Langsung ke konten utama

SMPN 8 Peringati HARDIKNAS




SMPN 8 Solo  – Dalam  rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) SMPN 8 Solo  kembali menggelar serangkaian kegiatan pendidikan yang dilakukan di sekolah. Hardiknas tahun ini  dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan menggunakan seragam KORPRI lengkap untuk Guru dan seragam OSIS untuk siswa,  mengikuti upacara di halaman sekolah. Selasa (2 Mei 2023).

Terlepas dari peringatan dan tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini, latar belakang diperingatinya Hari Pendidikan Nasional adalah Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas yaitu hari yang ditetapkan pemerintah untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, tokoh penting bagi kemajuan pendidikan Indonesia sejak masa penjajahan.

Pemerintah sudah menetapkan Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Tanggal 2 Mei sendiri bersamaan dengan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Th. 1961 tentang Hari – hari Nasional yang bukan hari libur. Pemerintah menetapkan peringatan Hari Pendidikan Nasional setiap 2 Mei, meski bukan hari libur.

Pria yang lahir dengan nama Raden Mas (RM) Soewardi Suryaningrat itu menjadi sosok penting bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Sebab dirinya berani mengkritik pemerintah Hindia Belanda karena hanya memberi akses pendidikan bagi keturunan Belanda dan kaum priyayi saja.

Padahal, sejatinya, akses pendidikan merupakan hak semua orang. Lebih dari itu, melalui pendidikan pula, Indonesia bisa menjadi bangsa yang cerdas, mandiri, dan bebas dari penjajahan. Sayangnya, kritiknya itu membuat Ki Hajar Dewantara jadi diasingkan ke Belanda bersama Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo.

Sepulangnya dari Belanda, Ki Hajar Dewantara mendirikan ‘’Tiga Serangkai;’ bersama kedua temannya itu. Lalu, mendirikan lembaga pendidikan Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Tamansiswa. Ki Hajar Dewantara kemudian membentuk tiga semboyan yang diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia sebagai berikut.

“Ing Ngarso Sung Tulodo” yang berarti di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik. “Ing Madyo Mangun Karso” yang berarti di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan  ide. “Tut Wuri Handayani” yang berarti di belakang, guru harus bisa memberikan dorongan atau arahan.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) kelas 7 dan 8 melakukan kegiatan Literasi (membuat Puisi, Cerpen, Poster, atau Menggambar), dengan tema Hardiknas, dimana kertas disiapkan oleh sekolah. Kegiatan ini dilakukan di ruang kelas dan dibimbing oleh Wali Kelas masing – masing. Sejumlah 16 kelas yang terdiri dari kelas 7-A sampai kelas 7-H, dan kelas 8-A sampai dengan kelas 8-H, semuanya menempati ruang lantai atas.



Bahkan menurut Sri Supadmi, S.Pd Guru Bahasa Indonesia, Wali kelas 8C ada yang membuat diluar yang disebutkan yaitu membuat slogan, komik dan artikel.  Bahkan di kelas 7C wali kelas Hetty Dwi Agustin, S.Pd. Guru Bahasa Inggris, menyampaikan bahwa kelasnya semua melakukan kegiatan menggambar saja tidak membuat yang lain.

Sedangkan untuk kelas 9-A hingga 9-H melaksanakan kegiatan motivasi, pembekalan dan doa bersama dalam rangka persiapan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) yang bertempat di ruang Aula. Di dalam ruang Aula selain siswa kelas 9A- 9H ada juga Wali Kelas 9, Waka Kesiswaan, Prico Diana Dewi, S.Pd.MH. sebagai pembawa acara, Waka Humas, Waka Kurikulum, Waka Sarpras, Agus Sriwiyono, S.Pd. juga tidak ketinggalan KS. SMPN 8 Solo  Triad Suparman, M.Pd. Siswa yang berada di ruang Aula adalah siswa yang beragama Islam, sedangkan untuk yang beragama Kristen berada di ruang Agama Kristen yang bertugas Endang Lestari, S.Pd. dan Katolik berada di ruang kelas 9A yang dipimpin oleh F.Nita Purwaningsih, S.Ag.

Dari Waka Humas SMPN 8 Solo , Muji Widodo, S.Pd.Fis. menyampaikan kepada siswa kelas 9 mempunyai harapan agar PSAJ kali ini dihadapi sebaik – baiknya dan memperoleh nilai yang memuaskan untuk diri sendiri, Guru, dan Orang Tua.

Untuk Waka Kurikulum, Hesti Setyaningsih, S.Kom. menyampaikan 3 syarat kelulusan antara lain :1) Memenuhi seluruh proses pembelajaran, 2) Mengikuti semua penilaian sumatif akhir jenjang, 3) Adanya pertimbangan perkembangan siswa. Selanjutnya  siswa dalam catatan yang masih punya hutang/tugas, harus menyelesaikan semuanya.

 Motivasi dari Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. bahwa hasil belajar tidak diperoleh dari sehari yang kemarin, namun lebih dari itu. Oleh karena itu harapan yang diinginkan diusahakan dengan sebaik – baiknya. Sesuai dengan visi yaitu berprestasi merupakan sesuatu yang bisa dibanggakan oleh diri sendiri. Jalan yang dilewati harus berhati-hati, agar tidak tergelincir. Harapan Kepala Sekolah agar di akhir masa fase D bisa terlewati dengan  lancar, agar bisa lulus semuanya. Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Fase D agar semuanya bisa masuk ke jenjang berikutnya.

Acara berakhir dengan doa yang disampaikan oleh Nur Barokah, S.Pd.I guru Agama Islam pada pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan istirahat. Siswa dipulangkan pukul 10.30 WIB. Semoga Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ), berjalan dengan lancar dan sukses. AAMIIN

Sie Publikasi SMPN 8 Solo : Dra. Sri Suprapti.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...