Langsung ke konten utama

Cara Mewujudkan Cinta Warisan Budaya Versi SMPN 8 Solo

 Cara Mewujudkan Cinta Warisan Budaya Versi SMPN 8 Solo

Oct 9, 2023 | Blog, Pendidikan



SMPN 8 Surakarta, dibawah pimpinann Triad Suparman, M.Pd. sejak memasuki awal tahun pembelajaran 2023/2024, telah menerapkan Kurikulum Merdeka.

Pada kurikulum tersebut ada projek yang dikenal dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kurikulum Merdeka merupakan salah satu sistem pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila dengan mengacu pada P5 yaitu diantaranya potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial.
Kegiatan Projek tema1 “Kearifan Lokal” kelas 7 dimulai pada hari Rabu, 4 Oktober – 10 Oktober 2023. Kegiatan Projek tema 1 ini dibuka oleh Waka Humas, Muji Widodo, S.Pd. Sebelumnya dibuka kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Waka Kesiswaan, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Hetty Dwi Agustin, S.Pd.

Setelah dilakukan pembukaan dilanjutkan kegiatan menuju ke ruang Aula, Prico Diana Dewi, S.Pd., M.H. menyampaikan pemahaman projek tema Kearifan Lokal. Kemudian pembentukan kelompok dan menentukan bentuk laporan tugas akhir.
Pada tahun ini SMPN 8 Surakarta kembali melaksanakan Gelar Karya P5 dengan mengusung tema “Kearifan Lokal, Cinta Warisan Budaya Indonesia di Kota Surakarta”. Gelar karya tersebut merupakan proyek pertama yang diselenggarakan di SMPN 8 Surakarta untuk tahun pelajaran 2023/2024 dengan melibatkan peserta didik kelas 7. Kegiatan ini berlangsung di halaman dan Aula, serta di ruang kelas.

Peserta didik kelas 7A-7H, pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2023 mulai pukul 08.00 – 11.30 WIB melakukan kunjungan ke Pura mangkunegaran, bersama Wali Kelas dan Guru Pendamping. Di dalam Pura Mangkunegaran bersama dengan pemandu wisata memberikan petunjuk untuk menjelaskan seluk beluk tentang tempat-tempat yang di dalam Pura mangkunegaran.
Kegiatan ini merupakan kegiatan kurikulum merdeka dan merupakan kewajiban sekolah untuk melaksanakan yang namanya kegiatan P5 dengan tema kearifan lokal Cinta Warisan Budaya Indonesia di Kota Surakarta, dengan tujuan melihat potensi apa yang dapat dikembangkan dan mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan tersebut.

Dan sebelum berangkat ini sekolah melakukan survei yang dilakukan oleh tim panitia kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih 2 minggu yang lalu. Survei yang dilakukan digunakan untuk mengecek tempat tempat yang dikunjungi. Dan ini adalah bentuk usaha usaha untuk mengenalkan kearifan lokal. Dan inilah yang harus peserta didik ketahui tentang kearifan lokal di Kota Surakarta.
Perlu diketahui bahwa, Kota yang dilintasi Sungai Bengawan Solo ini lekat citranya sebagai pusat budaya Jawa yang hingga kini masih bertahan, yakni Kraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Solo adalah sebuah penyebutan nama populer atau nama branding untuk Kota Surakarta. Sedangkan, Surakarta adalah nama resmi administratif untuk Kota Solo. Dengan kata lain Solo dan Surakarta adalah sama.

Setelah kunjungan ke Mangkunegaran peserta didik mengerjakan LKPD individu, dilanjutkan dengan membuat laporan. Tiap kelompok harus sudah menyepakati bentuk laporan tugas akhir, berbentuk karya tulis, main mapping atau kliping atau bentuk lain yang sejenis. Termasuk juga menyiapkan lagu-lagu Daerah yang akan ditampilkan di kelas.

Hari terakhir untuk tema 1 Kearifan Lokal, melakukan senam ringan dipimpin oleh Guru Olah Raga, menyanyikan lagu Pelajar Pancasila secara bersama-sama dan dilanjutkan menyanyikan lagu-lagu Daerah mulai kelas 7A – 7H. Diakhiri dengan menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti P5 tema 1 secara tertulis sebagai tugas kelompok, diakhiri dengan refleksi dan kebersihan kelas.

Nilai-nilai budaya adalah sesuatu yang berbentuk nilai yang telah tertanam dan disepakati oleh masyarakat berupa kebiasaan sebagai bentuk perilaku dan tanggapan terhadap sesuatu keadaan sesudah atau sebelum terjadi.

Melestarikan budaya yang saat ini dimiliki oleh daerah merupakan kewajiban dalam rangka meningkatkan kualitas hidup yang berbudaya dan membaur kepada kearifan lokal itu sendiri, sehingga nantinya jangan sampai anak cucu kita tidak tahu akan budaya, tradisi dan bahkan kearifan lokal yang dimiliki.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kearifan lokal merupakan suatu budaya yang sudah melekat dalam diri masyarakat setempat. Kearifan lokal memiliki nilai-nilai yang dapat dijunjung dalam kehidupan termasuk juga dalam dunia pendidikan khususnya SMPN 8 Surakarta.

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...