Langsung ke konten utama

Pembukaan P5, SMPN 8 Tanamkan Kebhinnekaan

 Pembukaan P5, SMPN 8 Tanamkan Kebhinnekaan

Jan 18, 2024 | Blog, Pendidikan



Pembukaan P5 Tema 3, SMPN 8 Tanamkan Kebhinnekaan – SMPN 8 Solo melaksanakan kegiatan pembukaan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai salah satu kegiatan dengan tema Bhinneka Tunggal Ika. Rabu (17/1/2024).

Kepala SMPN 8 Solo Triad Suparman, M.Pd menyampaikan kegiatan P5 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika merupakan salah satu cara bagaimana peserta didik mempelajari berbagai keanekaragaman budaya, agama, adat istiadat yang ada di setiap daerah di berbagai provinsi di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Triad Suparman menyampaikan apresiasi yang sebesar – besarnya atas semangat dan antusiasnya para Guru dan Peserta Didik dalam kegiatan pembukaan P5 dengan Tema Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu juga mengajak kepada seluruh warga sekolah untuk mencintai budaya yang kita miliki baik kebudayaan lokal maupun Nasional. Kegiatan Pembukaan P5 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika sebagai langkah awal dalam pembelajaran P5 yang akan di laksanakan oleh guru di SMPN 8 Solo kepada para peserta didik.

Kegiatan ini dilakukan kelas 7 dengan keberagaman dalam bingkai NKRI dimulai hari Rabu, 17 –  23 Januari 2024. Gelar karya akan dilakukan pada hari Kamis, 24 Januari 2024. Sedangkan untuk P5 tema 3 kelas 8 dengan melestarikan keberagaman Budaya Nusantara akan dilakukan pada tanggal 17 – 24 Januari 2024.  Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta didik di SMPN 8 Solo mampu menjadi generasi yang menjaga kelestarian budaya agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman, untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

“SMPN 8 Solo saat ini menggunakan Kurikulum 2013 untuk kelas 9 dan Kurikulum Merdeka untuk kelas 7 dan 8. Ketika kelas 7 dan 8 melakukan kegiatan pembukaan P5 tema 3 ini, untuk kelas 9 melakukan kegiatan belajar mengajar,” terangnya.

Menurut Waka Kurikulum SMPN 8 Solo, Hesti Setyaningsih, S.Kom. menyampaikan dalam sambutannya setelah pembukaan yang dilakukan di halaman sekolah, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau lebih dikenal dengan P5 menjadi rutinitas dari implementasi kurikulum merdeka. Berdasarkan Permendikbudristek No.56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Implementasi P5 pada kurikulum merdeka mencakup beberapa tema salah satunya adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika merupakan Semboyan negara ini menggambarkan kondisi Indonesia yang mempunyai banyak keragaman budaya, namun tetap menjadi satu bangsa. Dalam konteks menyambung dan menanamkan karakter serta mengenalkan identitas bangsa dalam bingkai keberagaman tentu bangsa Indonesia menjadi titik urgensi bagi penerus bangsa untuk dipahami, dijiwai serta diimplementasikan dalam tatanan penerapan revolusi mental.

Sebagaimana satuan pendidikan mengimplementasikan P5 dalam tema Bhinneka Tunggal Ika. Maka, SMPN 8 Solo mengajak peserta didik dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan Bhinneka Tunggal Ika. Dalam penanaman teori koordinator P5 merancang dan memberikan kesempatan bagi Peserta Didik saat proses belajar mengajar. Ditambah dengan kegiatan membuat produk dengan berbagai karya sebagai bentuk aktualisasi dari nilai Kebhinekaan yang telah di sampaikan. Selanjutnya kegiatan dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan gelar karya melalui  berbagai aktivitas.

Ch. Endah Setyawati, S.Pd. selaku koordinator P5 kelas 8 tema Bhinneka Tunggal Ika menyampaikan penting pembelajaran nilai Kebhinnekaan dalam berbagai bentuk agar Peserta Didik lebih memahami dan tertanam jiwa keberagamaan. Sedangkan Imas Wigatining Asih, S.Pd. Koordinator P5 kelas 7 mengharapkan agar peserta didik SMPN 8 Solo akan selalu mengingat dan menghargai Kebhinnekaan serta terhindar dari pemikiran etnosentris yang dapat menggerus keutuhan bangsa Indonesia yang beragam.

Pembukaan P5 tema 3 ”Bhinneka Tunggal Ika” berakhir pada jam ke 2, kemudian dilanjutkan kegiatan berikutnya sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Pembukaan ini diikuti oleh Peserta Didk kelas 7 dan 8, didampingi oleh Guru yang mengajar di kelas itu. Seperti kegiatan belajar mengajar, kegiatan P5 tema 3 ini berlangsung sampai jam ke 9 atau pukul 14.20 WIB.

