Langsung ke konten utama

Kadisdik Solo Resmikan Perpustakaan SMPN 8

 


Perpustakaan SMPN 8 Diresmikan, Ini Nama dan Maknanya

Pada hari Kamis, 25 Mei 2023, Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. melakukan 2 kegiatan yaitu peresmian “ Andala Library”  sekaligus merayakan HUT SMPN 8 Solo  yang ke 63 tahun.Untuk acara peresmian “ Andala Library”  berada di Ruang Aula sedangkan acara HUT Kreaanska (Kreativitas Anak SMPN 8 Solo ) di halaman SMPN 8 Solo .

Menurut Sri Suprapti, Sie Publikasi SMPN 8 Solo , sebelum acara peresmian “ Andala Library”  dimulai, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik SMPN 8 Solo  melakukan pembukaan HUT dengan kegiatan ini Kreaanska yang dikoordinatori Ch. Endah Setyowati, S.Pd. berupa pentas seni, tarik suara, pertunjukan lainnya yang dilakukan oleh perwakilan kelas 7A-7H, 8A-8H, dan 9A-9H. Bersama MC Cavan dan Fadilla, acara HUT juga melakukan P5 tema 3 Bangun Jiwa dan Raganya. Kreaanska dibuka dengan pemukulan gong oleh Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Selanjutnya Peserta Didik istirahat dulu karena kegiatan dialihkan ke Ruang Aula.

Peresmian “ Andala Library”  dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan doa dipimpin oleh Abdullah Yusuf, S.Pd.I. Sebagai pembawa acara F.Nita Purwaningsih,S.Ag. dan Sutinah, S.Pd. kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Devina Thalita Martha kelas 8B.

 Acara selanjutnya sambutan dari Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. mengucapkan rasa syukurnya atas peresmian Perpustakaan yang diberi nama Andala Labrary. Perpustakaan Andala mempunyai arti laut yang amat dalam (filosofinya samodra ilmu). “ Andala Library”  yang awalnya ada di lantai 2 sebelah utara, sekarang berada di lantai bawah sebelah selatan. Kepala Sekolah berharap agar “ Andala Library”  sekolah ini dapat mendukung terciptanya tempat menempuh ilmu pendidikan yang aman, nyaman, dan indah bagi para Siswa, Guru, serta semua warga sekolah.

Dalam acara ini, Kepala “ Andala Library”  SMPN 8 Solo , Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd.bekerjasama dengan Pustakawan, Lilies Resthiningsih, A.Md. dan para Guru dan Siswa. Turut hadir dalam acara ini para siswa sebanyak 20 orang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo , Pengawas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solo , Komite.

Kegiatan ini adalah bentuk komitmen Kepala SMPN 8 Solo  untuk memberikan inspirasi membangun, khususnya dibidang pendidikan, dimana Kepala Sekolah meyakini dengan meresmikan “ Andala Library”  yang menyediakan sarana dan prasarana akan membantu seluruh siswa dan siswi membuka cakrawala ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Dalam sambutannya, Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan didepan acara peresmian “ Andala Library”  SMPN 8 Solo  bahwa selaku lembaga pendidkan membawa misi untuk membantu mereka yang kurang beruntung, disini kami ingin membantu siswa dan siswi untuk membuka cakrawala ilmu pengetahuan melalui buku dan perpustakaan.

Selain itu, Kepala Sekolah SMPN 8 Solo  juga menyampaikan apresiasi atas bantuan “ Andala Library” . Triad Suparman, M.Pd. mengatakan ucapan terima kasih, semoga sekolah kami semakin baik fasilitas pendukungnya. Berturut-turut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo , Dian Rienata,S.T., M.Si. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solo / yang ditugaskan mewakili, Kurniawati, A.Ma.(Pustakawan Penyelia) dan Dyah Kuspandari, A.Ma.(Pengadministrasi Umum), Komite, beserta semua yang hadir di sini, Kepala Sekolah juga menyampaikan dukungan atas acara ini.

 Acara peresmian “ Andala Library”  SMPN 8 Solo  mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo , Dian Rineta, S.T.,M.Si. Pasalnya, peresmian Andala Library merupakan momen yang patut dibanggakan, dengan sarana prasarana tersebut dinilai dapat mendukung pembelajaran para siswa. Untuk itu Kadisdik Kota Solo  meminta para siswa dapat memanfaatkan sarana prasarana tersebut dengan sebaik-baiknya, sebagai upaya mengembangkan kompetensi yang dimiliki.

Perpustakaan harus selalu menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka” .

Ada jam pembiasaan diwaktu pagi sebelum kegiatan belajar mengajar. Perlu diketahui bahwa SMPN 8 Solo  sudah melakukan kegiatan tersebut selama sekitar 20 menit, yaitu melakukan literasi dengan membaca buku nonmapel dan membaca ilmu Agama yaitu kitab suci Al Qur’an untuk yang beragama Islam begitu juga dengan siswa yang beragama Kristen dan Katolik.

Menurut Kadisdik, bahwa salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan HP adalah Perpustakaan. Oleh karena itu lokasi Perpustakaan menentukan prestasi yang luar biasa, susunan buku jangan monoton. Harapan beliau semoga semua ilmu yang ada di Andala Library bisa diresap oleh semua warga SMPN 8 Solo . Bahkan tidak hanya siswa saja, namun juga dengan Guru. Ujung tombak sekolah juga ada di Perpustakaan. Ucapan selamat atas peresmian dan semoga Perpustakaan ini sesuai dengan namanya, benar-benar menjadi samodra ilmu.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo , Dian Rineta, S.T., M.Si. bahwa Andala Library menjadi bagian dari pembelajaran siswa. Untuk itu, perlunya sosialisasi pada siswa agar timbul antusias membaca. Jangan sampai sudah ada perpustakaan, malah tidak dimaksimalkan. Perlengkapan pendukung juga harus disuguhkan di Andala library, untuk menarik antusiasme para siswa datang dan memanfaatkan Perpustakaan sebagai sarana penambah ilmu dan wawasan.

Sarannya agar dipersiapkan juga fasilitas pendukung sedemikian rupa, yang dihadirkan di perpustakaan. Jangan hanya buku, tapi harus ada hal lain yang menarik minat siswa. Di era digital, pihaknya mengimbau pada pengurus Perpustakaan, untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mendukung budaya literasi bagi para siswa.” Manfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Jangan sampai sudah punya sarana prasarana mumpuni, tapi tidak diimbangi dengan kualitas SDM, di sela-sela mengunjungi Ruang Perpustakaan.

Selesai memberikan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita, penandatanganan Prasasti sebagai tanda peresmian Andala Library yang dilakukan bersama-sama di depan gedung perpustakaan. Acara berakhir dengan pemberian apresiasi kepada Kepala Sekolah (Triad Suparman, M.Pd.), 3 Guru (Hetty Dwi Agustin, S.Pd., Sri Suprapti/Sie Publikasi SMPN 8 Solo , Kawit Sulastri, S.Pd.,M.Pd.) 1 Siswa (M. Dzaky Abiyu) yang sudah memberikan koleksi buku yang sudah dipublikasikan di Andala Library, dan berakhir dengan ramah tamah (foto bersama)..

 Setelah selesai peresmian dilanjutkan kegiatan HUT di halaman SMPN 8 Solo , yang berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dengan adanya kegiatan Kreaanska dalam memperingati HUT yang ke 63 SMPN 8 Solo , semoga dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam menggali potensi diri untuk kemajuan sekolah.

Kunjungi galeri facebook kami

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2