Langsung ke konten utama

Berekayasa dan Berteknologi versi SMPN 8 Solo

 

Berekayasa dan Berteknologi versi SMPN 8

Oct 10, 2023 | Blog, Pendidikan



Berekayasa dan Berteknologi, Ini Pilihan SMPN 8-Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. yaitu Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membantu NKRI. Menurut Koordinator kelas 8 (delapan), Imas Wigatining Asih, S.Pd. Pembuatan Media Tanam Budaya Jamur, tema ini dipilih agar peserta didik dapat mengasah berbagai keterampilan berpikir sehingga mewujudkan produk teknologi, mempelajari sekaligus mempraktikan proses rekayasa engineering sederhana dan mengasah keterampilan untuk berkreasi di bidang rekayasa dan membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitar melalui inovasi dan penerapan teknologi.


P5 Berekayasa dan Berteknologi, pembuatan media tanam budidaya jamur yang ramah lingkungan SMPN 8 Surakarta tahun pelajaran 2023/2024, dilalukan pada hari Rabu – Selasa, tanggal 4 – 10 Oktober 2023. Tempat kegiatan di halaman, kelas dan ruang Aula SMPN 8 Surakarta. Kegiatan Pembukaan dilakukakan dihalaman sekolah yang dipimpin oleh Muji Widodo S.Pd. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pengenalan Berekayasa dan Berteknologi diruang kelas masing-masing yang dipimpin oleh Guru yang mengajar di kelas itu.


Ditampilkan juga ice breaking, refleksi diri, video budidaya jamur, mengidentifikasi dan mengolah informasi berdasarkan tayangan PPT dan video. Setelah mendapatkan materi dari narasumber, aksi dan praktik membuat Bag Log. Menata dan merawat jamur, merancang mind mapping pada asturo. Juga mengidentifikasi bag log yang berhasil dan bag log yang gagal.


Selanjutnya mind mapping dipresentasikan, termasuk mengerjakan LKPD (lembar kerja peserta didik). Untuk hari terakhir Selasa, 10 Oktober 2023 dilakukan penilaian diri, penilaian antar teman, penilaian P5 dan buku P5, refleksi diri juga refleksi proyek.


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan standar Kompetensi Lulusan. Sedangkan menurut Ketua, Risqi Irvani Wulandari, S.Pd. bahwa kegiatan P5 di SMPN 8 Surakarta mengusung tema “Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membantu NKRI” dengan Pembuatan Media Tanam Budaya Jamur.


Bahan yang harus dipersiapkan diantaranya secara umum, jamur tiram tumbuh pada baglog. Bahannya adalah bekatul, serbuk gergaji atau derajat, dan kapur. Campuran ketiga bahan inilah yang nantinya dapat mengeluarkan jamur tiram. Bahan-bahan tersebut harus mengikuti perbandingan yang sesuai, yakni 100 kg grajen serta 10 kg bekatul, serta 1-2 kg kalsium dan kapur. Media yang baik pada budidaya jamur yaitu menggunakan sumber karbohidrat dan serat tinggi sebagai sumber nutrisi tumbuhnya bibit jamur (Budiarti, 2014). Nutrisi yang tersedia selama pertumbuhan dapat membantu cepat lambatnya pertumbuhan miselium jamur.


Dalam pembuatan media tanam budidaya jamur mendatangkan narasumber dan praktisi, Marsono, menyampaikan materi pada hari Jum’at, tanggal 6 Oktober 2023. Dalam menyamapaikan materi, juga disampaikan pula tentang berbagai keuntungan jika masyarakat membudidayakan jamur. Jamur bisa hidup dilimbah organik yang mudah didapatkan dilingkungan sekitar. Selain itu limbah organik yang melimpah juga muran dan mudah untuk digunakan


Jamur yang berbentuk cangkang tiram dan mengandung asam lemak tak jenuh tersebut sangat mudah dibudidayakan dan dikembangbiakkan, terutama di daerah pegunungan yang hawanya sejuk. Biasanya, jamur tiram putih tumbuh di alam bebas seperti di pohon atau batang kayu yang sudah lapuk.
Apabila baglog yang digunakan permukaannya sudah tertutup oleh miselium secara sempurna, biasanya jamur tiram sudah bisa dipanen dalam waktu 2 bulan. Jamur digunakan untuk menguraikan sisa-sisa tumbuhan, bangkai hewan dan bahan-bahan organik lainnya di lingkungan. Hasil dari penguraian akan dikembalikan ke tanah sehingga dapat menyuburkan tanah.


Jamur tiram merupakan jamur kayu, jadi bahan utama dari baglog adalah serbuk gergaji atau kotoran kayu. selain bisa kita konsumsi, jenis jamur ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jamur tiram kaya dengan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.


Perlu diketahui bahwa salah satu perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum sebelumnya adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau sering disingkat P5. P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Menurut Kepala SMPN 8 Surakarta,Triad Suparman, M.Pd. bahwa tema berekayasa dan berteknologi ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi bagi peserta didik dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya.


Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa rekayasa teknologi diciptakan manusia dengan tujuan memudahkan pekerjaan manusia. Dengan penggunaan rekayasa teknologi, kegiatan manusia dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien


Manfaat karya rekayasa teknologi tepat guna antara lain keberadaan karya rekayasa teknologi tepat guna memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang menggunakannya. Selain itu juga sebagai solusi bagi peningkatan produktifitas dan efektifitas dalam menjalankan produksi usaha rumahan (home industry), industry kecil dan menengah (IKM).


Tema proyek rekayasa dan teknologi ini berfokus pada kegiatan mengembangkan produk berteknologi dengan tujuan memudahkan kegiatan sehari-hari serta menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat sekitarnya.

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2