Langsung ke konten utama

Cara Menciptakan Lingkungan Belajar Positif

 Cara Menciptakan Lingkungan Belajar Positif

Jan 28, 2024 | Blog, Pendidikan



Ini Cara Ciptakan Lingkungan Belajar Positif – SMPN 8 Solo – Gerakan Jumat sehat merupakan program sekolah untuk membiasakan seluruh warga sekolah berbudaya hidup sehat. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat pekan terakhir  melakukan jalan sehat mulai pukul 07.00 sampai pukul 08.00 WIB. Dengan tubuh yang sehat, diharapkan seluruh warga SMPN 8 Solo dapat menjalankan kegiatan di sekolah dengan baik.

Gerakan Jumat sehat adalah program yang dibiasakan di SMPN 8 Solo dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd., dimana diikuti oleh seluruh warga sekolah (Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Administrasi Sekolah, Tenaga Keamanan Sekolah, dan Peserta Didik mulai kelas 7 – 9 ) untuk berbudaya hidup sehat. Dengan budaya hidup sehat, diharapkan seluruh warga SMPN 8 Solo dapat menjalankan kegiatan dengan baik dimanapun berada terutama di sekolah.

Program Jumat sehat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan semua warga sekolah baik fisik, maupun psikis di lingkungan SMPN 8 Solo. Tubuh yang sehat dapat menciptakan individu yang aktif dan produktif dalam beraktivitas sehari – hari. Selain itu dari kegiatan Jumat bersih ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan sekitar. Lingkungan yang bersih menjadi faktor pendukung dalam menunjang proses pembelajaran. Selain itu suasana yang nyaman, asri dan bersih akan memberikan vibes yang positif bagi warga sekolah.

Kegiatan Jumat sehat yang dilakukan yaitu diawali dengan melaksanakan kegiatan sedekah sampah, jalan sehat, sarapan bersama, perform Siswa, dan diakhiri dengan kerja bakti membersihkan kelas dan lingkungannya. Pada saat berangkat siswa dapat menyetorkan sampah terlebih dahulu ke halaman sekolah dan diserahkan pada kader yang bertugas. Sedangkan kategori sampah yaitu kardus bekas warna coklat (setiap kelas minimal menyetorkan 10 kardus). Selan itu juga membiasakan membawa makanan atau bekal dari rumah untuk dimakan bersama – sama sebelum masuk kelas.

Kegiatan jalan sehat bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani setiap warga sekolah SMPN 8 Solo. Sedangkan pembiasaan membawa makanan atau bekal dari rumah bertujuan untuk mebiasakan warga sekolah makan makanan yang dimasak dari rumah. Karena pada hakikatya makanan yang dimasak dari rumah adalah makanan yang sehat dan bergizi bagi kesehatan, sehingga tubuh tidak mudah terserang oleh bakteri maupun virus yang bisa menimbulkan penyakit.

Gerakan ini merupakan kegiatan yang baik untuk selalu dilakukan supaya kesehatan jasmani maupun rohani seluruh warga SMPN 8 Solo tetap terjaga dengan baik, sehingga melakukan aktivitas di sekolah bisa berjalan dengan baik. Kegitan Jumat sehat dipandu oleh Bapak Ibu Guru, siswa – siswi mulai memakan bekal masing – masing, ada juga yang saling bertukar menu dengan sebelahnya. menu bekal sehat kali ini terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, buah dan tidak ketinggalan anak – anak juga membawa susu sebagai penutup setelah mereka makan.

Dokumentasi acara yang dilakukan oleh Agus Sriwiyono, S.Pd. dan Biyanto, S.Kom. menunjukkan kegembiraan, keceriaan, dan unsur edukatif dalam acara tersebut. Semangat peserta didik dan warga SMPN 8 Solo terlihat melalui partisipasi aktif dalam kegiatan yang tidak hanya mendidik tetapi juga mempraktikkan pola hidup sehat secara langsung. Sehingga Jumat sehat dengan gerak Jalan dan makan bersama bukan hanya sebuah acara rutin sekolah, melainkan suatu peristiwa yang memberdayakan seluruh komunitas untuk hidup lebih sehat dan berkelanjutan.

Rute jalan sehat kali ini dimulai dari halaman SMPN 8 Solo, melewati jalan depan sekolah, sampai Thiong Thing menuju perkampungan sekitar sekolah, hingga kembali ke halaman sekolah. Setelah menikmati jalan sehat, guru, karyawan, dan peserta didik berkumpul di lapangan untuk melaksanakan sarapan sehat bersama.

Peserta didik, guru, dan karyawan turut serta dalam kegiatan sarapan bersama dengan membawa bekal makanan sehat masing – masing dari rumah. Uniknya, mereka menggunakan wadah tempat makan pribadi, tanpa menggunakan wadah sekali pakai, sejalan dengan dukungan terhadap program(GPBLHS) Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.

Selama acara, siswa – siswi diberikan kesempatan untuk duduk bersama teman – teman dari kelas lain, menciptakan kesempatan baru untuk berinteraksi dan mengenal satu sama lain. Hal ini diharapkan dapat membuka pintu untuk pembentukan persahabatan baru di antara siswa – siswi yang mungkin sebelumnya hanya dikenal lewat selembar buku atau di koridor sekolah.

Setelah kegiatan makan bekal bersama selesai, kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan perform bakat kreativitas siswa ditambah cerita rakyat. Selanjutnya dilakukan kerja bakti membersihkan kelas masing – masing yang didampingi oleh Wali Kelas. Kegiatan rutin Jumat pecan terakhir berakhir pada pukul 11.00 WIB, kemudian siswa pulang ke rumah masing – masing.

Dengan terselenggaranya acara kegiatan rutin Jumat pekan terakhir ini, sekolah berharap dapat membangun fondasi kebersamaan yang kokoh di antara siswa – siswinya. Kedepannya, diharapkan akan lebih banyak kegiatan serupa yang dapat memperkuat hubungan antar anggota sekolah dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif. Semoga acara ini tidak hanya menjadi kenangan indah, tetapi juga memotivasi siswa – siswi untuk terus berkontribusi dalam membentuk sekolah yang lebih baik. Depanska Jaya!

Galery Foto Kegiatan Ini

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...