Tugas Mengaplikasikan produksi konten dan desiminasi konten digital (LK
2.5)
Koding untuk membuat game petak umpet(hide &seek)
Langkah pembuatannya Adalah dengan membuka aplikasi scratch
atau langsung melalui online https://scratch.mit.edu/ .
Berikut tampilan dari hasil Koding untuk membuat game petak
umpet(hide &seek)
Table Langkah aktivitas Koding untuk membuat game petak umpet(hide
&seek)
No |
Aktivitas |
Keterangan |
1.
|
Sprite Beetle |
Sprite beetle
berfungsi untuk memerintah pengguna, apabila ingin mendapatkan score, maka
pengguna harus berhasil mengklik sprite beetle. Cara menjalankannya
Adalah dengan klik bendera hijau. |
2.
|
Backdrop Blue Sky |
Sebagai background
yang dapat disesuaikan oleh sang kreator |
3.
|
Coding |
Tahapannya: Siapkan 1sprite, misalnya beetle, Ganti backdrop
menjadi blue sky. 1.
Aktifkan sprite beetle, lalu Masuk Code Event à
when green flag clicked. 2.
Lalu code variableàmake a variableàketik
Scoreàok,
lalu pilih set score to 3.
Lalu code motionàpilih
go to x=0, y=0 4.
Lalu code looksàpilih
show dan say … for …seconds 5.
Lalu code control à pilih forever
|
4.
|
Score |
Pilih code
eventàpilih
when this sprite clicked Pada code
variableàpilih
change score by 1 |
5.
|
Go to & stop |
Untuk memulai
permainan gunakan bendera hijau(go to) Untuk mengakhiri
permainan gunakan tombol merah(stop) |
Link Tugas Mengaplikasikan produksi konten dan desiminasi konten digital
(LK 2.5)
Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=rN7I0i0sUVo
Scratch : https://scratch.mit.edu/projects/1205086585
Blogs :
Komentar