Contoh dari Modul Ajar atau Perangkat Pembelajaran Deep Learning/Pembelajaran Mendalam
Berikut Adalah contoh dari modul ajar atau perangkat ajar deep
learning/pembelajaran mendalam.
Perangkat Pembelajaran Deep Learning/Pembelajaran Mendalam
yang kami contohkan Adalah mata Pelajaran informatika. Pada Perangkat
Pembelajaran Deep Learning/Pembelajaran Mendalam meliputi informasi modul,
komponen inti yang berupa CP, ATP, pertanyaan pemantik, profil Pancasila, 8
profile lulusan, asesemen, model pembelajaran, kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran,
media, alat dan bahan pembelajaran, Langkah Langkah pembelajaran, pengayaan dan
remidial, rubrik penilaian dan refleksi.
Dan berikut ini Adalah contoh format modul ajar/ Perangkat
Pembelajaran Deep Learning/Pembelajaran Mendalam.
A.
INFORMASI
UMUM MODUL
Nama
Penyusun |
:
………………….. |
Instansi/Sekolah |
:
SMPN |
Jenjang
/ Kelas |
:
SMP / 7 |
Alokasi
Waktu |
:
2 X 1 Pertemuan (2 x 40 menit) |
Tahun
Pelajaran |
:
20.. / 20.. |
B.
KOMPONEN
INTI
Capaian
Pembelajaran Fase : D |
||||||||||||
|
||||||||||||
|
||||||||||||
Tujuan
Pembelajaran |
1. Menjelaskan
Informatika dan mengetahui pentingnya ilmu Informatika. 2. Membuat
perencanaan kerja kelompok dengan baik. 3.
Mengomunikasikan hasil kerja dengan
presentasi dan visualisasi dengan baik. |
|||||||||||
Konsep
Utama |
Informatika
dan Keterampilan Generik |
|||||||||||
Pertanyaan
Pemantik |
Kapan terakhir kali kalian bekerja dalam kelompok
untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu? Apakah berjalan dengan efektif ? |
|||||||||||
Profil
Pancasila |
·
Gotong Royong ·
Mandiri ·
Bernalar Kritis ·
Kreatif
|
|||||||||||
8
Profil Lulusan |
1.
Keimanan dan Ketakwaan terhadap tuhan YME Individu
yang memiliki keyakinan teguh akan keberadaan tuhan seta menghayati
nilai-nilai spriritual dalam kehidupan sehari-hari 2.
Kewargaan Individu
yang memiliki rasa cinta tanah air, mentaati aturan dna norma social dalam
kehidupan bermasyarakat, memiliki kepedulian, tanggungjawab social, serta
berkomitmen untuk menyelesaikan masalah nyata yang terkait, keberlanjutan
manusia dan lingkungan 3.
Penalaran Kritis Individu
yang mampu berpikir secara logis, analitis dan reflektif dalam memahami,
mngevaluasi, serta memproses informasi untuk menyelesaikan masalah 4.
Kreativitas Individu
yang mampu berpikir secara inovatif, fleksibel, dan orisinal dalam mengolah
ide atau informasi untuk menciptakan solusi yang unik dan bermanfaat 5.
Kolaborasi Individu
yang mampu bekerja sama secara efektif dengan orang lain secara gotong roying
untuk mencapai tujuan Bersama melalui pembagian pesan dan tanggung jawab 6.
Kemandirian Individu
yang mampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya sendiri dengan
menunjukkan kemampuan untuk mengambil inisiatif, mngetasi hambatan, dan
menyelesaikan tugas secara tepat bergantung pada orang lain 7.
Kesehatan Individu
yang memiliki fisik yang prima, bugar, sehat, dan mampu menjaga keseimbangan
Kesehatan mental dan fisik untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin
(well-being) 8.
