Langsung ke konten utama

SMPN 8 Solo Atraksi Senam Semaphore di Estafet Tunas Kelapa

 

SMPN 8 Solo Atraksi Senam Semaphore di Estafet Tunas Kelapa


SMPN 8 Solo Tampilkan Atraksi Senam Semaphore pada Pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa-Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. selaku Ka. Mabigus Kecamatan Jebres Kota Solo pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 memberikan bantuan atraksi berupa Senam Semaphore sesuai yang diminta oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Jebres Kwartir Cabang Kota Solo (9 Agsutus 2023).

Selain dari SMP Negeri 8 Solo, yang ikut memeriahkan pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Ranting 04 Kecamatan Jebres Kota Solo adalah SDN Mojosongo 5, SD Warga, SDN Gulon, SD Tri Pusaka, SMKN 8 Solo. Bantuan atraksi selain Senam Semaphore, ada Drumband, Tari Kreasi Baru, Barongsai / Liong.

Dengan adanya kegiatan tersebut maka Kepala SMPN 8 Solo merasa bangga dapat ikut memeriahkan pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Ranting 04 Kecamatan Jebres, Kota Solo, dengan memamerkan Senam Semaphore. Senam Semaphore ini akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB sampai selesai di Kampus ISI II Solo. Perlu diketahui bahwa Estafet Tunas Kelapa ini akan diakhiri sampai di Halaman The Park Solobaru yang melewati beberapa titik.

Tujuan Estafet Tunas Kelapa bukan hanya sekedar kegiatan kepramukaan biasa, namun merupakan kebanggaan Anggota Pramuka Jawa Tengah, karena kegiatan ini hanya dilakukan di kwarda Jawa Tengah. Sebagai tradisi yang sudah mendarah daging dalam tubuh Pramuka Jawa Tengah dalam perayaan Hari Gerakan Pramuka setiap tahunnya.

Kebanggaan yang dimaksud antara lain: meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; meningkatkan semangat bakti kepedulian sosial dan kualitas kegiatan Gerakan Pramuka yang dapat dirasakan dalam masyarakat dan lingkungannya; meningkatkan semangat persatuan, kesatuan, semangat persaudaraan dan solidaritas bagi Gerakan Pramuka dengan masyarakat; meningkatkan rasa disiplin, keteladanan, mental dan fisik dengan semangat pantang menyerah bagi generasi muda dalam ikut serta membangun masyarakat Indonesia.

Awal sejarah adanya Estafet Tunas Kelapa (ETK) adalah ketika ada tiga tokoh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Salatiga yaitu Kakak Hadi Soetjipto, Kakak Marwoto dan Kakak Johnny Andreas pada bulan Februari 1967 mencetuskan ide Gerak Jalan Cikal Nonstop siang dan malam.

Ide ini kemudian disambut hangat oleh Kakak Kolonel Soeparno (Komandan Korem 073/Makutarama saat itu) yang memiliki tujuan untuk menggerakkan dan mengembangkan Gerakan Pramuka. Pada mulanya kegiatan hanya dilaksanakan di wilayah Korem 073/Makutarama dan diikuti Kwarcab se Wilayah Korem tersebut.

Selanjutnya kegiatan ini diambil oleh Kwarda Jawa Tengah dimana rutenya mencakup wilayah se Jawa Tengah dimana rutenya mencakup wilayah se Jawa Tengah dan diakhiri pada saat titik lokasi yang sama. Kegiatan ini dilakukan terus menerus sebagai media menyongsong Hari Ulang Tahun Pramuka Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah menuju ke satu titik tujuan Kabupaten/Kota yang menjadi tuan rumah Apel/Upacara Besar Hari Pramuka Tingkat Kwarda Jawa Tengah.

Perlu diketahui bahwa rute yang dipilih merupakan hasil diskusi dan survei dengan cermat yang dilakukan TIM dari Kwarda Jawa tengah dibantu Kwartir Cabang. Tokoh yang sangat fenomenal pada era saat itu, adalah Kakak Abdulrahman (saat itu sebagai Kepala Tata Usaha Kwarda Jateng) atau lebih dikenal sebagai Mbah Dul, beliau mensurvei semua rute yang digunkan Estafet Tunas Kelapa. ( dikutip dari laman: pramukajateng.or.id).

Senam Semaphore Kepala SMPN 8 Solo yang akan diikuti oleh Siswa sejumlah 22 orang diantaranya siswa kelas 8 sejumlah 7 orang dan kelas 9 dengan jumlah 15 orang didampingi oleh Herviyanti Chandra P.S.Pd. dan Fahrul Fuad. Peserta Senam Semaphore ini merupakan siswa-siswa pilihan yang hebat, cerdas, dan disiplin.

Terbukti hanya 2 hari (Senin dan Selasa ) berlatih tanpa ada yang mengeluh ataupun merasa bosan, semuanya penuh dengan semangat, terlihat di wajahnya selalu tersenyum dan ceria walaupun berlatih hingga sore hari.

Acara yang dimulai pukul 12.30 WIB dengan atraksi dari Kepala SMPN 8 Solo yaitu Senam Semaphore dipadukan dengan koloni tongkat, dilanjutkan dengan atraksi Tari Kreasi dari SMK N 8 Solo. Kemudian atraksi Drumband dari SD Mojosongo 5, penyambutan Tunas Kelapa dari Kabupaten Sragen, penandatanganan berita acara, serahterima dari Mabicab Sragen ke Mabicab Kota Solo, penyerahan Tunas Kelapa dari Kwartir Cabang Sragen ke Kwartir Cabang Kota Solo.

Pesan Kamabicab Kak Ir. Ahyani, MA yaitu dibutuhkan suatu keberanian untuk memulai dan usaha untuk menyelesaikan. Kemudian acara dilanjutkan dengan doa dan acara berakhir pada pukul 13.30 WIB pemberangkatan Estafet Tunas Kelapa.

Harapan dari Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd.dengan adanya kegiatan Senam Semaphore dipadukan dengan koloni tongkat ini siswa bisa mengambil manfaatnya antara lain: melatih kemandirian, kedisiplinan, kerjasama dan gotong royong dengan sesama anggota kelompok, meningkatkan kepedulian terhadap sesama, belajar mencintai alam, melatih kepemimpinan  dan kreativitas, belajar berorganisasi dan belajar bertanggung jawab, melatih sportivitas, mempererat tali persaudaraan.

Semoga tetap semangat selalu dalam melaksanakan setiap kegiatannya dan semoga bermanfaat bagi diri pribadi dan orang lain.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo : Dra, Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...