Langsung ke konten utama

BAB 8: Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7

 

BAB 8: Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta Didik memahami dampak positif dan negatif teknologi informasi, keamanan data pribadi, dan berkolaborasi di dunia maya/cyber

PETA KONSEP Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7



A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi. Pengertian TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras/hardware, perangkat lunak/software, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu.

TI yang ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Istilah TI dalam pengertian modern dikenalkan dengan deinisi: teknik pemrosesan, penerapan metode statistik dan matematika untuk pengambilan keputusan, dan simulasi pemikiran tingkat tinggi melalui program komputer. Pengertian tersebut muncul pada tahun 1958 sebagai artikel di Harvard Business Review yang dikarang oleh Harold J Leavitt dan Thomas L. Whistler.

TIK telah memberikan cara baru dalam berkehidupan untuk menggantikan aktivitas di rumah, pekerjaan, pendidikan, perdagangan, kesehatan, perbankan, dan bersosialisasi.

Masyarakat saat ini telah menjadikan TIK sebagai kebutuhan penting dalam bentuk berbagai perangkat seperti Komputer, laptop, smartphone, tablet, internet, dan lainnya yang sering disebut gawai (gadget).

1.  Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat

·         Aktivitas keseharian: berbelanja online-shopping pada virtual mall, Pembayaran, electronic payment (e-payment). Electronic-payment (e-payment) yaitu sistem pembayaran yang memfasilitasi pembayaran secara elektronik untuk transaksi online.

electronic-wallet (e-wallet) atau dompet elektronik yang memungkinkan pembayaran

tanpa lewat bank namun lewat aplikasi, seperti Gopay, Ovo, LinkAja, Dana, dan lainnya.

Fungsi teknologi Internet of Things (IoT), antara lain mengatur suhu, kulkas, mematikan dan menghidupkan kompor listrik, dan mengatur peralatan lain di rumah dengan smartphone kita dari jauh.

·         Pendidikan/e-learning

·         Kesehatan, menggunakan tele-medicine dimana kita bisa bertemu dengan dokter secara virtual untuk berkonsultasi tentang sakit yang kita idap.

·         Perdagangan/ e-commerce.

·         Pekerjaan, misalnya pengembang web, pengembang aplikasi, programmer, administrator jaringan TI, analis data.

Live streaming adalah cara penyajian konten yang dipancarkan (broadcast) secara real time melalui Internet, sedangkan streaming merujuk pada konten yang disajikan dan diputar secara bersamaan tanpa perlu sepenuhnya diunduh. Akses konten dari vlog (video log) atau Youtube secara teknis disebut dengan streaming.

2.  Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

a. Dampak Positif

·         Pengelolaan kegiatan keseharian

·         Komunikasi dan hubungan sosial

·         Pencarian dan berbagi informasi

·         Hiburan

·         Pendidikan

·         Lingkungan tanpa kertas (paperless)

·         Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari

b. Dampak Negatif

·         Penyebaran informasi yang salah. menyebarkan berita bohong (hoax).

·         Kecanduan internet dan game

·         Cyberbullying

·         Berkurangnya aktivitas sosial

·         Berkurangnya aktivitas fisik

·         Potensi kehilangan pekerjaan

·         Potensi korban kejahatan/cybercrime

B. Kolaborasi di Dunia Maya

 TIK memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dan bekerja bersama dalam menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan efisien.

Kolaborasi maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas menggunakan perkakas tertentu.

Praktik baik dalam kolaborasi maya

·         Menentukan tujuan dan fokus

·         Menyepakati dokumentasi kegiatan kolaborasi

·         Saling mengecek secara reguler

·         Mengadakan pertemuan reguler

·         Menggunakan perkakas terbaik

·         Bereksperimen untuk mendapatkan cara terbaik berkolaborasi.

·         Menjaga kesehatan.

·         Bersosialisasi dengan anggota tim

·         Hindari multitasking (mengerjakan beberapa hal sekaligus saat sedang

·         berkolaborasi daring).

·          Rayakan kesuksesan kecil untuk menambah kekompakan tim.

 Tersedia banyak perkakas yang saat ini dapat digunakan untuk kolaborasi daring :

·         Google

·         Microsoft

·         Slack, semacam model IRC (Internet Relay Chat)  yang berisi chat room, private groups, dan messaging

·         Zoom,tele-conferencing dan chat online

·         Github, untuk mengembangkan perangkat lunak/software

Tantangan dan hambatan kolaborasi maya.

·         Perbedaan waktu antarzona dari anggota  tim dapat menjadi salah satu penghambat saat berkomunikasi.

·         Koneksi internet dengan kecepatan yang tidak sama

 

Eksplorasi Teknologi Terkini dengan Teknologi Kolaborasi

·         Kecerdasan Buatan: Mobil tanpa sopir dan robot pengganti pekerjaan manusia.

·         Internet of Things (IoT)

·         Virtual/Augmented Reality: Virtual Reality (VR) Teknologi yang mensimulasi keadaan menjadi sangat mirip dengan realitanya.