Komunikasi Individu
yang memiliki kemampuan komunikasi untrapribadi untuk melakukan refleksi dan
antarpribadi untuk menyampaikan ide, gagasan dan antarpribadi untuk
menyampaikan ide gagasan, dan informasi baik lisan maupun tulisan serta
berinteraksi secara efektif dalam berbagai situasi. |
|||||||||||
Kata
kunci |
keterampilan generik, berkerja dalam kelompok,
perencanaan kerja, pengkomunikasian hasil kerja, presentasi, infografis. |
Target Peserta Didik : |
||||||||||||||||||||||||
Peserta didik Reguler
|
||||||||||||||||||||||||
Jumlah Siswa : |
||||||||||||||||||||||||
30 Peserta didik
(dimodifikasi dalam pembagian jumlah anggota kelompok ketika jumlah siswa
sedikti atau lebih banyak)
|
||||||||||||||||||||||||
Assesmen : |
||||||||||||||||||||||||
Guru menilai
ketercapaian tujuan pembelajaran -
Asesmen individu -
Asesmen kelompok
|
||||||||||||||||||||||||
Jenis Assesmen : |
||||||||||||||||||||||||
·
Presentasi ·
Produk ·
Tertulis ·
Unjuk Kerja ·
Tertulis
|
||||||||||||||||||||||||
Model Pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||
·
Tatap
muka ·
PJBL ·
DEEP
LEARNING
|
||||||||||||||||||||||||
Ketersediaan Materi : |
||||||||||||||||||||||||
·
Pengayaan
untuk peserta didik berpencapaian tinggi: YA/TIDAK ·
Alternatif
penjelasan, metode, atau aktivitas untuk peserta didik yang sulit memahami
konsep: YA/TIDAK
|
||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pembelajaran Utama / Pengaturan peserta
didik : |
||||||||||||||||||||||||
·
Individu ·
Berkelompok
(Lebih dari dua orang)
|
||||||||||||||||||||||||
Metode dan Model Pembelajaran : |
||||||||||||||||||||||||
·
Diskusi ·
presentasi ·
ceramah ·
Kunjungan
lapangan ·
Pengamatan
lingkungan ·
problem
based learning ·
Discovery
Leraning ·
Jigsaw |
||||||||||||||||||||||||
Materi Pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||
Informatika
dan Keterampilan Generik
A.
Informatika untuk Pelajar SMP 1.
Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika? 2.
Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika? 3.
Informatika dan Proil Pelajar Pancasila
B.
Pengantar Keterampilan Generik 1.
Bekerja dalam Kelompok 2.
Mengomunikasikan Hasil Kerja
|
||||||||||||||||||||||||
Media, Alat dan Bahan : |
||||||||||||||||||||||||
1.
Sumber Utama a. Buku Siswa Informatika Kelas VII,
Jakarta; Pusat Kurikulum dan Perbukuan. KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN,
RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA, 2021. Penulis: Irya
Wisnubhadra, Maresha Caroline Wijanto b. Buku Guru Informatika Kelas VII,
Jakarta; Pusat Kurikulum dan Perbukuan. KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET,
DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA, 2021. Penulis: Irya Wisnubhadra, Maresha Caroline Wijanto c. Internet 2. Sumber Alternatif Guru
juga dapat menggunakan alternatif sumber belajar yang terdapat di lingkungan
sekitar dan disesuaikan dengan tema yang sedang dibahas. 3. Laptop/PC,
LCD proyektor, Alat Penunjuk, Alat Tulis Sekolah
|
||||||||||||||||||||||||
Persiapan Pembelajaran : |
||||||||||||||||||||||||
·
Menyiapkan
bahan ajar/materi ·
Menyiapkan
alat dan bahan ·
Menyiapkan
rubric penilaian ·
Menyiapkan
alat penilaian
|
||||||||||||||||||||||||
Langkah-langkah pembelajaran : |
||||||||||||||||||||||||
Pertemuan 1 : Informatika dan Keterampilan Generik |
||||||||||||||||||||||||
Tujuan
Pembelajaran: a.
Memahami Informatika dan mengetahui pentingnya ilmu Informatika. b.
Membuat perencanaan kerja kelompok dengan baik. c.
Mengomunikasikan hasil kerja dengan presentasi dan visualisasi dengan baik.
|
||||||||||||||||||||||||
Pelaksanaan Asesmen |
||||||||||||||||||||||||
Sikap ! Melakukan
observasi selama kegiatan berlangsung dan menuliskannya pada jurnal, baik
sikap positif dan negatif. ! Melakukan
penilaian antarteman. ! Mengamati
refleksi peserta didik.
