Langsung ke konten utama

Kisi - Kisi Informatika Kelas 7 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

 

Kisi - Kisi Informatika Kelas 7 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 7 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.

Materi :

1.                Berfikir Komputasional (Konsep berpikir komputasional)

2.                Analisis Data (Pengenalan Aplikasi Pengolah angka dan pengolahan data dasar)

3.                TIK (Peramban dan search engine, mencari dan membagikan Informasi)

Indikator Soal:

·        Peserta didik menjelaskan tahapan berpikir komputasional

·        Peserta didik mampu mengidentifikasi cara berpikir komputasional

·        Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari     dekomposisi

·        Peserta didik mampu mengaplikasikan metode pendekatan dekomposisi untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan

·        Peserta didik menentukan langkah berpikir komputasional yang paling tepat

·        Peserta didik mengidentifikasi contoh pengenalan pola dalam kehidupan sehari-hari

·        Peserta didik menjelaskan pengertian dari     abstraksi

·        Peserta didik mampu menerapkan pilar berpikir komputasional dalam hal abstraksi

·        Peserta didik mengidentifikasi contoh dekomposisi dalam kehidupan sehari-hari

·        Peserta didik menjelaskan pengertian dari     algoritma

·        Peserta didik mengidentifikasi contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari

·        Peserta didik menganalisis ciri algoritma yang baik

·        Peserta didik mengidentifikasi penerapan berpikir komputasional dalam kehidupan sehari-hari

·        Peserta didik menjelaskan contoh data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari

·        Peserta didik mampu membedakan data terstruktur dan     data tidak terstruktur dalam kehidupan sehari-hari

·        Peserta didik mampu menjelaskan tentang     sel

·        Peserta didik mampu memahami tentang     workbook

·        Peserta didik mampu menentukan urutan prioritas operasi di     Excel

·        Peserta didik membedakan penggunaan tanda titik dua (:) dengan tanda titik koma (;) dalam Excel

·        Peserta didik mampu mengatur tipe data ke lembar kerja.

·        Peserta didik mampu mengatur tampilan sel

·        Peserta didik mampu menggunakan rumus untuk menghitung total/jumlah nilai

·        Peserta didik mampu menggunakan rumus untuk menghitung rata-rata nilai siswa

·        Peserta didik memahami fitur untuk mengurutkan data

·        Peserta didik mampu menjelaskan langkah- langkah mengurutkan data

·        Peserta didik mampu mengidentifikasi fitur untuk menampilkan hanya data dengan nilai tertentu

·        Peserta didik mampu menggunakan rumus untuk perhitungan di     Microsoft Excel

·        Peserta didik mampu menghitung rata-rata dalam aplikasi pengolah angka (Microsoft Excel)

·        Peserta didik mampu menghitung hasil menggunakan tingkatan operator Excel

·        Peserta didik mampu menjelaskan fungsi     aplikasi peramban

·        Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh aplikasi peramban

·        Peserta didik mampu menjelaskan pengertian     email

·        Peserta didik mampu menjelaskan bagian-bagian dari email

·        Peserta didik mampu mengirimkan file melalui email

·        Peserta didik mampu menggunakan etika dalam berkirim email

·        Peserta didik mampu mengenal layanan penyimpanan online

·        Peserta didik mampu membagikan file tanpa menyalin lewat     flashdisk dengan cara yang paling efisien

·        Peserta didik mampu menggunakan tanda kutip (“…”) saat mencari informasi di     Google

·        Peserta didik mampu mengirim email kelompok dengan semua penerima tidak saling melihat alamat email satu sama lain

·        Peserta didik mampu membagikan folder     Google Drive

Kisi - Kisi Informatika Kelas 7 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 2526

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 2526

Kisi - Kisi Informatika Kelas 9 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 2526

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

LOMBA BACA PUISI — SEMARAK BULAN BAHASA DEPANSKA 2025 #2

🎤 LOMBA BACA PUISI — SEMARAK BULAN BAHASA DEPANSKA 2025 📚✨ 📅 Senin, 20 Oktober 2025 📍 Andala Library - Perpustakaan SMP Negeri 8 Kota Surakarta Dalam rangka Semarak Bulan Bahasa Depanska 2025 , SMP Negeri 8 Kota Surakarta menggelar Lomba Baca Puisi yang diikuti oleh perwakilan dari 24 kelas. Para peserta tampil penuh penghayatan dan semangat, membawakan puisi-puisi bertema bahasa, pendidikan, serta cinta tanah air. Setiap lantunan kata menjadi wujud kecintaan mereka pada bahasa Indonesia yang indah. 🇮🇩 ✨ Dewan Juri: Ibu Sri Supadmi, S.Pd. Ibu Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. 🏆 Daftar Pemenang Lomba Baca Puisi 2025: 🥇 Juara 1: Inez Fayza Jasmine Pramudita (Kelas 9F) 🥈 Juara 2: Chalista Naila Fittantoni (Kelas 9A) 🥉 Juara 3: Devika Natasya Clara Bellvania (Kelas 7A) 💖 Juara Favorit: Gita Aprilliana (Kelas 8B) Selamat kepada seluruh peserta dan pemenang! Teruslah berkarya, bersuara dengan bahasa, dan menebar makna melalui puisi 🎶 📚 Semarak Bulan Bahasa Depanska 2025 — Utama...

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Momen Peringatan Hari Pahlawan di SMPN 8 Solo

  Momen Peringatan Hari Pahlawan di SMPN 8 Solo - Upacara Peringati Hari Pahlawan SMPN 8 Solo dilaksanakan pada Senin, 10 November 2025 SMPN 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. memperingati Hari Pahlawan ke –  80. Peringatan ini mengingatkan adanya pertempuran besar yang terjadi di kota Surabaya antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris pada tanggal 10 November 1945 . Kejadian inilah yang menjadi salah satu sejarah pertempuran terbesar setelah Proklamasi . 10 November memperingati hari apa? Untuk itu, setiap tanggal 10 November setiap tahunnya, masyarakat Tanah Air akan memperingati Hari Pahlawan Nasional . Tujuan Peringatan Hari Pahlawan yaitu untuk mengenang pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai – nilai kepahlawanan kepada generasi masa kini untuk mengisi kemerdekaan. Tema Hari Pahlawan tahun 2025 ini adalah...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

Kisi - Kisi Informatika Kelas 9 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 9 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 9 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional   dalam menyelesaikan       persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode . Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet ; mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta dan opini ; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta an...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

Ads2