Langsung ke konten utama

Contoh kumpulan soal prakarya kelas 8 semester 2

 Contoh kumpulan soal prakarya kelas 8 semester 2

1.    Limbah yang berwujud keras, padat, tidak mudah berubah bentuk, tidak mudah diolah, dan tidak mudah terurai dalam tanah, biasanya berasal dari alam dan kegiatan manusia adalah pengertian. ...


2.     Di lingkungan masyarakat terlebih dahulu dilakukan pengolahan bahan limbah melalui beberapa cara berikut, kecuali. ...


 

3.      Suatu metode pengolahan sampah terkontrol dengan sistem sanitasi yang baik, yaitu. ...



4. Pada metode pengolahan sampah ini, sampah dibakar di dalam alat insinerator. Hasil pembakarannya berupa gas dan residu pembakaran. Metode yang dimaksud adalah. ...



5.      Metode pengolahan sampah dilakukan di dalam mobil pengumpul sampah yang telah dilengkapi dengan alat pengaduk sampah. Sampah-sampah tersebut langsung dihancurkan menjadi potongan-potongan kecil yang dapat dimanfaatkan untuk menimbun tanah yang letaknya rendah. Metode yang dimaksud adalah. ...


6.      Pengolahan limbah keras organik maupun anorganik memiliki prinsip yang samayaitu dengan sistem 3R yaitu. ...

7.      Upaya melakukan daur ulang limbah keras menjadi karya kerajinan tangan adalah definisi dari prinsip. ...


8.      Upaya menggunakan kembali limbah keras menjadi karya kerajinan tangan adalah definisi dari prinsip. ...


9.       Upaya mengurangi limbah keras menjadi karya kerajinan tangan adalah definisi dari prinsip. ...


10.  Limbah keras yang digunakan sebagai bahan dasar kerajinan dapat dibedakan menjadi dua jenis sebagai berikut. …

11.  Limbah yang terdiri atas kandungan bahan yang pejal, solid, kuat dan tidak mudah berubah bentuk, berasal dari sumber daya alam daratan dan lautan yaitu. …


12.  Limbah yang terdiri atas kandungan bahan yang kuat dan tidak mudah dihancurkan dengan alat biasa, melainkan harus menggunakan teknologi tertentu seperti pemanasan, pembakaran, dan penghancuran. yaitu. …


13.  Perhatikan contoh-contoh limbah keras berikut: 1) Cangkang kerang laut, 2) sisik ikan keras, 3) tulang ikan, 4) tulang hewan berkaki empat (sapi, kerbau, kambing), 5) tempurung kelapa, 6) potongan kayu.

Limbah yang ditunjukkan oleh nomor 1,3,5 dan 6 adalah . …


14.  Limbah keras yang dihasilkan di daerah ini biasanya berupa pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, dan aneka plastik bekas perabot. Daerah yang dimaksud yaitu. … 


15.  Di bawah ini adalah alat pembuatan kerajinan kerang di antaranya, kecuali. …


16.  Perhatikan gambar salah satu alat pembuatan kerajinan limbah keras anorganik dari plastik berikut!

Gambar alat pembuatan kerajinan

nama alat tersebut adalah. …

17.  Perhatikan contoh alat dan bahan pembuatan kerajinan berikut ini!

(1) amplas, (2) gunting, (3) lem tembak, (4) pilox, (5) pewarna, (6) kikir, 7) cangkang kerang

Yang menunjukkan alat pembuatan kerajinan yaitu. …


18.  Ada beberapa macam cara sederhana untuk mendapatkan air bersih. Cara yang paling mudah adalah. …


19.  Untuk membuat alat penjernih air, dibutuhkan kemampuan teknik ini, kecuali.

 


Pernyataan BENAR dan SALAH

20.  Umbi adalah jenis tumbuhan golongan tanaman padi/padian/rumput/rumputan (Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati..

21.  Serealia adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk (pembengkakan) sebagai akibat perubahan fungsinya. Organ yang membentuk umbi terutama batang, akar, atau modifikasinya.

22.  Pengolahan bahan pangan adalah suatu kegiatan mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan siap dikonsumsi atau menjadi bahan setengah jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa simpan bahan pangan.

23.  Teknik pengolahan makanan panas kering biasa disebut moist heat.

24.  Teknik Pengolahan makanan Panas Kering (Dry Heat Cooking) biasanya menggunakan media berupa air.

25.  Kelompok zat gizi penghasil tenaga adalah karbohidrat.

26.  Protein hewani dapat diperoleh dari daging, ayam, kelinci,telur, ikan, udang, susu, sedangkan nabati diperolah dari kacang-kacangan seperti tahu dan tempe

27.  Istilah lain dari teknik pengolahan makanan panas basah yaitu moist heat.

28.  Perhatikan gambar di bawah ini!

 


Gambar tersebut adalah Talenan dan pisau yang berfungsi untuk alas dan memotong semua bahan-bahan yang akan dimasak

 

29.  Negara Indonesia memiliki sedikit sekali jenis-jenis olahan pangan, sehingga sangat jarang kita jumpai usaha-usaha dibidang kuliner yang tersebar di daerah-daerah.

  

30.  (Lumbricus terrestris) dapat berukuran panjang 9 hingga 30 cm. Satwa harapan ini hidupnya di dalam tanah, tidak punya tangan, kaki, ataupun mata..

31.  Adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, memiliki suara nyaring untuk memikat lawan jenis, biasanya digunakan untuk pakan ternak jening burung dan ikan predator.

32.  Termasuk jenis serangga sosial yang hidup berkoloni. Selain madu, juga menghasilkan lilin.

33.  Attacus atlas merupakan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Hewan ini adalah sebagai penghasil benang sutra sebagai bahan pakaian yang tinggi kualitasnya.

34.  Semua bahan yang diberikan kepada ternak berupa campuran berbagai macam bahan organik dan anorganik untuk memenuhi kebutuhan zat makanan yang diperlukan bagi pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi.

35.  Merupakan sumber yang berikan untuk pencegahan dan penanggulangan hama dan penyakit pada hewan satwa harapan.

36.  Bangunan yang dapat digunakan untuk melindungi ternak dari pengaruh cuaca buruk, seperti hujan, panas matahari, angin kencang, dan gangguan lainnya.

37.  Suatu kegiatan mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan siap dikonsumsi atau menjadi bahan setengah jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa simpan bahan pangan.

38.  Sarana budidaya satwa harapan seperti tempat minum, tempat makan, timbangan, sprayer, pembersih kotoran.

39.  Meliputi pemeliharaan kandang, pemilihan bibit, pemberian pakan serta pencegahan hama dan penyakit..

 

40.  Sebutkan 2 jenis limbah keras!

41.  Tuliskan masing – masing 5 contoh limbah keras daerah pesisir pantai dan perkotaan!

42.  Sebutkan 5 contoh teknik penyaringan untuk proses penjernihan air!

43.  Sebutkan 5 contoh teknik pengendapan untuk proses penjernihan air!

44.  Tuliskan 4 alat yang digunakan untuk membuat alat penjernih air!

         

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2