Langsung ke konten utama

SMPN 8 Solo Peringati HLH



Peringati HLH, ini Partisipasi SMPN 8 Solo-Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kota Solo yang jatuh pada tanggal 5 Juni namun karena ada sesuatu hal dilakukan pada hari Rabu, tanggal 14 Juni 2023 di SMP Negeri 18 Solo. Menurut Humas SMP Negeri 18 Solo, Rohmad Mustaqim, S.Pd. dilakukan kegiatan di sekolah ini karena selain sudah menjadi sekolah Adiwiyata, tertantang juga dengan keadaan. Kebetulan kondisi sekolah masih sangat gersang, sehingga terasa tepat apabila peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilakukan di sini.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, dari DLH Solo menunjuk sekolah kategori Adiwiyata untuk  ikut berpartisipasi membuka pameran, antara lain SMP Negeri 8 Solo, SMP Negeri 18 Solo, SMP Islam Diponegoro, SD Negeri Bratan 1 Solo, dan SD Widya Wacana Jamsaren Solo. Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dilakukan pada pukul 07.00 sampai selesai, ada beberapa sekolah Adiwiyata memamerkan barang-barang bekas yang didaur ulang.

Dari SMP Negeri 8 Solo, dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. yang dipamerkan adalah tote bag, telenan/landasan, dan pupuk Depanska. Pameran yang dijaga oleh empat (4) siswa terdiri dari Cavan Ayubban Hisyam, Vicco Bagaskoro, Regina Freya N, Ayunda Cahaya P. dengan pendamping Latifah Nugrahani, S.Pd., Sutinah, S.Pd.

Perlu diketahui bahwa tas jinjing (bahasa Inggris: tote bag) adalah tas berbentuk kantong dengan tali di bagian atas untuk dibawa dengan menjinjing. Bagi yang belum tahu apa itu tote bag, tas ini pada dasarnya adalah tas klasik Amerika yang cenderung dipakai untuk membawa apa saja. Desainnya sederhana dan lebih difokuskan pada usability, alias fungsi. Di awal kemunculannya, tas ini bentuknya besar, terbuka, dan memiliki pegangan yang ditempatkan di bagian tengah masing-masing. Tote bag klasik menggunakan tali melengkung, meski sekarang ini variasi tali sudah lebih banyak ditemukan.

Seiring dengan perkembangan dan perubahan, tote bag tidak lagi dipakai hanya untuk membawa barang belanjaan. Banyak anak muda yang menggunakan tas ini sebagai fashion. Tote bag dipakai untuk jalan ke mall, piknik, wisata, atau bahkan pergi ke tempat kursus dan kuliah.

Tote bag merupakan salah satu model tas jinjing berbentuk kotak dan terbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali peganggan pada bagian atasnya. sesuai fungsinya dan tujuan pemakaian tote bag sendiri tersedia dalam berbagai macam desain dan ukuran. Tote bag ini merupakan hasil karya dari siswa SMP Negeri 8 Solo dengan bimbingan Hesti Setyaningsih, S.Kom.sekaligus Waka Kurikulum SMP Negeri 8 Solo.

Menurut Hesti, selain digunakan sebagai tas untuk membawa ponsel dan dompet, tote bag juga memiliki fungsi yang fleksibel di segala situasi saat sedang jalan-jalan. Bisa menggunakan tas ini sebagai tas belanja dan extra pouch untuk menyimpan belanjaan di dalam koper.

Keuntungan lain penggunaan tote bag ialah bahannya yang lebih kuat, sehingga dijamin lebih aman saat barang yang dibawa memiliki berat berlebih. Tote bag memiliki beberapa jenis, paling rapuh ialah tote bag dengan bahan spunbond. Namun bahan ini dijamin jauh lebih kuat ketimbang kantong plastik.

Sedangkan untuk pupuk yang dibuat oleh Tim Adiwiyata SMP Negeri 8 Solo dengan nama pupuk Depanska ini merupakan pupuk yang berasal dari daun-daun yang digiling. Proses pembuatan sampah dimulai dari pemilahan sampah organik, perajangan sampah dan yang sudah tercacah dicampur dengan larutan starter atau pemicu bakteri. Kemudian diaduk rata. Kalau sudah tercampur kemudiam diperam dalam ruang tertutup sekitar dua sampai tiga minggu. Untuk mengatur kelembaban atau keasaman ditambah dengan kapur.

Tandanya kalau sudah jadi warnanya berubah seperti tanah dan tidak berbau seperti sampah lagi. Setelah proses itu selesai barulah menghasilkan pupuk kompos Depanska dengan harga Rp. 10.000,00 / sak. Dengan kapasitas pencacahan 100 kg sampah organik / sekali pencacah baik basah maupun kering

Teknis pengumpulan sampah di SMP Negeri 8 Solo, setiap pagi daun ditampung di tempat penampungan sampah. Seminggu sekali daun-daun kemudian dicacah ( yang dulu masih dilakukan secara manual ). Sekarang sudah menggunakan alat yang canggih sebagai pencacah sampah dengan kapasitas mesin 8 PK, daya yang dihasilkan sebanding dengan 8 tenaga kuda.

Pembuatan pupuk yang dilakukan oleh sekolah dalam sebuah platform marketplace bernama “Depanska”. Sementara saat ini masih digunakan oleh kalangan sendiri, walaupun pernah sampai dibeli oleh tamu dari Lampung, waktu kunjungan studi banding. Dan pupuk Depanska saat gebyar menjadi barang dagangan yang terlaris dan habis, bahkan banyak yang memesan untuk tahap berikutnya.

Acara peringatan dimulai dengan apel bersama dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pukul 07.00 WIB. Dilanjutkan dengan kegiatan simbolis penyerahan bibit tanaman dari Wali Kota Solo yang diwakili oleh Ir.Ahyani, MA kepada perwakilan SMP Negeri 18 Solo. Setelah apel selesai, dilanjutkan simbolis penanaman pohon, dimulai dari Wali Kota Solo / yang mewakili, Sekretaris Daerah Solo, Ketua Komisi III DPRD Kota Solo, Kepala BPDASHL Solo, KepalaCabang Dinas Wil. X Provinsi Jateng, Kepala DLH Solo, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Perwakilan SMP Negeri 18 Solo.

Dalam kunjungan pameran, menurut Ketua Bank Sampah Induk Kerja Nyata Solo, Denok Marty Astuti bahwa pameran yang dilakukan kali ini sangat membanggakan, karena sekolah Adiwiyata memberikan dukungan yang luar biasa, terus dikembangkan. Dan menjadi PR bagi Bank Sampah, agar dengan kegiatan ini bisa semakin dikenal, diminati, dan dibeli. Bahkan sekolah punya potensi besar untuk dikembangkan. Beliau juga memberikan pesan untuk SMP Negeri 8 Solo untuk dikembangkan dan mempunyai bank sampah sendiri. Harapannya, agar dengan adanya pameran ini ditindaklanjuti dalam penggunaan barang-barang bekas yang bisa dimanfaatkan kembali.

Kegiatan selanjutnya dilakukan penanaman pohon serentak oleh seluruh Peserta Kegiatan, Edukasi Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai “Beat The Plastic Polution”. Setelah selesai, peninjauan pameran aksi Inovasi dan ramah tamah, kegiatan ditutup pada pukul 09.30 WIB.

Sie Publikasi SMPN 8: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2