Langsung ke konten utama

SMPN 8 Adakan Gelar Karya Mulai dari batik, Jamur hingga Kewirausahaan



 SMPN 8 Adakan Gelar Karya P5, Mulai dari batik, Jamur hingga KWU-Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam kurikulum ini terdapat beberapa istilah baru, salah satunya adalah P5 yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang  menjadi salah satu projek wajib bagi siswa yang menggunakan kurikulum merdeka.

Gelar Karya “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” adalah sebuah acara yang bertujuan untuk memperlihatkan dan menghargai kebolehan siswa dalam mengimplementasikan nilai - nilai Pancasila dan mengembangkan keterampilan serta kreativitas mereka.  Kurikulum Merdeka telah diperkenalkan secara resmi oleh menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim pada Februari 2022 lalu. Kurikulum ini akan menjadi pengganti Kurikulum 2013 yang saat ini masih digunakan oleh beberapa sekolah di Indonesia.

Gelar karya ini dibuka oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd., dalam sambutanya mengharapkan agar acara ini dapat meningkatkan jiwa entrepreneur siswa kelas VII dan VIII. Kepala Sekolah mengapresiasi seluruh Koordinator maupun Pendamping P5, serta seluruh siswa kelas VII dari VIIA – VIIH, kelas VIII dari VIII A – VIIIH karena sudah membuat dan menampilkan produk - produknya secara maksimal dan luar biasa.

Setelah membuka gelar karya, Kepala Sekolah keliling melihat produk – produk yang sudah dibuat oleh siswa di masing – masing stand, dan kemudian diikuti oleh Bapak dan Ibu guru serta semua siswa SMPN 8 Surakarta. Sekaligus Orang Tua / Wali Peserta Didik yang kebetulan bertepatan dengan penerimaan Hasil Belajar Tengah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024.

Selanjutnya, kegiatan ini diharapkan berlangsung dengan lancar dan menjadi sebuah wadah dalam membangun ide kewirausahaan bagi kaum muda masa kini serta meningkatkan nilai profil pancasila yang lebih kuat. Selain itu kegiatan gelar karya yang melibatkan seluruh Peserta Didik dari kelas VII dan VIII merupakan satu dari banyaknya upaya yang sekolah galakkan dalam meningkatkan kreativitas dan tanggung jawab Peserta Didik serta semangat pantang menyerah dalam berwirausaha.

"Gelar karya ini merupakan implementasi atas ide – ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh Peserta Didik sesuai dengan kelompoknya masing – masing baik berupa olahan makanan dan batik. Mereka belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil, mengasah jiwa Wirausaha sejak dini, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama dengan team, dan tanggungjawab serta semangat pantang menyerah," cetusnya.

Pada hari Jum’at, 20 Oktober 2023, pukul 07.30 WIB SMPN 8 Surakarta menggelar acara Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan olahan bahan makanan lokal. Acara ini dilaksanakan di ruang Aula dan sekitarnya, dan diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan VIII A sampai H dibuat stand masing - masing kelompok yang dihias dengan menarik, dan sangat kreatif.

Satu kelas terdiri dari 4 kelompok, setiap kelompok membuat satu makanan olahan berbahan singkong, jamur dan minuman juga karya kerajinan batik. Perlu diketahui bahwa pembelajaran P5 sendiri diawali dengan pemberian materi terkait singkong, jamur dan batik. Selanjutnya setiap kelompok di bimbing mulai dari pemilihan makanannya, periklanan baik offline maupun online dan acara puncaknya yaitu Gelar Karya P5.

Hesti Setyaningsih, S.Kom, selaku Waka Kurikulum menyampaikan bahwa P5 adalah bagian dari implementasi kurikulum merdeka yang bertujuan untuk meningkatkan karakter siswa merujuk pada profil pelajar Pancasila serta memberikan pengalaman berpikir kritis untuk mengatasi permasalahan atau isu yang sedang berkembang di lingkungan sekitar untuk mendapatkan solusi yang tepat sehingga pengalaman life skill tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari - hari sehingga tercipta manusia Indonesia seutuhnya.

Dengan kegiatan P5 ini, Peserta Didik bisa lebih senang, di Kurikulum Merdeka ini,  bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaannya disamping akademisnya, dan mampu mengelola kewirausahaannya ke depan. "Dalam kegiatan P5 ini juga diambil penilaian dalam bentuk raport setahun sekali, dimana yang dinilai bukan hasil akhirnya tetapi proses pemahaman mereka selama ini, kemandirian dan kreativitas juga dinilai di dalamnya," terangnya.

Menurut Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah urusan organisasi dan kesiswaan mengapresiasi kegiatan P5 Gelar Karya SMPN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Penghargaan yang setinggi  -  tingginya kepada panitia gelar karya yang sudah mempersiapkan dengan sekuat tenaga dan pikiran mendampingi Peserta Didik dari perencanaan sampai menghasilkan sebuah produk.

Ucapan terimakasih disampaikan Waka Kesiswaan untuk Orang Tua Peserta Didik yang telah mendukung sampai dapat diselenggarakan gelar karya yang membutuhkan dukungan baik materi, pikiran sumbang saran agar tercapainya tujuan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Tujuan Pendidikan di sekolah akan tercapai diperlukan kekompakan dalam pendampingan Peserta Didik baik di rumah, di masyarakat, dan pendidikan formal di sekolah. Dengan dukungan doa keluarga besar SMPN 8 Surakarta dan Orang Tua siswa semoga SMPN 8 Surakarta semakin jaya dan tumbuh banyak bintang.

Safitri, Orang Tua dari Kanaya Fitri kelas 8B ketika ditemui menuturkan kegiatan Gelar Karya P5 di SMPN 8 Surakarta ini sangat luar biasa,  karena semua produk dari adik - adik kelas VIIA – VII H bisa habis dalam waktu yang singkat, dan ada beberapa siswa yang membeli makanan sampai 2 kali. Ini menandakan produk lokal yang dibuat oleh adik - adik kelas ini enak, dan dibuat kemasan yang menarik serta harganya terjangkau.

"Karya kerajinan batik juga bagus - bagus dan menarik. Alhamdulillah antusias semua warga sekolah dalam gelar karya ini sangat tinggi, terbukti jam 09.00 kurang lebih, sudah sold out," ungkapnya.

Harapan Kepala Sekolah bahwa kegiatan wirausaha ini tidak hanya sekedar pembelajaran untuk tugas di sekolah namun dapat diterapkan dalam lingkungan sosial dimana kita mampu menyediakan lapangan wirausaha baru dibandingkan menjadi penonton bagi wirausahawan yang telah sukses.

"Semoga di kegiatan gelar karya selanjutnya bisa jauh lebih maksimal lagi. Dari kegiatan Gelar Karya P5 Kewirausahaan ini semoga Peserta Didik dapat berkreasi dan memiliki ketrampilan dalam berwirausaha yang kreatif dan inovatif dengan tetap memperhatikan kearifan lokal yang ada. Sukses untuk Depanska Jaya!" harapnya.

Sie publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2