Langsung ke konten utama

P5 Tema Bhineka Tunggal Ika

 P5 Tema Bhineka Tunggal Ika, Ini Harapannya

Jan 18, 2024 | Blog, Pendidikan



Ini Harapan P5 Tema Bhineka Tunggal Ika – Pembukaan P5 Tema 3, SMPN 8 Tanamkan Kebhinnekaan – SMPN 8 Solo melaksanakan kegiatan pembukaan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai salah satu kegiatan dengan tema Bhinneka Tunggal Ika. Rabu (17/1/2024).

Kepala SMPN 8 Solo Triad Suparman, M.Pd menyampaikan kegiatan P5 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika merupakan salah satu cara bagaimana peserta didik mempelajari berbagai keanekaragaman budaya, agama, adat istiadat yang ada di setiap daerah di berbagai provinsi di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Triad Suparman menyampaikan apresiasi yang sebesar – besarnya atas semangat dan antusiasnya para Guru dan Peserta Didik dalam kegiatan pembukaan P5 dengan Tema Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu juga mengajak kepada seluruh warga sekolah untuk mencintai budaya yang kita miliki baik kebudayaan lokal maupun Nasional. Kegiatan Pembukaan P5 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika sebagai langkah awal dalam pembelajaran P5 yang akan di laksanakan oleh guru di SMPN 8 Solo kepada para peserta didik.

Kegiatan ini dilakukan kelas 7 dengan keberagaman dalam bingkai NKRI dimulai hari Rabu, 17 –  23 Januari 2024. Gelar karya akan dilakukan pada hari Kamis, 24 Januari 2024. Sedangkan untuk P5 tema 3 kelas 8 dengan melestarikan keberagaman Budaya Nusantara akan dilakukan pada tanggal 17 – 24 Januari 2024.  Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta didik di SMPN 8 Solo mampu menjadi generasi yang menjaga kelestarian budaya agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman, untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

“SMPN 8 Solo saat ini menggunakan Kurikulum 2013 untuk kelas 9 dan Kurikulum Merdeka untuk kelas 7 dan 8. Ketika kelas 7 dan 8 melakukan kegiatan pembukaan P5 tema 3 ini, untuk kelas 9 melakukan kegiatan belajar mengajar,” terangnya.

Menurut Waka Kurikulum SMPN 8 Solo, Hesti Setyaningsih, S.Kom. menyampaikan dalam sambutannya setelah pembukaan yang dilakukan di halaman sekolah, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau lebih dikenal dengan P5 menjadi rutinitas dari implementasi kurikulum merdeka. Berdasarkan Permendikbudristek No.56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Implementasi P5 pada kurikulum merdeka mencakup beberapa tema salah satunya adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika merupakan Semboyan negara ini menggambarkan kondisi Indonesia yang mempunyai banyak keragaman budaya, namun tetap menjadi satu bangsa. Dalam konteks menyambung dan menanamkan karakter serta mengenalkan identitas bangsa dalam bingkai keberagaman tentu bangsa Indonesia menjadi titik urgensi bagi penerus bangsa untuk dipahami, dijiwai serta diimplementasikan dalam tatanan penerapan revolusi mental.

Sebagaimana satuan pendidikan mengimplementasikan P5 dalam tema Bhinneka Tunggal Ika. Maka, SMPN 8 Solo mengajak peserta didik dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan Bhinneka Tunggal Ika. Dalam penanaman teori koordinator P5 merancang dan memberikan kesempatan bagi Peserta Didik saat proses belajar mengajar. Ditambah dengan kegiatan membuat produk dengan berbagai karya sebagai bentuk aktualisasi dari nilai Kebhinekaan yang telah di sampaikan. Selanjutnya kegiatan dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan gelar karya melalui  berbagai aktivitas.

Ch. Endah Setyawati, S.Pd. selaku koordinator P5 kelas 8 tema Bhinneka Tunggal Ika menyampaikan penting pembelajaran nilai Kebhinnekaan dalam berbagai bentuk agar Peserta Didik lebih memahami dan tertanam jiwa keberagamaan. Sedangkan Imas Wigatining Asih, S.Pd. Koordinator P5 kelas 7 mengharapkan agar peserta didik SMPN 8 Solo akan selalu mengingat dan menghargai Kebhinnekaan serta terhindar dari pemikiran etnosentris yang dapat menggerus keutuhan bangsa Indonesia yang beragam.

Pembukaan P5 tema 3 ”Bhinneka Tunggal Ika” berakhir pada jam ke 2, kemudian dilanjutkan kegiatan berikutnya sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Pembukaan ini diikuti oleh Peserta Didk kelas 7 dan 8, didampingi oleh Guru yang mengajar di kelas itu. Seperti kegiatan belajar mengajar, kegiatan P5 tema 3 ini berlangsung sampai jam ke 9 atau pukul 14.20 WIB.

Dengan diadakannya kegiatan pembukaan P5 tema 3 ini, Peserta Didik diharapkan dapat memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensinya serta mengembangkan ketrampilan, sikap, dan pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri, kreatif, dan berjiwa gotong royong.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...