Langsung ke konten utama

Tanya Jawab Seputar Informatika

Tanya Jawab Seputar Informatika

Perbedaan informatika dan TIK adalah

TIK adalah semua bentuk teknologi yang dipakai untuk mengirimkan, menyimpan, menciptakan, membagikan, atau mempertukarkan informasi. Cakupan TIK yaitu teknologi seperti radio, televisi, video, DVD, telepon (telepon saluran tetap dan telepon genggam), sistem satelit, komputer dan jaringan komputer, serta peralatan dan layanan yang berhubungan dengan teknologi ini, seperti video-conference dan surel Unesco (2006).

Informatika adalah bidang ilmu yang mencakup 8 elemen, yaitu Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Teknik Komputer (TK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB).

Jadi, Perbedaan informatika dan TIK adalah informatika lebih luas artinya, sedangkan TIK adalah salah satu bagian yang dipelajari dalam informatika.

Apakah belajar informatika harus memakai komputer?

Belajar informatika tidak harus menggunakan komputer. Tujuan penting belajar informatika adalah agar murid memahami cara kerja komputer dan sistem digital berbasis komputer. Murid bisa memahaminya dengan berbagai cara, misalnya melalui permainan, simulasi, dan kegiatan-kegiatan tanpa menggunakan komputer yang dirancang guru murid. Kegiatan tanpa menggunakan komputer disebut sebagai kegiatan yang bersifat unplugged.

Apa perbedaan problem dan problem solving?

seberapa penting perbedaan problem dan problem solving?

Pengertian Problem adalah suatu keadaan atau situasi yang harus diatasi. Pengertian problem solving adalah Upaya untuk mengatasinya (penyelesaian persoalan).

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering menghadapi persoalan yang harus diselesaokan atau diatasi. Makin dewasa, problem yang akan dihadapi mungkin akan makin rumit. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk belajar cara mengatasi masalah sejak sekarang. Hal itu bisa dilakukan, melalui proses belajar bersama pada mata pelajaran informatika.

Apa hubungan informatika dan mata pelajaran atau bidang lain?

Dalam era Industri 4.0, hampir semua bidang kehidupan manusia didukung dengan sistem berbasis komputer. Halhal sehari-hari mulai dari pendataan penduduk, pendaftaran sekolah, pencarian moda transportasi, hingga hal-hal ilmiah seperti analisis data dari media sosial, data sel penyakit, hingga penciptaan robot humanoid yang mampu menirukan perilaku manusia, tidak bisa dilepaskan dari informatika. Oleh karena itu, Informatika berkaitan dengan banyak mata pelajaran lain seperti bahasa, matematika, sains, musik, sosial dan bidang ilmu lainnya.

Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pelajaran informatika?

Untuk membantu mendalami materi dalam informatika, proses belajar di antaranya adalah pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PBL), pembelajaran berpusat pada murid (Student Centered Learning/SCL), dan pembelajaran berbasis inkuiri (Inquiry Based Learning/IBL).

Dalam pembelajaran berbasis proyek, murid bersama temanteman dalam kelompok akan membuat karya (proyek) untuk menerapkan pengetahuan yang telah murid pelajari. Dalam

pembelajaran berbasis inkuiri, murid akan bereksplorasi secara mandiri untuk suatu topik yang diberikan oleh guru.

Dalam Project Based Learning / PBL dan Inquiry Based Learning / IBL, murid adalah aktor utama di kelas karena murid akan belajar menjadi mandiri, menemukan ide, berpendapat, berkreasi, dan menyampaikannya ke orang lainatau disebut pembelajaran yang berpusat pada murid. Ini akan menumbuhkembangkan murid menjadi ilmuwan yang berpikir kritis dan kreatif.

Adakah hubungan antara bermain games dan informatika?

Salah satu hal menarik dari dunia komputer adalah permainan (game). Bermain game ada sisi positifnya. Misalnya, dalam beberapa game, kita bisa belajar strategi, belajar memahami bahasa asing, belajar berkompetisi secara sehat, dan lainnya.

Yang penting diingat, kita perlu mengatur waktu bermain game agar tidak kecanduan. Dengan demikian, kita akan sekaligus belajar mengatur waktu.

Nah, dalam pelajaran informatika, kita juga akan belajar bagaimana membuat game sederhana menggunakan bahasa pemrograman visual. Pasti kita akan bangga bisa menciptakan karya yang bisa kita tunjukkan pada temanteman, orang tua, dan ibu bapak guru.

Baca juga: Berfikir Komputasional

Baca juga: Peta Konsep TIK

Baca Juga: Managemen File dan Folder

Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)

Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran

Baca juga : Peramban/browser dan search engine

Baca juga: Pengertian dan bagian Email

Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer

Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer

Baca juga: Perangkat keras komputer

Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer


Komentar

CRYPTO LEGIT, JOINT FOR FREE

Postingan populer dari blog ini

SMPN 8 Solo Melantik OSIS

  SMPN 8 Solo Melantik OSIS Feb 19, 2024 | Blog , Pendidikan Pelantikan OSIS SMPN 8 Solo   – Pelantikan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu acara penting yang dilakukan di sekolah untuk mengumumkan dan meresmikan pengurus OSIS yang baru. OSIS merupakan sebuah wadah di mana siswa-siswa terpilih memimpin dan mengelola berbagai kegiatan di sekolah. Proses pelantikan dimulai dengan pemilihan pengurus OSIS yang dilakukan melalui pemungutan suara oleh siswa-siswa atau proses pemilihan yang telah ditentukan oleh sekolah. Setelah pengurus OSIS yang baru terpilih, mereka diresmikan dalam sebuah acara pelantikan yang seringkali berlangsung dalam suasana penuh semangat. Selama acara ini, pengurus OSIS yang baru akan mengucapkan sumpah janji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan sebaik-baiknya, dan menunjukkan komitmen kepengurusan kepada sekolah dan sesama siswa. SMPN 8 Solo   melaksanakan pelantikan OSIS tahun pelajaran 2023- 2024 p...

Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023

  Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023 Nov 25, 2023 | Blog , Pendidikan Ini Persembahan Siswa SMPN 8 Saat HGN 2023-Siswa SMPN 8 Gelar Kreativitas Sebagai Persembahan HGN 2023- SMPN 8 Surakarta menggelar kreativitas siswa pada Jum’at, 24 November 2023 pada pukul 09.30 WIB  –  selesai, sebagai ajang persembahan dalam rangka menghormati hari Guru Nasional(HGN) 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 25 November 2023.  Panitia kreativitas sekaligus Ketua OSIS SMPN 8 Surakarta , Gravida  mengatakan bahwa acara tersebut merupakan kreativitas siswa yang pertama kali digelar sebagai hadiah untuk para Guru yang akan memperingati HGN(Hari Guru Nasional)  2023. Sebagai acara perdana, kegiatan diselenggarakan tanpa mengadakan kegiatan belajar dan mengajar (KBM). Sebelumnya dilakukan gerak jalan disekitar sekolah diikuti semua Bapak/Ibu Guru, Karyawan, dan semua siswa mulai dari kelas 7A – H sampai dengan 9A – H menggunakan seragam olahraga ses...

Ini Persyaratan PPDB SMA/SMK 2024/2025 Jalur Afirmasi

  Ini Persyaratan PPDB SMA/SMK 2024/2025 Jalur Afirmasi Mar 19, 2024 | Blog , Pendidikan PERSYARATAN PPDB SMA/SMK 2024/2025 JALUR AFIRMASI- SMPN 8 Kota Surakarta – Halo adik-adik SMP kelas IX, yuk simak informasi dini seputar PPDB SMA/SMK tahun 2024/2025. Berdasarkan prinsip dasar Petunjuk Teknis PPDB SMA/SMK ini adalah untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara: 1). integritas, artinya PPDB diselenggarakan secara konsisten antara regulasi dan implementasinya; 2). obyektif, artinya PPDB harus diselenggarakan secara obyektif; 3). transparan, artinya pelaksanaan PPDB bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik baru, untuk menghindari segala penyimpangan yang mungkin terjadi; 4). akuntabel, artinya PPDB dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya; 5). tidak diskriminatif, artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republ...

Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK

  Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK Mar 14, 2024 | Blog , GUGUS DEPAN 04.099/04.100 , Pendidikan Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Gelar LDK-Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Kota Surakarta , sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu Pengertian Dewan Penggalang atau Dewan Galang adalah organisasi Pramuka SMP yang beranggotakan para pemimpin regu. Dalam Pramuka Dianpinru merupakan akronim dari kegiatan Gladian Pimpinan Regu yang memiliki tujuan untuk melatih pemimpin regu, kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan untuk dewan penggalang dan calon pimpinan regu penggalang. Pengertian Dianpinru atau Gladian Pimpinan Regu adalah kegiatan Pramuka Penggalang yang ditujukan untuk mendidik dan melatih Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Pada hari, Sabtu dan Minggu, 8-9 Maret 2024 SMPN 8 Kota Sura...

KISI - KISI UJIAN SEKOLAH MAPEL TIK 2018 / 2019

Silakan download aja langsung di sini Donasi VIA BTC  ADDRESS     = 1MKwT4Fr7ZbiFWYFjMMAUV5d5RqYuR76MR DOGE ADDRESS   = DGr7HAwbZNzdU57KGSxwrToQvuuvbLv5k2 ETH                         =  0xef876b27b8b90658950f94b920364e0321189119 bitcoincash                = qp0ns9vp9dh9kmnj97l3ncah8ux3dvr40g82e7830n

Ini Persyaratan Umum PPDB SMA/SMK 2024/2025

  Ini Persyaratan Umum  PPDB SMA/SMK 2024/2025 Mar 18, 2024 | Blog , Pendidikan SMPN 8 Kota Surakarta -Halo adik-adik SMP kelas IX, yuk simak informasi dini seputar PPDB SMA/SMK tahun 2024/2025. PERSYARATAN UMUM  PPDB SMA/SMK 2024/2025-Berdasarkan prinsip dasar Petunjuk Teknis PPDB SMA/SMK ini adalah untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara: 1). integritas, artinya PPDB diselenggarakan secara konsisten antara regulasi dan implementasinya; 2). obyektif, artinya PPDB harus diselenggarakan secara obyektif; 3). transparan, artinya pelaksanaan PPDB bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik baru, untuk menghindari segala penyimpangan yang mungkin terjadi; 4). akuntabel, artinya PPDB dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya; 5). tidak diskriminatif, artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indones...

Bagian-bagian dari browser Internet Explorer

Bagian-bagian dari browser Internet Explorer 1. Title Bar          : Di bagian paling atas berisi - sebelah kiri adalah judul halaman web site yang sedang kita buka - sebelah kanan adalah tombol minimize, maximize, Restore dan Close 2. Menu bar       : Berisi tombol-tombol perintah dari Internet Explorer yaitu File,                                  Edit, View, Favorites, Tolls dan Help. 3. Tool Bar         : Biasa dibilang Standard Bottun, berisi tombol-tombol yang sering                              digunakan untuk surfing yaitu Back, Forward, Refresh, Home,                                  Search, Favorites, History, Mail dan Print. 4. Address Bar   : Kotak ...

Join As Now

SafelinkU | Shorten your link and earn money