Langsung ke konten utama

BAB 8: Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7

 

BAB 8: Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta Didik memahami dampak positif dan negatif teknologi informasi, keamanan data pribadi, dan berkolaborasi di dunia maya/cyber

PETA KONSEP Dampak Sosial Informatika(DSI) – INFORMATIKA KELAS 7



A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi. Pengertian TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras/hardware, perangkat lunak/software, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu.

TI yang ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Istilah TI dalam pengertian modern dikenalkan dengan deinisi: teknik pemrosesan, penerapan metode statistik dan matematika untuk pengambilan keputusan, dan simulasi pemikiran tingkat tinggi melalui program komputer. Pengertian tersebut muncul pada tahun 1958 sebagai artikel di Harvard Business Review yang dikarang oleh Harold J Leavitt dan Thomas L. Whistler.

TIK telah memberikan cara baru dalam berkehidupan untuk menggantikan aktivitas di rumah, pekerjaan, pendidikan, perdagangan, kesehatan, perbankan, dan bersosialisasi.

Masyarakat saat ini telah menjadikan TIK sebagai kebutuhan penting dalam bentuk berbagai perangkat seperti Komputer, laptop, smartphone, tablet, internet, dan lainnya yang sering disebut gawai (gadget).

1.  Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat

·         Aktivitas keseharian: berbelanja online-shopping pada virtual mall, Pembayaran, electronic payment (e-payment). Electronic-payment (e-payment) yaitu sistem pembayaran yang memfasilitasi pembayaran secara elektronik untuk transaksi online.

electronic-wallet (e-wallet) atau dompet elektronik yang memungkinkan pembayaran

tanpa lewat bank namun lewat aplikasi, seperti Gopay, Ovo, LinkAja, Dana, dan lainnya.

Fungsi teknologi Internet of Things (IoT), antara lain mengatur suhu, kulkas, mematikan dan menghidupkan kompor listrik, dan mengatur peralatan lain di rumah dengan smartphone kita dari jauh.

·         Pendidikan/e-learning

·         Kesehatan, menggunakan tele-medicine dimana kita bisa bertemu dengan dokter secara virtual untuk berkonsultasi tentang sakit yang kita idap.

·         Perdagangan/ e-commerce.

·         Pekerjaan, misalnya pengembang web, pengembang aplikasi, programmer, administrator jaringan TI, analis data.

Live streaming adalah cara penyajian konten yang dipancarkan (broadcast) secara real time melalui Internet, sedangkan streaming merujuk pada konten yang disajikan dan diputar secara bersamaan tanpa perlu sepenuhnya diunduh. Akses konten dari vlog (video log) atau Youtube secara teknis disebut dengan streaming.

2.  Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

a. Dampak Positif

·         Pengelolaan kegiatan keseharian

·         Komunikasi dan hubungan sosial

·         Pencarian dan berbagi informasi

·         Hiburan

·         Pendidikan

·         Lingkungan tanpa kertas (paperless)

·         Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari

b. Dampak Negatif

·         Penyebaran informasi yang salah. menyebarkan berita bohong (hoax).

·         Kecanduan internet dan game

·         Cyberbullying

·         Berkurangnya aktivitas sosial

·         Berkurangnya aktivitas fisik

·         Potensi kehilangan pekerjaan

·         Potensi korban kejahatan/cybercrime

B. Kolaborasi di Dunia Maya

 TIK memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dan bekerja bersama dalam menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan efisien.

Kolaborasi maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas menggunakan perkakas tertentu.

Praktik baik dalam kolaborasi maya

·         Menentukan tujuan dan fokus

·         Menyepakati dokumentasi kegiatan kolaborasi

·         Saling mengecek secara reguler

·         Mengadakan pertemuan reguler

·         Menggunakan perkakas terbaik

·         Bereksperimen untuk mendapatkan cara terbaik berkolaborasi.

·         Menjaga kesehatan.

·         Bersosialisasi dengan anggota tim

·         Hindari multitasking (mengerjakan beberapa hal sekaligus saat sedang

·         berkolaborasi daring).

·          Rayakan kesuksesan kecil untuk menambah kekompakan tim.

