Langsung ke konten utama

Kadisdik Solo Resmikan Perpustakaan SMPN 8

 


Perpustakaan SMPN 8 Diresmikan, Ini Nama dan Maknanya

Pada hari Kamis, 25 Mei 2023, Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. melakukan 2 kegiatan yaitu peresmian “ Andala Library”  sekaligus merayakan HUT SMPN 8 Solo  yang ke 63 tahun.Untuk acara peresmian “ Andala Library”  berada di Ruang Aula sedangkan acara HUT Kreaanska (Kreativitas Anak SMPN 8 Solo ) di halaman SMPN 8 Solo .

Menurut Sri Suprapti, Sie Publikasi SMPN 8 Solo , sebelum acara peresmian “ Andala Library”  dimulai, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik SMPN 8 Solo  melakukan pembukaan HUT dengan kegiatan ini Kreaanska yang dikoordinatori Ch. Endah Setyowati, S.Pd. berupa pentas seni, tarik suara, pertunjukan lainnya yang dilakukan oleh perwakilan kelas 7A-7H, 8A-8H, dan 9A-9H. Bersama MC Cavan dan Fadilla, acara HUT juga melakukan P5 tema 3 Bangun Jiwa dan Raganya. Kreaanska dibuka dengan pemukulan gong oleh Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Selanjutnya Peserta Didik istirahat dulu karena kegiatan dialihkan ke Ruang Aula.

Peresmian “ Andala Library”  dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan doa dipimpin oleh Abdullah Yusuf, S.Pd.I. Sebagai pembawa acara F.Nita Purwaningsih,S.Ag. dan Sutinah, S.Pd. kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Devina Thalita Martha kelas 8B.

 Acara selanjutnya sambutan dari Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. mengucapkan rasa syukurnya atas peresmian Perpustakaan yang diberi nama Andala Labrary. Perpustakaan Andala mempunyai arti laut yang amat dalam (filosofinya samodra ilmu). “ Andala Library”  yang awalnya ada di lantai 2 sebelah utara, sekarang berada di lantai bawah sebelah selatan. Kepala Sekolah berharap agar “ Andala Library”  sekolah ini dapat mendukung terciptanya tempat menempuh ilmu pendidikan yang aman, nyaman, dan indah bagi para Siswa, Guru, serta semua warga sekolah.

Dalam acara ini, Kepala “ Andala Library”  SMPN 8 Solo , Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd.bekerjasama dengan Pustakawan, Lilies Resthiningsih, A.Md. dan para Guru dan Siswa. Turut hadir dalam acara ini para siswa sebanyak 20 orang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo , Pengawas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solo , Komite.

Kegiatan ini adalah bentuk komitmen Kepala SMPN 8 Solo  untuk memberikan inspirasi membangun, khususnya dibidang pendidikan, dimana Kepala Sekolah meyakini dengan meresmikan “ Andala Library”  yang menyediakan sarana dan prasarana akan membantu seluruh siswa dan siswi membuka cakrawala ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Dalam sambutannya, Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan didepan acara peresmian “ Andala Library”  SMPN 8 Solo  bahwa selaku lembaga pendidkan membawa misi untuk membantu mereka yang kurang beruntung, disini kami ingin membantu siswa dan siswi untuk membuka cakrawala ilmu pengetahuan melalui buku dan perpustakaan.

Selain itu, Kepala Sekolah SMPN 8 Solo  juga menyampaikan apresiasi atas bantuan “ Andala Library” . Triad Suparman, M.Pd. mengatakan ucapan terima kasih, semoga sekolah kami semakin baik fasilitas pendukungnya. Berturut-turut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo , Dian Rienata,S.T., M.Si. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solo / yang ditugaskan mewakili, Kurniawati, A.Ma.(Pustakawan Penyelia) dan Dyah Kuspandari, A.Ma.(Pengadministrasi Umum), Komite, beserta semua yang hadir di sini, Kepala Sekolah juga menyampaikan dukungan atas acara ini.

 Acara peresmian “ Andala Library”  SMPN 8 Solo  mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo , Dian Rineta, S.T.,M.Si. Pasalnya, peresmian Andala Library merupakan momen yang patut dibanggakan, dengan sarana prasarana tersebut dinilai dapat mendukung pembelajaran para siswa. Untuk itu Kadisdik Kota Solo  meminta para siswa dapat memanfaatkan sarana prasarana tersebut dengan sebaik-baiknya, sebagai upaya mengembangkan kompetensi yang dimiliki.

Perpustakaan harus selalu menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka” .

Ada jam pembiasaan diwaktu pagi sebelum kegiatan belajar mengajar. Perlu diketahui bahwa SMPN 8 Solo  sudah melakukan kegiatan tersebut selama sekitar 20 menit, yaitu melakukan literasi dengan membaca buku nonmapel dan membaca ilmu Agama yaitu kitab suci Al Qur’an untuk yang beragama Islam begitu juga dengan siswa yang beragama Kristen dan Katolik.

Menurut Kadisdik, bahwa salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan HP adalah Perpustakaan. Oleh karena itu lokasi Perpustakaan menentukan prestasi yang luar biasa, susunan buku jangan monoton. Harapan beliau semoga semua ilmu yang ada di Andala Library bisa diresap oleh semua warga SMPN 8 Solo . Bahkan tidak hanya siswa saja, namun juga dengan Guru. Ujung tombak sekolah juga ada di Perpustakaan. Ucapan selamat atas peresmian dan semoga Perpustakaan ini sesuai dengan namanya, benar-benar menjadi samodra ilmu.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo , Dian Rineta, S.T., M.Si. bahwa Andala Library menjadi bagian dari pembelajaran siswa. Untuk itu, perlunya sosialisasi pada siswa agar timbul antusias membaca. Jangan sampai sudah ada perpustakaan, malah tidak dimaksimalkan. Perlengkapan pendukung juga harus disuguhkan di Andala library, untuk menarik antusiasme para siswa datang dan memanfaatkan Perpustakaan sebagai sarana penambah ilmu dan wawasan.

Sarannya agar dipersiapkan juga fasilitas pendukung sedemikian rupa, yang dihadirkan di perpustakaan. Jangan hanya buku, tapi harus ada hal lain yang menarik minat siswa. Di era digital, pihaknya mengimbau pada pengurus Perpustakaan, untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mendukung budaya literasi bagi para siswa.” Manfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Jangan sampai sudah punya sarana prasarana mumpuni, tapi tidak diimbangi dengan kualitas SDM, di sela-sela mengunjungi Ruang Perpustakaan.

Selesai memberikan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita, penandatanganan Prasasti sebagai tanda peresmian Andala Library yang dilakukan bersama-sama di depan gedung perpustakaan. Acara berakhir dengan pemberian apresiasi kepada Kepala Sekolah (Triad Suparman, M.Pd.), 3 Guru (Hetty Dwi Agustin, S.Pd., Sri Suprapti/Sie Publikasi SMPN 8 Solo , Kawit Sulastri, S.Pd.,M.Pd.) 1 Siswa (M. Dzaky Abiyu) yang sudah memberikan koleksi buku yang sudah dipublikasikan di Andala Library, dan berakhir dengan ramah tamah (foto bersama)..

 Setelah selesai peresmian dilanjutkan kegiatan HUT di halaman SMPN 8 Solo , yang berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dengan adanya kegiatan Kreaanska dalam memperingati HUT yang ke 63 SMPN 8 Solo , semoga dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam menggali potensi diri untuk kemajuan sekolah.

Kunjungi galeri facebook kami

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...