Langsung ke konten utama

Pengantar Keterampilan Generik

 

Pengantar Keterampilan Generik

Tujuh aspek praktika informatika yaitu:

1.      Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.

2.      Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.

3.  Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi.

4.      Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.

5.   Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan dipelajaran lain.

6.     Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.

7. Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.

Bekerja dalam Kelompok
5 Hal yang harus dilakukan Agar bekerja dalam kelompok menjadi eisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik:

1.    Pahami persoalan dan tujuan bersama yang akan dicapai kelompok.

2.  Lakukan pembagian peran dalam kelompok sehingga setiap anggota mendapat peran dan pembagian tugas.

3.    Kerjakan tugas sesuai peran masing - masing.

4.    kemudian, tim harus berkumpul untuk mengintegrasikan hasil kerja masing - masing.

5.    Kelompok dipimpin oleh ketua kelompok atau diskusi, merumuskan kesimpulan semua kelompok dengan berdiskusi.

2 langkah bekerja dalam kelompok yaitu:

ü  Pemanasan

ü  Perencanaan Kerja Kelompok

Mengomunikasikan Hasil Kerja

Mengomunikasikan Hasil Kerja dapat dilakukan dilakukan dengan presentasi, demo produk dan Infografis .

a)      Infografis

Infografis


Infografis  berisi informasi teks dan gambar atau grafik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud. Ilustrasi visual lebih mudah untuk ditangkap maknanya dan diinterpretasi ketimbang hanya tekstual.

Hal yang perlu diperhatikan saat Perancangan konten Infografis :

1.      Tujuan Infografis  dibuat: untuk mengedukasi, ajakan, himbauan

2.      Kepada siapa Infografis  ditujukan.

3.      Konten harus benar, masuk akal, dan jelas sumbernya.

Cara membuat infografis agar tampilannya bagus.

1.      Pemilihan kata-kata kunci.

2.      Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya.

3.      Pemilihan ilustrasi (grafik, gambar) yang sesuai.

4.      Tata warna yang serasi dan sesuai dengan konteks.

5.      Tata letak yang baik.

 

b)      Presentasi

bahan presentasi yang baik adalah gabungan antara penjelasan murni tekstual dan infograis (jika dipandang per halaman presentasinya). Disampaikan dalam ringkasan butir-butir penting dari paparan (oleh sebab itu, perkakas pembuatnya disebut “Power Point”).

Presentasi dari segi Konten:

1.   Mengandung bagian penting berikut yang menunjukkan alur logika dari paparan yang mengalir dengan runtut:

·         Ringkasan

·         Latar belakang

·         Paparan utama

·         Penutup/kesimpulan

2.   Ditulis dalam bahasa yang sesuai dan dalam bentuk butir-butir kata kunci serta ringkasan teks. Sering kali bahkan bukan dalam kalimat lengkap.

Presentasi Dari Segi Tampilan

1.      Ukuran huruf cukup besar untuk dapat dilihat oleh audiennya.

2.      Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi.

3.      Jumlah slide yang sesuai dengan waktu yang disampaikan.

 hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan presentasi atau paparan lisan:

1.      Siapkan bahan presentasi dengan baik dan menarik sesuai waktu yang disediakan.

2.      Siapkan alat bantu seperti alat petunjuk (pointers).

3.   Perhatikan siapa audiens (penyimak) dan konteks dari presentasi karena akan menentukan gaya bahasa lisan dan gaya bahasa tubuh yang cocok.

·    Paparkan dengan bahasa lisan yang baik dan ucapkan dengan jelas.

·   Pakai bahasa tubuh yang baik, tidak terlalu banyak gerakan mengganggu. Bahasa tubuh adalah gerakan yang akan membantu memperjelas apa yang dipaparkan. Contoh Bahasa tubuh adalah kedipan mata, gerakan tangan, gerakan kepala.

4.  Saat menjelaskan produk, konsep harus menggunakan alur logika yang menunjukkan penalaran yang runtut, misalnya mulai dari deskripsi persoalan, usulan solusi, solusinya, dan kesimpulan apakah solusi mengatasi persoalan.

5.      Saat tanya jawab:

·         Jawab dengan ringkas dan tegas sesuai dengan pertanyaan.

·         Jika tidak memahami pertanyaan, rangkum dan ulangi dulu untuk klarifikasi.


Baca juga: Berfikir Komputasional

Baca juga: Peta Konsep TIK

Baca Juga: Managemen File dan Folder

Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)

Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran

Baca juga : Peramban/browser dan search engine

Baca juga: Pengertian dan bagian Email

Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer

Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer

Baca juga: Perangkat keras komputer

Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...