Langsung ke konten utama

GTK SMPN 8 Ikuti Coaching Clinic PKG

 GTK SMPN 8 Ikuti Coaching Clinic PKG

Jan 12, 2024 | Blog, Pendidikan


GTK SMPN 8 Ikuti Coaching Clinic Penilaian Kinerja Guru – Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan dalam info dinas bahwa pada hari Rabu, 10 Januari 2024 semua Guru dan Karyawan untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh BBGP (Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa tengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, terkait dengan Coaching Clinic Penilaian Kinerja Guru. Untuk pembukaan dilakukan pada pukul 10.00 – 11.00 WIB, melalui zoom.

Sedangkan untuk Coaching Clinic waktu kegiatan dimulai pada pukul 13.00 – 16.00 WIB melalui gmeet dan disesuaikan dengan jadwal per kota/kab. Kegiatan nonton bareng atau nobar ini dilakukan di ruang Guru. Karena pentingnya kegiatan Coaching Clinic Penilaian Kinerja Guru ini, menurut Waka Kurikulum SMPN 8 Solo menyampaikan melalui grup WA agar Guru yang tidak mengajar supaya ikut menyimak.

Karena kegiatan belajar mengajar di SMPN 8 Solo ini berakhir sampai pukul 14.20 WIB. Ketika kegiatan pembelajaran berakhir, semua Guru segera bergabung ke ruang Guru karena selain penting, juga harus segera dikerjakan. Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) adalah rencana dan target kinerja yang dibuat oleh pegawai kemudian harus dicapai dalam kurun waktu tertentu.


Perlu diketahui bahwa Pengelolaan Kinerja pada PMM adalah alat bantu yang memudahkan Guru dan Kepala Sekolah untuk menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual sesuai kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karir guna peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Fitur Pengelolaan Kinerja ini telah terintegrasi dengan layanan e-kinerja yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara.

Dengan menggunakan Pengelolaan Kinerja melalui Platform Merdeka Mengajar, Guru dan Kepala Sekolah dapat melakukan Pengelolaan Kinerja yang lebih kontekstual dan spesifik untuk pelaksanaan tugasnya sebagaimana visi transformasi pembelajaran yang ditetapkan Kemendikbudristek. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah aktif terlibat dalam upaya transformasi pengelolaan kinerja melalui program Merdeka Belajar.

Fokus terkini adalah pengelolaan kinerja bagi Guru dan Kepala Sekolah, mencerminkan komitmen Kementerian untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di sektor pendidikan. (sumber dari Platform Merdeka Mengajar) Mengingatkan kembali bahwa Platform Merdeka Mengajar adalah platform yang diperuntukkan bagi Guru dan Kepala Sekolah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat platform secara keseluruhan memerlukan akses masuk/login dengan: akun belajar.id (contoh: namaakun@guru.smp.belajar.id) bagi Guru dan Kepala Sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek dan terdata di Dapodik.

Juga bisa melalui Akun madrasah (contoh: namaakun@madrasah.kemenag.go.id) bagi guru madrasah yang berada di bawah naungan Kemenag. Penggunaan sistem Pengelolaan Kinerja di PMM sangat dianjurkan bagi Guru ASN, Guru di bawah binaan Pemerintah Daerah. Persyaratan sistem yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan fitur Pengelolaan Kinerja di dalam PMM adalah: Menggunakan perangkat komputer/laptop untuk tampilan terbaik, Memiliki Akun belajar.id aktif digunakan, Terdaftardi  Dapodik,Terhubung dengan jaringan internet Kegiatan nonton bareng ini berakhir pada pukul 16.00 WIB. Bertepatan dengan jam kerja bagi Guru dan Karyawan SMPN 8 Solo.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh Kepala Sekolah dan Guru meliputi: 1) Memfasilitasi pegawai (guru dan kepala sekolah) melakukan pengembangan kompetensi dan peningkatan kinerja secara berkelanjutan, 2) Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap kontribusi pegawai (guru dan kepala sekolah) terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, 3) Memberikan penguatan dan dukungan terhadap peningkatan karier pegawai (guru dan kepala sekolah) berdasarkan kualitas kinerjanya.
Waka Kurikulum SMPN 8 Solo, Hesti Setyaningsih, S.Kom. menyampaikan juga melalui WA grup juga sudah membuat kelompok Komunitas Belajar tahun ajaran 2023/2024. Kelompok Belajar dibagi menjadi 6 kelompok, dimana perkelompoknya sekitar 7 orang Guru. Komunitas Belajar ini melakukan kegiatan pada setiap hari Kamis, pukul 13.30 – 15.30 WIB di luar kegiatan belajar mengajar atau ketika siswa sudah pulang.


Kegiatan Komunitas Belajar merupakan wadah bagi Guru untuk belajar bersama, berkolaborasi, dan berbagi untuk peningkatan kompetensi Guru. Selain itu juga melakukan kegiatan menyelesaikan SKP 2023, mengerjakan refleksi kompetensi dan pengelolaan kinerja melalui platform PMM. Sebagai Penanggungjawab adalah Triad Suparman, M.Pd. sekaligus Kepala SMPN 8 Solo.
Apabila sudah membuat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di Pengelolaan Kinerja PMM, maka tidak perlu lagi membuat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) karena Pengelolaan Kinerja PMM telah terintegrasi dengan e-Kinerja.

Langkah – langkah mengisi SKP di PMM: 1) Login di PMM menggunakan akun belajar.id; 2) Klik “Pengelolaan Kinerja”; 3) Klik “Tetap Di Sini”; 4) Klik “Mulai”; 5) Klik “Cek Data”; 6) Klik “Edit” Jika ada data yang harus disesuaikan; Selanjutnya 7) Klik”Perencanaan kerja Januari – Juni 2024” Pada menu Pembelajaran pilih salah satu indicator menyesuaikan Rapor Pendidikan di satuan Pendidikan masing-masing; 8) Klik “Ke Pengembangan Kompetensi” Pada Hasil Kerja Klik “pilih” (Poin dari 4-128) minimal 32 poin; 9) Klik “Ke Tugas Tambahan” Pilih sesuai Surat Keputusan yang diberikan oleh atasan; 10) Klik “Ke Perilaku Kerja” Untuk masing-masing aspek, pilih satu yang Anda ingin prioritaskan di semester ini; 11) Klik “Ke Rangkuman Perencanaan Kinerja” Anda bisa cek ulang dan ubah sebelum mengajukan ke Atasan.

Terakhir, Klik “Lanjut Ajukan” jika sudah yakin dan tidak ada perubahan.
Dengan adanya perubahan pembuatan SKP memang ada beberapa Guru yang masih belum mendapatkan gambaran sama sekali, misalnya Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia mengatakan langsung ke Sie Publikasi bahwa pembuatan SKP ini masih perlu sosialisasi dan latihan/praktek bersama.

Semoga dengan ikut berpartisipasi nobar Pengelolaan Kinerja bisa membantu Guru dalam merencanakan strategi peningkatan kinerja secara efektif dan dengan diadakannya Komunitas Belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka di SMPN 8 Solo, Guru mendapatkan manfaat untuk memecahkan masalah dan berbagai praktik baik seputar Kurikulum Merdeka juga berkolaborasi pengembangan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2