Langsung ke konten utama

Cara Mewujudkan Cinta Warisan Budaya Versi SMPN 8 Solo

 Cara Mewujudkan Cinta Warisan Budaya Versi SMPN 8 Solo

Oct 9, 2023 | Blog, Pendidikan



SMPN 8 Surakarta, dibawah pimpinann Triad Suparman, M.Pd. sejak memasuki awal tahun pembelajaran 2023/2024, telah menerapkan Kurikulum Merdeka.

Pada kurikulum tersebut ada projek yang dikenal dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kurikulum Merdeka merupakan salah satu sistem pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila dengan mengacu pada P5 yaitu diantaranya potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial.
Kegiatan Projek tema1 “Kearifan Lokal” kelas 7 dimulai pada hari Rabu, 4 Oktober – 10 Oktober 2023. Kegiatan Projek tema 1 ini dibuka oleh Waka Humas, Muji Widodo, S.Pd. Sebelumnya dibuka kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Waka Kesiswaan, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Hetty Dwi Agustin, S.Pd.

Setelah dilakukan pembukaan dilanjutkan kegiatan menuju ke ruang Aula, Prico Diana Dewi, S.Pd., M.H. menyampaikan pemahaman projek tema Kearifan Lokal. Kemudian pembentukan kelompok dan menentukan bentuk laporan tugas akhir.
Pada tahun ini SMPN 8 Surakarta kembali melaksanakan Gelar Karya P5 dengan mengusung tema “Kearifan Lokal, Cinta Warisan Budaya Indonesia di Kota Surakarta”. Gelar karya tersebut merupakan proyek pertama yang diselenggarakan di SMPN 8 Surakarta untuk tahun pelajaran 2023/2024 dengan melibatkan peserta didik kelas 7. Kegiatan ini berlangsung di halaman dan Aula, serta di ruang kelas.

Peserta didik kelas 7A-7H, pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2023 mulai pukul 08.00 – 11.30 WIB melakukan kunjungan ke Pura mangkunegaran, bersama Wali Kelas dan Guru Pendamping. Di dalam Pura Mangkunegaran bersama dengan pemandu wisata memberikan petunjuk untuk menjelaskan seluk beluk tentang tempat-tempat yang di dalam Pura mangkunegaran.
Kegiatan ini merupakan kegiatan kurikulum merdeka dan merupakan kewajiban sekolah untuk melaksanakan yang namanya kegiatan P5 dengan tema kearifan lokal Cinta Warisan Budaya Indonesia di Kota Surakarta, dengan tujuan melihat potensi apa yang dapat dikembangkan dan mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan tersebut.

Dan sebelum berangkat ini sekolah melakukan survei yang dilakukan oleh tim panitia kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih 2 minggu yang lalu. Survei yang dilakukan digunakan untuk mengecek tempat tempat yang dikunjungi. Dan ini adalah bentuk usaha usaha untuk mengenalkan kearifan lokal. Dan inilah yang harus peserta didik ketahui tentang kearifan lokal di Kota Surakarta.
Perlu diketahui bahwa, Kota yang dilintasi Sungai Bengawan Solo ini lekat citranya sebagai pusat budaya Jawa yang hingga kini masih bertahan, yakni Kraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Solo adalah sebuah penyebutan nama populer atau nama branding untuk Kota Surakarta. Sedangkan, Surakarta adalah nama resmi administratif untuk Kota Solo. Dengan kata lain Solo dan Surakarta adalah sama.

Setelah kunjungan ke Mangkunegaran peserta didik mengerjakan LKPD individu, dilanjutkan dengan membuat laporan. Tiap kelompok harus sudah menyepakati bentuk laporan tugas akhir, berbentuk karya tulis, main mapping atau kliping atau bentuk lain yang sejenis. Termasuk juga menyiapkan lagu-lagu Daerah yang akan ditampilkan di kelas.

Hari terakhir untuk tema 1 Kearifan Lokal, melakukan senam ringan dipimpin oleh Guru Olah Raga, menyanyikan lagu Pelajar Pancasila secara bersama-sama dan dilanjutkan menyanyikan lagu-lagu Daerah mulai kelas 7A – 7H. Diakhiri dengan menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti P5 tema 1 secara tertulis sebagai tugas kelompok, diakhiri dengan refleksi dan kebersihan kelas.

Nilai-nilai budaya adalah sesuatu yang berbentuk nilai yang telah tertanam dan disepakati oleh masyarakat berupa kebiasaan sebagai bentuk perilaku dan tanggapan terhadap sesuatu keadaan sesudah atau sebelum terjadi.

Melestarikan budaya yang saat ini dimiliki oleh daerah merupakan kewajiban dalam rangka meningkatkan kualitas hidup yang berbudaya dan membaur kepada kearifan lokal itu sendiri, sehingga nantinya jangan sampai anak cucu kita tidak tahu akan budaya, tradisi dan bahkan kearifan lokal yang dimiliki.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kearifan lokal merupakan suatu budaya yang sudah melekat dalam diri masyarakat setempat. Kearifan lokal memiliki nilai-nilai yang dapat dijunjung dalam kehidupan termasuk juga dalam dunia pendidikan khususnya SMPN 8 Surakarta.

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2