Langsung ke konten utama

Akhirnya Penghargaan ini diberikan Kepada SMPN 8 Solo

 


Akhirnya Penghargaan ini diberikan Kepada SMPN 8 Solo

Akhirnya Penghargaan ini diberikan Kepada SMPN 8 Solo

SMPN 8 Solo atau Depanska dibawah kepemimpinan Triad Suparman, M.Pd. mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri  oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Selasa, 17 Oktober 2023. Sebelumnya SMPN 8 Solo telah mendapatkan predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional pada tahun 2018.

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata juga menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia. Pengambilan penghargaan Tropi dan Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri  di Jakarta, langsung dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. dan diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jalan Gatot Subroto, Senayan – Jakarta Selasa 17 Oktober 20 Oktober 2023.

Adiwiyata sendiri adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) dalam rangka mendorong terciptanya Gerakan Peduli dan Berbudaya LIngkungan Hidup di Sekolah. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Menurut Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd., karena ini merupakan prestasi luar biasa, oleh karena itu  patut untuk diberikan apresiasi, khususnya kepada Tim Adiwiyata yang sudah melaksanakan tugas dengan maksimal, juga kepada semua warga sekolah pada umumnya. Sekolah yang beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto No. 51 Solo ini,merupakan sekolah yang berada di bagian timur Kota Solo.

SMPN 8 Solo dengan visi Sekolah yang berprestasi, berkarakter,  berbudaya, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa sudah melaksanakan  program  Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dengan baik, terencana, terstruktur, terlaksana dan terevaluasi.

Dalam evaluasi setiap tahun SMPN 8 Solo menunjukkan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah sudah menunjukan hasil yang baik. Menurut Ketua Tim Adiwiyata, Rekyan Pamusthi, S.Pd. bahwa Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di SMPN 8 Solo ini melibatkan seluruh warga mulai dari Kepala Sekolah, Bp/Ibu Guru dan Karyawan serta seluruh siswa kelas 7 (tujuh) sampai 9 (sembilan).

Perlu diketahui bahwa program unggulan dari SMPN 8 Solo adalah program GPS (Gerakan Pungut Sampah), program D’Basic (Depanska Bebas Sampah Plastik) dan budi daya tanaman aquaponik dan hidroponik.

Pada program GPS, seluruh warga sekolah wajib menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya, dengan melaksanakan kegiatan antara lain: tidak membuang sampah sembarangan, menyiapkan tempat-tempat sampah sesuai jenis sampahnya, memungut setiap jenis sampah yang dilihat dan membuangnya ke tempat sampah serta kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Sedangkan dalam kegiatan D’Basic SMPN 8 Solo bekerja sama dengan kantin sekolah untuk tidak menggunakan kemasan plastik, mewajibkan para peserta didik membawa botol minum sendiri untuk meminimalisir penggunaan plastik kemasan dan menumbuhkan kepekaan terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan bagi para Peserta Didik.

Pada program budi daya tanaman aquaponik dan hidroponik, SMPN 8 Solo memberikan pelatihan dan pendidikan berbasis lingkungan. Dimana para Peserta Didik dilibatkan dalam penyelenggaraan program tersebut, mulai dari teori tentang aquaponik dan hidroponik, pemilihan jenis tanaman dan bibit unggul, pemeliharaan, perawatan sampai pada pengembangan. Pada program ini Peserta Didik diharapkan dapat berperan aktif mengembangkan ilmu pengetahuan sebagai bekal dimasa yang akan datang.

Harapan Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. terus berkomitmen meningkatkan capaian Sekolah Adiwiyata Mandiri agar melahirkan generasi yang lebih peduli dan berbudaya lingkungan. Sehingga akan tercipta

Harapan Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. terus berkomitmen meningkatkan capaian Sekolah Adiwiyata Mandiri agar melahirkan generasi yang lebih peduli dan berbudaya lingkungan. Sehingga akan tercipta lingkungan yang lebih sehat dan lestari.

Semoga dengan adanya program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah di SMPN 8 Solo dapat menjadikan sekolah ini semakin nyaman untuk proses pembelajaran dan Depanska semakin Jaya.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...