Langsung ke konten utama

DAMKAR Solo Sosialisasikan Kebencanaan di SMPN 8

 DAMKAR Solo Sosialisasikan Kebencanaan di SMPN 8


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah dan wajib diikuti oleh semua Peserta Didik baru. Kegiatan tersebut berupa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah.

MPLS dibuka oleh Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. dengan mengambil tema “Mengembangkan Potensi Siswa Untuk Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila”.

Tema satu ini menurut Waka Kesiswaan SMPN 8 Solo, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. tak kalah penting karena mengedepankan kemandirian serta pembentukan karakter Peserta Didik. Dalam proses belajar, Peserta Didik tidak hanya dituntut untuk pintar tapi juga tumbuh mandiri dan memiliki karakter kuat.

Kegiatan MPLS diisi dengan program edukatif yang berisi pengenalan ekosistem sekolah dan menghindari perploncoan. Untuk kelas VII melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) yang diikuti oleh 248 Peserta Didik terdiri dari 126 Peserta Didik Putra dan 122 Peserta Didik Putri.

Kepala SMPN 8 Solo Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan dalam pembukaan di halaman sekolah, bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan untuk mengenali potensi diri peserta didik baru, membantu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar efektif bagi Peserta Didik baru, mengembangkan interaksi positif antara Peserta Didik dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan perilaku positif dalam diri Peserta Didik.

Dari 248 Peserta Didik baru mengikuti MPLS masih sebagai calon Peserta Didik SMPN 8 Solo. Dikatakan masih sebagai calon Peserta Didik karena belum menandatangani tata tertib yang berlaku di SMPN 8 Solo. Untuk tahun ajaran 2023/2024 ini Peserta Didik baru diharapkan ikut menyukseskan literasi religi dan akademik dengan tujuan meningkatkan minat baca sesuai visi sekolah (sekolah yang berprestasi, berkarakter, berbudaya, berwawasan lingkungan, berdasarkan iman dan taqwa). Selain itu juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sekaligus untuk memperluas wawasan bagi Peserta Didik SMPN 8 Solo.

Tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siap berjuang dengan sesama Peserta Didik sekolah baik di intra sekolah maupun ekstra sekolah. Mengenai Permendikbud no. 45 tahun 2015 tentang Seragam Sekolah. Kota Solo akan menerapkan seperti apa adanya artinya sesuai dengan yang dipakai kakak kelas. Semua menjadi tanggung jawab Orang Tua termasuk pengadaannya, sekolah tidak melayani, tidak mengadakan. Akan diberi contoh dari sekolah, seragam mulai dari hari Senin sampai hari Jum’at. Termasuk yang kelas VIII dan IX seragam yang sudah tidak layak pakai menjadi tanggung jawab Orang Tua.

Tahun pelajaran ini SMPN 8 Solo menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum 2013 bagi kelas  IX. Sedangkan untuk kelas VII dan VIII memakai Kurikulum Merdeka. Kelas VII, VIII & IX setiap hari Selasa, Rabu, Kamis dan Jum’at digunakan untuk kegiatanTadarus Al Qur’an dilanjutkan literasi yaitu membaca buku non mapel. Untuk yang beragama Kristen dan Katolik diadakan kegiatan pendalaman Alkitab.

Untuk agenda MPLS hari kedua yakni Hari Kamis, tanggal 18 Juli 2023 kegiatannya adalah Apel Bendera, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Etika (tata tertib) Berlalulintas, Sosialisasi Kebencanaan, Pendidikan Karakter, Pembinaan Mental Agama di Sekolah.

Sosialisasi Kebencanaan oleh Dinas Pemadam Kebakaran. Damkar Solo mempraktikkan langsung cara mengatasi kebencanaan yang sering terjadi dimasyarakat, salah satunya adalah kebakaran. Bahkan Damkar Solo memberikan kesempatan kepada calon peserta didik MPLS SMPN 8 untuk langsung mempraktikkan cara  mengatasi kebencanaan kebakaran, baik menggunakan alat tradisional maupun alat modern (ampar).

Materi Cara Belajar Efektif oleh Partini, S.Psi., Etika Berlalulintas oleh Kepolisian Sektor Jebres, Pengenalan Ekstrakurikuler oleh Hasan Efendi, S.Pd., Pramuka oleh Ch. Endah Setyowati, S.Pd., Pendidikan Karakter oleh Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd., PBB dan TUB oleh Koramil Sektor Jebres, dan Literasi oleh Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd.

Agenda MPLS selanjutnya untuk hari terakhir, Jum’at tanggal 21 Juli 2023, kegiatannya yaitu Pramuka, Pengenalan Ekstrakurikuler, Bahaya Nikotin, HIV, AIDS dan Penyalahgunaan Narkoba, Pengenalan Kurikulum Merdeka serta Visi dan Misi Sekolah, Cara Belajar Efektif.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik baru SMPN 8 Solo dimulai pada Senin, tanggal 18 Juli 2023 kegiatannya Upacara pembukaan MPLS, Arti dan Makna Wawasan Wiyata Mandala, Info Pemkot, PBB & TUB, Tata Krama dan Budi Pekerti, Tata Tertib Sekolah.

Semangat mengikuti MPLS ya, mari cetak prestasi bersama SMPN 8 Solo, Depanska Jaya!!

Galeri kegiatan MPLS SMPN 8 Solo tahun pelajaran 2023 2024 dapat diakses pada Link di bawah ini:

  1. Galeri kegiatan MPLS SMPN 8 Solo H1
  2. Galeri kegiatan MPLS SMPN 8 Solo H2
  3. Galeri kegiatan MPLS SMPN 8 Solo H2

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2