Langsung ke konten utama

Berekayasa dan Berteknologi versi SMPN 8 Solo

 

Berekayasa dan Berteknologi versi SMPN 8

Oct 10, 2023 | Blog, Pendidikan



Berekayasa dan Berteknologi, Ini Pilihan SMPN 8-Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. yaitu Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membantu NKRI. Menurut Koordinator kelas 8 (delapan), Imas Wigatining Asih, S.Pd. Pembuatan Media Tanam Budaya Jamur, tema ini dipilih agar peserta didik dapat mengasah berbagai keterampilan berpikir sehingga mewujudkan produk teknologi, mempelajari sekaligus mempraktikan proses rekayasa engineering sederhana dan mengasah keterampilan untuk berkreasi di bidang rekayasa dan membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitar melalui inovasi dan penerapan teknologi.


P5 Berekayasa dan Berteknologi, pembuatan media tanam budidaya jamur yang ramah lingkungan SMPN 8 Surakarta tahun pelajaran 2023/2024, dilalukan pada hari Rabu – Selasa, tanggal 4 – 10 Oktober 2023. Tempat kegiatan di halaman, kelas dan ruang Aula SMPN 8 Surakarta. Kegiatan Pembukaan dilakukakan dihalaman sekolah yang dipimpin oleh Muji Widodo S.Pd. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pengenalan Berekayasa dan Berteknologi diruang kelas masing-masing yang dipimpin oleh Guru yang mengajar di kelas itu.


Ditampilkan juga ice breaking, refleksi diri, video budidaya jamur, mengidentifikasi dan mengolah informasi berdasarkan tayangan PPT dan video. Setelah mendapatkan materi dari narasumber, aksi dan praktik membuat Bag Log. Menata dan merawat jamur, merancang mind mapping pada asturo. Juga mengidentifikasi bag log yang berhasil dan bag log yang gagal.


Selanjutnya mind mapping dipresentasikan, termasuk mengerjakan LKPD (lembar kerja peserta didik). Untuk hari terakhir Selasa, 10 Oktober 2023 dilakukan penilaian diri, penilaian antar teman, penilaian P5 dan buku P5, refleksi diri juga refleksi proyek.


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan standar Kompetensi Lulusan. Sedangkan menurut Ketua, Risqi Irvani Wulandari, S.Pd. bahwa kegiatan P5 di SMPN 8 Surakarta mengusung tema “Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membantu NKRI” dengan Pembuatan Media Tanam Budaya Jamur.


Bahan yang harus dipersiapkan diantaranya secara umum, jamur tiram tumbuh pada baglog. Bahannya adalah bekatul, serbuk gergaji atau derajat, dan kapur. Campuran ketiga bahan inilah yang nantinya dapat mengeluarkan jamur tiram. Bahan-bahan tersebut harus mengikuti perbandingan yang sesuai, yakni 100 kg grajen serta 10 kg bekatul, serta 1-2 kg kalsium dan kapur. Media yang baik pada budidaya jamur yaitu menggunakan sumber karbohidrat dan serat tinggi sebagai sumber nutrisi tumbuhnya bibit jamur (Budiarti, 2014). Nutrisi yang tersedia selama pertumbuhan dapat membantu cepat lambatnya pertumbuhan miselium jamur.


Dalam pembuatan media tanam budidaya jamur mendatangkan narasumber dan praktisi, Marsono, menyampaikan materi pada hari Jum’at, tanggal 6 Oktober 2023. Dalam menyamapaikan materi, juga disampaikan pula tentang berbagai keuntungan jika masyarakat membudidayakan jamur. Jamur bisa hidup dilimbah organik yang mudah didapatkan dilingkungan sekitar. Selain itu limbah organik yang melimpah juga muran dan mudah untuk digunakan


Jamur yang berbentuk cangkang tiram dan mengandung asam lemak tak jenuh tersebut sangat mudah dibudidayakan dan dikembangbiakkan, terutama di daerah pegunungan yang hawanya sejuk. Biasanya, jamur tiram putih tumbuh di alam bebas seperti di pohon atau batang kayu yang sudah lapuk.
Apabila baglog yang digunakan permukaannya sudah tertutup oleh miselium secara sempurna, biasanya jamur tiram sudah bisa dipanen dalam waktu 2 bulan. Jamur digunakan untuk menguraikan sisa-sisa tumbuhan, bangkai hewan dan bahan-bahan organik lainnya di lingkungan. Hasil dari penguraian akan dikembalikan ke tanah sehingga dapat menyuburkan tanah.


Jamur tiram merupakan jamur kayu, jadi bahan utama dari baglog adalah serbuk gergaji atau kotoran kayu. selain bisa kita konsumsi, jenis jamur ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jamur tiram kaya dengan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.


Perlu diketahui bahwa salah satu perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum sebelumnya adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau sering disingkat P5. P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Menurut Kepala SMPN 8 Surakarta,Triad Suparman, M.Pd. bahwa tema berekayasa dan berteknologi ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi bagi peserta didik dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya.


Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa rekayasa teknologi diciptakan manusia dengan tujuan memudahkan pekerjaan manusia. Dengan penggunaan rekayasa teknologi, kegiatan manusia dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien


Manfaat karya rekayasa teknologi tepat guna antara lain keberadaan karya rekayasa teknologi tepat guna memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang menggunakannya. Selain itu juga sebagai solusi bagi peningkatan produktifitas dan efektifitas dalam menjalankan produksi usaha rumahan (home industry), industry kecil dan menengah (IKM).


Tema proyek rekayasa dan teknologi ini berfokus pada kegiatan mengembangkan produk berteknologi dengan tujuan memudahkan kegiatan sehari-hari serta menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat sekitarnya.

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...