Langsung ke konten utama

BAB 7: Algoritma dan Pemrograman – INFORMATIKA KELAS 7

 

BAB 7: Algoritma dan Pemrograman – INFORMATIKA KELAS 7

PETA KONSEP Algoritma dan Pemrograman – INFORMATIKA KELAS 7



Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Tujuan dibuatnya suatu algoritma yaitu untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.

Pengertian pemrograman

Pengertian Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak/software komputer, aplikasi, dan situs web.

Pengertian kode adalah Perintah yang dipahami oleh komputer.

Pengertian Pemrograman visual adalah sebuah bahasa pengkodean yang  memungkinkan kalian untuk membuat program dengan menyusun elemen visual secara grais.

A. Pemrograman

1. Mengapa Perlu Belajar Programming?

Tujuan utama Mengapa Perlu Belajar Programming adalah agar kelak menjadi seorang programmer/ penulis program profesional. Tujuan lainnya adalah Programming diperlukan dalam bidang apa pun.

·      Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang bidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan, bekerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi.

·      Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing.

·  Zaman sekarang, dan di masa mendatang, diprediksi akan banyak sekali lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh dunia.

·       Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan kemampuan programming selalu meningkat.

·       Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang  karena semua bidang akan membutuhkan komputer.

·        Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas.

2.  Bagaimana Belajar Programming?

Pengenalan lingkungan pemrograman dalam belajar programing bisa langsung dari internet/online, dengan komputer atau gawai /offline,atau tanpa komputer/unplugged.

Cara awal belajar pemrograman lewat contoh yang diberikan, setelah itu barulah divariasikan sesuai keinginan programernya.

3.  Scratch

Apabila belajar scratch secara online maka pertama menggunakan Scratch adalah membuat akun sehingga hasil karya dapat tersimpan. Untuk akses online, dapat melalui halaman: https://scratch.mit.edu/ .   Instalasi aplikasi dapat mengunduh terlebih dulu aplikasinya melalui halaman: https://scratch.mit.edu/download.

Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, kita dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi.

4.  Membuat Akun

Untuk membuat akun scratch Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, pastikan username dan password tidah lupa.

Bagi yang sudah memiliki akun, langsung masuk menggunakan akun yang

Sudah didaftarkan dengan memilih menu Sign in.

5.  Mengenal “Universe” Scratch



1.  Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.

2.  Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. 

Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).

 3.  Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.

 4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.

5. Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.

6.  Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.

 7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.

 8. Menu H: Nama proyek yang dibuat.

SPRITE  PERTAMAKU


B. Eksplorasi Fungsi Dasar

Kode untuk perulangan tidak terbatas pada scratch: forever. kode looks next costume pada scratch berfungsi untuk mengubah tampilan dari sprite sesuai costumes.

blok play sound, untuk menggunakan suara, dapat menggunakan blok  start sound.

Bermain dengan Latar Gambar/background scratch dapat di pilih pada choose a backdrop dari menu stage.

Bermain dengan Karakter/sprite menu Choose a Sprite, lalu cari atau upload sprite yang diinginkan.

Setiap sprite ini dapat diatur nama, tampil atau tidak, posisi, ukuran, arah, dan kode serta Costumes yang dilakukan oleh sprite tadi.

Komentar

CRYPTO LEGIT, JOINT FOR FREE

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Ini Cara Peringati Serangan 4 hari di Kota Solo

Ini Cara Peringati Serangan 4 hari di Kota Solo Aug 7, 2023 | ADIWIYATA , Blog , Pendidikan Peringati Serangan 4 hari di Kota Solo, Guru dan Karyawan Kenakan Seragam KORPRI-Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta.  Setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan terutama sekolah dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Termasuk di SMPN 8 Solo.  Pada hari senin ini tanggal 7 Agustus 2023 yang bertindak sebagai petugas upacara adalah siswa dari kelas 9H. Sedangkan yang menjadi Pembina upacara adalah  Rekyan Pamusthi, S.P...

Ini Cara Memperkenalkan Demokrasi Sejak Dini

Dari 6 Kandidat, Ini Hasil Ketua OSIS SMP NEGERI   8 – SMP NEGERI   8 Solo yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. menggelar pesta demokrasi pemilihan calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS ) periode 2023/2024. Sebelum melakukan Pemilos, dilakukan pembukaan oleh Kepala Sekolah di halaman setelah Upacara Bendera. Kepala Sekolah menyampaikan dalam pembukaannya Pemilos adalah suatu gambaran miniatur dari pemilu, tujuan Pemilos yaitu mempersiapkan diri sebelum menggunakan hak suara untuk negara SMP NEGERI   8 Solo. Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) menjadi suatu sarana efektif bagi satuan pendidikan (satdik) untuk mengenalkan pemilihan umum (pemilu) dan demokrasi kepada para peserta didik, hal ini pula yang dilakukan oleh SMP NEGERI   8 Solo. Pemilihan yang dilakukan di halaman sekolah ini berlangsung layaknya pemilihan umum. Istilah lain pemilihan Presiden OSIS. “Semoga menjadi pembelajaran yang bermakna bagi semuanya. Untuk memberikan pengetahuan pada siswa...

