Langsung ke konten utama

SMPN 8 Solo Peringati HTTS. dan Pelatihan eCoprint

SMPN 8 Solo  Ikuti Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tahun 2023 dan Pelatihan Ecoprint-Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd. mengirimkan perwakilan Guru dan Siswa untuk mengikuti peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2023 di CFD/Car Free Day (sebelah utara Loji Gandrung) pada pukul 06.00 WIB – selesai. Jumlah perwakilan peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari 5 siswa kader kesehatan remaja (Vania, Zahra Endru, Nathania, Raditya, Nur Cahya) dan 1 Guru Pendamping (Imas Wigati N. S.Pd.). Minggu, 28/05/2023.

Guru dan Siswa untuk mengikuti peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2023 di CFD/Car Free Day (sebelah utara Loji Gandrung) pada pukul 06.00 WIB – selesai. Jumlah perwakilan peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari 5 siswa kader kesehatan remaja (Vania, Zahra Endru, Nathania, Raditya, Nur Cahya) dan 1 Guru Pendamping (Imas Wigati N. S.Pd.). Minggu, 28/05/2023.

Sedangkan untuk kegiatan pelatihan ecoprint yang bertempat di Pos Rt. 1/Rw. 23 Halimun, Jebres, Solo . Menurut Ketua Pelaksana, Arika Rukmana Dewi S.Pd., dari Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Sebelas Maret Gelombang 2 Th. 2022  melaksanakan kegiatan Pengembangan Kreativitas Melalui Pelatihan Ecoprint sebagai luaran mata kuliah Proyek Kepemimpinan.

Dalam pelatihan ecoprint ini Kepala SMPN 8 Solo , Triad Suparman, M.Pd.  mengirimkan 3 Guru (Latifah Nugrahani, S.Pd., dan Sutinah, S.Pd., Sri Suprapti sebagai Sie Publikasi), peserta dari siswa ada 5 (Zahra Endru Kusuma / 8A, Ayunda Cahaya Putri / 8B, , Orlin Amadeus / 8F, Saiful Ridho Surya W dan Muh. Fahri Ardiansyah /9H.

Kegiatan Ecoprint dihadiri juga oleh Ibu-Ibu warga Panggungrejo, Jebres, Solo , Dosen Pembimbing, Dr. Riezky Maya Probosari, S.Si., M.Si., Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA UNS. Kegiatan pelatihan ecoprint dimulai pada pukul 16.00 WIB – selesai.

Perwakilan Guru dan Siswa mengikuti peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2023 di Car Free Day

Pelatihan diawali dengan pembagian kelompok, dibagi beberapa kelompok, dan SMPN 8 Solo  mendapatkan undian kelompok 1. Semua peserta diberi bahan kain dan tas warna putih polos serta  peralatan yang digunakan untuk pelatihan.

Perlu diketahui bahwa ecoprint berasal dari kata eco atau ekosistem yang berarti lingkungan hayati atau alam dan print artinya cetak. Sistem dengan menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya, mirip seperti proses pembuatan batik.

Ecoprint juga dapat diartikan sebagai teknik mencetak motif dan pewarna pada media kain, kertas, kulit atau bahan lain yang mengandung bahan alam, dengan memanfaatkan getah pada dedaunan atau bunga dan dengan menggunakan pewarna alam.

Sedangkan untuk bahan dasarnya pada pelatihan ini yang digunakan untuk ecoprint yaitu kain, untuk daun menggunakan daun jarak kepyar, jarak wulung, jambu biji, jati, kalpataru, ketepeng, dan cemara. Adapun bunga yang dapat dipakai adalah bunga waru, mawar, sepatu, dan lainnya.

Dengan mengikuti pelatihan dari ecoprint ini bisa diterapkan dalam pembelajaran yang berorientasi pada kreativitas dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan kreatif dan inovatif yang dibutuhkan di era maju seperti sekarang ini. Batik ecoprint ini dapat juga dijadikan tren gaya hidup masyarakat yang ramah lingkungan karena menggunakan dedaunan dan bunga yang berasal dari alam dan tidak menggunakan bahan kimia.

pelatihan ecoprint smpn 8 Solo  

Siswa saat membuat ecoprint.

Pelatihan ecoprint yang digunakan adalah teknik pounding (teknik pukul), ada beberapa yang menggunakan uleg-uleg, ada juga yang menggunakan pukul / palu. Peserta diberi kain dan tas polos warna putih yang sudah direndam dengan kain tawas. Plastik bening sebagai pembatas ketika memukul daun pada kain/tas. Pelatihan kali ini hanya sampai memukul daun yang telah dilapisi plastik, karena waktunya sudah larut.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo , Sri Suprapti menceritakan kelihatan anak-anak senang, semangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan yang memang benar-benar membutuhkan kesabaran.

“ Semoga dengan pelatihan ini, bisa menjadi pengalaman yang  berharga bagi anak-anak dan bermanfaat bagi semuanya. Hasil yang sudah dibuat dibawa oleh peserta. Acara berakhir pada pukul 17.30 WIB, dengan foro bersama,”  harapnya.

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2