Langsung ke konten utama

SMPN 8 Peringati HARDIKNAS




SMPN 8 Solo  – Dalam  rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) SMPN 8 Solo  kembali menggelar serangkaian kegiatan pendidikan yang dilakukan di sekolah. Hardiknas tahun ini  dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan menggunakan seragam KORPRI lengkap untuk Guru dan seragam OSIS untuk siswa,  mengikuti upacara di halaman sekolah. Selasa (2 Mei 2023).

Terlepas dari peringatan dan tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini, latar belakang diperingatinya Hari Pendidikan Nasional adalah Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas yaitu hari yang ditetapkan pemerintah untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, tokoh penting bagi kemajuan pendidikan Indonesia sejak masa penjajahan.

Pemerintah sudah menetapkan Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Tanggal 2 Mei sendiri bersamaan dengan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Th. 1961 tentang Hari – hari Nasional yang bukan hari libur. Pemerintah menetapkan peringatan Hari Pendidikan Nasional setiap 2 Mei, meski bukan hari libur.

Pria yang lahir dengan nama Raden Mas (RM) Soewardi Suryaningrat itu menjadi sosok penting bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Sebab dirinya berani mengkritik pemerintah Hindia Belanda karena hanya memberi akses pendidikan bagi keturunan Belanda dan kaum priyayi saja.

Padahal, sejatinya, akses pendidikan merupakan hak semua orang. Lebih dari itu, melalui pendidikan pula, Indonesia bisa menjadi bangsa yang cerdas, mandiri, dan bebas dari penjajahan. Sayangnya, kritiknya itu membuat Ki Hajar Dewantara jadi diasingkan ke Belanda bersama Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo.

Sepulangnya dari Belanda, Ki Hajar Dewantara mendirikan ‘’Tiga Serangkai;’ bersama kedua temannya itu. Lalu, mendirikan lembaga pendidikan Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Tamansiswa. Ki Hajar Dewantara kemudian membentuk tiga semboyan yang diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia sebagai berikut.

“Ing Ngarso Sung Tulodo” yang berarti di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik. “Ing Madyo Mangun Karso” yang berarti di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan  ide. “Tut Wuri Handayani” yang berarti di belakang, guru harus bisa memberikan dorongan atau arahan.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) kelas 7 dan 8 melakukan kegiatan Literasi (membuat Puisi, Cerpen, Poster, atau Menggambar), dengan tema Hardiknas, dimana kertas disiapkan oleh sekolah. Kegiatan ini dilakukan di ruang kelas dan dibimbing oleh Wali Kelas masing – masing. Sejumlah 16 kelas yang terdiri dari kelas 7-A sampai kelas 7-H, dan kelas 8-A sampai dengan kelas 8-H, semuanya menempati ruang lantai atas.



Bahkan menurut Sri Supadmi, S.Pd Guru Bahasa Indonesia, Wali kelas 8C ada yang membuat diluar yang disebutkan yaitu membuat slogan, komik dan artikel.  Bahkan di kelas 7C wali kelas Hetty Dwi Agustin, S.Pd. Guru Bahasa Inggris, menyampaikan bahwa kelasnya semua melakukan kegiatan menggambar saja tidak membuat yang lain.

Sedangkan untuk kelas 9-A hingga 9-H melaksanakan kegiatan motivasi, pembekalan dan doa bersama dalam rangka persiapan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) yang bertempat di ruang Aula. Di dalam ruang Aula selain siswa kelas 9A- 9H ada juga Wali Kelas 9, Waka Kesiswaan, Prico Diana Dewi, S.Pd.MH. sebagai pembawa acara, Waka Humas, Waka Kurikulum, Waka Sarpras, Agus Sriwiyono, S.Pd. juga tidak ketinggalan KS. SMPN 8 Solo  Triad Suparman, M.Pd. Siswa yang berada di ruang Aula adalah siswa yang beragama Islam, sedangkan untuk yang beragama Kristen berada di ruang Agama Kristen yang bertugas Endang Lestari, S.Pd. dan Katolik berada di ruang kelas 9A yang dipimpin oleh F.Nita Purwaningsih, S.Ag.

Dari Waka Humas SMPN 8 Solo , Muji Widodo, S.Pd.Fis. menyampaikan kepada siswa kelas 9 mempunyai harapan agar PSAJ kali ini dihadapi sebaik – baiknya dan memperoleh nilai yang memuaskan untuk diri sendiri, Guru, dan Orang Tua.

Untuk Waka Kurikulum, Hesti Setyaningsih, S.Kom. menyampaikan 3 syarat kelulusan antara lain :1) Memenuhi seluruh proses pembelajaran, 2) Mengikuti semua penilaian sumatif akhir jenjang, 3) Adanya pertimbangan perkembangan siswa. Selanjutnya  siswa dalam catatan yang masih punya hutang/tugas, harus menyelesaikan semuanya.

 Motivasi dari Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. bahwa hasil belajar tidak diperoleh dari sehari yang kemarin, namun lebih dari itu. Oleh karena itu harapan yang diinginkan diusahakan dengan sebaik – baiknya. Sesuai dengan visi yaitu berprestasi merupakan sesuatu yang bisa dibanggakan oleh diri sendiri. Jalan yang dilewati harus berhati-hati, agar tidak tergelincir. Harapan Kepala Sekolah agar di akhir masa fase D bisa terlewati dengan  lancar, agar bisa lulus semuanya. Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Fase D agar semuanya bisa masuk ke jenjang berikutnya.

Acara berakhir dengan doa yang disampaikan oleh Nur Barokah, S.Pd.I guru Agama Islam pada pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan istirahat. Siswa dipulangkan pukul 10.30 WIB. Semoga Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ), berjalan dengan lancar dan sukses. AAMIIN

Sie Publikasi SMPN 8 Solo : Dra. Sri Suprapti.


Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2