BAB 7: Algoritma dan
Pemrograman – INFORMATIKA KELAS 7
PETA KONSEP Algoritma
dan Pemrograman – INFORMATIKA KELAS 7
Pengertian Algoritma
Pengertian Algoritma
adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Tujuan
dibuatnya suatu algoritma yaitu untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga
komputer.
Pengertian pemrograman
Pengertian
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak/software
komputer, aplikasi, dan situs web.
Pengertian kode
adalah Perintah yang dipahami oleh komputer.
Pengertian
Pemrograman visual adalah sebuah bahasa pengkodean yang memungkinkan kalian untuk membuat program
dengan menyusun elemen visual secara grais.
A. Pemrograman
1. Mengapa Perlu
Belajar Programming?
Tujuan utama Mengapa
Perlu Belajar Programming adalah agar kelak menjadi seorang programmer/ penulis
program profesional. Tujuan lainnya adalah Programming diperlukan dalam bidang
apa pun.
· Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang
bidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan, bekerja
dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi.
· Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing.
· Zaman sekarang, dan di masa mendatang, diprediksi akan banyak sekali
lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh dunia.
· Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan
kemampuan programming selalu meningkat.
· Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua bidang akan membutuhkan
komputer.
· Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa
batas.
2. Bagaimana Belajar Programming?
Pengenalan lingkungan
pemrograman dalam belajar programing bisa langsung dari internet/online, dengan
komputer atau gawai /offline,atau tanpa komputer/unplugged.
Cara awal belajar
pemrograman lewat contoh yang diberikan, setelah itu barulah divariasikan
sesuai keinginan programernya.
3. Scratch
Apabila belajar
scratch secara online maka pertama menggunakan Scratch adalah membuat akun
sehingga hasil karya dapat tersimpan. Untuk akses online, dapat melalui
halaman: https://scratch.mit.edu/ . Instalasi aplikasi dapat mengunduh terlebih
dulu aplikasinya melalui halaman: https://scratch.mit.edu/download.
Scratch dibuat oleh MIT
Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology.
Dengan Scratch, kita dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi
cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari. Program
sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual
sesuai blok tadi.
4. Membuat Akun
Untuk membuat akun
scratch Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, pastikan username
dan password tidah lupa.
Bagi yang sudah
memiliki akun, langsung masuk menggunakan akun yang
Sudah didaftarkan
dengan memilih menu Sign in.
5. Mengenal “Universe” Scratch
1. Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat
dilakukan oleh objek.
2. Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A.
Blok kode tinggal di-drag
& drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di
bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B
dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).
3. Menu
C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.
4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil
implementasi blok kode pada objek.
5. Menu E: Di bagian
ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai
kreativitas sendiri.
6. Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang
akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.
7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada
project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap
sprite yang ada.
8. Menu H: Nama proyek yang dibuat.
SPRITE PERTAMAKU
B. Eksplorasi Fungsi
Dasar
Kode
untuk perulangan tidak terbatas pada scratch: forever. kode looks
next costume pada scratch berfungsi untuk mengubah tampilan dari sprite
sesuai costumes.
blok play
sound, untuk menggunakan suara, dapat menggunakan blok start sound.
Bermain
dengan Latar Gambar/background scratch dapat di pilih pada choose a backdrop
dari menu stage.
Bermain
dengan Karakter/sprite menu Choose a Sprite, lalu cari atau upload sprite yang
diinginkan.
Baca juga : Pengertian
dari Informatika
Baca juga: Tanya Jawab Seputar Informatika
Baca juga: Berfikir Komputasional
Baca Juga: Managemen File dan Folder
Baca juga: Pengenalan GUI (Grafical User Interface)
Baca juga: Pengertian Aplikasi Perkantoran
Baca juga : Peramban/browser dan search engine
Baca juga: Pengertian dan bagian Email
Baca Juga: Peta Konsep Sistem Komputer
Baca Juga: Pengantar Sistem Komputer
Baca juga: Perangkat keras komputer
Baca Juga: Perangkat Keras masukan (input device) komputer
Baca Juga: Materi BAB I Kelas 8 – Informatika dan Pembelajarannya
Baca Juga : BAB
5 JKI kelas 7
BAB
7: Algoritma dan Pemrograman – Informatika Kelas 7
Komentar