Langsung ke konten utama

SMPN 8 Solo Peringati HTTS. dan Pelatihan eCoprint

SMPN 8 Solo  Ikuti Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tahun 2023 dan Pelatihan Ecoprint-Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. mengirimkan perwakilan Guru dan Siswa untuk mengikuti peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2023 di CFD/Car Free Day (sebelah utara Loji Gandrung) pada pukul 06.00 WIB – selesai. Jumlah perwakilan peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari 5 siswa kader kesehatan remaja (Vania, Zahra Endru, Nathania, Raditya, Nur Cahya) dan 1 Guru Pendamping (Imas Wigati N. S.Pd.). Minggu, 28/05/2023.

Guru dan Siswa untuk mengikuti peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2023 di CFD/Car Free Day (sebelah utara Loji Gandrung) pada pukul 06.00 WIB – selesai. Jumlah perwakilan peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari 5 siswa kader kesehatan remaja (Vania, Zahra Endru, Nathania, Raditya, Nur Cahya) dan 1 Guru Pendamping (Imas Wigati N. S.Pd.). Minggu, 28/05/2023.

Sedangkan untuk kegiatan pelatihan ecoprint yang bertempat di Pos Rt. 1/Rw. 23 Halimun, Jebres, Solo . Menurut Ketua Pelaksana, Arika Rukmana Dewi S.Pd., dari Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Sebelas Maret Gelombang 2 Th. 2022  melaksanakan kegiatan Pengembangan Kreativitas Melalui Pelatihan Ecoprint sebagai luaran mata kuliah Proyek Kepemimpinan.

Dalam pelatihan ecoprint ini Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd.  mengirimkan 3 Guru (Latifah Nugrahani, S.Pd., dan Sutinah, S.Pd., Sri Suprapti sebagai Sie Publikasi), peserta dari siswa ada 5 (Zahra Endru Kusuma / 8A, Ayunda Cahaya Putri / 8B, , Orlin Amadeus / 8F, Saiful Ridho Surya W dan Muh. Fahri Ardiansyah /9H.

Kegiatan Ecoprint dihadiri juga oleh Ibu-Ibu warga Panggungrejo, Jebres, Solo , Dosen Pembimbing, Dr. Riezky Maya Probosari, S.Si., M.Si., Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA UNS. Kegiatan pelatihan ecoprint dimulai pada pukul 16.00 WIB – selesai.

Perwakilan Guru dan Siswa mengikuti peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2023 di Car Free Day

Pelatihan diawali dengan pembagian kelompok, dibagi beberapa kelompok, dan SMPN 8 Solo  mendapatkan undian kelompok 1. Semua peserta diberi bahan kain dan tas warna putih polos serta  peralatan yang digunakan untuk pelatihan.

Perlu diketahui bahwa ecoprint berasal dari kata eco atau ekosistem yang berarti lingkungan hayati atau alam dan print artinya cetak. Sistem dengan menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya, mirip seperti proses pembuatan batik.

Ecoprint juga dapat diartikan sebagai teknik mencetak motif dan pewarna pada media kain, kertas, kulit atau bahan lain yang mengandung bahan alam, dengan memanfaatkan getah pada dedaunan atau bunga dan dengan menggunakan pewarna alam.

Sedangkan untuk bahan dasarnya pada pelatihan ini yang digunakan untuk ecoprint yaitu kain, untuk daun menggunakan daun jarak kepyar, jarak wulung, jambu biji, jati, kalpataru, ketepeng, dan cemara. Adapun bunga yang dapat dipakai adalah bunga waru, mawar, sepatu, dan lainnya.

Dengan mengikuti pelatihan dari ecoprint ini bisa diterapkan dalam pembelajaran yang berorientasi pada kreativitas dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan kreatif dan inovatif yang dibutuhkan di era maju seperti sekarang ini. Batik ecoprint ini dapat juga dijadikan tren gaya hidup masyarakat yang ramah lingkungan karena menggunakan dedaunan dan bunga yang berasal dari alam dan tidak menggunakan bahan kimia.

pelatihan ecoprint smpn 8 Solo  

Siswa saat membuat ecoprint.

Pelatihan ecoprint yang digunakan adalah teknik pounding (teknik pukul), ada beberapa yang menggunakan uleg-uleg, ada juga yang menggunakan pukul / palu. Peserta diberi kain dan tas polos warna putih yang sudah direndam dengan kain tawas. Plastik bening sebagai pembatas ketika memukul daun pada kain/tas. Pelatihan kali ini hanya sampai memukul daun yang telah dilapisi plastik, karena waktunya sudah larut.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo , Sri Suprapti menceritakan kelihatan anak-anak senang, semangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan yang memang benar-benar membutuhkan kesabaran.

“ Semoga dengan pelatihan ini, bisa menjadi pengalaman yang  berharga bagi anak-anak dan bermanfaat bagi semuanya. Hasil yang sudah dibuat dibawa oleh peserta. Acara berakhir pada pukul 17.30 WIB, dengan foro bersama,”  harapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...