 Tersedia banyak perkakas yang saat ini dapat digunakan untuk kolaborasi daring :

·         Google

·         Microsoft

·         Slack, semacam model IRC (Internet Relay Chat)  yang berisi chat room, private groups, dan messaging

·         Zoom,tele-conferencing dan chat online

·         Github, untuk mengembangkan perangkat lunak/software

Tantangan dan hambatan kolaborasi maya.

·         Perbedaan waktu antarzona dari anggota  tim dapat menjadi salah satu penghambat saat berkomunikasi.

·         Koneksi internet dengan kecepatan yang tidak sama

 

Eksplorasi Teknologi Terkini dengan Teknologi Kolaborasi

·         Kecerdasan Buatan: Mobil tanpa sopir dan robot pengganti pekerjaan manusia.

·         Internet of Things (IoT)

·         Virtual/Augmented Reality: Virtual Reality (VR) Teknologi yang mensimulasi keadaan menjadi sangat mirip dengan realitanya.

·         Edge Computing: Teknologi yang memindahkan Komputasi di ujung (edge),

C.  Media Sosial

Pengertian Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, ser ta membagikan informasi tersebut dalam komunitas vir tual. Komunitas virtual tersebut berjalan di atas jaringan kompu ter atau internet. Media sosial sering disebut sebagai produk Web 2.0, di mana pengguna dapat men ciptakan kontennya sendiri. (Andreas Kaplan dan Michael Haenlein)

Sejarah singkat medsos

GeoCities adalah aplikasi media sosial pertama berbasis web yang dibuat tahun 1994. tahun 1995, aplikasi classmates sebagai layanan jejaring sosial (social network) untuk mencari teman sekolah dan kuliah. Lalu kehadiran sixdegrees.com tahun 1997. 1998 muncul aplikasi ICQ, AIM, IRC, dan iChat. Open Diary.

LiveJournal tahun 1999, Ryze tahun 2001, Friendster, LinkedIn, hi5, MySpace pada tahun 2003.

2004 oleh Mark Zuckerberg yang diberi nama Facebook. tahun 2005 sebagai platform berbagi video yakni dari google yang bernama youtube.

2005 muncul Yahoo!360o dan twitter. Tahun 2007 muncul Tumblr, lalu IG pada tahun 2010 dan G+ tahun 2011.

Tabel Aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna di antaranya adalah

Dampak positif media sosial

·         Kedekatan sosial antarpenggunanya.

·         Mempermudah komunikasi.

·         Proses rekrutmen karyawan

·         Penegakan hukum dan investigasi

·         menambah lapangan pekerjaan.

dampak negatif dari media sosial

·         Pengaruh terhadap kesehatan emosional. penggunanya menjadi addicted (ketagihan). terjadi cyberbullying, menjadi depresi.

·         Berita bohong atau berita palsu, dan hate speech, ujaran kebencian (hate speech).

·         Pencurian data

D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi

Informasi pribadi adalah informasi tentang diri seseorang. Informasi pribadi dikenal dengan dua istilah yaitu informasi personal dan informasi privat.

 Informasi personal adalah informasi pribadi yang tidak dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang,

informasi privat adalah informasi tentang seseorang yang dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang. Informasi privat adalah informasi yang berhubungan dengan privasi pribadi, yaitu informasi yang terkait dengan dapat dilacaknya seorang individu.

Informasi privat sering juga disebut informasi sensitif.

Contoh informasi privat di antaranya adalah: akun surel, nomor telepon, nomor identiikasi (KTP, SIM), dan lainnya termasuk foto dimana kita dapat diidentiikasi.

Informasi pribadi dilindungi hukum yang disebut dengan hukum privasi.

1. Hukum Privasi

 Hukum privasi adalah hukum yang merujuk pada pengelolaan, penyimpanan, dan penggunaan informasi pribadi.

The Universal Declaration of Human Rights menyebutkan bahwa setiap orang memiliki hak atas privasi, tetapi interpretasi dari hak ini berbeda di tiap negara.

3 aspek kunci privasi yang harus dijaga di antaranya seperti berikut.

·         Kebebasan dari gangguan. Kebebasan ini adalah kebebasan bagi setiap manusia untuk sendiri tanpa diganggu oleh orang lain.

·         Melindungi dan mengendalikan informasi tentang diri sendiri.

