Langsung ke konten utama

SMPN 8 Adakan Gelar Karya Mulai dari batik, Jamur hingga Kewirausahaan



 SMPN 8 Adakan Gelar Karya P5, Mulai dari batik, Jamur hingga KWU-Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam kurikulum ini terdapat beberapa istilah baru, salah satunya adalah P5 yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang  menjadi salah satu projek wajib bagi siswa yang menggunakan kurikulum merdeka.

Gelar Karya “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” adalah sebuah acara yang bertujuan untuk memperlihatkan dan menghargai kebolehan siswa dalam mengimplementasikan nilai - nilai Pancasila dan mengembangkan keterampilan serta kreativitas mereka.  Kurikulum Merdeka telah diperkenalkan secara resmi oleh menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim pada Februari 2022 lalu. Kurikulum ini akan menjadi pengganti Kurikulum 2013 yang saat ini masih digunakan oleh beberapa sekolah di Indonesia.

Gelar karya ini dibuka oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd., dalam sambutanya mengharapkan agar acara ini dapat meningkatkan jiwa entrepreneur siswa kelas VII dan VIII. Kepala Sekolah mengapresiasi seluruh Koordinator maupun Pendamping P5, serta seluruh siswa kelas VII dari VIIA – VIIH, kelas VIII dari VIII A – VIIIH karena sudah membuat dan menampilkan produk - produknya secara maksimal dan luar biasa.

Setelah membuka gelar karya, Kepala Sekolah keliling melihat produk – produk yang sudah dibuat oleh siswa di masing – masing stand, dan kemudian diikuti oleh Bapak dan Ibu guru serta semua siswa SMPN 8 Surakarta. Sekaligus Orang Tua / Wali Peserta Didik yang kebetulan bertepatan dengan penerimaan Hasil Belajar Tengah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024.

Selanjutnya, kegiatan ini diharapkan berlangsung dengan lancar dan menjadi sebuah wadah dalam membangun ide kewirausahaan bagi kaum muda masa kini serta meningkatkan nilai profil pancasila yang lebih kuat. Selain itu kegiatan gelar karya yang melibatkan seluruh Peserta Didik dari kelas VII dan VIII merupakan satu dari banyaknya upaya yang sekolah galakkan dalam meningkatkan kreativitas dan tanggung jawab Peserta Didik serta semangat pantang menyerah dalam berwirausaha.

"Gelar karya ini merupakan implementasi atas ide – ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh Peserta Didik sesuai dengan kelompoknya masing – masing baik berupa olahan makanan dan batik. Mereka belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil, mengasah jiwa Wirausaha sejak dini, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama dengan team, dan tanggungjawab serta semangat pantang menyerah," cetusnya.

Pada hari Jum’at, 20 Oktober 2023, pukul 07.30 WIB SMPN 8 Surakarta menggelar acara Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan olahan bahan makanan lokal. Acara ini dilaksanakan di ruang Aula dan sekitarnya, dan diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan VIII A sampai H dibuat stand masing - masing kelompok yang dihias dengan menarik, dan sangat kreatif.

Satu kelas terdiri dari 4 kelompok, setiap kelompok membuat satu makanan olahan berbahan singkong, jamur dan minuman juga karya kerajinan batik. Perlu diketahui bahwa pembelajaran P5 sendiri diawali dengan pemberian materi terkait singkong, jamur dan batik. Selanjutnya setiap kelompok di bimbing mulai dari pemilihan makanannya, periklanan baik offline maupun online dan acara puncaknya yaitu Gelar Karya P5.

Hesti Setyaningsih, S.Kom, selaku Waka Kurikulum menyampaikan bahwa P5 adalah bagian dari implementasi kurikulum merdeka yang bertujuan untuk meningkatkan karakter siswa merujuk pada profil pelajar Pancasila serta memberikan pengalaman berpikir kritis untuk mengatasi permasalahan atau isu yang sedang berkembang di lingkungan sekitar untuk mendapatkan solusi yang tepat sehingga pengalaman life skill tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari - hari sehingga tercipta manusia Indonesia seutuhnya.

Dengan kegiatan P5 ini, Peserta Didik bisa lebih senang, di Kurikulum Merdeka ini,  bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaannya disamping akademisnya, dan mampu mengelola kewirausahaannya ke depan. "Dalam kegiatan P5 ini juga diambil penilaian dalam bentuk raport setahun sekali, dimana yang dinilai bukan hasil akhirnya tetapi proses pemahaman mereka selama ini, kemandirian dan kreativitas juga dinilai di dalamnya," terangnya.

Menurut Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah urusan organisasi dan kesiswaan mengapresiasi kegiatan P5 Gelar Karya SMPN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Penghargaan yang setinggi  -  tingginya kepada panitia gelar karya yang sudah mempersiapkan dengan sekuat tenaga dan pikiran mendampingi Peserta Didik dari perencanaan sampai menghasilkan sebuah produk.

Ucapan terimakasih disampaikan Waka Kesiswaan untuk Orang Tua Peserta Didik yang telah mendukung sampai dapat diselenggarakan gelar karya yang membutuhkan dukungan baik materi, pikiran sumbang saran agar tercapainya tujuan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Tujuan Pendidikan di sekolah akan tercapai diperlukan kekompakan dalam pendampingan Peserta Didik baik di rumah, di masyarakat, dan pendidikan formal di sekolah. Dengan dukungan doa keluarga besar SMPN 8 Surakarta dan Orang Tua siswa semoga SMPN 8 Surakarta semakin jaya dan tumbuh banyak bintang.

Safitri, Orang Tua dari Kanaya Fitri kelas 8B ketika ditemui menuturkan kegiatan Gelar Karya P5 di SMPN 8 Surakarta ini sangat luar biasa,  karena semua produk dari adik - adik kelas VIIA – VII H bisa habis dalam waktu yang singkat, dan ada beberapa siswa yang membeli makanan sampai 2 kali. Ini menandakan produk lokal yang dibuat oleh adik - adik kelas ini enak, dan dibuat kemasan yang menarik serta harganya terjangkau.

"Karya kerajinan batik juga bagus - bagus dan menarik. Alhamdulillah antusias semua warga sekolah dalam gelar karya ini sangat tinggi, terbukti jam 09.00 kurang lebih, sudah sold out," ungkapnya.

Harapan Kepala Sekolah bahwa kegiatan wirausaha ini tidak hanya sekedar pembelajaran untuk tugas di sekolah namun dapat diterapkan dalam lingkungan sosial dimana kita mampu menyediakan lapangan wirausaha baru dibandingkan menjadi penonton bagi wirausahawan yang telah sukses.

"Semoga di kegiatan gelar karya selanjutnya bisa jauh lebih maksimal lagi. Dari kegiatan Gelar Karya P5 Kewirausahaan ini semoga Peserta Didik dapat berkreasi dan memiliki ketrampilan dalam berwirausaha yang kreatif dan inovatif dengan tetap memperhatikan kearifan lokal yang ada. Sukses untuk Depanska Jaya!" harapnya.

Sie publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...