Langsung ke konten utama

Pembukaan P5 Bhineka Tunggal Ika Kelas 7 dan 8 SMPN 8 Surakarta

 Pembukaan P5 Bhineka Tunggal Ika Kelas 7 dan 8 SMPN 8 Solo.

Jan 17, 2024 | Blog, Pendidikan


Pembukaan P5 Tema 3 Bhineka Tunggal Ika kelas 7 dan kelas 8 SMPN 8 Solo. P5 Tema 3 Bhineka Tunggal Ika secara resmi telah dibuka oleh Kepala SMPN 8 Solo, Bapak Triad Suparman, M.Pd., dalam sambutannya Beliau menyampaikan berbagai macam keberagaman yang ada di Indonesia dan memotivasi siswa untuk mengikuti rangkaian acara P5 Tema 3 dengan antusias.



Sambutan dan motivasi terkait dimensi Bhineka Tunggal Ika berikut elemen yang ingin dicapai, selanjutnya disampaikan oleh Ibu Hesti Setyaningsih, S.Kom selaku Waka Kurikulum.

Setelah pembukaan dan sambutan di lapangan, kegiatan P5 dilaksanakan di dalam kelas. Untuk kelas 8, anak – anak menyaksikan tampilan PPT materi Bhineka Tunggal Ika pada jam ke-3 yang di tayangkan oleh guru. Selanjutnya pada jam ke-4 pembagian kelompok, 1 kelas terdiri 4 kelompok masing-masing beranggotakan 8 siswa (4 laki-laki dan 4 perempuan) atau menyesuaikan jumlah siswa dalam satu kelas. Pembagian kelompok ini ditentukan oleh guru.



Rangkaian Kegiatan P5 tema 3

Bhineka Tunggal Ika Hari ke-1

SMPN 8 Solo

Setelah itu dilanjutkan mengerjakan LK.1 Asesmen Awal sampai dengan selesai, kemudian presentasi LK.1 sesuai dengan kelompok. Dilanjutkan menyusun puzzle gambar, dilanjut diskusi kelompok dan presentasi dari hasil menyusun puzle. Kegiatan diakhiri pada jam ke-9 siswa mengerjakan Refleksi.

Sedangkan kegiatan P5 Tema 3 Kelas 7 hari pertama ini yaitu siswa menyimak materi PPT NKRI dan materi Keberagaman. Kemudian siswa mendapatkan LKPD Keberagaman, Guru membawa lembar LKPD untuk dibagikan kepada siswa, LKPD dikerjakan langsung pada lembaran kertas.



Materi berikutnya yaitu tentang Kuliner Nusantara, dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan undi pakaian adat di aula (teknis pembagian kelompok diserahkan kepada  Bapak/Ibu Guru Pengampu.

P5 Tema 3 Bhineka Tunggal Ika dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2024 – 25 Januari 2024.

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2