Langsung ke konten utama

SMPN 8 Solo dapat Penghargaan Langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

 


SMPN 8 Solo dapat Penghargaan Langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Berikan Penghargaan Kepada SMPN 8 Solo

SMPN 8 Solo atau Depanska dibawah kepemimpinan Triad Suparman, M.Pd. mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri  oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Selasa, 17 Oktober 2023. Sebelumnya SMPN 8 Solo telah mendapatkan predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional pada tahun 2018.

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata juga menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia. Pengambilan penghargaan Tropi dan Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri  di Jakarta, langsung dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. dan diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jalan Gatot Subroto, Senayan – Jakarta Selasa 17 Oktober 20 Oktober 2023.

Adiwiyata sendiri adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) dalam rangka mendorong terciptanya Gerakan Peduli dan Berbudaya LIngkungan Hidup di Sekolah. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Menurut Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd., karena ini merupakan prestasi luar biasa, oleh karena itu  patut untuk diberikan apresiasi, khususnya kepada Tim Adiwiyata yang sudah melaksanakan tugas dengan maksimal, juga kepada semua warga sekolah pada umumnya. Sekolah yang beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto No. 51 Solo ini,merupakan sekolah yang berada di bagian timur Kota Solo.

SMPN 8 Solo dengan visi Sekolah yang berprestasi, berkarakter,  berbudaya, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa sudah melaksanakan  program  Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dengan baik, terencana, terstruktur, terlaksana dan terevaluasi.

Dalam evaluasi setiap tahun SMPN 8 Solo menunjukkan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah sudah menunjukan hasil yang baik. Menurut Ketua Tim Adiwiyata, Rekyan Pamusthi, S.Pd. bahwa Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di SMPN 8 Solo ini melibatkan seluruh warga mulai dari Kepala Sekolah, Bp/Ibu Guru dan Karyawan serta seluruh siswa kelas 7 (tujuh) sampai 9 (sembilan).

Perlu diketahui bahwa program unggulan dari SMPN 8 Solo adalah program GPS (Gerakan Pungut Sampah), program D’Basic (Depanska Bebas Sampah Plastik) dan budi daya tanaman aquaponik dan hidroponik.

Pada program GPS, seluruh warga sekolah wajib menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya, dengan melaksanakan kegiatan antara lain: tidak membuang sampah sembarangan, menyiapkan tempat-tempat sampah sesuai jenis sampahnya, memungut setiap jenis sampah yang dilihat dan membuangnya ke tempat sampah serta kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Sedangkan dalam kegiatan D’Basic SMPN 8 Solo bekerja sama dengan kantin sekolah untuk tidak menggunakan kemasan plastik, mewajibkan para peserta didik membawa botol minum sendiri untuk meminimalisir penggunaan plastik kemasan dan menumbuhkan kepekaan terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan bagi para Peserta Didik.

Pada program budi daya tanaman aquaponik dan hidroponik, SMPN 8 Solo memberikan pelatihan dan pendidikan berbasis lingkungan. Dimana para Peserta Didik dilibatkan dalam penyelenggaraan program tersebut, mulai dari teori tentang aquaponik dan hidroponik, pemilihan jenis tanaman dan bibit unggul, pemeliharaan, perawatan sampai pada pengembangan. Pada program ini Peserta Didik diharapkan dapat berperan aktif mengembangkan ilmu pengetahuan sebagai bekal dimasa yang akan datang.

Harapan Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. terus berkomitmen meningkatkan capaian Sekolah Adiwiyata Mandiri agar melahirkan generasi yang lebih peduli dan berbudaya lingkungan. Sehingga akan tercipta lingkungan yang lebih sehat dan lestari.

Semoga dengan adanya program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah di SMPN 8 Solo dapat menjadikan sekolah ini semakin nyaman untuk proses pembelajaran dan Depanska semakin Jaya.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2