Dengan diadakannya kegiatan pembukaan P5 tema 3 ini, Peserta Didik diharapkan dapat memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensinya serta mengembangkan ketrampilan, sikap, dan pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri, kreatif, dan berjiwa gotong royong.

Sie Publikasi SMPN 8 Solo: Dra. Sri Suprapti

Komentar

Ads

Postingan populer dari blog ini

3.1. Tes Akhir KKA Beserta Kuci Jawaban

  Pertanyaan: Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman termasuk dalam elemen: Group of answer choices Literasi Digital Berpikir Komputasional Algoritma Pemrograman Analisis Data   Jawaban yang benar adalah: ✅ Algoritma Pemrograman Penjelasan: Kalimat “mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur menjadi kumpulan instruksi berdasarkan paradigma pemrograman” menggambarkan kegiatan: Menyusun instruksi terstruktur (kode atau pseudocode), Berdasarkan paradigma pemrograman (misalnya prosedural, berorientasi objek, dsb), Untuk menyelesaikan persoalan secara komputasional . Semua ciri tersebut termasuk ke dalam elemen Algoritma Pemrograman , yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran Informatika. Jadi jawabannya: 👉 Algoritma Pemrograman Pertanyaan...

KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial.

  KKA Modul 4: Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial. A. Deskripsi Umum Modul Modul ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu memahami konsep komunikasi menggunakan Kecerdasan Artifisial (KA), memberikan input yang bermakna, dan menggunakan chatbot sederhana. Selain itu, peserta juga akan belajar menganalisis konsep klasifikasi data dan membuat desain sederhana berbasis KA. B. Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana Kecerdasan Artifisial (KA) adalah sistem atau  software yang bisa meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan tugas tertentu menggunakan algoritma. Contoh alat komunikasi sederhana berbasis KA adalah  chatbot , asisten virtual, dan penerjemah otomatis. Jenis Perangkat KA untuk Komunikasi: ·         Chatbot: Aplikasi seperti ChatGPT, DeepSeek, Copilot, dan MetaAI yang membantu menjawab pertanyaan secara otomatis. ·         Asisten Virtual: Google As...

Kuis Materi Komunikasi Melalui Tools Kecerdasan Artifisial

Game Edukasi AI Communication Tools 🤖 AI Communication Tools Game Edukasi Kecerdasan Artifisial Masukkan Nama Anda: 📖 Petunjuk Permainan 🎮 Mulai Bermain 📖 Petunjuk Permainan Cara Bermain: 🎯 Jawab pertanyaan tentang tools AI untuk komunikasi ⭐ Dapatkan skor 100 untuk membuka level berikutnya 🏆 Selesaikan semua 5 level untuk menjadi Duta Koding 🤖 Robot akan menemani perjalanan belajar Anda Level Permainan: Level 1: ChatGPT & DeepSeek ...

KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital

  KKA- Resume Modul 2 – Literasi Algoritma dan Konten Digital A. Tujuan A.1. Capaian Pelatihan Peserta diharapkan mampu: ·         Menghubungkan konsep berpikir komputasional dengan pengelolaan data. ·         Menyusun, menghitung, dan menyajikan data. ·         Merancang algoritma terstruktur. ·         Menciptakan konten digital yang efisien. ·         Menyebarkan dan merefleksikan konten digital. A.2. Tujuan Pelatihan Lebih rinci, tujuan pelatihan meliputi kemampuan dalam: ·         Menghubungkan berpikir komputasional dengan data. ·         Menyajikan data dengan pendekatan komputasional. ·         Merancang algoritma. ·         Menciptakan...

KKA Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional

Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional Peta Konsep Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional A. Deskripsi Umum Modul Bagian ini menjelaskan secara umum mengenai modul, termasuk tujuan dan indikator pelatihan. 1.    Capaian Pelatihan : Peserta diharapkan mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan Kecerdasan Artifisial (KA), menerapkannya dalam pembelajaran, dan menyusun materi pembelajaran yang berkontribusi pada profil lulusan. 2.      Tujuan Pelatihan : Modul ini bertujuan agar peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkannya dalam pembelajaran, serta mengembangkan nilai-nilai etika dalam koding dan KA. 3.     Indikator Capaian Pelatihan : Indikatornya meliputi kemampuan menjelaskan ruang lingkup koding dan KA, prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan etika KA. Peserta juga diharapkan mampu merancang penerapan konsep-...

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi - Informatika Kelas 8 PETA KONSEP BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi Pengertian Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (aplikasi) yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri ( Oxford English Dictionary ). Sebutan untuk pengguna Aplikasi yaitu end – user . Contoh aplikasi perkantoran yaitu pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. 1. Contoh Objek Aplikasi a.       Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang berisi teks berupa halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lainnya. b.      Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang berisi angka, teks, formula (rumus), grafis, dan lainnya. c.     ...

Ads2