Langsung ke konten utama

GERAKAN PRAMUKA SMPN 8 LANTIK DEWAN PENGGALANG & TONTI

GERAKAN PRAMUKA SMPN 8 LANTIK DEWAN PENGGALANG & TONTI


GERAKAN PRAMUKA SMPN 8 LANTIK DEWAN PENGGALANG DAN PELETON INTI – Pada hari Jum’at tanggal 19 Januari 2024 pukul 13.00 – 13.45 WIB Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. bertempat di halaman sekolah mengadakan upacara pelantikan Dewan Penggalang dan peleton inti Pramuka angkatan masa bakti 2024/2025 dan serah terima jabatan masa bakti 2023/2024 kepada masa bakti 2024/2025.

Sebelum upacara pelantikan dimulai, para calon anggota berdiri dan berbaris dengan rapi dipinggir halaman. Christina Endah S, S.Pd. selaku Pembina Pramuka memberikan amanat bergantian dengan Kepala Sekolah atau yang mewakilinya. Setelah amanat disampaikan, upacara pelantikan pun dimulai. Calon anggota dewan penggalang memasuki halaman sekolah.

Pratama dan pratami kemudian memegang ujung bendera merah putih diikuti dengan para anggota lainnya yang saling memegang pundak satu sama lain, sambil mengucapkan trisatya dipimpin oleh pembina dan diucap ulang oleh para anggota. Peresmian pelantikan anggota dewan penggalang angkatan 2024 ditandai dengan penanda tanganan SK (surat keputusan) oleh Pratama yang bernama Satria dan Pratama bernama Radhitya. Kemudian pratama – pratama dan anggota lainnya kembali ke tempat.

PELANTIKAN DEWAN GALANG SMPN 8 SURAKARTA

PELANTIKAN DEWAN GALANG SMPN 8 SOLO

Dewan Penggalang dan Peleton Inti (Tonti) Pramuka Gugus Depan 04.1099 / 04.100. Pangkalan SMPN 8 Solo Kwartir Ranting Jebres Solo dengan peserta sejumlah 28 anggota Dewan Penggalang dan 32 anggota Peleton Inti telah dilantik.

Pelantikan dilaksanakan Kamabigus Triad Suparman M. Pd, Pembina Pramuka Christina Endah Setyowati, S.Pd., Rori Khoirudin, M.Pd. dan Herviyanti Chandra Prahesti, S.Pd. Pihak yang menyerahkan Pratama 2023/2024, Satria Panji Pramono Sakti, sedangkan pihak yang dilantik Pratama 2024/2025 Radhitya Dhipradana Isputra.

SMPN 8 Solo yang dipimpin Triad Suparman M. Pd, termasuk kategori Pramuka Penggalang, karena siswanya usia sekitar 11 – 15 tahun. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan ini antara lain keaktifan membina, rajin, tanggung jawab, kreatif dan percaya diri. Dewan Penggalang adalah anak – anak yang mengabdikan diri kepada Pembina dalam kegiatan kepramukaan. Dewan Penggalang ini untuk kelas VIII ( delapan ). Sedangkan untuk Pleton Inti ( Tonti ) khusus kelas VII ( tujuh ) adalah anak – anak yang mengabdikan diri dalam kegiatan Pramuka untuk menggantikan Dewan Penggalang.

Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. mengucapkan selamat atas dilantiknya Dewan Penggalang juga menyampaikan agar semangat dalam pengabdian, berkarya sekuat tenaga. Harapannya semoga di masa yang akan datang lebih ditingkatkan dari segala macam ekspresi, penuh dengan kreasi inovasi.

Selanjutnya Kakak Pembina, Rori Khoirudin, M.Pd menyampaikan amanat dalam pelantikan bahwa intinya Menjadi Dewan Penggalang itu harus bisa merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan kepramukaan. Dan semoga dengan dilantiknya Dewan Penggalang yang sekarang bisa mewakili kegiatan – kegiatan atau lomba – lomba kepramukaan baik di Kwartir Ranting / Cabang, bahkan sampai Nasional.

Dalam mengikuti Pramuka jangan merasa terpaksa, tetapi ikutilah dengan gembira dan selalu mengasah ketrampilan. Materi yang ada harus dikuasai yaitu menyangkut teori dan praktek misalnya sandi morse, semaphore, tali temali. Anggota Pramuka harus mempunyai jiwa mandiri. Menjalankan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari – hari, khususnya hemat, cermat dan bersahaja.

