Langsung ke konten utama

(Semua) Wali Murid Ramai - ramai ke SMPN 8


 









(Semua) Wali Murid Ramai - ramai ke SMPN 8 - (Semua) Wali Murid Berbondong- bondong ke SMPN 8 - SMPN 8 Surakarta Adakan Sosialisasikan Program Sekolah Tahun Pelajaran 2025/2026– Sosialisasi program sekolah adalah proses mengkomuniksikan program-program sekolah kepada masyarakat dengan tujuan untuk memberikan pengenalan dan penghayatan dalam lingkungan tersebut.

Pelaksanaan dilakukan pada hari Rabu, 27 Agustus 2027 mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai. Tempat sosialisasi dilakukan di ruang Aula SMP Negeri 8 Surakarta. Pelaksanaan dilakukan secara bertahap, yakni tahap pertama untuk wali murid kelas VII, kedua untuk wali murid kelas VIII dan ketiga untuk wali murid kelas IX . Pertemuan antara lain Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd., Komite Sekolah, Orang Tua Peserta Didik kelas VII, VIII dan IX, Dewan Guru, Analis Tata Usaha beserta Staf.

Pembukaan dilakukan oleh Pembawa Acara, Sutinah, S.Pd., dilanjutkan dengan doa yang dan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Ch. Endah Setyawati, S.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri 8 Surakarta mengucapkan terimakasih kepada seluruh orang tua wali Peserta Didik karena telah menyempatkan waktunya untuk hadir di acara sosialisasi ini. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini bisa mempererat tali silaturahmi antara Orang Tua/ Wali Peserta Didik dan sekolah. Permohonan maaf dari Kepala Sekolah bahwa sosialisasi yang seharusnya dilakukan di awal tahun pelajaran, namun baru bisa terlaksana pada hari ini.

Dalam acara inti, Kepala Sekolah memaparkan beberapa program sekolah, diantaranya yaitu Visi dan Misi Sekolah, Rencana Kerja Sekolah (RKS), dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang akan dilaksanakan selama 1 tahun ke depan. Dengan harapan Orang Tua / Wali Peserta Didik mengetahui dan mendukung pengembangan sekolah dengan sebaik-baiknya.

Program-program tersebut antara lain : Sekolah Adiwiyata melalui masalah pengelolaan lingkungan ( kebersihan dan kesehatan ), dibuktikan dengan sudah menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri. Selain itu juga bisa dibuktikan dengan melihat kondisi lingkungan sekolah yang sudah ada saat ini. Sekolah Ramah Anak ( SRA ) memperhatikan dengan proses pembelajaran, lingkungan yang mendukung ( tidak ada tempat yang membahayakan anak ), masih adakah bullying di sekolah / di rumah ( diharapkan sudah tidak ada lagi ). Program yang lain adalah Sekolah Sehat, sudah meraih prestasi juara ke 2 tingkat Kota Surakarta. Program Penguatan Pendidikan Karakter ( program Profil Pelajar Pancasila ). Mulai tahun2020 sampai 2024 menjadi profil Pelajar Pancasila. Sekolah Literasi Digital, proses digitalisasi sangat penting di era saat ini, maka diharapkan semuanya bijaksana dalam hal ini sebagai pengguna. Selain itu juga menyinggung mengenai program 8 Dimensi Profile Kelulusan yang mana SMPN 8 Kota Surakarta sudah sepenuhnya menerapkan kurikulum merdeka dan menerapkan pembelajaran yang mendalam, sehingga semua peserta didik, baik kelas VII, VIII maupun IX akan melaksankan program tersebut.

8 Dimensi Profile Kelulusan yaitu 1)Keimanan dan Ketakwaan, 2)Kewargaan, 3)Penalaran Kritis, 4)Kreativitas, 5)Kolaborasi, 6)Kemandirian, 7)Kesehatan, dan 8)Komunikasi. Kerangka ini adalah bagian dari konsep Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum Merdeka dan bertujuan untuk mengembangkan peserta didik secara holistik, baik secara spiritual, sosial, intelektual, personal, maupun fisik.

Sambutan dari Pengawas SMP Negeri 8 Kota Surakarta, oleh Prih Sasonodadi, S.Pd. dan belia memberikan penguatan kepada wali murid yang hadir, yang mana kita harus bekerja sama untuk mensukseskan program sekolah.

“Dasar hukumnya ada pada UU. No. 20 Tahun 2023, tentang sitem pendidikan Nasional, dan juga Permendikbud no.75 tahun 2016, pendidikan akan maju apabila didukung oleh semua pihak, termasuk komite dan wali murid”. Cetusnya. Beliau juga menyinggung pentingnya kerjasama mengenai empat pilar pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, masyarakat dan media sosial.

Sambutan dari komite berikutnya, yakni Marsono,  bahwa peranan Orang Tua Peserta Didik sebagai patner Guru dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. “Mari kita bersama – sama untuk memantau anak – anaknya untuk lebih semangat belajar guna mewujudkan 7 kebiasaan anak Indonesia hebat”., tuturnya. Beliau juga menghimbau kepada orang tua wali murid untuk kemajuan SMPN 8 Surakarta, mari kita duduk bersama apabila ada kendala yang menyangkut permasalahan yang ada, sehingga dapat diselesaiakan dengan baik. 

Penting sekali sekolah menyelenggarakan pertemuan bersama Orang Tua/ Wali Peserta Didik seperti pada saat ini. Selain dibuat kesepahaman dalam mendidik anak-anak juga dijabarkan kegiatan – kegiatan sekolah yang akan diselenggarakan sekolah. Sehingga Orang Tua mengetahui semua program sekolah. Orang Tua juga bisa meminta informasi tentang kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dari segi manfaatnya bagi pendidikan anak-anak.

Dengan demikian Guru dan Orang Tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi horizontal bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak. Apa yang dilakukan Peserta Didik disekolah perlu diketahui Orang Tua. Dan begitu juga sebaiknya, lingkungan keluarga Peserta Didik perlu diketahui Guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncul dalam perjalanan pendidikan nantinya.

Dalam Pendidikan butuh keteladanan. Keteladanan yang pertama dilihat oleh Peserta Didik adalah perilaku Orang Tua di rumah. Anak-anak adalah peniru yang handal. Jika Orang Tua tidak hati-hati maka secara tidak langsung akan memberikan dampak terhadap perkembangan anak didik. Inilah yang perlu disadari kedua belah pihak.

Guru juga perlu mengetahui lingkungan sekitar dimana anak didiknya tinggal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara home visit. Dengan demikian guru dan orang tua dapat berjalan bersama dan bekerjasama dalam mendidik anak-anak generasi penerus bangsa. Acara sosialisasi berjalan dengan lancar dan selesai pada pukul 11.30 WIB.

Lihat Dokumentasinya Link Galeri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...