan keseharian
·
Komunikasi dan hubungan sosial
·
Pencarian dan berbagi informasi
·
Hiburan
·
Pendidikan
·
Lingkungan tanpa kertas (paperless)
·
Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari
b. Dampak Negatif
·
Penyebaran informasi yang salah. menyebarkan berita bohong (hoax).
·
Kecanduan internet dan game
·
Cyberbullying
·
Berkurangnya aktivitas sosial
·
Berkurangnya aktivitas fisik
·
Potensi kehilangan pekerjaan
·
Potensi korban kejahatan/cybercrime
B. Kolaborasi di Dunia
Maya
TIK memungkinkan manusia untuk berkomunikasi
dan bekerja bersama dalam menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang
efektif dan efisien.
Kolaborasi
maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja
bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas
menggunakan perkakas tertentu.
Praktik baik dalam
kolaborasi maya
·
Menentukan tujuan dan fokus
·
Menyepakati dokumentasi kegiatan kolaborasi
·
Saling mengecek secara reguler
·
Mengadakan pertemuan reguler
·
Menggunakan perkakas terbaik
·
Bereksperimen untuk mendapatkan cara terbaik berkolaborasi.
·
Menjaga kesehatan.
·
Bersosialisasi dengan anggota tim
·
Hindari multitasking (mengerjakan beberapa hal sekaligus saat sedang
·
berkolaborasi daring).
·
Rayakan kesuksesan kecil untuk
menambah kekompakan tim.
Tersedia banyak perkakas yang saat ini dapat
digunakan untuk kolaborasi daring :
·
Google
·
Microsoft
·
Slack, semacam model IRC (Internet Relay Chat) yang berisi chat room, private groups, dan
messaging
·
Zoom,tele-conferencing dan chat online
·
Github, untuk mengembangkan perangkat lunak/software
Tantangan dan hambatan kolaborasi
maya.
·
Perbedaan waktu antarzona dari anggota
tim dapat menjadi salah satu penghambat saat berkomunikasi.
·
Koneksi internet dengan kecepatan yang tidak sama
Eksplorasi Teknologi
Terkini dengan Teknologi Kolaborasi
·
Kecerdasan Buatan: Mobil tanpa sopir dan robot pengganti pekerjaan
manusia.
·
Internet of Things (IoT)
·
Virtual/Augmented Reality: Virtual Reality (VR) Teknologi yang
mensimulasi keadaan menjadi sangat mirip dengan realitanya.
·
Edge Computing: Teknologi yang memindahkan Komputasi di ujung (edge),
C. Media Sosial
Pengertian
Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk
berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, ser ta membagikan informasi tersebut
dalam komunitas vir tual. Komunitas virtual tersebut berjalan di atas jaringan
kompu ter atau internet. Media sosial sering disebut sebagai produk Web 2.0, di
mana pengguna dapat men ciptakan kontennya sendiri. (Andreas Kaplan dan Michael
Haenlein)
Sejarah singkat medsos
GeoCities adalah aplikasi media sosial
pertama berbasis web yang dibuat tahun 1994. tahun 1995, aplikasi classmates
sebagai layanan jejaring sosial (social network) untuk mencari teman sekolah
dan kuliah. Lalu kehadiran sixdegrees.com tahun 1997. 1998 muncul
aplikasi ICQ, AIM, IRC, dan iChat. Open Diary.
LiveJournal
tahun 1999, Ryze tahun 2001, Friendster, LinkedIn, hi5, MySpace pada tahun
2003.
2004
oleh Mark Zuckerberg yang diberi nama Facebook. tahun 2005 sebagai platform
berbagi video yakni dari google yang bernama youtube.
2005
muncul Yahoo!360o dan twitter. Tahun 2007 muncul Tumblr, lalu IG
pada tahun 2010 dan G+ tahun 2011.