Ini Persyaratan PPDB SMA/SMK 2024/2025 Jalur Afirmasi

  Ini Persyaratan PPDB SMA/SMK 2024/2025 Jalur Afirmasi Mar 19, 2024 | Blog , Pendidikan PERSYARATAN PPDB SMA/SMK 2024/2025 JALUR AFIRMASI- SMPN 8 Kota Surakarta – Halo adik-adik SMP kelas IX, yuk simak informasi dini seputar PPDB SMA/SMK tahun 2024/2025. Berdasarkan prinsip dasar Petunjuk Teknis PPDB SMA/SMK ini adalah untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara: 1). integritas, artinya PPDB diselenggarakan secara konsisten antara regulasi dan implementasinya; 2). obyektif, artinya PPDB harus diselenggarakan secara obyektif; 3). transparan, artinya pelaksanaan PPDB bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik baru, untuk menghindari segala penyimpangan yang mungkin terjadi; 4). akuntabel, artinya PPDB dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya; 5). tidak diskriminatif, artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republ...

Kultum berbagi kebahagian

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam yang telah menghendaki kita untuk kembali merasakan bulan suci Ramadhan. Sholawat serta salam tak lupa juga kita panjatkan kepada Nabi Allah, Nabi Muhammad saw. juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya. Semoga Allah meridai kita untuk mendapatkan manfaat pada kesempatan kultum kali ini. Tema kultum kali ini adalah  BAHAGIAMU BAHAGIAKU Salah satu tanda kebahagiaan sejati yang juga sering dilupakan manusia adalah bahagia dengan membahagiakan orang lain atau senang karena membuat senang orang lain. Sebagaimana ungkapan bahasa Arab سؤال: من أسعد الناس الجواب: من أسعد الناس Pertanyaan, ‘Siapakah manusia yang paling berbahagia?’ Jawaban, ‘Mereka yang membuat manusia bahagia (membahagiakan orang lain).’” Hal ini selaras dengan hadits Nabi Shallallahu ‘alahi wasallam, bahwa salah satu amalan yang paling besar pahalanya di sisi Allah adalah memasukkan kebahagiaan di hati seorang muslim. ...

Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK

  Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Adakan LDK Mar 14, 2024 | Blog , GUGUS DEPAN 04.099/04.100 , Pendidikan Pramuka SMPN 8 Kota Surakarta Gelar LDK-Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Kota Surakarta , sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Kota Surakarta membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu Pengertian Dewan Penggalang atau Dewan Galang adalah organisasi Pramuka SMP yang beranggotakan para pemimpin regu. Dalam Pramuka Dianpinru merupakan akronim dari kegiatan Gladian Pimpinan Regu yang memiliki tujuan untuk melatih pemimpin regu, kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan untuk dewan penggalang dan calon pimpinan regu penggalang. Pengertian Dianpinru atau Gladian Pimpinan Regu adalah kegiatan Pramuka Penggalang yang ditujukan untuk mendidik dan melatih Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Pada hari, Sabtu dan Minggu, 8-9 Maret 2024 SMPN 8 Kota Sura...

SMPN 8 Solo Melantik OSIS

  SMPN 8 Solo Melantik OSIS Feb 19, 2024 | Blog , Pendidikan Pelantikan OSIS SMPN 8 Solo   – Pelantikan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu acara penting yang dilakukan di sekolah untuk mengumumkan dan meresmikan pengurus OSIS yang baru. OSIS merupakan sebuah wadah di mana siswa-siswa terpilih memimpin dan mengelola berbagai kegiatan di sekolah. Proses pelantikan dimulai dengan pemilihan pengurus OSIS yang dilakukan melalui pemungutan suara oleh siswa-siswa atau proses pemilihan yang telah ditentukan oleh sekolah. Setelah pengurus OSIS yang baru terpilih, mereka diresmikan dalam sebuah acara pelantikan yang seringkali berlangsung dalam suasana penuh semangat. Selama acara ini, pengurus OSIS yang baru akan mengucapkan sumpah janji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan sebaik-baiknya, dan menunjukkan komitmen kepengurusan kepada sekolah dan sesama siswa. SMPN 8 Solo   melaksanakan pelantikan OSIS tahun pelajaran 2023- 2024 p...

Join As Now

SafelinkU | Shorten your link and earn money