Langsung ke konten utama

Guru SMPN 8 adakan Workshop


Workshop 4 hari, ini target Guru SMPN 8 – SMP Negeri 8 Solo menggelar workshop penyusunan perangkat ajar Kurikulum Merdeka bagi guru jenjang SMP di ruang Aula SMP Negeri 8 Solo, Selasa hingga Jum’at (13–16/6/23). Workshop disampaikan oleh pembawa acara F. Nita Purwaningsih, S.Pd. ini dimulai pukul 08.00 WIB, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ch. Endah Setyowati, S.Pd.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Disdik Kota Surakarta, Dian Rineta, S.T.,M.Si. ini diikuti oleh 45 orang peserta guru kelas 7, 8, dan 9 SMP Negeri 8 Solo. Beliau berpesan, upayakan selangkah lebih depan dari anak – anak. Workshop empat hari ke depan tidak hanya bertambah ilmu, kemampuan memproses pengembangan perangkat ajar kurikulum merdeka, namun ada ikatan batin dengan anak didik. Amati anak, kalau ada perubahan untuk segera ditindaklanjuti.

Lebih lanjut, Dian Rineta, S.T., M.Si.  mengungkapkan kegiatan ini digelar dalam rangka mengajak guru – guru SMP Negeri 8 Solo supaya belajar secara intensif dan praktek bagaimana melaksanakan Kurikulum Merdeka yang sudah dilaunching oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI sehingga bisa mempraktekkan sesuai dengan kaidah – kaidah yang memang harus dipahami terlebih dahulu.

Melalui kegiatan ini guru – guru diajak untuk praktek langsung membuat modul ajar yang tujuan akhirnya mereka bisa membuat modul ajar yang sesuai dengan prinsip – prinsip Kurikulum Merdeka. Guru merdeka untuk merencanakan dan mengevaluasi konsep – konsep pembelajaran di kelas sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik peserta didik.

Acara Workshop dilanjutkan dengan doa oleh Abdullah Yusuf. S.Pd. Untuk narasumber SMP Negeri 8 Solo merangkul Abi Satoto,S.Pd., M.Si., sebagai materi 1 menyampaikan Kebijakan Dinas Pendidikan tentang Kurikulum Merdeka. Selanjutnya  lPrih Sasono Hadi, S.Pd., sebagai materi 2 dengan judul Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan selanjutnya, sebagai materi 3 denga judul Sistematika dan Komponen Modul yang disampaikan oleh Dr. Sarwanto, M.Si.

Kegiatan materi 4 yaitu Pengembangan Model Pembelajaran dalam Modul Ajar oleh Dr. Muhammad Masykuri, M.Si.. Materi 5 Pembelajaran Hybrid ( l sesi) yang disampaikan oleh Dr. Paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc. Materi 7 adalah Inovasi Media oleh Dr. Singgih Pribadi, M.Pd. Materi ke 8 – 9 tentang Pengembangan Asesmen dalam Modul Ajar (2 sesi) , oleh Dr. Sri Yamtinah, M.Pd. Sedangkan untuk hari terakhir keempat (Jum’at, 16 Juni 2023) dengan kegiatan tugas mandiri, pada pukul 13.30 WIB.

Menurut Ketua Panitia Workshop SMP Negeri 8 Solo, Partini, S.Psi. bahwa penyusunan perangkat ajar Kurikulum Merdeka ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan membantu bagi guru – guru untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Dengan adanya penyusunan perangkat ajar ini akan memberikan kemudahan bagi mereka dalam melaksanakan proses pembelajaran, khususnya pembelajaran differensiasi.

Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. mengharapkan dengan adanya kegiatan ini akan banyak memberikan kemudahan bagi Guru dan anak – anak mendapatkan suatu proses pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Pada akhirnya capaian pembelajaran pada tujuan pembelajaran betul – betul bisa tercapai.