Pengetahuan & Memberikan
tugas tertulis, lisan, dan tes tertulis
Keterampilan : Presentasi : Proyek : Portofolio
|
Pengayaan dan Remedial |
|
Pengayaan: & Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta
didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik
yang telah tuntas mencapai kompetensi dasar (KD). & Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan,
sesuai kesepakatan dengan peserta didik. & Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik
yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan
untuk perluasan atau pendalaman materi
|
Remedial & Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang
capaian kompetensi dasarnya (KD) belum tuntas. & Guru memberi semangat kepada peserta didik yang
belum tuntas. & Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang
belum tuntas dalam bentuk pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar
kelompok, pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
|
Kriteria Penilaian : |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Penilaian
proses: berupa catatan/deskripsi kerja saat diskusi kelompok. ·
Penilaian
Akhir: Skor nilai 10-100
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Rubrik Penilaian : |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Rubrik Penilaian Pemahaman Bacaan
*) persentase untuk test case
dapat disesuaikan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Rubrik untuk Menilai
Laporan
a.
Penilaian Konten Laporan
b. Penilaian Format Penyajian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
Rubrik Penilaian Laporan Aktivitas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
Rubrik Penilaian Karya Pemrograman
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
Rubrik Penilaian
Kerja Kelompok
Penilaian Tim
Penilaian
Individu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penilaian
Jurnal
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penilaian
Buku Kerja
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jurnal
Siswa
Nama : ………………. Kelas/Rombel : ………………. Semester : 1 / 2, Tahun Ajaran
….......…. mulai tanggal …… s.d. ……
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Refleksi Guru: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Apakah
kegiatan belajar berhasil? ·
Berapa
persen peserta didik mencapai tujuan? ·
Apa
yang menurut Anda berhasil? ·
Kesulitan
apa yang dialami guru dan peserta didik? ·
Apa
langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar? ·
Apakah
seluruh peserta didik mengikuti pelajaran dengan baik?
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Refleksi Peserta Didik: |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Bagian
mana yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini? ·
Apa
yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu? ·
Kepada
siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini? ·
Jika
kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu
berikan ·
pada
usaha yang telah kamu lakukan? ·
Bagian
mana dari pembelajaran ini yang menurut kamu menyenangkan? |
C.
LAMPIRAN
Lembar Kerja : |
||||||||||||||||||
1. Aktivitas Kelompok Aktivitas GS-K7-01-U: Berbagi Tugas dan Peran dalam
Kelompok Aktivitas pemanasan ini dilakukan untuk memulai belajar bekerja
dalam kelompok.
Deskripsi Tugas Misalnya, kalian, dua kakak, dan dua adik kalian
mendapat tugas menyiapkan ruang pesta untuk merayakan ulang tahun adik
bungsu. Untuk pekerjaan ini, kalian perlu berbagi peran karena setiap orang dapat mengerjakan hal
yang tidak sama. Ada yang mengoles kue, menata meja, meniup balon, menaruh
balon, dan menata kursi. Ibu juga menugaskan kakak sulung untuk memeriksa
apakah semua sudah sesuai. Ada pekerjaan yang jika dikerjakan lebih banyak orang,
akan membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu, strategi membagi
pekerjaan dalam kelompok harus ditentukan oleh kelompok sebelum dikerjakan.
Tujuannya agar tugas dapat dikerjakan dengan lancar. Tugas dibagi rata secara
adil walaupun setiap orang tidak mengerjakan hal yang sama. Sebelum mulai
bekerja dalam kelompok, semua anggota kelompok perlu menentukan strategi yang
tepat agar tujuan tugas dapat dilakukan dengan eisien dan optimal. Untuk
tugas tertentu, perlu ditunjuk Koordinator Tim yang akan mengatur
kelancaranpekerjaan, dan yang akan memeriksa apakah hasil akhir sudah sesuai
dengan yang diharapkan.
Agar bekerja dalam kelompok menjadi eisien, efektif,
dan menghasilkan solusi yang baik, lakukanlah hal-hal berikut. ·
Pahami
persoalan dan tujuan bersama yang akan dicapai kelompok. ·
Lakukan
pembagian peran dalam kelompok
sehingga setiap anggota mendapat peran dan pembagian tugas. Jika semua
mengerjakan hal yang sama, tugas tidak akan selesai. Harus ditunjuk ketua
kelompok jika anggotanya banyak atau hasilnya perlu dikumpulkan dan
diintegrasikan. ·
Kerjakan
tugas sesuai peran masing-masing. Jangan khawatir kalau perannya berbeda.
