Langsung ke konten utama

Cara melakukan Perencanaan Berbasis Data Rapor Pendidikan PBD melalui unduhan rekomendasi PBD

Cara melakukan Perencanaan Berbasis Data Rapor Pendidikan PBD melalui unduhan rekomendasi PBD-Dikutip langsung dari laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id pada dasarnya terdapat 3 cara untuk melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) Rapor Pendidikan, baik untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA, SMK dan SLB), yakni:

  1. Melakukan PBD melalui eksplorasi dashboard platform Rapor Pendidikan
  2. Melakukan PBD melalui unduhan rekomendasi PBD
  3. Melakukan PBD dengan menganalisis unduhan Laporan Rapor Pendidikan

Pada hari ini kami mencoba dengan cara yang kedua, yaitu Melakukan PBD melalui unduhan rekomendasi PBD.

Ketika akan menggunakan cara 2 ini, Satuan pendidikan  Anda harus mengunduh lembar rekomendasi PBD yang ada di Rapor Pendidikan satuan pendidikan Satuan pendidikan . Untuk mengunduh lembar Rekomendasi PBD, Satuan pendidikan  Anda dapat melakukan:

  1. Buka platform Rapor Pendidikan
  2. Klik ‘Unduh’ pada bagian atas platform Rapor Pendidikan, Lalu kemudian Satuan pendidikan  Anda akan mendapatkan 1 berkas Excel lembar Laporan Pendidikan dan Rekomendasi PBD


Tahap 1 : Identifikasi untuk memilih dan menetapkan masalah

Setelah berhasil mengunduh data hasil Rapor Pendidikan satuan pendidikan Satuan pendidikan , Satuan pendidikan  Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan proses identifikasi dan menetapkan masalah.

  1. Buka file/dokumen yang sudah berhasil diunduh dari platform Rapor Pendidikan
  2. Pilih tab Prioritas Rekomendasi
  3. Lihat kolom identifikasi, lalu pilih masalah yang akan menjadi fokus untuk diperbaiki

 


Catatan:

  • Satuan pendidikan  Anda dapat menghapus kolom masalah beserta dengan refleksi dan benahi yang tidak Satuan pendidikan  Anda pilih.
  • Jika ingin menambahkan ‘masalah’ yang tidak muncul atau direkomendasikan pada halaman ‘Prioritas Rekomendasi’, maka Satuan pendidikan  Anda dapat mengambil masalah dari halaman 4 “Seluruh Rekomendasi”


Tahap 2 : Memilih Akar Masalah

  1. Dari masalah yang sudah dipilih di tahap 1, pada tahap 2 ini Satuan pendidikan  Anda dapat memilih seluruh atau sebagian akar masalah yang ingin diperbaiki yang terdapat di kolom Refleksi

 


Catatan:  Satuan pendidikan  Anda dapat menghapus Akar masalah yang tidak dipilih bersamaan dengan bagian ‘benahi’-nya

Tahap 3 : Memilih Benahi

  1. Dari akar masalah yang sudah dipilih di tahap 2, Satuan pendidikan  Anda dapat memilih sebagian atau seluruh inspirasi kegiatan benahi yang ingin dilakukan.
  2. Untuk memilih inspirasi kegiatan benahi, Satuan pendidikan  Anda dapat mempelajari dari kolom Tautan Referensi Benahi

Catatan:

  • Inspirasi kegiatan benahi yang tidak dipilih bisa dihapus bersama dengan contoh kegiatan ARKAS
  • Dari inspirasi kegiatan benahi yang dipilih, Satuan pendidikan  Anda dapat memilih sebagian atau seluruh contoh kegiatan ARKAS

Contoh: Pengisian Lembar Kerja ARKAS dengan Menggunakan Cara 2

 


Tahap 4 : Memasukkan detail IRB ke dalam lembar kerja ARKAS

Kegiatan yang dimasukkan ke dalam Lembar Kerja ARKAS merupakan kegiatan yang membutuhkan anggaran untuk pelaksanaannya. Berikut merupakan tata cara memasukkan dokumen rencana kerka ke dalam lembar ARKAS

  1. Pindahkan kolom inspirasi kegiatan benahi yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Benahi di lembar kerja ARKAS

 


  • Pindahkan contoh kegiatan ARKAS yang terpilih dari RKT ke dalam kolom Kegiatan di lembar kerja ARKAS. Satuan pendidikan  Anda juga perlu mengisi Kolom Penjelasan Kegiatan dengan rincian kegiatan apa saja yang ingin dilakukan sesuai dengan yang terdapat pada kolom Kegiatan. Selain itu Satuan pendidikan  Anda dapat mengisi kolom Uraian Kegiatan diisi dengan rincian barang dan jasa yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.


  • Satuan pendidikan  Anda dapat mengisi kolom Jumlah dengan jumlah barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Untuk kolom Satuan berisi satuan barang dan jasa yang dibelanjakan dalam 1 tahun. Kolom Harga Satuan berisi harga per satu satuan (rujukan dapat melihat ke aplikasi SIPlah atau sumber lainnya yang relevan) dan kolom Total berisi perkalian antara jumlah dan harga satuan

 


Catatan:

  1. Jika jumlah total anggaran melebihi estimasi total anggaran yang dimiliki, maka Satuan pendidikan  Anda dapat mengurangi: Jumlah barang dan jasa, Barang dan jasa, dan Kegiatan
  2. Jika jumlah total anggaran kurang dari estimasi total anggaran yang dimiliki, maka Satuan pendidikan  Anda dapat menambahkan: Jumlah barang dan jasa, Barang dan jasa, dan Kegiatan
  3. Jika total anggaran sudah sesuai, di reviu dan disetujui; Satuan pendidikan  Anda dapat memasukkan lembar kerja ARKAS ke dalam aplikasi ARKAS

Itu tadi informasi mengenai cara melakukan Perencanaan Berbasis Data Rapor Pendidikan melalui unduhan rekomendasi PBD


Baca Juga:

Informasi Seputar Raport Pendidikan Satuan Pendidikan


Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2