Tidak hanya itu, saat ini  hidup di zaman yang disebut smart society 5.0. Ini menunjukkan bahwa yang menjadi pengendali itu adalah diri sendiri dan bukan orang lain. Yang membuat beda karena kita memiliki nilai – nilai karakter profil Pelajar Pancasila. Semangat dari Kurikulum Merdeka ini adalah profil Pelajar Pancasila. Meliputi iman taqwa akhlak mulia, gotong royong, kebhinekaan global, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.

Lebih lanjut menegaskan semangat Kurikulum Merdeka menjadi pembeda dari kurikulum sebelumnya. Pertama, pembelajarannya berfokus pada pembelajaran project untuk mengembangkan soft skill dan karakter. Hal ini harus dilakukan. Bagaimana bisa mengajarkan karakter baik kalau gurunya tidak berkarakter. Kedua, literasi dan numerasi dan ketiga memiliki kebebasan dan kemerdekaan pembelajaran berdasarkan kompetensi masing-masing peserta didik.

Ending penyusunan ini adalah modul pembelajaran. Hanya saja itu bukan barang mati, tetapi sifatnya dinamis sesuai dengan kondisi karakteristik peserta didik dalam sebuah kelas. Guru memiliki kebebasan dan melaksanakan pembelajaran dalam konteks Kurikulum Merdeka.

Perlu diketahui bahwa melalui Perangkat Ajar, dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pengajaran sesuai dengan mata pelajaran dan fase di mana Guru mengajar. Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran yang memudahkan dalam menavigasi proses pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Kesimpulan dari workshop ini adalah bahwa Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus. Dengan dilakukan kegiatan ini modul ajar dapat membantu guru dalam: 1) Memandu guru melaksanakan pembelajaran; 2) Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran; 3) Menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran;  4) Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran; 5) Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.

Harapan bagi semua, agar kegiatan ini dapat mempermudah para Guru dalam mengembangkan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Solo. Tetap semangat untuk terus berkarya sehingga tergerak, bergerak, dan menggerakkan.

Komentar

CRYPTO LEGIT, JOINT FOR FREE

Postingan populer dari blog ini

Jelang Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan ImTaq

  Jelang Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan ImTaq Mar 13, 2024 | Blog , Pendidikan Sambut Ramadhan, SMPN 8 Surakarta Gelar Kegiatan Peningkatan Iman dan Taqwa-Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, SMPN 8 Kota Surakarta dibawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. menggelar peningkatan iman dan taqwa, Jumat 8 Maret 2024. Kegiatan peningkatan iman dan taqwa menjadi kegiatan rutin SMPN 8 Kota Surakarta dalam setiap tahunnya ini dilaksanankan di halaman SMPN 8 Kota Surakarta untuk yang beragama Islam. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Siswa- Siswi dan Bapak/Ibu Guru, Karyawan. Sedangkan untuk yang beragama Kristen di ruang Agama Kristen, melakukan kegiatan religi di GKJ Petoran dengan jumlah 130 siswa dan 2 Guru, dengan tema: Kasih, pembicara Dra. Inawati, menyampaikan bait Allah harusnya digunakan untuk beribadah kepada Allah, tetapi malah digunakan untuk berjualan. Tuhan menegur semua agar berbalik dari dosanya, bertobat dan percaya sepenuhnya kepad...

Cara Dapat Pulsa Gratis

Cara mendapatkan pulsa gratis Dari internet selain Mcent memang ketika kita mencari kata digoogle Cara Mendapatkan Pulsa dari Internet biasanya Via Mcent Semua,tetapai sebenarnya banyak cara Untuk Mendapatkan Pulsa dari internet Salah Satunya adalah hanya dengan mengisi survey saja. semakin banyak survey semakin banyak pointnya. Nah dari point itu lalu tukarkan dengan pulsa yang anda inginkan. ok langsung ke TKP. 1. Punya email dan  Kartu Tanda Penduduk (yang belum punya pinjem Ibu atau papa) ok 2. Daftarkan dirimu di sini Gratiss broww.. 3. Jika link di atas tidak bisa klik saja banner di bawah ini. 4. Ikuti survey yang ada dan dapatkan pointnya. 5. Jangan lupa ajak kakak, adek, pacar, ayah, ibu, kakek, temen biyar seruu..