·         Bebas dari pengawasan (diikuti, dilacak, diawasi, disadap).

2. Persetujuan yang Diinformasikan

Masalah privasi informasi sering muncul dari berbagai sumber,

1. Rekam medik kesehatan

 2. Penyelidikan yang berkaitan dengan hukum dan kriminal

 3. Transaksi dan institusi keuangan

 4. Ciri biologis seperti materi genetik

 5. Tempat tinggal dan informasi geograis

 6. Pelanggaran privasi

 7. Perilaku saat browsing di web

 8. Riset akademik

 9. Kebijakan untuk melindungi data pribadi

penyalahgunaan informasi privat atau biasa disebut pencurian identitas (identity theft). Jenis Informasi privat yang dapat dimanfaatkan oleh pencuri identitas adalah: nama lengkap, alamat, alamat surel, nomor telepon, kata sandi, nomor kartu kredit, nomor KTP/SIM, nama gadis ibu.

Jenis informasi personal yang dapat dibagikan tanpa menunjukkan identitas, yaitu: umur, jenis kelamin, jumlah saudara, genre musik favorit, makanan favorit, nama dan jenis hewan peliharaan, pendapat tentang sesuatu, dan lainnya.

 

Baca juga : Pengertian dari Informatika

Baca juga: Tanya Jawab Seputar Informatika

Baca juga: Berfikir Komputasional

Baca juga: Peta Konsep TIK

Baca Juga: Managemen File dan Folder

Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)

Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran

Baca juga : Peramban/browser dan search engine

Baca juga: Pengertian dan bagian Email

Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer

Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer

Baca juga: Perangkat keras komputer

Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer

Baca Juga: Materi BAB I Kelas 8 – Informatika dan Pembelajarannya

Baca Juga : BAB 5 JKI kelas 7

BAB 7: Algoritma dan Pemrograman – Informatika  Kelas 7

BAB 8: Dampak Sosial Informatika – Informatika Kelas 7

Komentar

CRYPTO LEGIT, JOINT FOR FREE

Postingan populer dari blog ini

KISI - KISI UJIAN SEKOLAH MAPEL TIK 2018 / 2019

Silakan download aja langsung di sini Donasi VIA BTC  ADDRESS     = 1MKwT4Fr7ZbiFWYFjMMAUV5d5RqYuR76MR DOGE ADDRESS   = DGr7HAwbZNzdU57KGSxwrToQvuuvbLv5k2 ETH                         =  0xef876b27b8b90658950f94b920364e0321189119 bitcoincash                = qp0ns9vp9dh9kmnj97l3ncah8ux3dvr40g82e7830n

SMPN 8 Solo Melantik OSIS

  SMPN 8 Solo Melantik OSIS Feb 19, 2024 | Blog , Pendidikan Pelantikan OSIS SMPN 8 Solo   – Pelantikan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu acara penting yang dilakukan di sekolah untuk mengumumkan dan meresmikan pengurus OSIS yang baru. OSIS merupakan sebuah wadah di mana siswa-siswa terpilih memimpin dan mengelola berbagai kegiatan di sekolah. Proses pelantikan dimulai dengan pemilihan pengurus OSIS yang dilakukan melalui pemungutan suara oleh siswa-siswa atau proses pemilihan yang telah ditentukan oleh sekolah. Setelah pengurus OSIS yang baru terpilih, mereka diresmikan dalam sebuah acara pelantikan yang seringkali berlangsung dalam suasana penuh semangat. Selama acara ini, pengurus OSIS yang baru akan mengucapkan sumpah janji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan sebaik-baiknya, dan menunjukkan komitmen kepengurusan kepada sekolah dan sesama siswa. SMPN 8 Solo   melaksanakan pelantikan OSIS tahun pelajaran 2023- 2024 p...

Bagian-bagian dari browser Internet Explorer

Bagian-bagian dari browser Internet Explorer 1. Title Bar          : Di bagian paling atas berisi - sebelah kiri adalah judul halaman web site yang sedang kita buka - sebelah kanan adalah tombol minimize, maximize, Restore dan Close 2. Menu bar       : Berisi tombol-tombol perintah dari Internet Explorer yaitu File,                                  Edit, View, Favorites, Tolls dan Help. 3. Tool Bar         : Biasa dibilang Standard Bottun, berisi tombol-tombol yang sering                              digunakan untuk surfing yaitu Back, Forward, Refresh, Home,                                  Search, Favorites, History, Mail dan Print. 4. Address Bar   : Kotak ...

Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023

  Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023 Nov 25, 2023 | Blog , Pendidikan Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023-Siswa SMPN 8 Gelar Kreativitas Sebagai Persembahan HGN 2023- SMPN 8 Surakarta menggelar kreativitas siswa pada Jum’at, 24 November 2023 pada pukul 09.30 WIB  –  selesai, sebagai ajang persembahan dalam rangka menghormati hari Guru Nasional(HGN) 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 25 November 2023.  Panitia kreativitas sekaligus Ketua OSIS SMPN 8 Surakarta , Gravida  mengatakan bahwa acara tersebut merupakan kreativitas siswa yang pertama kali digelar sebagai hadiah untuk para Guru yang akan memperingati HGN(Hari Guru Nasional)  2023. Sebagai acara perdana, kegiatan diselenggarakan tanpa mengadakan kegiatan belajar dan mengajar (KBM). Sebelumnya dilakukan gerak jalan disekitar sekolah diikuti semua Bapak/Ibu Guru, Karyawan, dan semua siswa mulai dari kelas 7A – H sampai dengan 9A – H menggunakan seragam olahraga ses...

Ini Cara Memperkenalkan Demokrasi Sejak Dini

Dari 6 Kandidat, Ini Hasil Ketua OSIS SMP NEGERI   8 – SMP NEGERI   8 Solo yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. menggelar pesta demokrasi pemilihan calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS ) periode 2023/2024. Sebelum melakukan Pemilos, dilakukan pembukaan oleh Kepala Sekolah di halaman setelah Upacara Bendera. Kepala Sekolah menyampaikan dalam pembukaannya Pemilos adalah suatu gambaran miniatur dari pemilu, tujuan Pemilos yaitu mempersiapkan diri sebelum menggunakan hak suara untuk negara SMP NEGERI   8 Solo. Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) menjadi suatu sarana efektif bagi satuan pendidikan (satdik) untuk mengenalkan pemilihan umum (pemilu) dan demokrasi kepada para peserta didik, hal ini pula yang dilakukan oleh SMP NEGERI   8 Solo. Pemilihan yang dilakukan di halaman sekolah ini berlangsung layaknya pemilihan umum. Istilah lain pemilihan Presiden OSIS. “Semoga menjadi pembelajaran yang bermakna bagi semuanya. Untuk memberikan pengetahuan pada siswa...

Ini Persyaratan PPDB SMA/SMK 2024/2025 Jalur Afirmasi

  Ini Persyaratan PPDB SMA/SMK 2024/2025 Jalur Afirmasi Mar 19, 2024 | Blog , Pendidikan PERSYARATAN PPDB SMA/SMK 2024/2025 JALUR AFIRMASI- SMPN 8 Kota Surakarta – Halo adik-adik SMP kelas IX, yuk simak informasi dini seputar PPDB SMA/SMK tahun 2024/2025. Berdasarkan prinsip dasar Petunjuk Teknis PPDB SMA/SMK ini adalah untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara: 1). integritas, artinya PPDB diselenggarakan secara konsisten antara regulasi dan implementasinya; 2). obyektif, artinya PPDB harus diselenggarakan secara obyektif; 3). transparan, artinya pelaksanaan PPDB bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik baru, untuk menghindari segala penyimpangan yang mungkin terjadi; 4). akuntabel, artinya PPDB dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya; 5). tidak diskriminatif, artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republ...

Cara Mengetahui alamat Bitcoin INDODAX

1. Masuk ke website Indodax berikut ini 2. Setelah login, klik Tombol "Saldo Aset" (pojok kanan) 3. Akan muncul Market dan DepoWD, silakan Klik DepoWD 4. Maka akan dimunculkan alamat BTC INDODAX kamu. belum punya alamat Bitcoin silahkan daftar disini cara menambang Bitcoin silahkan klik disini cara daftar Bitcoin wallet silahkan klik disini cara mengetahui alamat Bitcoin klik disini

Join As Now

SafelinkU | Shorten your link and earn money