Langsung ke konten utama

BAB 7: Algoritma dan Pemrograman – INFORMATIKA KELAS 7

 

BAB 7: Algoritma dan Pemrograman – INFORMATIKA KELAS 7

PETA KONSEP Algoritma dan Pemrograman – INFORMATIKA KELAS 7



Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Tujuan dibuatnya suatu algoritma yaitu untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.

Pengertian pemrograman

Pengertian Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak/software komputer, aplikasi, dan situs web.

Pengertian kode adalah Perintah yang dipahami oleh komputer.

Pengertian Pemrograman visual adalah sebuah bahasa pengkodean yang  memungkinkan kalian untuk membuat program dengan menyusun elemen visual secara grais.

A. Pemrograman

1. Mengapa Perlu Belajar Programming?

Tujuan utama Mengapa Perlu Belajar Programming adalah agar kelak menjadi seorang programmer/ penulis program profesional. Tujuan lainnya adalah Programming diperlukan dalam bidang apa pun.

·      Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang bidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan, bekerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi.

·      Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing.

·  Zaman sekarang, dan di masa mendatang, diprediksi akan banyak sekali lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh dunia.

·       Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan kemampuan programming selalu meningkat.

·       Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang  karena semua bidang akan membutuhkan komputer.

·        Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas.

2.  Bagaimana Belajar Programming?

Pengenalan lingkungan pemrograman dalam belajar programing bisa langsung dari internet/online, dengan komputer atau gawai /offline,atau tanpa komputer/unplugged.

Cara awal belajar pemrograman lewat contoh yang diberikan, setelah itu barulah divariasikan sesuai keinginan programernya.

3.  Scratch

Apabila belajar scratch secara online maka pertama menggunakan Scratch adalah membuat akun sehingga hasil karya dapat tersimpan. Untuk akses online, dapat melalui halaman: https://scratch.mit.edu/ .   Instalasi aplikasi dapat mengunduh terlebih dulu aplikasinya melalui halaman: https://scratch.mit.edu/download.

Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, kita dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi.

4.  Membuat Akun

Untuk membuat akun scratch Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, pastikan username dan password tidah lupa.

Bagi yang sudah memiliki akun, langsung masuk menggunakan akun yang

Sudah didaftarkan dengan memilih menu Sign in.

5.  Mengenal “Universe” Scratch



1.  Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.

2.  Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. 

Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).

 3.  Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.

 4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.

5. Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.

6.  Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.

 7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.

 8. Menu H: Nama proyek yang dibuat.

SPRITE  PERTAMAKU


B. Eksplorasi Fungsi Dasar

Kode untuk perulangan tidak terbatas pada scratch: forever. kode looks next costume pada scratch berfungsi untuk mengubah tampilan dari sprite sesuai costumes.

blok play sound, untuk menggunakan suara, dapat menggunakan blok  start sound.

Bermain dengan Latar Gambar/background scratch dapat di pilih pada choose a backdrop dari menu stage.

Bermain dengan Karakter/sprite menu Choose a Sprite, lalu cari atau upload sprite yang diinginkan.

Setiap sprite ini dapat diatur nama, tampil atau tidak, posisi, ukuran, arah, dan kode serta Costumes yang dilakukan oleh sprite tadi.

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2