Tabel Aplikasi
media sosial yang memiliki banyak pengguna di antaranya adalah
Dampak positif media
sosial
·
Kedekatan sosial antarpenggunanya.
·
Mempermudah komunikasi.
·
Proses rekrutmen karyawan
·
Penegakan hukum dan investigasi
·
menambah lapangan pekerjaan.
dampak negatif dari
media sosial
·
Pengaruh terhadap kesehatan emosional. penggunanya menjadi addicted
(ketagihan). terjadi cyberbullying, menjadi depresi.
·
Berita bohong atau berita palsu, dan hate speech, ujaran kebencian (hate
speech).
·
Pencurian data
D. Informasi Pribadi
dan Hukum Privasi
Informasi
pribadi adalah informasi tentang diri seseorang. Informasi pribadi dikenal
dengan dua istilah yaitu informasi personal dan informasi privat.
Informasi personal adalah informasi pribadi
yang tidak dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang,
informasi
privat adalah informasi tentang seseorang yang dapat digunakan untuk
mengidentiikasi seseorang. Informasi privat adalah informasi yang berhubungan
dengan privasi pribadi, yaitu informasi yang terkait dengan dapat dilacaknya
seorang individu.
Informasi
privat sering juga disebut informasi sensitif.
Contoh
informasi privat di antaranya adalah: akun surel, nomor telepon, nomor
identiikasi (KTP, SIM), dan lainnya termasuk foto dimana kita dapat
diidentiikasi.
Informasi
pribadi dilindungi hukum yang disebut dengan hukum privasi.
1. Hukum Privasi
Hukum privasi adalah hukum yang merujuk pada
pengelolaan, penyimpanan, dan penggunaan informasi pribadi.
The
Universal Declaration of Human Rights menyebutkan bahwa setiap orang memiliki
hak atas privasi, tetapi interpretasi dari hak ini berbeda di tiap negara.
3 aspek
kunci privasi yang harus dijaga di antaranya seperti berikut.
·
Kebebasan dari gangguan. Kebebasan ini adalah kebebasan bagi setiap
manusia untuk sendiri tanpa diganggu oleh orang lain.
·
Melindungi dan mengendalikan informasi tentang diri sendiri.
·
Bebas dari pengawasan (diikuti, dilacak, diawasi, disadap).
2. Persetujuan yang
Diinformasikan
Masalah
privasi informasi sering muncul dari berbagai sumber,
1. Rekam
medik kesehatan
2. Penyelidikan yang berkaitan dengan hukum
dan kriminal
3. Transaksi dan institusi keuangan
4. Ciri biologis seperti materi genetik
5. Tempat tinggal dan informasi geograis
6. Pelanggaran privasi
7. Perilaku saat browsing di web
8. Riset akademik
9. Kebijakan untuk melindungi data pribadi
penyalahgunaan
informasi privat atau biasa disebut pencurian identitas (identity theft). Jenis
Informasi privat yang dapat dimanfaatkan oleh pencuri identitas adalah: nama
lengkap, alamat, alamat surel, nomor telepon, kata sandi, nomor kartu kredit,
nomor KTP/SIM, nama gadis ibu.
Jenis
informasi personal yang dapat dibagikan tanpa menunjukkan identitas, yaitu:
umur, jenis kelamin, jumlah saudara, genre musik favorit, makanan favorit, nama
dan jenis hewan peliharaan, pendapat tentang sesuatu, dan lainnya.
Baca juga : Pengertian
dari Informatika
Baca juga: Tanya Jawab Seputar Informatika
Baca juga: Berfikir Komputasional
Baca Juga: Managemen File dan Folder
Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)
Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran
Baca juga : Peramban/browser dan search engine
Baca juga: Pengertian dan bagian Email
Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer
Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer
Baca juga: Perangkat keras komputer
Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer
Baca Juga: Materi BAB I Kelas 8 – Informatika dan Pembelajarannya
Baca Juga : BAB
5 JKI kelas 7
Komentar