·         Edge Computing: Teknologi yang memindahkan Komputasi di ujung (edge),

C.  Media Sosial

Pengertian Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, ser ta membagikan informasi tersebut dalam komunitas vir tual. Komunitas virtual tersebut berjalan di atas jaringan kompu ter atau internet. Media sosial sering disebut sebagai produk Web 2.0, di mana pengguna dapat men ciptakan kontennya sendiri. (Andreas Kaplan dan Michael Haenlein)

Sejarah singkat medsos

GeoCities adalah aplikasi media sosial pertama berbasis web yang dibuat tahun 1994. tahun 1995, aplikasi classmates sebagai layanan jejaring sosial (social network) untuk mencari teman sekolah dan kuliah. Lalu kehadiran sixdegrees.com tahun 1997. 1998 muncul aplikasi ICQ, AIM, IRC, dan iChat. Open Diary.

LiveJournal tahun 1999, Ryze tahun 2001, Friendster, LinkedIn, hi5, MySpace pada tahun 2003.

2004 oleh Mark Zuckerberg yang diberi nama Facebook. tahun 2005 sebagai platform berbagi video yakni dari google yang bernama youtube.

2005 muncul Yahoo!360o dan twitter. Tahun 2007 muncul Tumblr, lalu IG pada tahun 2010 dan G+ tahun 2011.

Tabel Aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna di antaranya adalah

Dampak positif media sosial

·         Kedekatan sosial antarpenggunanya.

·         Mempermudah komunikasi.

·         Proses rekrutmen karyawan

·         Penegakan hukum dan investigasi

·         menambah lapangan pekerjaan.

dampak negatif dari media sosial

·         Pengaruh terhadap kesehatan emosional. penggunanya menjadi addicted (ketagihan). terjadi cyberbullying, menjadi depresi.

·         Berita bohong atau berita palsu, dan hate speech, ujaran kebencian (hate speech).

·         Pencurian data

D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi

Informasi pribadi adalah informasi tentang diri seseorang. Informasi pribadi dikenal dengan dua istilah yaitu informasi personal dan informasi privat.

 Informasi personal adalah informasi pribadi yang tidak dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang,

informasi privat adalah informasi tentang seseorang yang dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang. Informasi privat adalah informasi yang berhubungan dengan privasi pribadi, yaitu informasi yang terkait dengan dapat dilacaknya seorang individu.

Informasi privat sering juga disebut informasi sensitif.

Contoh informasi privat di antaranya adalah: akun surel, nomor telepon, nomor identiikasi (KTP, SIM), dan lainnya termasuk foto dimana kita dapat diidentiikasi.

Informasi pribadi dilindungi hukum yang disebut dengan hukum privasi.

1. Hukum Privasi

 Hukum privasi adalah hukum yang merujuk pada pengelolaan, penyimpanan, dan penggunaan informasi pribadi.

The Universal Declaration of Human Rights menyebutkan bahwa setiap orang memiliki hak atas privasi, tetapi interpretasi dari hak ini berbeda di tiap negara.

3 aspek kunci privasi yang harus dijaga di antaranya seperti berikut.

·         Kebebasan dari gangguan. Kebebasan ini adalah kebebasan bagi setiap manusia untuk sendiri tanpa diganggu oleh orang lain.

·         Melindungi dan mengendalikan informasi tentang diri sendiri.

·         Bebas dari pengawasan (diikuti, dilacak, diawasi, disadap).

2. Persetujuan yang Diinformasikan

Masalah privasi informasi sering muncul dari berbagai sumber,

1. Rekam medik kesehatan

 2. Penyelidikan yang berkaitan dengan hukum dan kriminal

 3. Transaksi dan institusi keuangan

 4. Ciri biologis seperti materi genetik

 5. Tempat tinggal dan informasi geograis

 6. Pelanggaran privasi

 7. Perilaku saat browsing di web

 8. Riset akademik

 9. Kebijakan untuk melindungi data pribadi

penyalahgunaan informasi privat atau biasa disebut pencurian identitas (identity theft). Jenis Informasi privat yang dapat dimanfaatkan oleh pencuri identitas adalah: nama lengkap, alamat, alamat surel, nomor telepon, kata sandi, nomor kartu kredit, nomor KTP/SIM, nama gadis ibu.

Jenis informasi personal yang dapat dibagikan tanpa menunjukkan identitas, yaitu: umur, jenis kelamin, jumlah saudara, genre musik favorit, makanan favorit, nama dan jenis hewan peliharaan, pendapat tentang sesuatu, dan lainnya.

 

Baca juga : Pengertian dari Informatika

Baca juga: Tanya Jawab Seputar Informatika

Baca juga: Berfikir Komputasional

Baca juga: Peta Konsep TIK

Baca Juga: Managemen File dan Folder

Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)

Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran

Baca juga : Peramban/browser dan search engine

Baca juga: Pengertian dan bagian Email

Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer

Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer

Baca juga: Perangkat keras komputer

Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer

Baca Juga: Materi BAB I Kelas 8 – Informatika dan Pembelajarannya

Baca Juga : BAB 5 JKI kelas 7

BAB 7: Algoritma dan Pemrograman – Informatika  Kelas 7

BAB 8: Dampak Sosial Informatika – Informatika Kelas 7

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2