Langsung ke konten utama

GERAKAN PRAMUKA SMPN 8 LANTIK DEWAN PENGGALANG & TONTI

GERAKAN PRAMUKA SMPN 8 LANTIK DEWAN PENGGALANG & TONTI


GERAKAN PRAMUKA SMPN 8 LANTIK DEWAN PENGGALANG DAN PELETON INTI – Pada hari Jum’at tanggal 19 Januari 2024 pukul 13.00 – 13.45 WIB Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. bertempat di halaman sekolah mengadakan upacara pelantikan Dewan Penggalang dan peleton inti Pramuka angkatan masa bakti 2024/2025 dan serah terima jabatan masa bakti 2023/2024 kepada masa bakti 2024/2025.

Sebelum upacara pelantikan dimulai, para calon anggota berdiri dan berbaris dengan rapi dipinggir halaman. Christina Endah S, S.Pd. selaku Pembina Pramuka memberikan amanat bergantian dengan Kepala Sekolah atau yang mewakilinya. Setelah amanat disampaikan, upacara pelantikan pun dimulai. Calon anggota dewan penggalang memasuki halaman sekolah.

Pratama dan pratami kemudian memegang ujung bendera merah putih diikuti dengan para anggota lainnya yang saling memegang pundak satu sama lain, sambil mengucapkan trisatya dipimpin oleh pembina dan diucap ulang oleh para anggota. Peresmian pelantikan anggota dewan penggalang angkatan 2024 ditandai dengan penanda tanganan SK (surat keputusan) oleh Pratama yang bernama Satria dan Pratama bernama Radhitya. Kemudian pratama – pratama dan anggota lainnya kembali ke tempat.

PELANTIKAN DEWAN GALANG SMPN 8 SURAKARTA

PELANTIKAN DEWAN GALANG SMPN 8 SOLO

Dewan Penggalang dan Peleton Inti (Tonti) Pramuka Gugus Depan 04.1099 / 04.100. Pangkalan SMPN 8 Solo Kwartir Ranting Jebres Solo dengan peserta sejumlah 28 anggota Dewan Penggalang dan 32 anggota Peleton Inti telah dilantik.

Pelantikan dilaksanakan Kamabigus Triad Suparman M. Pd, Pembina Pramuka Christina Endah Setyowati, S.Pd., Rori Khoirudin, M.Pd. dan Herviyanti Chandra Prahesti, S.Pd. Pihak yang menyerahkan Pratama 2023/2024, Satria Panji Pramono Sakti, sedangkan pihak yang dilantik Pratama 2024/2025 Radhitya Dhipradana Isputra.

SMPN 8 Solo yang dipimpin Triad Suparman M. Pd, termasuk kategori Pramuka Penggalang, karena siswanya usia sekitar 11 – 15 tahun. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan ini antara lain keaktifan membina, rajin, tanggung jawab, kreatif dan percaya diri. Dewan Penggalang adalah anak – anak yang mengabdikan diri kepada Pembina dalam kegiatan kepramukaan. Dewan Penggalang ini untuk kelas VIII ( delapan ). Sedangkan untuk Pleton Inti ( Tonti ) khusus kelas VII ( tujuh ) adalah anak – anak yang mengabdikan diri dalam kegiatan Pramuka untuk menggantikan Dewan Penggalang.

Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. mengucapkan selamat atas dilantiknya Dewan Penggalang juga menyampaikan agar semangat dalam pengabdian, berkarya sekuat tenaga. Harapannya semoga di masa yang akan datang lebih ditingkatkan dari segala macam ekspresi, penuh dengan kreasi inovasi.

Selanjutnya Kakak Pembina, Rori Khoirudin, M.Pd menyampaikan amanat dalam pelantikan bahwa intinya Menjadi Dewan Penggalang itu harus bisa merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan kepramukaan. Dan semoga dengan dilantiknya Dewan Penggalang yang sekarang bisa mewakili kegiatan – kegiatan atau lomba – lomba kepramukaan baik di Kwartir Ranting / Cabang, bahkan sampai Nasional.

Dalam mengikuti Pramuka jangan merasa terpaksa, tetapi ikutilah dengan gembira dan selalu mengasah ketrampilan. Materi yang ada harus dikuasai yaitu menyangkut teori dan praktek misalnya sandi morse, semaphore, tali temali. Anggota Pramuka harus mempunyai jiwa mandiri. Menjalankan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari – hari, khususnya hemat, cermat dan bersahaja.

Kamabigus Pramuka SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. melaksanakan tugas penandatanganan berita acara serah terima jabatan Dewan Penggalang periode 2023/2024 kepada Dewan Penggalang periode 2024/2025. Kegiatan Pramuka SMPN 8 Solo yang dijadikan ekstrakurikuler di setiap hari Jum’at merupakan kegiatan yang dapat membantu membentuk karakteristik anak menjadi pribadi yang lebih berani, tangguh dan bertanggung jawab.

Dewan Penggalang dan Peleton Inti dalam upacara pelantikan, sanggup untuk berlatih belajar berbakti kepada bangsa dan negara, di dalam melatih dan membina watak / pribadi, kedudukan sebagai calon pengabdi masyarakat sanggup melaksanakan hal itu secara adil, serasi, seimbang antara hak dan kewajiban. Selain itu, bersedia ikut membangun masyarakat, butuh keuletan, ketekunan dan kejujuran, disiplin dan tanggung jawab, bahkan pengorbanan.

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka sesuai visi sekolah bahwa Peserta Pramuka memiliki kepribadian yang berprestasi, berkarakter, berbudaya, berwawasan lingkungan, berdasarkan iman dan taqwa. Semangat terus untuk Depanska Jaya!

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2