Kamabigus Pramuka SMPN 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. melaksanakan tugas penandatanganan berita acara serah terima jabatan Dewan Penggalang periode 2023/2024 kepada Dewan Penggalang periode 2024/2025. Kegiatan Pramuka SMPN 8 Solo yang dijadikan ekstrakurikuler di setiap hari Jum’at merupakan kegiatan yang dapat membantu membentuk karakteristik anak menjadi pribadi yang lebih berani, tangguh dan bertanggung jawab.

Dewan Penggalang dan Peleton Inti dalam upacara pelantikan, sanggup untuk berlatih belajar berbakti kepada bangsa dan negara, di dalam melatih dan membina watak / pribadi, kedudukan sebagai calon pengabdi masyarakat sanggup melaksanakan hal itu secara adil, serasi, seimbang antara hak dan kewajiban. Selain itu, bersedia ikut membangun masyarakat, butuh keuletan, ketekunan dan kejujuran, disiplin dan tanggung jawab, bahkan pengorbanan.

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka sesuai visi sekolah bahwa Peserta Pramuka memiliki kepribadian yang berprestasi, berkarakter, berbudaya, berwawasan lingkungan, berdasarkan iman dan taqwa. Semangat terus untuk Depanska Jaya!

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1

  Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 Berikut adalah Kisi - Kisi Informatika Kelas 8 Penilaian Sumatif Akhir Semester 1 CAPAIAN PEMBELAJARAN Peserta didik mampu mengoperasikan dan menganalisis fungsi pada aplikasi pengolah lembar kerja   BAB 1 ANALISIS DATA (Pengolahan data lanjutan) 1.       Mengidentifikasi konsep melakukan analisis data. 2.       Menerapkan pivot table,       VLookUp ,      HLookup untuk mencari data. 3.       Memahami konsep reference dalam menyalin form pada aplikasi pengolah data 4.       Visualisasi Data 5.       Mengenal Fungsi INDIKATOR SOAL ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian vertikal (VLOOKUP). ·         Mengidentifikasi fungsi pencarian horizon...

BAB 6: Analisis Data - KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA

  BAB 6: Analisis Data RANGKUMAN MATERI BAB 6 ANALISIS DATA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA Tujuan Pembelajaran   Setelah mempelajari bab 6 analisis data ini, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga peserta didik dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari - hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/MS. Excel atau secara manual. Peta Konsep   Pengertian Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu, misalnya proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan sebagainya. Pengertian SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja/MS. Excel untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.   A. Pencarian Data Pencarian data di ...

BAB 2 Berpikir Komputasional Kelas 8

BAB 2 Berpikir Komputasional Tujuan Pembelajaran -           Peserta didik mengidentifikasi algoritma (langkah-langkah) untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, representasi data (khususnya bilangan desimal, biner, dan oktal) yang ada di dalamnya pada kehidupan sehari – hari Peta Konsep BAB 2 Berpikir Komputasional A.       Fungsi Dalam pelajaran Matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f(x) = 3x + 3. Contoh, jika nilai x adalah 3, maka keluaran dari fungsi tersebut adalah 12 yang didapat dari 3 x 3 + 3. Contoh fungsi lainnya adalah penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu(refren). Contoh lainnya ialah instruksi pada saat masuk kelas. Contoh lainnya, Bunda memberi kalian uang untuk membeli beras. B.       Himpunan dan Sistem Bilangan 1)       Himpunan Contoh himpunan: Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambut...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8

 RANGKUMAN MATERI BAB 5 JARINGAN KOMPUTER & INTERNET KELAS 8 PETA KONSEP JARINGAN KOMPUTER & INTERNET Adapun manfaat dari jaringan komputer yaitu 1) kita dapat    melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain(mengirim email, pesan singkat melalui media sosial. 2) kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Jaringan Komputer Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas pada sebuah lokasi saja, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara dan jaringan global. Internet kepanjangan dari interconn...

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP

Cara Pemanfaatan PID(Papan Interaktif Digital)/IFP. Pendampingan Pemanfaatan Perangkat Papan Interaktif Digital

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80

Tema, Logo, Pedoman, Susunan Acara Hari Guru Nasional ke-80 -  Berdasarkan surat dari Mendikdasmen nomor: 26521/MDM/TU.02.03/2025 perihal Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2025 yang dirilis pada laman resmi kemdikdasmen.go.id, berikut latar belakang diselenggarakannya peringatan HGN(hari guru nasional) 2025. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan forma...