Langsung ke konten utama

Aplikasi e-Rapor SMP Versi Terbaru M.03

 

Aplikasi e-Rapor SMP Versi Terbaru M.03

Dec 1, 2023 | Blog, Pendidikan



e-Rapor SMP Versi Terbaru M.03SMPN 8 Surakarta-Pada hari Rabu, 29/11/23 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi( Kemendikbudristek ) melalui Direktorat SMP merilis updater terbaru pada aplikasi e-Rapor SMP, yakni versi M.03. Hal tersebut ditujukan guna mendukung Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menerapkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka, juga Panduan Pembelajaran Asesmen K-13 dalam menjalankan proses pembelajaran dan asesmen di sekolah.

Sama seperti aplikasi e-Rapor KM versi sebelumnya yaitu M.01, updater aplikasi e-Rapor SMP Versi M.03 kali ini diciptakan untuk mempermudah administrasi pelaporan hasil belajar. Guru hanya perlu memasukkan satu nilai per mata pelajaran, dilengkapi dengan deskripsi kompetensi yang mencerminkan nilai tersebut. Updater aplikasi e-Rapor ini menjadi solusi efisien karena dapat menampung 2 kurikulum sekaligus dalam satu sistem aplikasi.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 ini yaitu integrasinya dengan sistem Dapodik. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pemutakhiran data secara berkala dan memastikan kevalidan informasi satuan pendidikan di dalam aplikasi Dapodik.

Pengguna baru e-Rapor versi M.03

Aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 ini dirilis dalam bentuk installer. Berikut adalah panduan instalasi untuk pengguna baru e-Rapor versi M.03:

  1. Download updater Aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 pada link berikut: https://s.id/eraporsmpm03
  2. Install Aplikasi e-Rapor SMP Versi M.03
  3. Restart komputer bila perlu
  4. Login sebagai admin (user dan password : administrator) 
  5. Setting Webservice Dapodik untuk mengintegrasikan e-Rapor dan Dapodik
  6. Ambil data Dapodik ppdate semester) kemudian Logout.
  7. Login sebagai administrator pada tahun ajaran terbaru
  8. Ambil data dapodik (semua data)
  9. Aplikasi siap digunakan sesuai panduan.
  10. Selesai

Pengguna  e-Rapor versi M.01

Untuk sekolah yang sebelumnya menggunakan aplikasi e-Rapor KM versi M.01 bisa menginstall versi terbaru M.03 dengan mengikuti panduan instalasi berikut ini:

  1. Backup data e-Rapor KM versi M.01 
  2. Simpan hasil backup pada tempat penyimpanan yang aman
  3. Uninstall Aplikasi e-Rapor KM versi M.01
  4. Restart Komputer
  5. Download updater Aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 pada link berikut: https://s.id/eraporsmpm03
  6. Install updater Aplikasi e-Rapor SMP Versi M.03
  7. Bersihkan cookies dan cache browser Anda, Restart komputer bila perlu.
  8. Silahkan Login sebagai admin (user dan password : administrator)
  9. Restore hasil Backup e-Rapor KM SMP versi M.01 ke aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 
  10. Untuk langkah berikutnya, silakan ikuti manual penggunaan aplikasi sesuai dengan fungsi dan peran di e-Rapor SMP versi M.03

Bagi SMP yang ingin mengetahui petunjuk penggunaan e-Rapor SMP versi M.03 ini lebih lanjut , bisa dengan klik link berikut ini bagi administrator sekolah, link ini bagi guru, dan link ini untuk petunjuk penggunaan peserta didik.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat beraktifitas ya!

Sumber : Laman Dirjen SMP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...