Langsung ke konten utama

BAB 5 JARINGAN KOMUTER dan INTERNET (JKI) KELAS 7

 BAB 5 JARINGAN KOMUTER dan INTERNET (JKI) KELAS 7

Ini adalah rangkuman materi BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet (JKI) kelas 7.

Berikut adalah gambar peta konsep BAB 5 JKI




Perlu diketahui bahwa di negara Indonesia ada salah satu organisasi yang bergerak di bidang  Penyelenggaran Jasa Internet yaitu Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (APJII).

A.     Pengantar Jaringan Komputer dan Internet

Pengertian Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung dalam jaringan untuk saling berbagi sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi.

Adapun cara yang dapat digunakan Komputer untuk dapat terhubung ke jaringan yaitu dengan menggunakan media kabel, fiber optik, atau media tanpa kabel (wireless).

Menurut cakupan luas areanya Jaringan komputer ada 5 jenis: 1) Local Area Network

(LAN), 2) Corporate Area Network (CAN), 3) Metropolitan Area Network (MAN),4) Wide Area Network (WAN), dan 5) internet.

Pengertian LAN yaitu jaringan komputer lokal dengan area terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya.

Pengertian CAN yaitu jaringan komputer yang cakupan areanya terbatas pada perusahaan tertentu, atau gabungan dari beberapa LAN.

Pengertian MAN yaitu jaringan komputer dengan cakupan areanya antar kota metropolitan.  Pengertian WAN yaitu jaringan komputer yang cakupan areanya  lebih luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal.

Pengertian internet  yaitu sistem jaringan komputer global. Internet kepanjangan dari interconnected netword yang digunakan untuk berkomunikasi antarperangkat komputer maupun antarjaringan komputer menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pengertian TCP/IP merupakan protokol (aturan) pertukaran paket data yang digunakan di internet sehingga sebuah peranti dapat saling berkomunikasi dengan peranti lain dalam suatu jaringan internet.

Pengertian ISP (Internet Service Provider) yaitu suatu perusahaan penyedia jasa layanan internet. Di Indonesia, contoh ISP adalah PT Telkom Indonesia (Indihome, speedy), Biznet, FirstMedia, untuk provider HP mobile internet operator adalah Telkomsel, XL Axiata, Tri, Smartfren, dan IM3 Ooredoo.

Pengertian bandwidth adalah suatu Ukuran kecepatan internet selanjutnya disebut lebar pita pada jaringan. Adapun satuan kecepatan akses internet yaitu bps (bits per second).


1. World Wide Web (WWW )

 Pengertian World Wide Web (situs web) adalah sistem informasi/aplikasi yang dapat diakses menggunakan peramban/browser dengan menuliskan.

Alamat web di sebut juga dengan URL. Kepanjangan URL yaitu Uniform Resource Locators. Contoh alamat URL: https://www.informatika.org/ ).

Pengertian web page adalah halaman - halaman yang ada pada web yang berisi data dan informasi. Kepanjangan html yaitu hyper text markup language.

Pengertian hyperlinks/links yaitu sebuah teks/gambar/icon yang dapat menghubungkan halaman web lainnya.

Sebuah peramban web/browser akan membaca halaman - halaman web melalui protokol yang disebut HTTP. Kepanjangan HTTP yaitu Hypertext Transfer Protocol. Pengertian HTTP adalah suatu protocol yang mengatur komunikasi file dari web server menunju web client.

Pengertian surfing yaitu Proses meloncat dari satu tempat ke tempat lain melalui web atau berselancar di web.

Berikut adalah contoh Interaksi  dan transaksi yang dapat dilakukan di internet:

·   Surel (surat elektronik atau  Electronic Mail (Email). Pengertian email yaitu aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim dan atau menerima surat/pesan melalui internet.

·         e-Banking (Electronic Banking). Pengertian eBangking yaitu suatu aktivitas perbankan lewat internet.

·   e-Learning( Electronic Learning). Pengertian elearning yaitu sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah secara virtual (maya).

·    e-Commerce adalah aktivitas penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer.

·         e-Government adalah suatu pelayanan  penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik.

        

B.     Koneksi Internet

1.      Wireless LAN (Wi-Fi)

 Pengertian Wireless LAN (WLAN) adalah jaringan komputer lokal tanpa kabel/nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat. Kepanjangan dari Wi-Fi yaitu Wireless Fidelity.

Contoh perangkat yang sudah ada fasilitas Wi-Fi antara lain laptop, ponsel, kamera digital, smart TV, lampu smart home, tv digital, CCTV.

Pengertian Access Point (AP) adalah peranti yang memungkinkan perangkat lain dengan akses wireless dapat terkoneksi dengan Jaringan Komputer internet. 