Kalian dapat berganti peran pada tugas berikutnya. ·
Setelah
masing-masing mengerjakan bagian sesuai perannya, tim harus berkumpul untuk
mengintegrasikan hasil kerja masing-masing. ·
Kelompok
dipimpin oleh ketua kelompok atau diskusi, merumuskan kesimpulan semua
kelompok dengan berdiskusi.
Apa yang Kalian
Lakukan? Buatlah pembagian tugas dan peran untuk setiap anggota
tim. Isi Lembar Kerja Siswa berikut ini.
2.
Aktivitas GS-K7-02-U: Perencanaan Kegiatan Apa yang akan Kalian Kerjakan? (Deskripsi Tugas) Kalian akan mendapatkan 2 atau 3 tugas yang harus
dikerjakan berkelompok. Setiap kelompok harus menentukan strategi dalam
mengerjakan tugas. Tugas kalian ialah membuat strategi yang paling eisien
untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan daftarnya. Contoh rangkaian tugas selama 1 semester dalam sebuah
kelompok yang terdiri atas 6 orang, yaitu Ali, Badu, Cici, Deni, Elon, dan
Fadlan. ·
Membuat
maket alat elektronik yang ditentukan oleh guru, dikerjakan 2 atau 3 orang. ·
Membuat maket sebuah HP dari kardus dikerjakan oleh
2 orang. ·
Membuat
maket 2 buah HP dari kardus, dikerjakan oleh 3 orang. ·
Menulis
sebuah teks tunggal tentang peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari. ·
Mendiskusikan
dan membuat kesimpulan dari sebuah teks mengenai TIK dalam kehidupan
sehari-hari, dikerjakan oleh 2 orang. Kalian adalah salah satu anggota dalam kelompok
tersebut dan boleh menentukan menjadi anggota kelompok yang mana. Usahakan
setiap orang mendapatkan beban tugas yang sama dan berkeadilan untuk ke 5
tugas secara keseluruhan.
Apa yang Harus Kalian Lakukan? Untuk setiap tugas, tentukan tujuan tugas, pembagian
peran, langkah penyelesaian, dan tugas setiap anggota kelompok serta
perkiraan waktu kerjanya dengan mengisi instrumen berikut ini.
Proyek : ……………….. Anggota Kelompok :……………… Semester :…………………. Kemudian, setiap anggota kelompok harus membuat
laporan ringkas yang berisi hal-hal berikut yang dituliskan bebas pada sebuah
kertas dan dimasukkan dalam Buku Kerja Siswa. • Perannya • Apa yang sudah dikerjakan • Kontribusinya terhadap hasil • Releksinya
|
||||||||||||||||||
Bahan
Bacaan Peserta Didik : |
||||||||||||||||||
-
Guru
dan peserta didik dapat mencari berbagai informasi tentang Informatika dan Keterampilan Generik dari berbagai media atau
websit resmi di bawah naungan Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan
teknologi -
Buku Panduan Guru Informatika: untuk
SMP Kelas VII
Kurikulum merdeka tahun 2022 -
Buku Panduan Siswa Informatika: untuk
SMP Kelas VII
Kurikulum merdeka tahun 2022
|
||||||||||||||||||
Glosarium: |
||||||||||||||||||
Keterampilan generik : adalah keterampilan yang
diperlukan oleh semua bidang pekerjaan (Pumphey, dkk, 2002) berkerja dalam kelompok: Teamwork atau kerja sama tim
adalah kemampuan yang dimiliki suatu kelompok atau tim kerja dalam bekerja
bersama-sama untuk mencapai tujuan, visi dan misi yang sama perencanaan kerja : merupakan suatu proses untuk
mempersiapkan usaha untuk melaksanakan suatu pekerjaan secara sistematis dan
logis, sampai pekerjaan tersebut telah selesai dan membuahkan hasil yang
diharapkan perusahaan Presentasi : adalah suatu kegiatan berbicara
di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi
merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada
orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi
dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis. Infografis: adalah sebuah sarana untuk
menyampaikan data dan dipadukan dengan berbagai macam objek visual. Fungsi
utama dari infografis yaitu membuat audiens tertarik sehingga mereka mau
menyimak data yang disajikan. |
||||||||||||||||||
Daftar Pustaka: |
||||||||||||||||||
https://id.wikipedia.org/wiki/Presentasi
https://katadata.co.id/agung/berita/62c50cb1217cd/mengenal-infografis-pegunaan-dan-jenis-jenisnya
|
Komentar