Langsung ke konten utama

Guru SMPN 8 adakan Workshop


Workshop 4 hari, ini target Guru SMPN 8 – SMP Negeri 8 Solo menggelar workshop penyusunan perangkat ajar Kurikulum Merdeka bagi guru jenjang SMP di ruang Aula SMP Negeri 8 Solo, Selasa hingga Jum’at (13–16/6/23). Workshop disampaikan oleh pembawa acara F. Nita Purwaningsih, S.Pd. ini dimulai pukul 08.00 WIB, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ch. Endah Setyowati, S.Pd.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Disdik Kota Surakarta, Dian Rineta, S.T.,M.Si. ini diikuti oleh 45 orang peserta guru kelas 7, 8, dan 9 SMP Negeri 8 Solo. Beliau berpesan, upayakan selangkah lebih depan dari anak – anak. Workshop empat hari ke depan tidak hanya bertambah ilmu, kemampuan memproses pengembangan perangkat ajar kurikulum merdeka, namun ada ikatan batin dengan anak didik. Amati anak, kalau ada perubahan untuk segera ditindaklanjuti.

Lebih lanjut, Dian Rineta, S.T., M.Si.  mengungkapkan kegiatan ini digelar dalam rangka mengajak guru – guru SMP Negeri 8 Solo supaya belajar secara intensif dan praktek bagaimana melaksanakan Kurikulum Merdeka yang sudah dilaunching oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI sehingga bisa mempraktekkan sesuai dengan kaidah – kaidah yang memang harus dipahami terlebih dahulu.

Melalui kegiatan ini guru – guru diajak untuk praktek langsung membuat modul ajar yang tujuan akhirnya mereka bisa membuat modul ajar yang sesuai dengan prinsip – prinsip Kurikulum Merdeka. Guru merdeka untuk merencanakan dan mengevaluasi konsep – konsep pembelajaran di kelas sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik peserta didik.

Acara Workshop dilanjutkan dengan doa oleh Abdullah Yusuf. S.Pd. Untuk narasumber SMP Negeri 8 Solo merangkul Abi Satoto,S.Pd., M.Si., sebagai materi 1 menyampaikan Kebijakan Dinas Pendidikan tentang Kurikulum Merdeka. Selanjutnya  lPrih Sasono Hadi, S.Pd., sebagai materi 2 dengan judul Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan selanjutnya, sebagai materi 3 denga judul Sistematika dan Komponen Modul yang disampaikan oleh Dr. Sarwanto, M.Si.

Kegiatan materi 4 yaitu Pengembangan Model Pembelajaran dalam Modul Ajar oleh Dr. Muhammad Masykuri, M.Si.. Materi 5 Pembelajaran Hybrid ( l sesi) yang disampaikan oleh Dr. Paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc. Materi 7 adalah Inovasi Media oleh Dr. Singgih Pribadi, M.Pd. Materi ke 8 – 9 tentang Pengembangan Asesmen dalam Modul Ajar (2 sesi) , oleh Dr. Sri Yamtinah, M.Pd. Sedangkan untuk hari terakhir keempat (Jum’at, 16 Juni 2023) dengan kegiatan tugas mandiri, pada pukul 13.30 WIB.

Menurut Ketua Panitia Workshop SMP Negeri 8 Solo, Partini, S.Psi. bahwa penyusunan perangkat ajar Kurikulum Merdeka ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan membantu bagi guru – guru untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Dengan adanya penyusunan perangkat ajar ini akan memberikan kemudahan bagi mereka dalam melaksanakan proses pembelajaran, khususnya pembelajaran differensiasi.

Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. mengharapkan dengan adanya kegiatan ini akan banyak memberikan kemudahan bagi Guru dan anak – anak mendapatkan suatu proses pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Pada akhirnya capaian pembelajaran pada tujuan pembelajaran betul – betul bisa tercapai.

Tidak hanya itu, saat ini  hidup di zaman yang disebut smart society 5.0. Ini menunjukkan bahwa yang menjadi pengendali itu adalah diri sendiri dan bukan orang lain. Yang membuat beda karena kita memiliki nilai – nilai karakter profil Pelajar Pancasila. Semangat dari Kurikulum Merdeka ini adalah profil Pelajar Pancasila. Meliputi iman taqwa akhlak mulia, gotong royong, kebhinekaan global, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.

Lebih lanjut menegaskan semangat Kurikulum Merdeka menjadi pembeda dari kurikulum sebelumnya. Pertama, pembelajarannya berfokus pada pembelajaran project untuk mengembangkan soft skill dan karakter. Hal ini harus dilakukan. Bagaimana bisa mengajarkan karakter baik kalau gurunya tidak berkarakter. Kedua, literasi dan numerasi dan ketiga memiliki kebebasan dan kemerdekaan pembelajaran berdasarkan kompetensi masing-masing peserta didik.

Ending penyusunan ini adalah modul pembelajaran. Hanya saja itu bukan barang mati, tetapi sifatnya dinamis sesuai dengan kondisi karakteristik peserta didik dalam sebuah kelas. Guru memiliki kebebasan dan melaksanakan pembelajaran dalam konteks Kurikulum Merdeka.

Perlu diketahui bahwa melalui Perangkat Ajar, dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pengajaran sesuai dengan mata pelajaran dan fase di mana Guru mengajar. Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran yang memudahkan dalam menavigasi proses pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Kesimpulan dari workshop ini adalah bahwa Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus. Dengan dilakukan kegiatan ini modul ajar dapat membantu guru dalam: 1) Memandu guru melaksanakan pembelajaran; 2) Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran; 3) Menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran;  4) Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran; 5) Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.

Harapan bagi semua, agar kegiatan ini dapat mempermudah para Guru dalam mengembangkan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Solo. Tetap semangat untuk terus berkarya sehingga tergerak, bergerak, dan menggerakkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...