Langsung ke konten utama

SMPN 8 Solo Melantik OSIS

 

SMPN 8 Solo Melantik OSIS



Pelantikan OSIS SMPN 8 Solo  – Pelantikan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu acara penting yang dilakukan di sekolah untuk mengumumkan dan meresmikan pengurus OSIS yang baru. OSIS merupakan sebuah wadah di mana siswa-siswa terpilih memimpin dan mengelola berbagai kegiatan di sekolah.

Proses pelantikan dimulai dengan pemilihan pengurus OSIS yang dilakukan melalui pemungutan suara oleh siswa-siswa atau proses pemilihan yang telah ditentukan oleh sekolah. Setelah pengurus OSIS yang baru terpilih, mereka diresmikan dalam sebuah acara pelantikan yang seringkali berlangsung dalam suasana penuh semangat. Selama acara ini, pengurus OSIS yang baru akan mengucapkan sumpah janji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan sebaik-baiknya, dan menunjukkan komitmen kepengurusan kepada sekolah dan sesama siswa.

SMPN 8 Solo  melaksanakan pelantikan OSIS tahun pelajaran 2023- 2024 pada hari Senin, 19 Maret 2024 pada pukul 07.00 WIB di halaman SMPN 8 Solo . Acara pelantikan diawali dengan pengibaran bendera sekaligus menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Pelantikan pengurus OSIS baru ini turut dihadiri oleh Kepala Sekolah, Triad Suparman M.Pd,, sekaligus sebagai Pembina Upacara, seluruh guru dan siswa SMPN 8 Solo  mulai kelas 7, 8, dan 9. Pengurus OSIS Tahun Pelajaran 2022-2023 turut berbaris dalam satu barisan dalam upacara di halaman untuk mengikuti upacara pelantikan. Pengurus OSIS yang baru menerima bendera OSIS yang diserahkan oleh Kepala Sekolah SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd.

Dalam sambutannya Kepala SMPN 8 Solo  Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan bahwa kemarin di SMPN 8 Solo  dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solo , Drs.Teguh Prakosa dalam rangka pendidikan mental keluarga, memberi pengarahan tentang bulyying. Semua warga harus memahami semua situasi kegiatan belajar mengajar, tidak diperbolehkan antara sesama/ rekan, antar kita semua tanpa kecuali, tidak ada kasus bullying di SMPN 8 Solo .

Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. juga memberi ucapan terima kasih kepada pengurus OSIS lama Tahun Pelajaran 2022-2023. Selanjutnya Kepala Sekolah juga menyampaikan harapannya kepada para pengurus yang baru agar menjalankan amanah yang diemban dengan sebaik-baiknya. Berkarya dengan sebaik mungkin untuk kemajuan di SMPN 8 Solo .

Semua pengurus yang lama sebenarnya keberatan, karena menjadi pengurus OSIS mempunyai kesempatan sebagai pengalaman yang sangat berkesan.Tetapi hal ini harus berjalan dengan bergantian ke generasi berikutnya. Karena kelas 7 dan 8 juga mendapatkan kesempatan untuk sarana melakukan ekspresi diri. Menjadi pengurus OSIS memposisikan masing-masing agar dapat mengekspresikan menurut apa yang dimaui oleh semua teman-temannya.

Dalam kesempatan ini para guru mengucapkan terima kasih kepada pengurus OSIS yang lama atas sumbangsihnya selama menjalankan tugas. Para pengurus OSIS yang lama juga memberikan ucapan selamat kepada pengurus OSIS yang baru.

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan organisasi atau tempat bagi siswa untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki sehingga diharapkan mampu membentuk karakter siswa yang cerdas, aktif, kreatif, dinamis, serta berpestasi. OSIS juga memiliki peran penting sebagai teladan bagi siswa lain agar mereka mempunyai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Serah terima jabatan (Sertijab) Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) dan Pelantikan periode 2022-2023 ke pengurus OSIS periode 2023-2024. Sertijab dan Pelantikan OSIS ini dilaksanakan pada saat Upacara Bendera yang berlangsung pada jam 07.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di halaman SMPN 8 Solo .

Adapun tugas dan tanggung jawab pengurus OSIS antara lain: Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana; Mengkoordinasi semua rapat pengurus; Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh rapat pengurus; Memimpin rapat; Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat; OSIS memfasilitasi para siswa untuk belajar bertanggung jawab sesuai tugas masing-masing pengurus demi kepentingan sekolah dan semua siswa.

Selain itu, OSIS juga mempunyai fungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa. OSIS juga bisa berfungsi mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa; Ketua OSIS bertanggung jawab untuk menyelenggarakan rapat dan pertemuan rutin bersama anggota OSIS lainnya. Dalam forum ini, ide, gagasan, dan masukan dari seluruh anggota dapat didiskusikan dan diimplementasikan

Adapun siswa yang dilantik sebagai Ketua Umum/ketua 1 adalah Jenar Ayu Manggarwangi, Ketua 2: Adli Abhi Praya dan Ketua 3: Hafizh. Sedangkan Wakil Ketua 1 yaitu Rivaya Kanzha Naila, Wakil Ketua 2: Alieen Bellvania Putri, Wakil Ketua 3: Verlyta Dina Andhyra beserta seluruh pengurus OSIS. beserta seluruh pengurus OSIS berjumlah 39 anak. Setelah penandatanganan serah terima jabatan ini maka resmilah kepengurusan OSIS periode 2023-2024 dan besar harapan dalam menjalankan tugas-tugasnya mereka bisa lebih kreatif, amanah, semakin hebat dan berkelas.

Menurut Jenar Ayu Manggarwangi yang tepilih sebagai Ketua Umum menyampaikan langsung ke Sie Publikasi bahwa dengan terpilihnya sebagai Ketua Umum bisa memajukan SMPN 8 Solo  dan memperbaiki kekurangan yang berada di SMPN 8 Solo  ini.

Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. berpesan agar pengurus yang baru sungguh dapat menerapkan janji yang telah diucapkan, yakni menjadi pelopor dalam menegakkan tata tertib sekolah, menjunjung tinggi nama almamater SMPN 8 Solo  dengan prestasi dan akhlak mulia, melaksanakan program kerja OSIS dengan disiplin dan penuh tanggung jawab serta mau menjadi teladan bagi para siswa SMPN 8 Solo  dalam perkataan dan perbuatan.

Apel berakhir pada pukul 07.45 WIB dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya sampai pikul 14.20 WIB. Selamat bertugas kepada Pengurus OSIS periode 2023/2024!.

Lihat Galery Foto di FB kami

Sie Publikasi SMPN 8 Solo : Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2