Langsung ke konten utama

Cara Mengeksplorasi Dasbor Rapor Pendidikan Untuk Satuan Pendidikan


Cara Mengeksplorasi Dasbor Rapor Pendidikan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen)-Dikutip langsung dari laman website kemdikbud.go.id pada Rabu (05/07/2023) berikut adalah Cara Mengeksplorasi Dasbor Rapor Pendidikan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

·  Eksplorasi Halaman Ringkasan

  • Login pada laman Raport Pendidikan, mulai untuk melakukan eksplorasi di halaman Ringkasan. Di bawah ini adalah tampilan halaman Ringkasan dari Platform Rapor Pendidikan untuk satuan Dikdasmen. Halaman ringkasan terdiri dari detail satuan pendidikan, ringkasan kondisi satuan pendidikan dan indikator prioritas satuan pendidikan

Tampilan halaman ringkasan untuk satuan dasar dan menengah (Untuk satuan dasar dan menengah halaman ringkasan menampilkan 6 indikator prioritas)

 


Tampilan halaman ringkasan untuk satuan dasar dan menengah (Untuk SMK tampilan pada halaman ringkasan menampilkan 8 indikator utama)


 

  • Lihat secara detail dari satuan pendidikan, yaitu NPSN, alamat satuan pendidikan, kota/provinsi, serta Akreditasi satuan pendidikan. Selanjutnya lihat deskripsi atau ringkasan dari kondisi satuan pendidikan. Detail ringkasan ini merupakan deskripsi singkat dari pencapaian dan kondisi dari satuan pendidikan yang bersangkutan.


  • Selain itu, pada halaman ringkasan juga menampilkan indikator – indikator prioritas yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan. Berikut adalah contoh salah satu indikator prioritas dan detail – detail yang perlu diperhatikan untuk satuan pendidikan;

    1. Nama indikator prioritas
    2. Hasil capaian dari indikator tersebut
    3. Delta, yakni selisih dari capaian tahun ini dan tahun sebelumnya
    4.  “Apa arti capaian saya?”, detail rincian hasil capaian dari satuan pendidikan yang bersangkutan
    5. Perbandingan hasil capaian satuan pendidikan yang bersangkutan dengan satuan pendidikan di provinsi dan nasional
    6. “Pelajari Akar Masalah” untuk melihat akar masalah dari tiap indikator prioritas satuan pendidikan Yang bersangkutan.


  • Selanjutnya Yang bersangkutan dapat klik “Pelajari Akar Masalah”, dan akan langsung menuju halaman Akar Masalah. Pada halaman tersebut sekolah Yang bersangkutan dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi capaian/hasil indikator prioritas satuan Pendidikan Yang bersangkutan.


  • Pada Halaman Akar masalah Yang bersangkutan juga dapat melihat indikator level 2 dari indikator prioritas satuan pendidikan Yang bersangkutan


  • Klik “Akar Masalah” pada halaman tersebut dan Yang bersangkutan akan menemukan beberapa indikator lain yang mempengaruhi capaian satuan pendidikan Yang bersangkutan.


  • Klik “Lihat 1 Indikator Lainnya” untuk melihat indikator – indikator yang mempengaruhi capaian dari indikator tersebut

 


·  Memahami Inspirasi Benahi

  • Klik “Inspirasi Benahi” untuk melihat rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan di satuan pendidikan Yang bersangkutan


  • Lihat rekomendasi langkah atau inspirasi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas satuan pendidikan Yang bersangkutan, Yang bersangkutan dapat memilih konten inspirasi benahi yang diinginkan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan Yang bersangkutan


  • Klik “Lihat di Merdeka Mengajar” untuk menuju ke platform Merdeka Mengajar (Yang bersangkutan dapat membuka Merdeka Mengajar melalui komputer atau Gawai dengan sistem Android)

 


Semoga informasi Cara Mengeksplorasi Dasbor Rapor Pendidikan Untuk Satuan Pendidikan ini bermanfaat.

Baca Juga:

Informasi Seputar Raport Pendidikan Satuan Pendidikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...