Langsung ke konten utama

Perangkat Keras (Hardware) Komputer | Input Device

Perangkat Keras (Hardware) Komputer

A. Perangkat Keras - Hardware

Pengertian Hardware/perangkat keras yaitu perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, berfungsi sebagai perangkat masukan (input), pemroses (processor), keluaran (output), , memori dan penyimpan (storage).

1.    Perangkat Masukan (Input Devices)

Pengertian input device/perangkat masukan  yaitu peranti yang mengirimkan data ke komputer untuk diolah/diproses.

Contoh perangkat masukan/input device yaitu a) mouse, b) keyboard, c) scanner, d) joystick, e) microphone, f) barcode scanner,

 

Gambar input device

 

·    Tetikus atau Mouse, fungsinya adalah untuk menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar komputer.



Ada 2 jenis mouse yaitu mouse kabel dan tanpa kabel/wireless.

Berikut beberapa fungsi pada bagian-bagian mouse: 1) Tunjuk (Point), 2) Klik kiri (Left Click), 3) klik ganda(Double Click), 4) Klik kanan (Right Click, 5) Seret (Drag)


· Keyboard/papan ketik, fungsinya adalah memungkinkan penggunanya untuk memasukkan/input data karakter (character) ke dalam komputer.

Macam-macam tombol Keyboard konvensional: a) Typewriter Keys: tombol untuk mengetik, yang terdapat huruf (alfabet), angka (numerik), dan tanda baca (punctuation), b) Functions Keys: tombol F1 - F12, c) Numeric Keypad: tombol khusus angka (numeric) dan tombol operator, d) Cursor control keys: tombol untuk mengendalikan kursor, e) System keys: tombol yang berkaitan dengan sistem, f) Application keys: tombol yang berkaitan dengan aplikasi. g) Enter Keys: Tombol Enter, h) Other: Tombol lain seperti delete, insert, dan lainnya.



Berikut Cara kerja keyboard:

                i.   Ketika tombol keyboard ditekan, akan menekan lapisan karet yang ada di bawahnya.
ii.  Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mentransmisikan sinyal yang didapat         ketika tombol ditekan.
iii.  Sinyal yang ditransmisikan berupa kode-kode biner.
iv. Data yang berbentuk biner tersebut akan diterjemahkan oleh Central Processing Unit             (CPU) dengan mengacu ke data yang tersimpan pada Read Only Memory (ROM) untuk         ditampilkan pada layar monitor.

4 Jenis keyboard. a) Keyboard Dvorak, b) Keyboard Klotenberg, c) Keyboard Maltron, (d) Keyboard Virtual


·       Scanner fungsinya adalah memindai dan menyalin Data dari kertas berisi graik, gambar, foto, atau tulisan menggunakan alat pembaca optical data reader.



·   Joystick fungsinya adalah sebagai pelengkap untuk memainkan permainan/game video yang menggunakan lebih dari satu tombol.



·   Microphone adalah peranti yang mengonversi suara menjadi sinyal elektrik atau alat masukkan berupa suara kedalam komputer.



·    Barcode reader fungsinya adalah untuk membaca kode pada produk yang terprogram, seperti mesin kasir.

Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2