Langsung ke konten utama

SMP Negeri 8 Kota Surakarta Upacara HUT RI ke-80

 


SMP Negeri 8 Kota Surakarta Upacara HUT RI ke-80-Kepala SMP Negeri 8 Kota Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. pada Minggu 17 Agustus 2025 di halaman SMP Negeri 8 mengadakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-80. Sesuai dengan himbauan dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah untuk seluruh Orang Tua Murid di Indonesia untuk menghadiri Upacara Bendera pada tanggal 17 Agustus 1945 di sekolah masing-masing. Adapun tema peringatan HUT RI ke – 80 ini yaitu “Bersatu Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju”

Oleh karena itu Waka Kesiswaan SMPN 8 Kota Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. juga mengikutsertakan Orang Tua Murid khusus dari Peserta Paskibra. Dengan tujuan agar OrTu dapat ikut serta berperan dalam menanamkan jiwa perjuangan kepada para Murid. Ini merupakan salah satu upaya untuk penanaman nilai perjuangan dan kebangsaan kepada anak didik sehingga Orang Tua mereka juga ikut membimbing putra-putrinya.

Orang Tua mengikuti upacara ini memang perlu dilakukan karena pendidikan di sekolah juga membutuhkan peran keluarga serta masyarakat. Sehingga dengan upacara peringatan HUT RI ini menjadi momen penting dalam membangun kebersamaan sebagai tri pusat pendidikan yaitu sekolah, masyarakat dan keluarga melalui penyiapan barisan khusus bagi ketiga pihak tersebut pada saat upacara bendera peringatan HUT RI ke-80 berlangsung.

Seperti yang dilakukan setiap tahunnya, seluruh Muridmelaksanakan upacara di sekolah masing-masing. Begitu pula dengan Guru, Karyawan, dan Murid kelas 7, 8, 9  SMP Negeri 8 Kota Surakarta, harus hadir untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-80 di halaman sekolah pada pukul 07.00 WIB. Pakaian yang digunakan untuk Guru dan Karyawan adalah pakaian Korpri, Murid menggunakan seragam OSIS, sedangkan Orang Tua menggunakan pakaian pantas dan sopan, dengan memperhatikan norma kepantasan tidak diperkenankan memakai kaos dan sandal.

Sebagai Pembina Upacara HUT RI ke-80, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. menyampaikan sambutan pada upacara peringatan HUT ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia. Secara singkatnya, bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih diteruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah digerakkan selama kurang lebih 5 tahun terakhir.

Layaknya perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan, Merdeka Belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Dengan Implementasi Kurikulum Merdeka, para Peserta Didik dan Para Pendidik sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar. Melalui gerakan ini, Para Pendidik dan Orang Tua memahami bahwa keberhasilan belajar anak, tidak terbatas pada baca, tulis, hitung, tetapi juga kemampuan literasi dan numerasi, keterampilan berkomunikasi, dan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan Alhamdulillah upacara berlangsung dengan khidmat dan Paskibraka sangat luar biasa menjalankan tugasnya. Harapannya semangat dari setiap orang selalu berkobar untuk mengabdi diri dan membangun negeri yang dicintai ini dengan tugas-tugasnya masing-masing. Memperingati kemerdekaan Republik Indonesia selalu menjadi hal yang istimewa terutama bagi Pelajar.

Menurut Kepala Sekolah, bahwa keterlibatan Orang Tua Murid ini memang sejalan dengan prinsip daur belajar Murid di sini, dimana Orang Tua terlibat penuh dalam pendampingan belajar Murid.

Meski terkesan santai, namun jalannya upacara tetap berlangsung dengan khidmat.  Upacara HUT RI ini sebagai petugas Upacara dari OSIS melakukan tugasnya dengan baik, tidak ada ketegangan dalam pelaksanaan upacara di wajah para petugasnya. Upacara berakhir pada pukul 08.00 WIB. Diakhiri dengan foto bersama dengan Guru, Karyawan, dan Orang Tua.

Selanjutnya setelah selesai, Murid melakukan presensi di kelas masing – masing lalu dipulangkan, bersamaan dengan Guru dan Karyawan melakukan presensi.

Harapan Kepala Sekolah, bahwa SMPN 8 Kota Surakarta akan terus berkontribusi positif dalam bidang pendidikan, dalam masa transformasi yang telah menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri, Sekolah berprestasi dan berkarakter  yang unggul di bidang pengetahuan, teknologi, olahraga, dan kesenian.

Publikasi Dokumentasi Depanska.

Terimakasih kepada :

Paskibra Depanska, Osis Depanska, Pramuka Depanska,Padus Depanska,PMR - Heroofpanska and semuanyaaa...

Link Galery HUT RI ke-80 SMPN 8 Kota Surakarta

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2