Pengertian Hotspot adalah lokasi fisik di mana akses Wi-Fi tersedia.

Pengertian Router adalah peranti jaringan komputer yang meneruskan dan mengarahkan paket data antarjaringan komputer.


2.      Tethering

Pengertian Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi internet menggunakan perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer/perangkat seluler lain.

Modem adalah alat yang mampu menjadi media transimisi atau saluran untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain agar dapat terhubung dengan internet. Kepanjangan modem adalah modulator demodulator.

Cara Koneksi perangkat seluler dengan tethering dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu 1) Wireless LAN (Wi-Fi), 2) Bluetooth, 3) koneksi fisik menggunakan kabel USB (Universal Serial Bus). 


C.     Proteksi Data dan File

Enkripsi atau encryption berasal dari bahasa Yunani “kryptos” yang artinya tersembunyi atau rahasia. Pengertian Enkripsi adalah suatu metode yang mengodekan data sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibaca sebelum dikembalikan ke bentuk aslinya (didecrypt).


1. Cara Kerja Enkripsi


Dari Data asli sering disebut plain text akan dienkripsi dengan fungsi (cipher) tertentu. Lalu  hasil enkripsi berupa ciphertext. ciphertext  adalah teks yang terenkripsi. Selanjutnya Ciphertext dikirimkan melalui jaringan internet/komputer. Setelah sampai ke penerima ciphertext akan dilakukan Dekripsi. Dekripsi adalah proses mengembalikan pesan enskripsi ke pesan aslinya sehingga dapat dibaca.


2.  Caesar’s Cipher

Enkripsi menggunakan algoritma tertentu yang mengubah data asli menjadi data terenkripsi. Algoritma tersebut biasa disebut Cipher. Salah satu cipher yang sederhana adalah Caesar’s Cipher yang melakukan penggeseran alfabet.

Contoh penggeseran alfabet dengan Caesar’s Cipher sebanyak sekali ke kanan:


Teks

ini  adalah teks biasa

Hasil enskripsi

hmh zczkzg  sdjr  ahzrz

Hasil deskripsi

ini  adalah teks biasa

 

Dekripsi adalah proses mengubah kembali teks yang telah terenkripsi menjadi teks asli.


Uji Kompetensi

 Soal pilihan ganda/jawaban bisa lebih dari satu.

 1.  Perangkat laptop dapat terhubung dengan internet melalui media apa?

 a.  Wireless LAN (Wi-Fi)

 b.  Blueray

c.  Bluetooth

d.  Koneksi kabel

2.  Proses mengubah teks asli menjadi ciphertext disebut . . . .

a.  decrypt

 b.  cipher

 c.  encrypt

d.  algoritma

 3.  Proses mengubah ciphertext menjadi teks asli disebut . . . .

 a.  decrypt

b.  cipher

 c.  encrypt

d.  algoritma

 4.  Internet bekerja dengan protokol komunikasi yang disebut . . . .

 a.  TCP/IP

 b.  WWW

c.  surel

5.  Teks ‘saya’ jika dienkripsi dengan Caesar’s cipher geser satu ke kanan, di mana a->z, dan b->a, dst.,  menjadi . . . .

 a.  rzyz

 b.  tbzb

 c.  rbxb

 d.  tzxz

 Soal Uraian

 1.  Sebuah teks “Saya Indonesia” jika dienkripsi dengan Caesar’s cipher geser satu huruf ke kiri (a à b, bàc, dst) akan menjadi . . . .

 2.  Teks “tbzb qfmbkbs tnq” jika didekripsi kembali dengan cipher yang sama dengan nomor 1 akan menjadi . . . .

 3.  Buatlah algoritma sendiri untuk membuat ciphertext, dan enkripsi nama kalian masing-masing.

Nama kalian: . . . .

Hasil enkripsi nama kalian: . . . .

 Algoritma enkripsi: . . . .

 Apakah menurut kalian algoritma enkripsi kalian termasuk sulit untuk di

dekripsi? Jelaskan jawaban kalian!



Baca juga : Pengertian dari Informatika

Baca juga: Tanya Jawab Seputar Informatika

Baca juga: Berfikir Komputasional

Baca juga: Peta Konsep TIK

Baca Juga: Managemen File dan Folder

Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)

Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran

Baca juga : Peramban/browser dan search engine

Baca juga: Pengertian dan bagian Email

Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer

Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer

Baca juga: Perangkat keras komputer

Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer

Baca Juga: Materi BAB I Kelas 8 – Informatika dan Pembelajarannya

Baca Juga : BAB 5 JKI kelas 7

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2