Langsung ke konten utama

40 Siswa PMR SMPN 8 Solo Ikuri Workshop dengan PMI

 40 Siswa PMR SMPN 8 Solo Ikuri Workshop dengan PMI

Dec 14, 2023 | Blog, Pendidikan



40 Siswa PMR SMPN 8 Solo Workshop dengan PMI Solo – Workshop dan pelatihan upgrading oleh PMI Kota Solo merupakan salah satu langkah untuk menjadikan SMPN 8 Solo dibawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. menjadi sekolah siaga bencana. Workshop Upgrading Pengurus PMR Periode 2023/2024, menciptakan anggota PMR yang cerdas, kreatif dan tanggap. Workshop pergantian pengurus dan pelatihan simulasi bencana di lingkungan sekolah.

Kegiatan dilaksanakan di ruang Aula SMPN 8 Solo, Rabu tanggal 13 Desember pukul 08.00 -14.00 WIB. Peserta yang mengikuti workshop memakai seragam olahraga sekolah, membawa air mineral, dan datang tepat waktu.

Acara ini dipandu oleh Vania dengan acara pertama adalah pembukaan, membacakan susunan acara, sekaligus memimpin doa. Acara selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMI yang dipimpin oleh Gabriela Andranetta. Di saat menyanyikan lagu ini, semua peserta berdiri

Selanjutnya adalah sambutan sekaligus membuka acara workshop dan pelatihan, penyerahan co card sebagai simbul pembukaan yang dilakukan oleh Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. Acara yang mengundang siswa terutama pengurus PMR berjumlah 40 anak, diharapkan akan menyebarkan pengetahuan setelah mengikuti workshop ke siswa lain. Ucapan teima kasih dari Kepala Sekolah atas kesempatan dan kesehatan sehingga bisa mengikuti kegiatan workshop upgrading PMR.

Mengutip dari Mars PMR, PMI mengantarkan jasa kepada yang membutuhkan, umat manusia di seluruh dunia. Kompetensi anak-anak agar bisa bertambah dalam mengantarkan jasa. Harus disadari bahwa kegiatan ini bisa memberikan sesuatu kepada orang lan. Semoga anak-anak pengurus PMR ini bisa mengikuti dengan baik dan mengambil tujuan utamanya, serta bisa mengambil manfaatnya.Memberikan pelayanan kepada semua yang membutuhkan khususnya sekolah dan masyarakat pada umumnya.

Kemudian sambutan dilakukan oleh Koordinator Kesiswaan, sekaligus Waka Kesiswaan SMPN 8 Solo, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada relawan yang membantu tanpa pamrih. Harapannya semoga anak-anak PMR menjadi anak- anak yang berkualitas, tanggap, cepat, dan tepat.

Pemateri pada acara tersebut adalah Barly Shodiq, S.Kep. dari PMI Kota Solo. Beliau memberi materi terkait tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera / kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar.

Tindakan P3K ini dapat berupa, pembersihan luka kecil atau goresan, mengobati luka bakar ringan, membalutkan perban saat terjadi keseleo atau cedera, dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menyelamatkan nyawa korban, mencegah terjadinya infeksi, serta memberikan dukungan secara psikologis pada korban.

Berikutnya, ada tujuan P3K untuk menunjang proses penyembuhan korban. Maka dari itu, pertolongan pertama hendaknya dapat mengurangi rasa sakit yang dialami oleh korban. Selanjutnya, penting juga untuk mengurangi rasa takut dari korban.

Petugas P3K di tempat kerja mempunyai tugas : a. melaksanakan tindakan P3K di tempat kerja; b. merawat fasilitas P3K di tempat kerja; c. mencatat setiap kegiatan P3K dalam buku kegiatan; dan d. melaporkan kegiatan P3K kepada pengurus. Setelah selesai pemaparan materi, dilanjutkan dengan game, refleksi, ishoma.

Pemateri selanjutnya adalah Relawan PMI (Mas Ardi dan Mbak Indri) Mbak Risa (Pembina luar) praktek simulasi bencana yang berlangsung di halaman SMPN 8 Solo. Beliau memberi materi tentang bagaiamana evakuasi atau menyelamatkan diri. Acara juga dilakukan simulasi evakuasi dari bencana gempa bumi. Karena gempa bumi merupakan salah satu bencana yang rentan di Solo.

PMI Kota Solo dalam meningkatan kapasitas relawan terus dilakukan sebagai upaya mendukung pelayanan kepada masyarakat. Kekuatan dan sepak terjang relawan PMI Kota Solo menjadi tonggak pelayanan di berbagai lini kemausiaan. Lebih jauh dia menjelaskan, kotribusi relawan yang terdiri dari korps sukarela (KSR), tenaga sukarela (TSR) hingga tim siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) merupakan ruh dan wajah pelayanan PMI.

Tidak hanya permasalahan bencana alam, mereka banyak berkutat pada pelayanan sosial dan kemasyarakatan serta kemanusiaan sebagai upaya membantu tugas pemerintah.

Pihaknya berharap, melalui upgrating kapasitas tersebut skill dan kemampuan mereka akan meningkat sekaligus menjadi mata rantai kordinasi dalam derap langkah terpadu dibawah payung besar PMI Kota Solo.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 /12/23 tersebut relawan PMI Kota Solo dibekali dengan materi siaga bencana. Harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi kawah candradimuka bagi relawan PMI Kota Solo untuk menyamakan persepsi menuju pelayanan lebih baik kedepan.

Dukungan dan kerjasama yang baik dengan mitra dalam hal ini SMPN 8 Solo juga sangat diperlukan, karena PMI Kota Solo tidak dapat bekerja sendirian.

Selain itu, pihaknya juga mengajak kepada seluruh relawan untuk terus belajar, menempa diri dan mengupgrade kemampuan sehingga PMI Kota Solo semakin professional dan dicintai oleh masyarakat. Setelah simulasi selesai langsung ditutup pada pukul 14.00 WIB.

Semoga PMR SMPN 8urakarta atau pelajar di sekolah dapat membantu dan memberikan bentuk pelayanan kesehatan sekolah salah satunya bentuk pertolongan pertama.

Link FunGalery

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...