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

SMPN 8 Kota Surakarta adakan Halal Bihalal 1445H dan Mangayubagyo Purna Tugas

SMPN 8 Kota Surakarta adakan  Halal Bihalal 1445H dan Mangayubagyo Purna Tugas  Perlu kita ketahui bersam abahwa Purna tugas atau masa pensiunan adalah berakhirnya masa tugas dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang pegawai ASN. Masa kerja setiap pegawai akan berakhir ketika pegawai mencapai batas usia pensiun. Adanya pertemuan pasti juga ada perpisahan, itulah sunnatullah yang tidak bisa kita hindari. Suka tidak suka senang tidak senang kita pasti akan mengalami peristiwa tersebut. Datang akan pergi, awal akan berakhir, terbit akan tenggelam, seperti dalam lirik lagu, demikianlah yang dialami oleh Titik Haryani, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia) yang berakhir masa tugasnya Januari 2024 dan Dra Sri Suprapti (Guru Bahasa Jawa sekaligus Sie Publikasi) yang berakhir masa tugasnya 1 Maret 2024 lalu. Dengan demikian, beberapa hari yang lalu Kepala SMPN 8 Kota Surakarta, Tiad Suparman, M.Pd. mengadakan acara perpisahan dan mengenang masa bersama Titik Haryani, S.Pd. dan Dra. Sri ...

Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama (Disinformasi )

(Disinformasi ) Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama Feb 29, 2024 | Blog, Pendidikan diskinformasi SMPN 8 Kota Surakarta-(Disinformasi ) Kemendikbudristek Akan Hapus Frase mapel Agama-Kembali beredar potongan video dengan narasi yang menyebut bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hendak menghapus frasa “agama” dalam dokumen draf Peta Jalan Pendidikan Th.  2020-2035. Dikutip dari laman kemdikbud.go.id tertanggal 28/02/24 Video dengan format berita tersebut sama dengan video yang disebarkan pada Th.  2023 dan telah dikategorikan juga oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai video “disinformasi”.  Faktanya, pada Th.  2021 Kemendikbudristek telah merespons isu ini, bahwa tidak benar agama akan dihapus dalam Peta Jalan Pendidikan. Dalam rilis resmi Kemendikbudristek pada 9 Maret 2021, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud, Hendarman mengatakan bahwa dokumen draf Peta ...

Give And Get Bitcoin

Beri Dan Dapatkan Bitcoin Untuk setiap teman yang Anda undang ke Coinbase, kami akan mengirimkan bitcoin senilai $5 kepada Anda dan mereka saat mereka menyelesaikan pembelian atau penjualan bitcoin senilai minimal $100! Langsung mulai portofolio crypto Anda Coinbase adalah tempat termudah untuk membeli dan menjual cryptocurrency. Daftar dan mulai hari ini. Alamat email   Memulai *Syarat berlaku Click Here

Topik Populer Hari Ini (Tranding Topik) 16 Maret 2015

Tranding topik hari ini dari Yahoo.com Golkar Revalina S Temat Kim Woo Bin Tessa Kaunang Kylie Jenner Batu Akik Ratna Dilla Baim Wong Miley Cyrus Black Dollar Terpopuler di www.Kompas.com 1 Tulisan-tulisan Lucu di Kaus "Haji Lulung" dibaca 96,807 kali 2 Perempuan 90 Tahun Hidup Sendiri di Lereng Merapi bersama Seekor Anjing dibaca 96,108 kali 3 Alasan Tim Hak Angket Batal Panggil Istri Ahok dibaca 82,665 kali 4 AM Fatwa: Ahok Tidak Pikirkan Dukungan Partai untuk Jadi Gubernur dibaca 68,392 kali 5 Aksi Lima Wanita Berpakaian Ketat Minta Jokowi Bubarkan Tim 9 dibaca 47,541 kali 6 "Anggota DPRD Lain Mana Ada yang Seberani Haji Lulung?" dibaca 43,159 kali

Join As Now

SafelinkU | Shorten your link and earn money