Langsung ke konten utama

SMPN 8 Solo Atraksi Senam Semaphore di Estafet Tunas Kelapa

 

SMPN 8 Solo Atraksi Senam Semaphore di Estafet Tunas Kelapa


SMPN 8 Solo Tampilkan Atraksi Senam Semaphore pada Pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa-Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. selaku Ka. Mabigus Kecamatan Jebres Kota Solo pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 memberikan bantuan atraksi berupa Senam Semaphore sesuai yang diminta oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Jebres Kwartir Cabang Kota Solo (9 Agsutus 2023).

Selain dari SMP Negeri 8 Solo, yang ikut memeriahkan pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Ranting 04 Kecamatan Jebres Kota Solo adalah SDN Mojosongo 5, SD Warga, SDN Gulon, SD Tri Pusaka, SMKN 8 Solo. Bantuan atraksi selain Senam Semaphore, ada Drumband, Tari Kreasi Baru, Barongsai / Liong.

Dengan adanya kegiatan tersebut maka Kepala SMPN 8 Solo merasa bangga dapat ikut memeriahkan pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Ranting 04 Kecamatan Jebres, Kota Solo, dengan memamerkan Senam Semaphore. Senam Semaphore ini akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB sampai selesai di Kampus ISI II Solo. Perlu diketahui bahwa Estafet Tunas Kelapa ini akan diakhiri sampai di Halaman The Park Solobaru yang melewati beberapa titik.

Tujuan Estafet Tunas Kelapa bukan hanya sekedar kegiatan kepramukaan biasa, namun merupakan kebanggaan Anggota Pramuka Jawa Tengah, karena kegiatan ini hanya dilakukan di kwarda Jawa Tengah. Sebagai tradisi yang sudah mendarah daging dalam tubuh Pramuka Jawa Tengah dalam perayaan Hari Gerakan Pramuka setiap tahunnya.

Kebanggaan yang dimaksud antara lain: meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; meningkatkan semangat bakti kepedulian sosial dan kualitas kegiatan Gerakan Pramuka yang dapat dirasakan dalam masyarakat dan lingkungannya; meningkatkan semangat persatuan, kesatuan, semangat persaudaraan dan solidaritas bagi Gerakan Pramuka dengan masyarakat; meningkatkan rasa disiplin, keteladanan, mental dan fisik dengan semangat pantang menyerah bagi generasi muda dalam ikut serta membangun masyarakat Indonesia.

Awal sejarah adanya Estafet Tunas Kelapa (ETK) adalah ketika ada tiga tokoh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Salatiga yaitu Kakak Hadi Soetjipto, Kakak Marwoto dan Kakak Johnny Andreas pada bulan Februari 1967 mencetuskan ide Gerak Jalan Cikal Nonstop siang dan malam.

Ide ini kemudian disambut hangat oleh Kakak Kolonel Soeparno (Komandan Korem 073/Makutarama saat itu) yang memiliki tujuan untuk menggerakkan dan mengembangkan Gerakan Pramuka. Pada mulanya kegiatan hanya dilaksanakan di wilayah Korem 073/Makutarama dan diikuti Kwarcab se Wilayah Korem tersebut.

Selanjutnya kegiatan ini diambil oleh Kwarda Jawa Tengah dimana rutenya mencakup wilayah se Jawa Tengah dimana rutenya mencakup wilayah se Jawa Tengah dan diakhiri pada saat titik lokasi yang sama. Kegiatan ini dilakukan terus menerus sebagai media menyongsong Hari Ulang Tahun Pramuka Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah menuju ke satu titik tujuan Kabupaten/Kota yang menjadi tuan rumah Apel/Upacara Besar Hari Pramuka Tingkat Kwarda Jawa Tengah.

Perlu diketahui bahwa rute yang dipilih merupakan hasil diskusi dan survei dengan cermat yang dilakukan TIM dari Kwarda Jawa tengah dibantu Kwartir Cabang. Tokoh yang sangat fenomenal pada era saat itu, adalah Kakak Abdulrahman (saat itu sebagai Kepala Tata Usaha Kwarda Jateng) atau lebih dikenal sebagai Mbah Dul, beliau mensurvei semua rute yang digunkan Estafet Tunas Kelapa. ( dikutip dari laman: pramukajateng.or.id).

Senam Semaphore Kepala SMPN 8 Solo yang akan diikuti oleh Siswa sejumlah 22 orang diantaranya siswa kelas 8 sejumlah 7 orang dan kelas 9 dengan jumlah 15 orang didampingi oleh Herviyanti Chandra P.S.Pd. dan Fahrul Fuad. Peserta Senam Semaphore ini merupakan siswa-siswa pilihan yang hebat, cerdas, dan disiplin.

Terbukti hanya 2 hari (Senin dan Selasa ) berlatih tanpa ada yang mengeluh ataupun merasa bosan, semuanya penuh dengan semangat, terlihat di wajahnya selalu tersenyum dan ceria walaupun berlatih hingga sore hari.

Acara yang dimulai pukul 12.30 WIB dengan atraksi dari Kepala SMPN 8 Solo yaitu Senam Semaphore dipadukan dengan koloni tongkat, dilanjutkan dengan atraksi Tari Kreasi dari SMK N 8 Solo. Kemudian atraksi Drumband dari SD Mojosongo 5, penyambutan Tunas Kelapa dari Kabupaten Sragen, penandatanganan berita acara, serahterima dari Mabicab Sragen ke Mabicab Kota Solo, penyerahan Tunas Kelapa dari Kwartir Cabang Sragen ke Kwartir Cabang Kota Solo.

Pesan Kamabicab Kak Ir. Ahyani, MA yaitu dibutuhkan suatu keberanian untuk memulai dan usaha untuk menyelesaikan. Kemudian acara dilanjutkan dengan doa dan acara berakhir pada pukul 13.30 WIB pemberangkatan Estafet Tunas Kelapa.

Harapan dari Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd.dengan adanya kegiatan Senam Semaphore dipadukan dengan koloni tongkat ini siswa bisa mengambil manfaatnya antara lain: melatih kemandirian, kedisiplinan, kerjasama dan gotong royong dengan sesama anggota kelompok, meningkatkan kepedulian terhadap sesama, belajar mencintai alam, melatih kepemimpinan  dan kreativitas, belajar berorganisasi dan belajar bertanggung jawab, melatih sportivitas, mempererat tali persaudaraan.

Semoga tetap semangat selalu dalam melaksanakan setiap kegiatannya dan semoga bermanfaat bagi diri pribadi dan orang lain.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo : Dra, Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2