Langsung ke konten utama

Kompetensi Literasi dan Numerasi Hasilnya Tergolong Rendah, Ini Langkah Kemdikbudristek

 Kompetensi Literasi dan Numerasi Hasilnya Tergolong Rendah, Ini Langkah Kemdikbudristek

Dec 16, 2023 | Blog, Pendidikan



Kompetensi Literasi dan Numerasi Tergolong Rendah, Ini Langkah Kemdikbudristek – Dilansir dari laman kemdikbud.go.id, Kita sebagai negara dengan sistem pendidikan terbesar ke-3 di Asia dan ke-4 terbesar di dunia, negara Indonesia memiliki lebih dari 50 juta peserta didik, 3 juta pendidik, dan 400 ribu sekolah. Merujuk data Rapor Pendidikan Indonesia pada tahun 2023, sebanyak 61,53% peserta didik jenjang sekolah dasar, 59%  peserta didik jenjang sekolah menengah pertama, dan 49,26%  peserta didik jenjang sekolah menengah atas yang memiliki kompetensi literasi di atas standar minimum. Ini berarti masih banyak peserta didik di Indonesia yang perlu ditingkatkan kompetensi literasi dan numerasinya.

Untuk itu, Pelaksana tugas (Plt.) Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Direktorat SMP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), I Nyoman Rudi Kurniawan, mengatakan, perlu gerakan masif dari berbagai pemangku kepentingan, baik dari pemerintah, pihak swasta, maupun masyarakat, untuk menumbuhkan kebiasaan membaca dalam proses pembelajaran peserta didik.

“Kecakapan literasi peserta didik di tingkat dasar perlu ditingkatkan secara efektif melalui berbagai cara. Salah satunya membangun kolaborasi yang kuat antarpemangku kepentingan,” ungkap I Nyoman, dalam sambutannya secara virtual pada acara Gelar Wicara dengan tema “Daya Kolaborasi: Pemulihan Pembelajaran melalui Penguatan Literasi”, di SMP Negeri 17 Kota Mataram, Rabu (13/12/23).

Menurutnya, saat ini daya kolaborasi antarpemangku kepentingan dalam upaya peningkatan literasi belum dimanfaatkan secara optimal. “Perlu kiranya, kepala sekolah, pendidik, dan pihak lain mendapatkan inspirasi strategi menggelorakan kolaborasi sebagai salah satu kekuatan untuk meningkatan literasi,” lanjutnya.

Beliau berharap, para pemangku kepentingan dapat memahami bagaimana cara meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dalam upaya meningkatkan literasi peserta didik. “Semoga sahabat literasi, dapat menyebarluaskan semangat perubahan ini di satuan kerja dan satuan pendidikan lainnya,” pungkas I Nyoman.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten I Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Mataram, Lalu Martawang mengungkapkan, penguatan literasi di daerah sangat dibutuhkan untuk mendukung pemulihan pembelajaran pascapandemi Covid-19. Oleh sebab itu, beliau berharap melalui gelar wicara ini dapat menjadi pendorong para pemangku kepentingan untuk menguatkan literasi peserta didik di Indonesia, khususnya di Lombok.

“Saya harap melalui kegiatan ini, kita dapat menyamakan visi dalam melakukan transformasi pendidikan, serta dapat memberikan pengetahuan terkait strategi para pemangku kepentingan dalam membenahi literasi dan menyusun rencana tindak lanjut untuk pemulihan komunitas belajar,” ungkap Martawang.

Sebagai upaya penguatan literasi di Kota Mataram, kata Martawang, pemerintah kota akan membangun perpustakaan daerah di pintu masuk kota Mataram atau di seputaran Tembolak Lingkar Selatan. “Ini bukti, bahwa Pemerintah Kota Mataram secara serius memperhatikan literasi. Di samping itu, kita juga akan menerapkan pojok baca di setiap sekolah,” tambah Martawang.

Perlu diketahui bersama bahwa SMPN 8 Surakarta dalam upaya penguatan literasi ini sudah melakukan pembiasaan kepada peserta didik untuk membaca buku non mapel pada 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Pembiasaan ini biasanya diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan lagu bertemakan penguatan karakter, kemudian do’a dan dilanjutkan dengan kegiatan pembiasaan berupa literasi yang dimaksud.

Dalam upaya menguatkan literasi dan menumbuhkan minat baca, pada gelar wicara ini, Kemendikbudristek secara simbolis menyerahkan buku fiksi dan ilmiah kepada kepala sekolah SMP Negeri 17 Kota Mataram. Penyerahan buku ini merupakan bagian dari program Kemendikbudristek dalam mendistribusikan 15 juta eksemplar buku bacaan bermutu ke sekolah – sekolah di daerah 3T dan sekolah yang memerlukan intervensi khusus.

“Kita distribusikan juga buku fiksi dan ilmiah ke sekolah-sekolah di seluruh daerah di Indonesia. Harapannya dapat merangsang minat baca para peserta didik khususnya di tingkat dasar. Pendidik juga harus menjadi contoh literasi di lingkungan sekolah agar peserta didik tidak malas membaca,” pungkas Analis Kebijakan pada Direktorat SMP, Suhartono Arham.

Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita dan dapat tercapai Pemulihan Pembelajaran melalui Penguatan Literasi.

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2