Langsung ke konten utama

Pengantar Keterampilan Generik

 

Pengantar Keterampilan Generik

Tujuh aspek praktika informatika yaitu:

1.      Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.

2.      Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.

3.  Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi.

4.      Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.

5.   Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan dipelajaran lain.

6.     Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.

7. Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.

Bekerja dalam Kelompok
5 Hal yang harus dilakukan Agar bekerja dalam kelompok menjadi eisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik:

1.    Pahami persoalan dan tujuan bersama yang akan dicapai kelompok.

2.  Lakukan pembagian peran dalam kelompok sehingga setiap anggota mendapat peran dan pembagian tugas.

3.    Kerjakan tugas sesuai peran masing - masing.

4.    kemudian, tim harus berkumpul untuk mengintegrasikan hasil kerja masing - masing.

5.    Kelompok dipimpin oleh ketua kelompok atau diskusi, merumuskan kesimpulan semua kelompok dengan berdiskusi.

2 langkah bekerja dalam kelompok yaitu:

ü  Pemanasan

ü  Perencanaan Kerja Kelompok

Mengomunikasikan Hasil Kerja

Mengomunikasikan Hasil Kerja dapat dilakukan dilakukan dengan presentasi, demo produk dan Infografis .

a)      Infografis

Infografis


Infografis  berisi informasi teks dan gambar atau grafik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud. Ilustrasi visual lebih mudah untuk ditangkap maknanya dan diinterpretasi ketimbang hanya tekstual.

Hal yang perlu diperhatikan saat Perancangan konten Infografis :

1.      Tujuan Infografis  dibuat: untuk mengedukasi, ajakan, himbauan

2.      Kepada siapa Infografis  ditujukan.

3.      Konten harus benar, masuk akal, dan jelas sumbernya.

Cara membuat infografis agar tampilannya bagus.

1.      Pemilihan kata-kata kunci.

2.      Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya.

3.      Pemilihan ilustrasi (grafik, gambar) yang sesuai.

4.      Tata warna yang serasi dan sesuai dengan konteks.

5.      Tata letak yang baik.

 

b)      Presentasi

bahan presentasi yang baik adalah gabungan antara penjelasan murni tekstual dan infograis (jika dipandang per halaman presentasinya). Disampaikan dalam ringkasan butir-butir penting dari paparan (oleh sebab itu, perkakas pembuatnya disebut “Power Point”).

Presentasi dari segi Konten:

1.   Mengandung bagian penting berikut yang menunjukkan alur logika dari paparan yang mengalir dengan runtut:

·         Ringkasan

·         Latar belakang

·         Paparan utama

·         Penutup/kesimpulan

2.   Ditulis dalam bahasa yang sesuai dan dalam bentuk butir-butir kata kunci serta ringkasan teks. Sering kali bahkan bukan dalam kalimat lengkap.

Presentasi Dari Segi Tampilan

1.      Ukuran huruf cukup besar untuk dapat dilihat oleh audiennya.

2.      Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi.

3.      Jumlah slide yang sesuai dengan waktu yang disampaikan.

 hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan presentasi atau paparan lisan:

1.      Siapkan bahan presentasi dengan baik dan menarik sesuai waktu yang disediakan.

2.      Siapkan alat bantu seperti alat petunjuk (pointers).

3.   Perhatikan siapa audiens (penyimak) dan konteks dari presentasi karena akan menentukan gaya bahasa lisan dan gaya bahasa tubuh yang cocok.

·    Paparkan dengan bahasa lisan yang baik dan ucapkan dengan jelas.

·   Pakai bahasa tubuh yang baik, tidak terlalu banyak gerakan mengganggu. Bahasa tubuh adalah gerakan yang akan membantu memperjelas apa yang dipaparkan. Contoh Bahasa tubuh adalah kedipan mata, gerakan tangan, gerakan kepala.

4.  Saat menjelaskan produk, konsep harus menggunakan alur logika yang menunjukkan penalaran yang runtut, misalnya mulai dari deskripsi persoalan, usulan solusi, solusinya, dan kesimpulan apakah solusi mengatasi persoalan.

5.      Saat tanya jawab:

·         Jawab dengan ringkas dan tegas sesuai dengan pertanyaan.

·         Jika tidak memahami pertanyaan, rangkum dan ulangi dulu untuk klarifikasi.


Baca juga: Berfikir Komputasional

Baca juga: Peta Konsep TIK

Baca Juga: Managemen File dan Folder

Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)

Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran

Baca juga : Peramban/browser dan search engine

Baca juga: Pengertian dan bagian Email

Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer

Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer

Baca juga: Perangkat keras komputer

Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer 

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2